Wednesday, August 8, 2012

Buku di April-Mei-Juni-Juli 2012 (rapel euy!)

Rating:★★★
Category:Other
kabar akan dihapuskannya fitur blog MP jadi bikin saya inget sudah sekian bulan nggak bikin list buku-buku yang dibaca. Jadi inilah rapelannya :D


APRIL 2012

1. FINDING YOU (Mark Levy) – GPU, 2012, 328 hlm. * * *

Sekuel novel If Only It Were True. Saya nggak baca bukunya, malah nonton filmnya, yang judulnya jadi “Just Like Heaven”. Tetep nyambung, meski jadi mengingat-ingat cerita di film.


2. JOKER: Ada Lelucon di Setiap Duka (Valiant Budi) – Gagas Media, 2011, 238 hlm. * *

Oke, seperti beberapa endorsement yang ada di novel ini, saya juga sekali duduk saja membacanya. Penulis membangun cerita dengan baik, dengan ending yang akan membuat surprised pembaca. Tapi pembaca yang teliti sebenarnya akan menemukan clue-clue yang membawa pada ending tak terduga tersebut. Penguasaan penulis terhadap dunia penyiar radio juga cukup baik (kalau tak salah memang penulis pernah/masih menjadi penyiar).

Tapi, sampai titik terakhir, yang keluar dari pikiran saya: so what? Novel ini memang memiliki bangunan cerita yang menarik, tapi novel yang bagus tak berhenti pada cerita dan kemampuan membuat pembaca tak mau berhenti memamah kata sebelum habis. Sebuah novel mestinya juga membuat tokoh-tokoh di dalamnya "berkembang". Yang saya temukan hanyalah permainan penulis terhadap tokoh-tokohnya yang hanya berpikir seks dan seks.

Oke, si tokoh utama ternyata berkepribadian ganda dan gay *spoiler*, tapi paling tidak ada plot yang membawa pembaca memahami mengapa si tokoh memilih jalan tersebut, meski jalan tersebut mungkin tidak sesuai dengan nilai hidup pembaca (baca: saya). So? 2 bintang untuk kemampuan penulis dalam bercerita.


3. MANTRA MAIRA (Sofie Dewayani) – Jalasutra, 2010, 108 hlm. * * * ½

Selalu suka dengan angle cerita dan diksi tulisan-tulisan Mbak Sofie.


4. the MYSTERIOUS HOWLING: LOLONGAN MISTERIUS: The Incorrigible Children of Ashton Place #1) (Maryrose Wood) – Ufuk, 2012, 296 hlm. * * *


5. PARTIKEL: Supernova #4 (Dee) – Bentang, 2012, 508 hlm. * *

Saya bukan pembaca Supernova. Well, sejak dulu kurang tertarik saja, seperti halnya saya tak pernah membaca Saman. Tapi penasaran juga dengan "heboh"nya para pembaca buku ini, juga jarak yang cukup lama dengan buku ke-3nya.

Begitulah, saya pun membacanya. Menarik, saya suka 1/2 bagian cerita ini. Penulis membetot perhatian pembaca dengan risetnya yang lumayan dalam tentang fungi dan "kedahsyatan"nya serta alien. Saya juga suka hubungan antara Zarah dan ayahnya. Namun saya mengurangi bintang, karena sangat disayangkan penulis sekelas Dee tergelincir pada pesan seks bebas (tokoh utama, dengan bule pula :( Sedih saja, apalagi cukup banyak pembaca Supernova ini adalah pelajar dan mahasiswa.


6. The RAID (John G. Reinheart, Gareth Evans,R. Amdani) – CAB, 2012, 120 hlm. * * *

Saya baca komik ini sebelum nonton filmnya (yang awalnya nggak mau saya tonton karena sudah ngeri duluan). Saya penakut. Saya takut menonton film horor atau kekerasan. Film G 30 S PKI hingga saat ini tak pernah saya tonton sampai habis. Lha wong, ngintip-ngintip saja langsung mimpi buruk 3 hari 3 malam. Buat saya, kalau ada film romantis, kenapa nonton film horor? :p.

