Sunday, October 2, 2011

Buku di September 2011

Rating:
Category:Other
1. BEDEVILED: Daddy's Little Angle (Shani Petroff) - Mizan Fantasy, 2011, 234 hlm. * * *

Manusia dan iblis jatuh cinta, menikah kemudian punya anak, seperti apakah anaknya? Angel Kindness Garrett lah anak tersebut. Heh, kayak gimana tuh peranakan manusia-iblis? Ternyata Angel anak cewek biasa aja kok. Tapi itu sebelum Angel tahu dia keturunan iblis, juga sebelum Lucifer, ayah iblisnya tiba-tiba plop, muncul di dapur (dan kemudian membuntutinya) demi diakui sebagai ayah? Hihihi... cerita remaja banget, tapi lucu dan sebagai dewasa bangkotan saya masih menikmati bacanya.

2. DARI ISTANA TOPKAPI HINGGA EKSOTISME MASJID AL-AZHAR (Ahmad Rofi' Usmani) - Mizania, 2011. * * *

Mesir dan Turki, dua negara dengan sejarah yang terbentang ribuan tahun. Tak heran budaya dan jejak masa lalu yang ada di kedua negara ini begitu beragam dan menarik untuk ditapaki. Piramida, benteng, masjid, istana, hingga pesona alam seperti pantai dan gurun pasir.

Penulis mengajak pembaca menikmati perjalanan di beberapa kota di kedua negara tersebut, sambil memberi "pelajaran" tentang sejarah keberadaan sebuah situs. Maka kita akan tahu bahwa masjid dengan enam atau empat menara di Turki dibangun oleh sultan, sedangkan masjid dengan dua menara dibangun atas prakarsa permaisuri sultan atau perempuan dari kalangan bangsawan. Dan banyak informasi lain yang pekat dengan sejarah yang berhubungan dengan tokoh atau tempat di Mesir dan Turki.Kalau gaya penulisannya lebih "show it" dan tidak sekadar "panduan", mungkin buku ini akan lebih memikat.

3. EMERALD ATLAS: Buku-buku Permulaan (John Stephens) - GPU, 2011, 480 hlm. * * * 1/2

Review singkat lihat di sini: http://deeyand.multiply.com/reviews/item/142

4. EXOS ANYNOMOUS = Klub Patah Hati (Lauren Henderson) - GPU, 2008, 512 hlm. * *

5. a GIFT FROM A FRIEND: Dari Sekolah ke Dunia Bisnis, Perjalanan Wirausaha Saya (Merry Riana, Alva Tjenderasa) - GPU, 2011, 255 hlm. * *

Lihat di sini reviewnya: http://deeyand.multiply.com/reviews/item/143

6. HIDUP ITU LUCU (Mizhael J. Fox) - Kaifa, 2011, 136 hlm. * * *

7. LIAISON OFFICER FOREVER (Melanie Subono) - Indie, 2011, 133 hlm. * * * 1/2

Sebenarnya saya sudah mengira-ngira "keajaiban" para selebriti dunia, terutama para penyanyi dan musisi (yang menjadi subjek dalam buku ini). Tapi nggak nyangka, ternyata mereka lebih ajaib lagi.

Wahahahaha! Melanie Subono, vokalis sebuah band yang juga sangat dikenal sebagai liaison officer untuk para penyanyi dan musisi yang tampil di Indonesia, menuturkan pengalaman-pengalamannya yang bikin takjub selama "mengasuh" para selebriti tersebut. Mulai dari yang harus disediain cokelat M & M warna biru sahaja, yang hobi makan (sampai jatah makan buat 20 orang disikat habis), sampai yang punya baju dengan emblem nama dari berlian, sehingga Melanie harus mencuci sendiri dengan tangan baju seleb itu (boyband yang entar malam mau manggung di Jakarta :p). Seru! Sayangnya, buku yang diterbitkan indie ini sama sekali nggak diedit, layoutnya hancur lebur dan bikin sakit mata. Untung tulisannya asyik banget, so saya tancep gas aja baca. Tapi denger-denger akan diterbitkan ulang oleh sebuah penerbit, tunggu aja ya ;).

8. MARIA VON TRAPP: Kisah yang Menginspirasi Film The Sound of Music (Maria von Trapp) - Libri, 2008, 516 hlm. * * * *

Sile lihat di sini reviewnya: http://deeyand.multiply.com/reviews/item/139

9. MY NAME IS MEMORY (Ann Brashares) - Bentang, 2011, hlm. * * *

Duuuh, si Daniel... kok ya tabah beneerrr selama ribuan tahun, lompat-lompat dari satu masa dan tempat ke masa dan tempat lainnya demi mengejar Sophia, cinta pertamanya? Selain saya juga jadi ngos-ngosan bacanya, bingung juga sama si Daniel, apa kagak ada cewek lain? Jatuh cintrong-nya sudah ke ubun-ubun kayaknya, sampai "kucari kau lintas mienium, lintas benua", mulai dari Turki/Asia di tahun 500-an, Inggris masa perang dunia, dihingga Amerika masa kini. Hosh hosh hosh....

