Wednesday, January 4, 2012

Buku di Penghujung 2011

Rating:★★★
Category:Other
Desember oh Desember...

1. 10 HARI PENTING BERSAMA RASULULLAH (Khalid Muhammad Khalid) - GIP, 138 hlm. * * * *

http://deeyand.multiply.com/reviews/item/148

2. ALBUM BANDUNG TEMPO DOELOE (Sudarsono Katam) - NavPress, 2006, 375 hlm. * * * *

Hadiah dari panitia upgrading FLP Wilayah Jawa Barat. Benar-benar hadiah yang sangat keren dan berkesan! Seperti masuk ke mesin waktu... menyusuri Bandung masa lalu (dari tahun 1800an) hingga masa kini (untuk perbandingan). Hampir 1000 foto... saya seperti tercerap.... Siapa sangka, 100 tahun lebih lalu sudah ada truk pengangkut sampah tertutup di kota Bandung--yang belum lama ada di negeri ini.

3. CASPER SI KUCING LUCU PENUMPANG BUS (Susan Finden) - Serambi, 2011 * *

4. CERITA SEGELAS KOPI (Melanie Subono) - Qanita, 2011. * * *

Lugas dan mengentak-entak, dalam beberapa tulisan lumayan emosional. Saya ikut terentak-entak dan emosional juga bacanya. Sepertinya ini memang gaya tulisan Melanie. Sangat khas. (Saya baru baca bukunya yang bertajuk Liaison Officer Forever). Pemikiran-pemikiran yang disuarakan Melanie banyak mengingatkan kita, yang di satu sisi berasa "nonjok". Tentang kebanggaan pada Indonesia, bangga sebagai wanita, mencintai apa yang kita kerjakan, kepedulian pada makhluk Tuhan (ya manusia, ya hewan), hingga kritik pada pejabat.

Satu yang saya nggak setuju, pemikiran penulis tentang "ngapain jauh-jauh bantu negara lain--Palestina, Somalia, dia menyebut 2 negara itu--kalau di negeri sendiri masih banyak yang perlu dibantu". Premis yang agak menyesatkan, menurut saya. Duh, Neng, kemanusiaan itu tak kenal batasan geografis. Kita hidup di semesta global. Mengotak-ngotakkan kemanusiaan adalah juga nasionalisme sempit.

5. DICARI: ANJING GEDUNG PUTIH (Gina Bazer) - Gramedia, 2009, 40 hlm. * * *

Tentu saja, menjadi anjing di rumah orang nomor satu di AS tidak bisa sembarangan. Orang saja nggak bisa sembarangan masuk Gedung Putih, apalagi anjing, guk guk! So, Malia dan Sasha (eh Big Sister dan Little Sister) harus berpikir banyak saat memilih anjing-anjing yang berdatangan ke rumah mereka setelah mereka memasang pengumuman. Apakah si greyhound, rottweiler, terrier, golden retriever, atau pudel yang akan terpilih?? *lumayan juga mengenal jenis-jenis anjing...*

6. GIRL IN THE MIRROR (Cecelia Ahern) - HarperCollins, 2011, 96 hlm. * * 1/2

Medium cerpen mungkin cenderung kurang leluasa bagi sebagian penulis dalam mengeksplor cerita. Meski begitu tak sedikit cerpen-cerpen dahsyat yang lahir dari "keterbatasan" medium itu. Cecelia Ahern adalah salah satu penulis novel yang saya suka. Ide ceritanya mungkin biasa, tapi dia bisa mengambil angle yang menarik dengan gaya penceritaan yang indah dan cukup mengaduk emosi (especially di novel PS I Love You, Where Rainbow Ends, dan If You Could See Me Now).

Dua cerpennya dalam buku ini sebenarnya memiliki angle cerita yang juga cukup berbeda. Cerpen Girl in the Mirror, lumayan mencekam dan bikin saya penasaran. Begitu juga The Memory Maker yang sedikit "aneh". Sayang saya merasa Ahern seperti kebingungan membuat ending, jadi... ya penonton kuciwa deh.