Ide ceritanya menarik. Di setengah bagian cerita saya agak bingung juga dengan banyaknya tokoh. Tapi setelah setengah bagian, bisa membedakan tokoh ini dan itu. Goresan gambarnya cukup visual, meski kurang detail. Kenapa? Yang saya tahu cerita ini mengangkat seni bela diri khas Indonesia; silat. Tapi saya kok kurang mendapatkan feel silat dari gambar-gambar di komiknya ya? Apakah karena komikusnya berusaha memperhalus adegan kekerasan? Mungkin kali ya. Atau harus nonton filmnya? (Akhirnya sih saya nonton filmnya juga, karena gratis, diminta nemeni bos, haha!)


7. UNLIKELY FRIENDSHIP = 47 Persahabatan Terunik Antar-Binatang (Jennifer S. Holland) – GPU, 2012, 232 hlm. * * * *

Aw aw aw... this is a very-very cute book! Siapa sih yang nggak terharu lihat gorila segede rumah meluk anak kucing dan sangat posesif sama si mpus? Gimana bisa anjing, kucing, dan anak ayam, akur berteman?? Ular sama tikus? Amazing deh! Dan yang paling banyak punya friendship unik? Hidup kucing! Sayang, penerjemahannya agak kaku. Berasa aja nggak enak dibaca gitu.


8. WELCOME TO TWITTERLAND ( Ali Akbar) – Kaifa, 2012, 78 hlm. * * *

Tipis saja bukunya, tapi sangat aplikatif, terutama buat yang mau memaksimalkan dan mendapat penghasilan dari akun twitter :). Saya jadi ngeh mengenai twitter profile, twitter branding, dan twitter marketing. Juga bagaimana menjadikan tweet kita menarik dan efektif.


MEI 2012

1. HETTY FEATHER (Jacqueline Wilson) – GPU, 2012, 309 hlm. * * * ½

Agak sedikit aneh sebenarnya membaca karya Wilson dengan setting 1800-an. Terbiasa dengan setting masa kini soalnya. Tapi "keanehan" itu jadi daya tarik tersendiri. Meski di beberapa sisi setting kurang kuat, seperti masa kini begitu.

Hetty Feather mengingatkan saya pada Jane Eyre dicampur Matilda plus sedikit Anne Shirley. Bandel, galak, temperemental, tapi pintar dan kritis, itulah Hetty. Lovable. Tapi saya malah suka bangeeett sama karakter Jem. Aduh, so sweeet banget. Pengen nikah juga sama Jem... #eh :D


2. KEBANGKITAN ISLAM DI ANDALUSIA (Ahmad Mahmud Himayah) – GIP, 2004, 78 hlm. * * *

3. MATA KETIGA CINTA (Helvy Tiana Rosa) – ANPH, 2012, 96 hlm. * * * *

Tanpa menafikan puisi lain, selalu dan akan selalu cinta dengan dua puisi ini: Fi Sabilillah dan Aku Abu Dzar yang tertinggal.


4. PANDUAN UNTUK SI ROMANTIS KRONIS - The Hopeless Romantic's Handbook (Gemma Townley) – GPU, 2011, 424 hlm. * * *


5. PORTUGAL, SPANYOL, MAROKO (Indra P. Nugraha) – Bfirst, 2012, 320 hlm.

Spanyol negara yang jadi dream list saya. Baca buku ini, dream list jadi tambah lagi, karena ada peninggalan Islam yang juga menarik di Portugal. Pemaparan penulis cukup bikin mupeng, meski bisa lebih simpel ditulis :). Keterangan nama stasiun metro untuk tiap site yang dikunjungi, sangat membantu. Juga informasi masjid-masjid yang ada di kota-kota. Sayangnya, di Spanyol penulis tak mengunjungi provinsi Andalusia (Cordoba, Granada, Seville, dll).


6. TRAVELOVE (Andrei Budiman, dkk) – Bfirst, 2012, 158 hlm. * * ½


JUNI 2012

1. I’VE GOT YOUR NUMBER (Sophie Kinsella) – GPU, 2012, 576 hlm. * * *

2. SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN (Lily Blake, Evan Daugherty, John Lee Hancock, Hossein Amini) – Noura Books, 2012, 247 hlm. * * *

Adaptasi dari skenario film. Menarik twist kisah klasik Snow White satu ini. BIla selama ini Snow White digambarkan putrid banget (lembut, kalem),