Jadi, inti cerita ini dua: cinta sejati & reinkarnasi. Pada suatu masa Daniel dan Sophia jatuh cinta. Namun, cinta keduanya tak bersatu. Reinkarnasi Daniel (yang memiliki memori sangat kuat) melakukan pencarian terhadap reinkarnasi Sophia, yang sayangnya tak memiliki memori sebaik Daniel, sehingga Daniel harus meyakinkan Sophia (dalam beragam bentuk, eh reinkarnasi) bahwa dialah belahan jiwa Daniel.

Asli, materi ceritanya sebenarnya potensial banget, dan mengharukan. Apalagi saya sudah terpikat dengan Ann Brashares, melalui seri Sisterhood of Traveling Pants. Tapi jujur, saya kecapekan bacanya, Bukan karena tema reinkarnasi yang sejak dulu saya nggak percaya (dan memang nggak ada dalam agama yang saya anut)--pan cerita fantasi--tapi mungkin saya saja kali yang nggak sabaran. Sebab menurut saya banyak lanturan dan cerita hanya berputar-putar di pencarian Daniel terhadap cinta matinya, Sophia. Endingnya pun nggak begitu jelas (entah apa buku ini diniatkan ada sekuelnya?).

10. the NINE LESSONS (Kevin Alan Milne) - Qanita, 2011, 328 hlm. * * * 1/2

Review nyusul :D

11. a QUESTION OF LOVE (Isabel Wolf) - GPU, 2011 * * *

12. the SHALLOWS: Internet Mendangkalkan Cara Berpikir Kita (Nicholas Carr) - Mizan, 2011, 279 hlm. * * * *

Setiap kalimat di buku ini sepertinya penting dibaca. Sampai-sampai saya kadang harus mengulang-ngulang . Atau jangan-jangan karena pikiran saya sudah dangkal? Fuiih... reviewnya nyusul juga deh.

13. STEVE JOBS: Otak Genius di Balik Kesuksesan Apple (Hermawan Aksan) - Kaifa, * * *

Lihat review di sini: http://deeyand.multiply.com/reviews/item/140

14. the STRANGE CASE OF DR JEKYLL & MR HYDE (Robert Louis Stevenson) - GPU, 2011 * * *

15. SWEET MISFORTUNE: Cinta Dalam Kue Ke(tidak)beruntungan (Kevin Alan Milne) - Qanita, 2011, 456 hlm. * * * *

Aw, aw, suka novel ini. Review nyusul juga yaa....

16. TRULY MARS AND VENUS: Memahami Pasangan Anda (John Gray) - GPU, 2004, 200 hlm. * * *

Sudah cukup lama sejak rajin membaca-i dan mengoleksi Mars & Venus-nya John Gray di zaman dahulu kala ;p. Dan menemukan buku ini dengan harga murah. Sebenarnya sekadar bentuk ringkas Man are from Mars, Women are from Venus (MefM WafV), tapi dikemas dengan kertas cantik dan isi berwarna, plus tambahan kuis. Buat yang "malas" baca versi lengkap MefM WafV, buku satu ini bisa jadi pilihan. Simpel dan padat.

12 comments:

  1. Pokoknya ditunggu janji "review nyusul"nya yaaaa ;)

    ReplyDelete
  2. Wekekek... nyusul kan bisa besok, minggu depan, taon depan, hehehe

    ReplyDelete
  3. wah 4 bintang?
    ditunggu reviewnya [eh, cari di amazon aja deh hehehe]

    ReplyDelete
  4. hehehehe, qonita tau aje mbak belum tentu cepet bikin reviewnya :D

    ReplyDelete
  5. Ada dua buku yang 4 bintang...
    beli aaaahhhh...:D

    Mbakkk, tolong, Fe lagi mengalami pendangkalan bacaan nih, huhuhu

    ReplyDelete
  6. Saya punya buku ini, beli pas jaman tahun 2008, kalo enggak salah.Tapi terus terang, enggak kelar bacanya. Brenti di 1/4 awal. Sempet nyesel juga kenapa saya beli yang versi terjemahan karena siapa tahu justru versi aslinya lebih asik dibaca. *no offense ke mbak Yasmine Hadibroto sebagai penerjemah buku ini loh, ya*


    ReplyDelete
  7. penasaran no.12
    yg ini reviewnya di dahulukan saja tho Mb Dee, ;)

    ReplyDelete
  8. Cucok banget tuh baca The Shallows, Fe, hehehe...

    ReplyDelete
  9. Aku juga sempat berhenti baca, trus lanjut tapi melewati bagian-bagian yang tidak terlalu penting, yang sayangnya cuup banyak. Terjemahannya menurutku cukup asyik, tapi aku kurang "dong" sama ceritanya :D

    ReplyDelete
  10. hehehe... berat kayaknya, abis baca buku itu, jadi berasa dangkal beneerrr :D

    ReplyDelete
  11. Hmm, berarti memang ceritanya yang enggak asik, kayaknya.
    Karena ternyata kita berdua sama-sama brenti baca.
    Bedanya: saya beneran brenti, kalo m'Dee tetep ngelanjutin. hihi!

    ReplyDelete
  12. Ou, aku barusan kelar baca '90 Minutes in Heaven'nya Don Piper, 'A Stolen Life'nya Jaycee Dugard, Best Friend Forever dan Far Away Home-nya Jennifer Weiner serta 3 buah buku jadulnya Meg Cabot, mb. hihi, itu tergolong dangkal enggak, ya? *pinjem istilahnya Febi*

    ReplyDelete