Monday, January 30, 2012

Buku di Januari 2012

Rating:★★★
Category:Other
Bulan pertama tahun 2012....
Here they are....

1. the 13TH REALITY #2: HUNT FOR DARK INFINITY (James Dashner) - Aladdin, 2009, 544 hlm. * * * * *

Huah, makin seru. Nggak kalah dengan buku pertamanya. Epigon Harry Potter yang “berhasil”. Manteb deh!


2. GOODNIGHT TWEETHEART (Teresa Medeiros) - GPU, 2011, 248 hlm. * * * 1/2

Buku yang tuntas di hari pertama tahun 2012. Dibaca di sela-sela "mendaki" anak Krakatau dan snorkeling. Pilihan yang tepat... setelah dikocok ombak, baca... pegal habis daki, lanjut baca chicklit yang renyah dan lumayan satir. Nggak usah khawatir yang belum "ma'rifah" sama twitter, karena format penulisannya nggak twitter banget kok.

Berkisah tentang Abby Donovan, penulis "hampir gagal", yang meski buku pertamanya pernah dibahas Oprah, tapi tak kunjung rampung menyelesaikan buku keduanya. Di tengah kegalauan tersebut, Abby bertemu dengan Mark Baynard, si-entah-siapa dari twitterland. Hubungan via direct message di twitter pun terjalin. Suka dengan obrolan Abby dan Mark yang segar, kadang sinis dan kocak. Sedih di ending, huhuhu....


3. INDONESIA MENGAJAR (Tim Pengajar Muda) - Bentang, 2011, 322 hlm. * * *

Tulisan pertama bikin saya berkaca-kaca, begitu juga tulisan kedua, haru. Tapi tulisan-tulisan selanjutnya angle-nya agak seragam, flat, kecuali yang ditulis penulis tulisan pertama (ini kalimat ribet banget yak? ;D). Padahal materinya luar biasa. Tapi saya sangat maklum, belum semua pengajar muda mungkin dapat menuangkan pengalamannya ke dalam tulisan yang bagus (hanya soal waktu saja kok . Yang jelas, program Indonesia Mengajar-nya Anies Baswedan ini memang dahsyat!


4. INFINITELY YOURS (Orizuka) - Gagas Media, 2011, 304 hlm. * * *

Novel bersetting Korea pertama yang saya baca di tengah "gempuran" K-Pop dan K-K lain yang asli saya ora mudheng dan nggak nyambung awalnya dengan SuJu, SNSD, Winter Sonata, dan segala macam :D.

Dan well, novel yang ditulis penulis lokal ini lumayan asyik. Penguasaan penulis terhadap setting cerita cukup bagus, karakterisasi tokohnya cukup kuat, meski ceritanya mudah tertebak. Di sepertiga novel saya sudah tahu endingnya nanti kayak gimana. Tapi harus diakui, kelincahan penulis mengemas cerita membuat saya mau menelusuri hingga habis. Romantis model ABG gitu (walau tokoh utamanya usianya 25-28 tahun). Seperti drama-drama romance barat lah (soale saya belum pernah sama sekali nonton K-Drama :)


5. MANUSIA SETENGAH SALMON (Raditya Dika) - Gagas Media, 2011, 272 hlm. * * *

Beberapa tulisan lumayan bikin cekikikan, beberapa lagi bingung maksudnye ape (so what?), satu tulisan sudah pernah dimuat di buku traveling The Journeys, dan tulisan terakhir (yang jadi judul bukunya) cukup dalam. Overall, makin rapi penyampaian idenya dibanding 2 buku yang pernah saya baca (Kambingjantan & Marmut Merah Jambu). Isi keseluruhan masih kebanyakan pacaran, yang sorii... nggak nyambung sama sayah :)


6. the MAZE RUNNER (James Dashner) - Bentang, 2011, 532 hlm. * * * 1/2

Sampai di halaman 150-an, saya sempat mogok baca. Agak capek mengikuti dan mencari tahu sebenarnya kenapa anak-anak itu ada di Glade dan kenapa sebagian dari mereka setiap hari harus berlari di dalam Maze? Kelamaan gitu dapat clue-nya. Untungnya penulis lihai membuat tegangan-tegangan yang bikin pembaca penasaran. Akhirnya mendapat titik terang kenapa anak-anak tersebut terjebak di Glade dan Maze pada halaman 400-an, dan setelah itu tegangan benar-benar meningkat. Lumayan banyak adegan "sadis" di bab-bab akhir.