7. KEBIASAAN-KEBIASAAN MENJIJIKKAN DALAM SEJARAH (Joy Masoff) - B-First, 2011. * * *

8. MY STUPID BOSS #4: Trust No One, Suspect Every One (Chaos@work) - Gradien, 2011. * * *

Terharu dengan kenangan manis Tante Kerani dengan Gospodin Bossman--selain rasa sayang Bossman sama anak-anak.(Heh?? Terharu? Bukannya ini buku kocak? Kenapa jadi terharu?). Yoi. Bossman, sang makhluk ajaib dari planet Pluto (perasaan udah nggak planet lagi si Pluto...) ternyata orang yang paling support waktu Kerani lagi down karena... (biar nggak spoiler). He helped me to focus on what to do in life.

Hmm... kayaknya Kerani bisa jadi istri kedua Bossman neeh, hahahaha!

9. ONDEL-ONDEL NEKAT KELILING DUNIA (Luigi Pralangga) - Qanita, 2011. * * *

10. OXFORD INTERNATIONAL PRIMARY ATLAS 2nd Edition (Patrick Wiegand) -- Oxford Press, 2011, 80 hlm. * * * termasuk buku kan? :D

Cita-cita saya yang nggak kesampean, selain jadi astronom dan sejarahwan, adalah jadi ahli geografi (tsaaahh..). Makanya, bisa berlama-lama melototin atlas, sambil nandain pengen ke sini ke situ.

Nah, atlas yang ini meski tipis (80 halaman) lumayan sarat informasi dan data tentang bumi dan kondisi negara-negara di dunia. Dari soal cuaca, problem lingkungan, hingga data statistik per negara dan perbandingan antar satu negara dengan negara lain. Contoh statistik: Australia memiliki luas wilayah 7.741.000 km2, penduduknya 21.852.000 orang, dengan rata-rata anak yang dimiliki 2 dan usia harapan hidup 81 tahun. Sedangkan India memiliki luas wilayah 3.288.000 km2 tapi penduduknya 1.171.029.000 dengan usia harapan hidup: 64 tahun. Nggak heran komen teman-teman yang sudah ke India: Ke mana-mana orang orang dan orang....

11. the PARADISE JOURNEYS: CURHAT PARA TRAVELER MUSLIM MENYUSURI ASIA, EROPA, AMERIKA (Muthia Esfand dkk) - Wahyu Media, 2011, 314 hlm.

Ekspektasi saya sangat besar membaca judul dan subjudul buku ini. TSaya benar-benar berharap mendapatkan pengalaman membaca yang "berbeda". Tapi ternyata... kenyataan tak seindah harapan :D. Tulisan-tulisan dari lima traveler di dalam buku ini masih mainstream tulisan-tulisan traveling yang cenderung bertutur teknis; ke sana ke sini, naik ini naik itu, makan ini makan itu, plus sedikit informasi dst. Tak terlalu banyak persentuhan kultural dan eksplorasi yang cukup dalam terhadap perjalanan... Misalnya tulisan "29 Hari Keliling Sumatra", saya menyangka akan banyak pergulatan emosional sang penulis, yang backpacking keliling Sumatra tak lama setelah ibunya wafat. Entah pergulatan apa gitu, apalagi 29 hari bukan waktu pendek untuk traveling, keliling Sumatra pula...

Atau mungkin karena saya sudah pernah mengunjungi sebagian besar tempat-tempat yang diceritakan tersebut? Sehingga saya cenderung sudah tahu, dan ingin sesuatu yang berbeda? Cieee, belagu... *toyor*. Atau mungkin karena para penulis terbatasi halaman? Atau kurang tepat mengambil angle dalam menulis? Bisa jadi...

Meski begitu, tulisan "Mengintip Eksotisme Pulau Terluar" lumayan lah. Isu pulau terluar memang menarik, ingin sekali saya menjejak pulau-pulau terluar Indonesia. Btw, seorang sejarahwan ada yang protes dengan istilah "terluar", mestinya "terdepan", karena pulau-pulau tersebut yang jadi benteng kedaulatan, terdepan dalam menjaga batas negeri ini.
So... 2,5 stars aja ya buat buku ini...