3. TRAVE(OVE)ING (Roy Saputra, dkk.) – Gradien, 2012, 256 hlm. * *

4. BUGI HIU SUKA SENYUM, Dongeng Tujuh Menit (Clara Ng.) – GPU, 2010, 24 hlm. * * *

Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah... ;). Lucuuuu, bagus idenya, hiu yang biasanya garang dan seram, digambarkan full of smile gitu. Ih, suka deh sama Bugi ;)


JULI 2012

1. the ACCIDENTAL BESTSELLER (Wendy Wax) – Qanita, 2012, * * *

2. AIR MATA BUAYA, Dongeng Tujuh Menit (Clara Ng) – GPU, 2012, 24 hlm. * * *

Jadi terharu, hatimu begitu lembut, Dek Buaya.... (meski ngikik juga ngebayangin dek buaya segitu sensinya ;). Keren nih penulisnya, membalikkan mitos air mata buaya.


3. BERSEPEDA MEMBELAH PEGUNUNGAN ANDES (Bambang “Paimo” Hertadi Mas) – KPG, 2012, 304 hlm. * * *

Selalu takjub dengan orang “sinting” seperti Mas Paimo. Mengukur jalan-jalan dunia dengan sepedanya.
6000 kilometer dari La Paz (Bolivia) hingga Punta Arenas *(Cile) dilalui dengan kayuhan. Sayangnya buku ini terkesan apa adanya. Pengalaman dahsyat Mas Paimo kurang dikemas dengan baik oleh editornya.


4. GAUDI (Maria Antonietta Crippa) – Taschen, 2004, 96 hlm. * * *

Tadinya nggak begitu ngeh dengan Gaudi. Dua tahun lalu baca naskah buku traveling, di mana penulisnya pernah mengunjungi Barcelona dan mengunjungi La Sagrada Familia--salah satu masterpuece Gaudi, jadi tahu deh. Terus baca beberapa buku traveling yang berhubungan dengan Spanyol, selalu ketemu nama ini. Beberapa hari yang lalu ke toko buku yang lagi diskon, nemu buku ini. Entah kenapa langsung bawa ke kasir + kamus saku Indonesia-Spanyol (apakah ini tanda-tanda...? ;)

Buku ini semacam pengenalan singkat tentang kehidupan Gaudi plus karya-karyanya. Saya nggak begitu mengerti arsitektur (meski dulu cita-cita jadi asitek ;p), tapi melihat gambar-gambar karya Gaudi di buku ini, memang keren dan sangat detail pada ornamen. Disebutkan kalau Gaudi seorang tradisionalis juga inovator. "He managed to imbue his architecture with a systematic and enduring bond between statis structure and architectural form, between spatial form and decoration..."

Favorit saya Casa Mila dan Sagrada Familia. Untuk La Sagrada Familia lebih ke penasaran karena karya Gaudi satu ini belum selesai saat Gaudi wafat pada tahun 1926. LSF diperkirakan baru selesai pada tahun 2026.

Well, untuk lebih membuktikan keunikan karya Gaudi, sepertinya memang harus datang langsung dan melihat sendiri. Aamin... *komat-kamit doa* :D


5. the HELP (Kathryn Stockett) – Matahati, 2010, 545 hlm. * * * *

6. KETAHUAN!, Dongeng Tujuh Menit (Clara Ng) – GPU, 2010, 24 hlm. * * *

7. NORAK-NORAK BERGEMBIRA (Dewi Rieka dkk) – Pastel Books, 2012, 186 hlm. * * *

8. PADI MERAH JAMBU, Dongeng Tujuh Menit (Clara Ng) – Gramedia, 2010, 24 hlm. * * *

Hihihi, para kodok centil nih, padinya dicat pink. Lagi-lagi ide yang nggak biasa dari Clara Ng.

8 comments:

  1. Resensi Snow White & Huntsmannya kepotong ya Mbak? :)

    ReplyDelete
  2. hihi, kebiasaan jelek... belum selesai itu :D

    ReplyDelete
  3. lbh enak... emang minjem ;p. novel detektif gk ada?

    ReplyDelete
  4. hehe, silakan, ya. novel detektif? agatha christie zaman dulu adanya:)

    ReplyDelete
  5. hihihi...
    lagi cekikikan juga nih baca #TKSMULPID di twitter

    ReplyDelete
  6. add akyu donks...... @sorayalannazia

    ReplyDelete
  7. subhanallah itu buku banyak banget, mbak. ngiler abiiiz

    ReplyDelete