Saya lebih suka 13th Reality, seri novel dari penulis yang sama. Humor dan tokoh-tokoh unik di seri 13th Reality lebih seru *bukan promo berbayar :D*


7. MOCKINGJAY (Suzanne Collins) - GPU, 2012, 432 hlm. * *

Saya sangat suka buku pertama (Hunger Games), dan buku kedua (Cathcing Fire) lumayan suka. Saat selesai membaca Catching Fire, sempat terlintas sepertinya cerita ini cukup sampai buku kedua saja. Meski begitu saya tetap menunggu sekuel terakhir ini, penasaran lebih ke pengen tahu ending Katniss-Peeta-Gale. Dan… entah kenapa sampai halaman 100 saya sudah terserang bosan, tak ada yang benar-benar baru (entah konflik cerita atau tokoh-tokohnya). Jadi, it was okay aja ya…


8. NOTES FROM QATAR (Muhammad Assad) - Elex Media, 2011, 312 hlm. * * 1/2

Bukannya sok tua atau sok tau :D, buat saya nggak ada sesuatu yang baru dari buku ini. Tapi mungkin buat anak-anak muda (SMP/SMA/Kuliah awal?) buku ini inspiring, memotivasi untuk meraih impian. Itu yang membuat katanya buku ini jadi "national bestseller". Dan sepertinya tulisan-tulisan dari blog penulis, hanya begitu saja dijadikan buku, tak diolah dan tak disunting :).


9. OUCH! (Melanie Subono) - Gagas Media, 2006. * * *

Penasaran cari setelah baca Liaison Officer Forever. Dapat di salah satu TBO. Pagi tadi sudah ngejogrok manis paketnya di meja. Langsung baca, tuntas dalam sekejap. Tipis ternyata :D.

Artis juga manusia, LO apalageee...
Ajaib beneeerr. Dari yang amnesia, yang norak, yang suka ngilang, sampe yang berandal, dan nyusahin gara-gara kuskus. Paling kocak si Maxim. Nggak heran banyak orang Indonesia yang merantau ke luar sonoh kangen berat sama teh botol. Sebagian kisah dalam buku ini ada yang diulang di LOF, terutama cerita si Mimi dan Westlife (meski beda dikit sih). Emang "dahsyat" 2 artis itu :D


10. PERCY AND TUMTUM: A TALE OF TWO DOGS - Running Press, 2012, 32 hlm. * * *

Oh, TumTum... you are so sweeeeeettt!


11. RANSOM MY HEART (Meg Cabot) - GPU, 2011, 536 hlm. * * *


12. REMEMBER WHEN (Winna Effendi) - Gagas Media, 2011, *


13. RP2,5 JUTAAN KELILING TURKI (Hairun fairudin) - BFirst, 2011, hlm. * * * *

Sejak pengumuman bebas visa (visa on arrival) bagi WNI beberapa bulan lalu, tekad saya menjejak Turki makin kuat. Baca buku panduan teknis ini makin kesengsem, sampai-sampai selesai baca buku ini saya langsung browsing harga tiket Jakarta-Istanbul, hehe. Segitunya, padahal browsing doang. Tapi, namanya juga usaha perwujudan mimpi, boleh-boleh aja kaan... ;). Yang jelas, kalau suatu hari nanti ke Turki, saya pasti akan bawa buku ini sebagai panduan. Panduan yang lumayan lengkap dan jelas. Recommended banget!


14. SLEEPING ARRANGEMENTS (Madelaine Wickham) - GPU, 2011. * * 1/2

Ini tentang CLBK. Tentang kesemuan. Tentang memilih. Tentang penyesalan yang tak pernah di awal.

Cerita yang mengalir, enak dinikmati. Tapi nggak simpati dengan tokoh Chloe yang sebegitu mudahnya terpesona cinta lama, padahal kisahnya dengan Hugh dulu juga tak terlalu kuat. Mungkin itulah kesemuan CLBK. Agak klise penyelesaian konfliknya, khas Kinsella alias Wickham. Ditambah "cinta satu malam"nya Jenna dengan Sam, yang nggak penting ditampilkan, meski karakter tokoh Jenna cukup unik. Dan sepertinya cover edisi Indonesia adalah cover yang paling "hot" :(


15. TEST PACK (Ninit Yunita) - Gagas Media, 2010, 202 hlm. * * *

- Idenya menarik, teknik penulisannya lancar, enak banget diikuti.
- Konflik seperti ditumpuk menjelang akhir cerita, dan kemudian diselesaikan dengan cepat.
- Saya melewatkan dialog atau narasi bahasa Inggris, yang menurut saya penempatannya kurang pas.
- Apa ya maksud perbedaan penggunaan sudut padang "aku" untuk Tata & Rahmat? Tata mengunakan "gua", Rahmat menggunakan "gue". Kok berasa aneh ya? Kenapa nggak pakai "gue" dua-duanya, atau mungkin salah satu pakai aku/saya.
- Sudah cetakan ke-11, tapi sejujurnya saya heran dengan editing buku ini (buat penerbit nih :). Buat ukuran cetakan ke-11 dan 3 orang proofreader, mestinya kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, dan lumayan banyak typo, bisa diminimalisir.