12. PETUALANGAN DI SUNGAI AJAIB (Enid Blyton) - GPU, 2011, 300 hlm.

Maksud hati mengumpulkan kembali koleksi "seri petualangan", apalagi ada cover baru (meski lebih seneng cover lama), eh akhirnya jadi baca lagi. Enid Blyton memang kagak ade matinye dah!

Buku ini adalah judul terakhir "seri petualangan". Kisah Jack, Dinah, Philip, Lucy-Ann bersama Bill (ayah tiri Philip & Dinah) serta Bu Cunningham di sebuah negara di Timur Tengah (tak begitu jelas negara mana). Awalnya Bill ditugaskan sebagai intel. Sebagai 'cover' Bill pun mengajak anak-anak, sekaligus sebagai liburan agar anak-anak makin fit dari penyakit flu. Di negeri tersebut, mereka bertemu dengan Pak Uma, kota Fellem, Tala, Oola, ular Bargua, dan rangkaian petualangan yang seru dan mendebarkan.

Tokoh favorit saya? Yah tetep Kiki laah....
Bersihkan kakimu, buang ingus, panggil polisi! Fieeeetttttt!!!

13. the POWER OF SIX (Pittacus Lore) - Mizan Fantasi, 2011, * * *

Sekuel ini makin asyik. Alasannya:
- Ada 5 Loric yang muncul di buku ini: Nomor Empat, Nomor Enam, Nomor Tujuh, dan dua lagi... Ayo tebaaak?!
- Ada dua point of view cerita, PoV Nomor Empat & Nomor Enam.
- Meski Loric ditakdirkan hanya mencintai satu orang seumur hidup, tapi John Smith tak kuasa menolak pesona Nomor Enam. Tapi Sam, sahabat John, juga jatuh suka dengan Nomor Enam. Aduh, gimana dong?
- Alur cerita yang cepat, bikin buku cepat tandas.
- Makin banyak pertempuran dengan Mogadorian.

Kekurangannya:
- Pusaka ke-5 Loric hebat-hebat banget. Ada yang bisa membuat petir dan badai, mengecilkan tubuh dan membuat usia tampak muda, menyembuhkan luka sampai penyakit parah. Jadinya kurang manusiawi gitu (lha, kan mereka emang alien, bukan manusia, hihihi). Maksudnya, cerita jadi mudah ditebak (pasti nanti mereka punya pusaka yang bisa menyelamatkan diri mereka deh, gituu...).
Tapi ya nikmati aja deh, seru kok! ;)

14. the PRINCESS FILE (Valerie Wilding) - Oxford Press, 2007, 64 hlm. * * *

Bagi sebagian orang, kerajaan di zaman modern makin tak relevan. Sebagian warga Inggris misalnya, beranggapan kalau kerajaan hanya menghabiskan uang negara. Meski begitu, kehidupan kerajaan, dengan raja-ratu pangeran-putri di dalamnya tetap membuat banyak orang penasaran. Tak heran saat Prince William dan Kate Middleton menikah, begitu meriah disambut--tak hanya oleh warga Inggris, tapi juga warga dunia (termasuk saya... *jiaaaahhh*). *ini kenapa jadi serius yak? ;)*

Jadi, buku ini berisi segala hal nyata mengenai para putri kerajaan, baik masa kini maupun masa lalu. Putri-putri dari Inggris, Norwegia, Swedia, Belanda, Monaco,Jepang, Lesotho, Nepal, Yordania, Denmark, Thailand, Brunei... you name it. Kehidupan mereka, dari gaya berpakaian, sekolah, keluarga, hingga rumah mereka (Ebutet, Istana Nurul Iman, tempat tinggal Putri Sarah dari Brunei punya 1780 kamar booww + 150 Rolls Royce! Wedew!). Girlie abis deh nih buku....

