Thursday, December 1, 2011

Buku di November 2011

Rating:★★★
Category:Other
1. the 13th REALITY: The Journal of Curious Letters (James Dashner) - Aladdin, 2008, 506 hlmn. * * * * *

Saya nggak ragu kasi 5 bintang, karena sukaaaaa! (eyyalah). Seperti menemukan kembali keasyikan membaca Harry Potter. Oke, mungkin plot dan karakter tokoh-tokohnya memang mirip-mirip HP, tapi tetap ada orisinilitas dalam tema. Yang lebih bikin berbeda, 13th Reality adalah perpaduan fantasi dan science fiction.

Hubungan tokoh utama dengan keluarganya juga bikin novel ini berbeda dengan buku kebanyakan. Seringnya tokoh utama novel fantasi adalah orphan, atau kalau pun punya ortu, ortunya "aneh". Tapi dalam buku ini, Tick dan ayahnya bahu membahu mengungkap misteri demi misteri. Ayah Tick adalah ortu biasa, bukan ortu yang yang menyimpan rahasia tertentu dari anaknya sendiri (seperti Harry Potter, Percy Jackson, dsb). Hubungan ortu-anak dalam buku ini sangat manis, sangat alami, tapi juga menegangkan (dari sisi cerita) dan penuh humor. Suka banget deh sama Edgar, ayah Tick, juga ibu dan saudara-saudara Tick.


2. AMAZING TOP 10: 510 Fakta Luar Biasa di Dunia (Tim Puspa) - Puspa Swara, 2011, 294 hlm. * * *

Lumayan lengkap. Salut sama tim editornya yang mengompilasi beragam fakta, meski data-data yang ditampilkan sepertinya comot sana-sini :). Yang unik, aneh, paling besar, paling panjang, paling tinggi, paling luas, paling mengagumkan, paling mendebarkan, paling berbahaya, paling indah, paling mahal, paling misterius, paling-paling deh pokoknya. Dari hewan, tanaman, fenomena alam, hingga mitologi. Sangat membantu buat yang malas browsing, hehehe.

Oh ya, saya jadi pengen ke kota hantu di Kowloon, Hongkong (kok sama sekali nggak tahu ya waktu ke sana? Kayaknya seru...), ke Bandara Princess Juliana di Karibia (eet dah... itu pesawat bisa dekat banget sama kepala kita), ke Chocolate Hills di Filipina, nyoba Millau Bridge di Perancis, lihat batu-batu aneh, ke Grand Canyon Skywalk Arizona (huaa, dulu juga gak sempet...! *belagu*), dan banyak "pengen" lainnya....


3. COMMITTED (Elizabeth Gilbert) - Qanita, 2011, 486 hlm. * * *

Oke, saya lebih menikmati buku ini dibanding buku pertamanya (Eat, Pray, Love). Memang masih ada beberapa bagian yang bertele-tele dan agak membosankan, tapi tidak semembosankan EPL. Sudut pandang penulis yang sangat Western sempat bikin saya mikir: Ya ampuuun, repot banget sih Mbak Liz pemikirannya tentang pernikahan. Tapi selain sudut pandang yang berbeda itu, saya pikir wajar, sebab penulis pernah gagal dalam pernikahan sebelumnya. Humor-humor penulis juga cukup menyegarkan buku ini.


4. the MIRACLE OF the DNA: Menemukan Tuhan dalam Gen Kita (Kazuo Murakami) - Mizan, 2011, 211 hlm. * * * *

5. MPV, Moscow Petersburg Vladivostok: Wanita, Salju, Hingga Islam di Rusia (M. Aji Surya) – Jaring Pena, 2010, 299 hlm. * * *

Rusia, negara dengan 8 wilayah waktu ini, memang terlalu luas untuk diceritakan dalam sebuah buku setebal hampir 300 halaman ini. Meski begitu, sisi-sisi menarik yang dialami penulis selama tinggal di negeri beruang merah tersebut, menurut saya cukup mewakili keeksotisan Rusia. Stasiun subway yang hingga 40 meter di bawah tanah. Limusin yang macet di tikungan jalan karena body-nya yang terlalu panjang, sistem angkot yang unik, miliarder muslim yang bikin keder, hingga masjid dan penjara Rusia. Selalu ada keunikan dalam setiap perjalanan.