15. THREE WEDDINGS AND JANE AUSTEN (Prima Santika) - GPU, 2012, 464 hlm. * * *


16. UNFORGETTABLE (Winna Efendi) - Gagas Media, 2012, 176 hlm. * *

23 comments:

  1. Remember when cm 1 bintang, mba?
    Klo yg infinitely yours sy malah eneg bcnya mba.mgkn krn terlalu korea sdh sy tiap hr yg dilahap korea

    ReplyDelete
  2. Iya, capek saya bacanya :)
    Kalo IY, dari segi penceritaan penulis sudah lumayan matang, enak gitu. Soal terlalu Korea, pan saya gak pernah nonton drama korea, jadi gak gitu tahu tuh :)

    ReplyDelete
  3. klo dr segi penulisan sy setuju sdh ckp matang.hehe

    ReplyDelete
  4. Ada 3 buku yang dibaca sudah sejak 1-3 bulan lalu, baru tuntas di Januari :D

    ReplyDelete
  5. Ikut dong mbak Dee ke Turki :D *oot.
    Jadi penasaran sm no 1. Dari bulan lalu skornya selalu penuh. Kalo sebagus harpot, tinggal nunggu waktu untuk difilmkan ya :)

    ReplyDelete
  6. iya sayang yah mbak bbrp buku yg sebetulnya isinya bagus (misalnya buku no.15 itu) tapi editingnya kurang. trus ada juga yg dari blog tinggal dikumpulin gitu (seperti buku no.8 misalnya). padahal ada editor2 lepasan juga (misalnya mau terbitin sendiri pun), misalnya ini http://9lightsproduction.multiply.com/journal/item/11/Paket_Borongan_Diskon_10 [eh ini bukan promosi, cuma ngasih contoh aja, tapi salah satu pekerjanya temenku hehehe]

    ReplyDelete
  7. target pinjaman neh #plak

    oh, baru ngeh kenapa Mockingjay dikasih 2 bintang

    ReplyDelete
  8. Huff, kalau udah punya anak apalagi sampe 4 ky aku nih mana sempat lagi baca buku. hiks hiks hiks.....

    ReplyDelete
  9. Aaaaaaaaaa semangaaaat bacaaaa
    Tfs mbak dee... Jd pengen baca yang 13 ** itu tadi ​:DH[e̲̅][e̲̅]H[e̲̅]H[e̲̅]H[e̲̅][e̲̅]:D

    ReplyDelete
  10. Soale saya emang suka banget, yan. Difilmkan kayaknya belum ada kabar, yang sudah mau difilmkan seri lain dari penulis yang sama The Maze Runner.
    Ke Turki, yuuukkk! :D

    ReplyDelete
  11. sama kayak aku.. sekarang bisa tuntas 1-2 buku seminggu udah alhamdulillah banget.. itu pun biasanya agak 'egois' sama anak2.. semua butuh perhatian... salut buat dian... jempol - pol...

    ReplyDelete
  12. Iya, nit. Suka gemes banget... eh, linknya menarik tuh. promosi juga gapapa banget kok ;)

    ReplyDelete
  13. silakan, yang kemaren udah dibaca semua belom? ;).
    Mockingjay? boseen, udah antiklimaks menurutku ...

    ReplyDelete
  14. Karena belum punya anak, jadi gak bisa komen neh :). Tapi Mbak Ifa Avianty itu gile banget baca bukunya, jauh lebih parah dari saya, beliau dah punya anak :D

    ReplyDelete
  15. sayah kan belon punya anak :D... alhamdulillah, 1-2 buku seminggu itu baguus...

    ReplyDelete
  16. Hwaaah, kalo beneran mau bekpek rame2 aku mau dooong ikutan. *pasporku belom kepake2 hiks

    ReplyDelete
  17. terlambat ngembaliin, denda dobel, hahaha!

    ReplyDelete
  18. yuuuukkk, ke turki, tolong booking-in tiketnya ya, yan. nanti mbak cicil 100x hahaha

    ReplyDelete
  19. *mulai ngitung2 receh di dompet* #miskin

    ReplyDelete
  20. Mampir ke kios bukuku, mohon kasih komentar tentang buku buku saya di www.kuntostore.blogspot.com atau www.bukumu.asia

    ReplyDelete