15. SAKINAH BERSAMAMU (Asma Nadia) - ANPH, 2009, 344 hlm. * * *

Hampir semua cerpen yang termuat dalam buku ini sudah saya baca di berbagai buku. Tapi, mungkin di sini kreatifnya, penulis memadukan sesuatu yang lama (cerpen-cerpen rumah tangga--fiksi) dengan hal baru (tips-tips berumah tangga--nonfiksi).

16. SAMMY'S HOUSE (Kristin Gore) - GPU, 2011. * * 1/2

17. TIGA MANULA JALAN-JALAN KE SINGAPURA (Benny Rachmadi) - KPG, 2011, 90 hlm. * * *

Mau tahu, bentuk gedung Marina Bay Sands di Singapura terinspirasi dari apa? Tsunami Aceh. Yap, tsunami. Kala itu ada kapal yang terombang-ambing ombak besar, hingga kemudian kapal itu nyangkut di atas tiga pohon kelapa. Jadilah bentuk itu menginspirasi Marina Bay Sands.

Hehehe, itu bisa-bisanya Koh Liem, yang ngajak dua teman sepuhnya, Kakek Sanip dan Kakek Waluyo, jalan-jalan ke Singapura. Apa jadinya 3 manula keliling negeri jiran itu? Lucu lumayan lah, nggak lucu banget sih. Kegagapan (dan kenorakan) Kek Sanip dan Kek Waluyo terhadap Singapura tersampaikan dengan baik melalui gambar. Soal hobi belanjanya orang Indonesia, transportasi yang rapi, lingkungan yang bersih, soal denda, hingga Singlish dan wajib militer.

18. GADIS JERUK (Jostein Gaarder) - Mizan, 2006. * * *

Buku kerjaan:
19. TWO TRAVEL TALES: Menguak Eksotisme India dan Nepal, Negeri Hindustani dan Negeri di Atas Awan (Ade Nastiti) - Lingkar Pena, 2011. * * * *

Plus menyelesaikan yang sudah tertunda berbulan-bulan:

20. 1001 HISTORIC SITES YOU MUST SEE BEFORE YOU DIE (Koichiro Matsuura) - Barrons Educational Series, 2008, 960 hlm. * * *

Site di Indonesia cuma ada satu, Borobudur. How come? Mengalahkan rumah mantan PM Israel? Blaahhh.....

21. BUMI CINTA (Habiburrahman el Shirazy) - Basmala, 2010, 546 hlm. * * 1/2

37 comments:

  1. Mbaaak, reviewnya seru amaaaat.

    Btw, sama, saya juga terharu waktu kerani down dan bossman bilang kaya gitu..tapi omongan bossman beneeer banget ya.

    ReplyDelete
  2. iya nih, kayaknya buku traveling yg membahas nonteknis baru bukunya marina silvia ya?

    ReplyDelete
  3. iyaaa, bener bangeeet. ternyata bossman bisa dalem juga, hihihi

    ReplyDelete
  4. Lumayan udah ada beberapa, nit, kayak Selimut Debu & Garis Batas-nya Agustinus Wibowo, trus Meraba Indonesia, dan yang terbaru Two Travel Tales-nya Mbak Adesiti ;)

    ReplyDelete
  5. mbak, bacaannya berat-berat euy, huibat!
    kok bisa tahan mbak baca buku (yang bukan fiksi)?

    btw, febi mau bayar buku dilelang kemarin nih, mbak akan mengirim kapankah?

    ReplyDelete
  6. eh, berat di mane? itu buku2 enteng semuwaaah, fe. percaya deh :D
    oya, nanti mbak bbm yak. Fe mau dikirim ke mana? bandung kan?