6. NATHALIE #4: Dunia Ini Kecil (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * *

Aduh, Nathalie belajar merokok :(. Baca bundel 2 (4, 5, 6), dan bundel 4 (10, 11, 12). Dan lama-lama yakin kalau komik ini memang tidak cocok dibaca oleh anak-anak (jadi ingat Sinchan). Label di cover buku "Baca bersama orangtuamu ya..." yang terkesan '"anak-anak boleh baca asal didampingi orangtua" menurut saya miss-lead.

7. NATHALIE #5: Dunia Ini Sinting (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * *

Yaaah, masak sih karena kasmaran, obsesi keliling dunia segitu cepatnya terabaikan, Nat? Nggak seru ah. Lagian kamu baru tujuh tahun, Nat, mending keliling dunia aja deh puas-puasin, meski masih mentok di obsesi... *_*

8. NATHALIE #6: Seperti Warga Dunia yang Lain (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * * *

Dibanding buku 4 & 5 yang kok tumben saya susah senyum (mungkin hanya 2-3 cerita), buku ke-6 ini lumayan...

9. NATHALIE #10: Bukan Ujung Dunia (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * *

Nggak heran ya Nathalie agak-agak sinting gitu. Punya ibu gampang depresi, punya ayah obsesi sama puzzle, punya paman lebih parah... Yang normal kayaknya Junior doang.... kasihan kau, Dek...

10. NATHALIE #11: Bercanda Dengan Dunia (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * *

11. NATHALIE #12: Dunia Venesia (Sergio Salma) - GPU, 2010, 48 hlm. * *

12. OH MY GOODNESS: Buku Pintar Seorang Creative Junkies (Yoris sebastian) - GPU, 2010. * * *

Kalau sering membaca beragam buku tentang motivasi, kreativitas, biografi tokoh sukses, manajemen, selfhelp, dll dsb, mungkin materi utama yang disampaikan penulis buku ini bukan hal baru. Tapi karena penulis menyampaikannya dengan cukup "kreatif" (dari sini kita tahu kenapa seseorang itu kreatif...), buku ini pun lumayan memiliki unsur "kebaruan". Yang terutama sih, karena penulis tidak pelit berbagi pengalaman-pengalamannya sebagai seorang yang pernah jadi GM termuda sebuah kafe, marketer, dan konsultan. Meski saya meraba-raba, apa ya maksud "kreatif"nya tidak memberi halaman dalam bukunya? Biar pembaca fokus kali yak, nggak lihat-lihat halaman kalau sedang baca buku (kali gituh...).


14. PRINSIP-PRINSIP BISNIS TERHEBAT SEPANJANG MASA (Leslie Pokell & Adrienne Avila) - Ufuk, 2010, 212 hlm. * * *

Semacam kutipan/quote-quote tentang bisnis, 15 menit baca, tuntas :D. Terbagi dalam 6 cluster (rumah kali... ): Dasar Bisnis, Investasi, Kepemimpinan, Manajemen, Pemasaran, Kesuksesan.

Beberapa quote yang lumayan nempel:
- Pasar adalah sebuah tempat manusia dapat saling menipu. (Diogenes Laertius)
- Orang tidak akan bisa menjadi seorang pemimpin besar jika mengerjakan semuanya sendiri, atau mendapatkan semua pujian karena mengerjakannya. (Andrew Carnegie)
- Perbedaan antara seorang bos dan pemimpin adalah sang bos berkata, "Pergi!, sang pemimpin berkata, "Ayo kita pergi!" (E.M. Kelly)
- Jangan pernah mencampuradukkan antara proses dan pencapaian. (John Wooden)
- Kompromi adalag seni membagi sebuah kue dengan berbagai cara sehingga semua orang percaya bahwa mereka akan mendapatkan potongan terbesar. (Ludwig Erhard)
- Tidak ada jaminan di dunia ini. Yang ada hanya kesempatan. (Douglas MacArthur)


15. WHERE SHE WENT (Gayle Forman) - GPU, 2011, 240 hlm. * * *

Harus diakui, narasi yang dilantunkan penulis cukup dalam melibatkan emosi pembaca. Tema "usang" pun jadi baru lagi. Ditambah aura musik (rock dan klasik) yang cukup kuat, cerita pun mengalun manis. Meski buat saya, usia tokoh utama rasanya kok terlalu "muda" ya untuk cerita ini. Bila di buku pertama, sudut pandang penceritaan adalah Mia, maka di sekuel ini, Adam, pacar Mia lah yang menjadi point of view. Saya sendiri sebenarnya berharap PoV-nya tetap Mia. Endingnya happy, mungkin sesuai sasaran utama pembacanya... (eh ini spoiler yak? :D).

12 comments:

  1. wah buku2 terjemahan makin banyak diterbitkan oleh penerbit manapun ya mbak..

    aku kadang2 pengen ngusul gitu, kalo nemu buku2 keren yg gak (belon) booming di indo...

    ReplyDelete
  2. Oh,sangat, nit! Sekarang ini ibaratnya tidak ada border lagi buat siapapun untuk menerbitkan buku terjemahan. Tidak hanya penerbit mainstream saja :). Bisa banget kalo Onit mau ngusulin :)

    ReplyDelete
  3. Semua buku yg dibaca itu dibeli mb Dee? Jadi naksir yg pertama. Biasanya ada foto buku menumpuknya nih mbak :) khas postingan mb Dee itu :D

    ReplyDelete
  4. mbaaa ...
    akhirnya aku pun ikut-ikutan m'Dee buat bikin review borongan kayak gini.
    ou, dan maap, format judul, penerbit, jumlah halaman juga aku contek ya, mb.

    In case, ini postingan 'review borongan' ala saya. http://revinaoctavianitadr.multiply.com/reviews/item/14

    ReplyDelete
  5. Beli buku ini sejak Mei 2011.
    Tapi sampe detik ini (Desember 2011) belum dibaca sama sekali. Ehk, waktu itu pas beli buku ini memang sedang dalam kondisi lapar.
    Jadi aja segala buku-pokoknya-terbitan-2011 langsung disamber ... :p

    ReplyDelete
  6. @ masfathin: hampir semua yg di daftar ini beli sendiri, kecuali Committed, 13th Reality & Amazing Top 10 (punya kantor) :D. 13th Reality bakal terbit terjemahannya insya Allah desember, fathin. Iya neh, bukunya sebagian di rumah, sebagian kebawa di kantor, jadi blm sempat foto, nyusul deh :D

    @ vina: asyiiiiiikk! sangat2 no problemo, mbak soal format ;). Langsung meluncur neeeh ;). Emang, kalo lapar suka kalap, soal dibaca kapan mah, belakangan hehehe

    ReplyDelete
  7. mbak biasanya baca bukunya kapan, bisa kelar sebanyak itu?

    ReplyDelete
  8. seri nathalie ini komik, cergam gitu ya?...

    ReplyDelete
  9. kapan aja ada waktu, bangun tidur, sebelum tidur, di bus, kereta, bajaj, hehehe

    ReplyDelete
  10. kapan aja ada waktu, bangun tidur, sebelum tidur, sambil makan, sambil nonton bola, di bus, kereta, bajaj, hehehe

    ReplyDelete
  11. @ boemisayekti: kapan aja ada waktu, bangun tidur, sebelum tidur, sambil makan, sambil nonton bola, di bus, kereta, bajaj, hehehe

    ReplyDelete