    ReplyDelete
  7. m'Dee udah baca buku MS yang awal-awal pastinya kan, ya.
    Nah, dibandingin sama yang terbaru ini, menjadi lebih bagus berarti kah?
    *soalnya dulu saya termasuk yang sreg dengan gaya bercerita MS. Apalagi waktu itu agak sebel dengan kelatahan artis-artis yang 'sok-sokan' mo jadi penulis. Padahal karyanya lasuuuut.*

    ReplyDelete
  8. aaah, akhirnya bikin buku juga deh si oom yang satu ini.
    sejak jaman saya masih aktif di Blogspot dulu (dan menjadi salah satu contactnya karena di-invite oleh blio. hehe, boleh ya GR sedikit?), udah berasa aja bahwa blio bakal menerbitkan buku.

    ReplyDelete
  9. mb, untuk bulan Januari ini, boleh kah jika dirimu memberiku bocoran kira2 buku2 apa aja yang bakal dibaca? *serius*

    mo nitip ama m'Agus (suami), soalnya, yang ada dinas ke Indonesia dalam waktu dekat. *_*

    ReplyDelete
  10. Sudah, mbak. Sebelum Cerita Segelas Kopi (CSK), aku baca yang LOF, terus beberapa hari lalu dapet yang Ouch!. Menurutku makin bagus cara menulisnya. Tapi temanya juga beda sih, mbak. Ouch & LOF kan lebih ke pengalaman MS sebagai LO. nah, kalo CSK adalah renungan MS terhadap pengalaman hidupnya. Lebih dalem dibanding 2 buku sebelumnya, meski gaya penulisannya yang mengalir dan lugas, tetep :)

    ReplyDelete
  11. wah, temennya mbak vina toh ;). menarik pengalamannya, apalagi di negara yang jarang diekspos.

    ReplyDelete
  12. Hihihi, aku kadang gak rencanain baca, mbak. Yang ada aje dilahap. minggu pertama januari ini aku baru baca 3 buku:
    - Ouch (Melanie Subono)
    - Ransom My Heart (Meg Cabot)
    - Goodnight Tweetheart (Teresa Medeiros)

    yang lagi dibaca:
    - Steve Jobs (Walter Isaacson)
    - The Maze Runner (James Dashner)
    - The Heist Society
    - We are Alla Weird (Seth Godin)

    yang kemungkinan akan dibaca:
    - Sisters (Daniele Steel) -- udah ngejogrok lama nih buku :D
    - Sleeping Arrangements (Sophie KInsella) - judulnya uhui yak? hehehe
    - When God was a Rabbit (Sarah Winman)
    - Enchanted Castle (Edith Nesbit)
    - City of Stars, Stravaganza #2 (Mary Hoffman)
    - Mockingjay

    ReplyDelete
  13. aw, pengen sekuel I am Number 4 itu, juga pengen beli seri petualangaaaaan, di toko buku belum lihat.

    ReplyDelete
  14. Haiyaaa... Kapan sih no 19 nongol di Palembang? *gak sabar.

    Saya tahu soal suami bu Kerani... Eh... Tahu di FB doang, jd pingin baca bukunya...

    ReplyDelete
  15. Gulp!
    *nelen ludah*

    dari list judul diatas, baru Sleeping Arrangement aja yang udah dibaca (bulan Februari 2011).
    hihi, kebayaaaaang enggak bakal kuat ngejer speed-nya m'Dee, dah.

    Okay, thanks list-nya, anyway.
    Ntar saya browsing2 dulu review-nya.
    Baru menentukan mana yang bisa dibeli dari Indonesia (tentunya cuma buku2 berbahasa Indonesia aja yang bakal saya titip ke m'Agus).

    ReplyDelete
  16. Cocktails For Three udah baca kan, ya?
    Inget kapan dulu itu kyknya m'Dee pernah upload review-nya.

    ReplyDelete
  17. power of six? saya ada nih, mina, kalo mau nanti saya akan jual yang punya saya, diskon deh, masih baru & diplastikin (karena udah keburu baca punya kantor hihih). seri petualangan, eh di sana belon ada? udah bbrp bulan kalo gak salah terbitnya.

    ReplyDelete
  18. hehe, sabar ya, yan... orang sabar disayang emak :D
    bukunya bu kerani, lutjuuu

    ReplyDelete
  19. Oh iyaaa, lupaa yak kalo mbak vina mah biasa baca langsung yg in english ya. Aku kasinya buku2 terjemahan, hahaha. Buku2 lokal, nanti deh mbak nyusul (kalo ada :D).
    waaah, bacaan mbak vina juga seabreg gitu.... bulan ini lagi lumayan waktu baca, jadi bisa agak lebih dibanding bulan2 sebelumnya.
    eh, mbak juga laporan rutin kan tiap bulan? belum aku tengok lagi, meluncur aahhh ;)

    ReplyDelete
  20. udaaah... suka sama persahabatan tokoh2nya :)

    ReplyDelete
  21. penasaran sama bukunya cecilia ahern itu..

    ReplyDelete
  22. @ ayanapunya: mau beli? saya jual deh kalo mau :D

    ReplyDelete
  23. tapi bintangnya cuma 2,5 ya mba...hehehe

    ReplyDelete
  24. @ ayanapunya: bisa digenepin kok jadi 3, hehehe. Lumayan menarik kok, saya bacanya gak mau berenti, tapi ya itu, mgkn krn biasa baca novel ahern yg panjang lebar, jadi yg pendek gini malah berasa kurang gitu ;)

    ReplyDelete
  25. Iya.
    Setelah sekian lama cuma bisa ngintipin 'laporan' temen-temen (mulai dari m'Dee, Fatah, Yayan, Febi, trus siapa lagi ya itu?), akhirnya aku tertarik untuk membuat review serupa.

    Yang udah diposting (dan diintip m'Dee): Edisi Mid Oct-Nov 2011.
    Yang terbaru: edisi Dec 2011, cuma dapet 17 buku. Enam buku bahasa Indonesia dan sebelas buku bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  26. mbak, kok kayaknya sering banget baca buku Meg Cabot. Kenapa Mbak? Baguskah?

    ReplyDelete
  27. udah GR nih, padahal belum tentu Febi yang aku ini, yak?
    Soalnya, udah berbulan-bulan aku ga buat laporan bacaan. Padahal, aku tetep baca buku (Indonesia dan terjemahan+children books, tentu saja, hehehe :D)

    ReplyDelete
  28. Yg stupid boss-ny jual ke aku aj mb Dee *eh yg ini gak dijual yah? Xixixi

    ReplyDelete
  29. Eh Puang kenapa ndak pernah ma ki buat laporan buku yg dah dibaca kah? kayaknya Puang makin sibuk saja di ;)

    ReplyDelete
  30. hehehe, terimakasih perhatiammu Puang, naaah
    ndak tau mi ini, makin ke sini makin ndak rapi manajemen waktuku kodong
    doakammi tahun ini sa lebih baik, naaah

    *mbak Dee, numpang ngeteh di sini :D*

    ReplyDelete
  31. sama ja ki pale, manajemen waktuku makin amburadul, sa jg malas posting rajinnya blogwalking ji... smg 2012 semakin rajin di.. kan sy salah satu fans tulisan ta ;)

    *mana mi teh ku pale, pasti kl kita yg buatkan pasti enak sekali hehehe*

    ReplyDelete
  32. hehehe, angka mi di sini. teh Ginseng asli Korea, datammaki ke sini :D

    ReplyDelete
  33. blom adaaaa, tar dicari ah pas ke jogja.
    maumaumau power of sixnya....

    ReplyDelete
  34. Febi yang fefabiola, kok.
    Jadi sah kalo GR.
    Karena memang bener ... :p

    ReplyDelete
  35. Udah baca yang There's No Place Like Here, mb?
    Kayaknya dia memang hobby bikin ending yang ajaib.
    Terkadang dibikin menggantung, terkadang penonton kuciwa (minjem istilahnya), dan seterusnya. Tapi in general, saya cukup menikmati tulisannya ...

    *sekarang lagi nerusin baca The Book of Tomorrow-nya Ahern (telat nyadar kalo dulu baru 1/2 bacanya. hihi, pas jaman mentok baca gitu, deh! Setahun cuma dapet 6 biji, cobaaa ... Terlalu!)*

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete