Monday, August 8, 2011

Buku di Juli 2011

Rating:★★★
Category:Other
Baru sempat posting, padahal bulan Agustus sudah hampir setengah.
Lebih banyak buku anak yang bulan Juli saya baca. Tipis-tipis, bergambar pula. So, here they are.... *belum semua dibuat review singkatnya :D*

1. 101 INFO TENTANG ILMUWAN MUSLIM (Ridwan Abqary) - DAR! Mizan, 2010, 68 hlm. ****
Ilmuwan-ilmuwan muslim yang terangkum di dalam buku ini mungkin sebagian sudah sering kita baca di berbagai sumber. Tapi merangkum dan membukukannya dengan simpel, menarik, dan mudah mengerti oleh anak-anak, menurut saya tak mudah. Buku ini berhasil mengumpulkan informasi tersebut dan mengolahnya dengan baik. Bagus banget buat orangtua untuk menambah wawasan dan memotivasi anak. Pesan lain yang juga penting, betapa sebagian besar ilmuwan muslim adalah manusia-manusia multi-talent dan lintas-ilmu. Ya ahli ilmu alam, ya filsuf, ya jago bikin syair indah. Tobbb!

Tapi tahu nggak, baca buku ini malah bikin saya makin-makin pengen ke Spanyol alias Andalusia dan Irak. Sebab, sebagian besar ilmuwan muslim yang disebut di buku ini berasal dari sana.

2. AGEN RAHASIA MORRIS: Rahasia Kincir Angin Tua (Jan Birck) - Little Kaifa, 2006, 44 hlm. ***

3. A CHRISTMAS CAROL: The Movie Storybook (Charles Dickens/Tui T. Sutherland) - GPU, 2009, 48 hlm ***

4. the DA VINCI CODE (Edisi Bergambar)/Dan Brown - Serambi ***1/2
Dapat muraaah banget, tadinya mau koleksi aja, eh gatel baca lagi. Dikasi foto-foto setting memang lebih "visual".

5. the GRUFFALO (Julia Donaldson, Axel Scheffler) - Ufuk, 2011, 32 hlm
Cerita tikus yang pintar, eh lebih tepat cerdik, atau penipu ya? Hihihi. Ceritanya si tikus mau mencari makan, berjalan-jalan di hutan--kenapa di hutan ya? kalau jalan-jalan ke pasar atau tempat sampah kan lebih banyak dapat makanan *halah*. Terus si tikus bertemu rubah. Melihat tikus, tentu si rubah ngiler dong.

Bertanyalah si rubah: "Mau ke mana, wahai tikus terhormat (eh gak ding, gak ada "terhormat"nya)? Mampirlah dulu ke rumahku." Si tikus jawab: "Aku mau bertemu temanku, namanya Gruffalo. Dia besaaar... taringnya tajam, mulutnya besaaaar. dan makanan kesukaannya adalah rubah goreng." --> perhatian, dialog ini seingat saya aja ya :D.

Kaburlah si rubah mendengar si gruffalo suka rubah (goreng). Kemudian si tikus melanjutkan perjalanannya, dan bertemu dengan burung hantu. Burung hantu juga ngiler lihat tikus. Tapi si tikus bilang yang sama dengan yang ia katakan pada rubah. Diubah sedikit: "makanan kesukaan Gruffalo adalah burung hantu rica-rica." --> hihihi, rica-rica mah kesukaan saya.

Burung hantu pun kabur. Tikus lanjut jalan dan bertemu dengan ular. Kejadiannya sammmmaaa. Sampai akhirnya si tikus bertemu dengan.... (oooh tidaaaaakkk....!). Siapakah makhluk yang ditemui tikus kali ini??

Cerita yang menarik, mengajarkan anak untuk mengarang cerpen kalau berada dalam kondisi bahaya. Hehehe, gak ding. Jadi becanda mulu neh. Baca aja deh sendiri :D

6. KEDAI 1001 MIMPI (Valiant Budi) - Gagas Media, 2001, ***

7. KICAU KACAU: Curahan Hati Penulis Galau (Indra Herlambang) - GPU, 2011, 344 hlm ***

8. LISTEN TO THE WIND: The Story od Dr. Greg & Three Cups of Tea - 32 hlm ****
Versi ringkas dan bergambar dari buku "Three Cups of Tea". Ringkasan ceritanya pas dan "dapat" banget, meski saya lebih banyak mengamati kolase yang dibuat Susan L. Roth. Unik dan keren banget, dan kok ya terpikir membuat kolase dari cerita tersebut.

Tapi nggak tahu juga ya, kalau untuk anak-anak (Indonesia kali ya), gaya buku bergambar dengan kolase sepertinya tidak terlalu menarik. Kurang "langsung" gitu. Perlu perhatian dari orangtua saat membacakan atau memberi penjelasan tentang kolase tersebut. Namun bisa jadi ide menarik bagi orangtua dan anak untuk membuat cerita dengan memanfaatkan kain perca dan barang bekas lain. Oh ya, walau sekitar 2 bulan lalu dapat berita mengejutkan mengenai skandal Greg Mortenson, tapi saya tetap cinta sama si Om *halah*

9. MADRE (Dee) - Bentang Pustaka, 2011 ***
Siapa sangka "biang roti" dapat menjadi tema cerpen yang begitu legit? Dee (berasa nyebut nama sendiri, haha!) begitu lihai meramu cerita. Biang roti dipadukan dengan cowok cuek berambut gimbal + kakek nenek jompo--bukan gadis manis berkepang dua (??).

Ketika Tansen mencicip roti dan sup bikinan Pak Hadi, saya seperti ikut menikmati. Ketika Tansen training bersama "Madre", saya seperti ikut mengaduk, membanting adonan, dan kemudian deg-degan menunggu roti keluar dari oven. Ya ampun, terakhir kali saya bikin roti mungkin 10 tahun lalu! (Gak nanya!).

Madre memang cerita yang manis. 72 halaman tandas sekejab. Ia sederhana dan simpel, tapi begitu kuat mengulik soal "biang". Sayangnya hanya Madre & Menunggu Layang-layang yang saya suka dari buku ini. Bukan saya tak suka dengan puisi dan prosa, hanya saja saya tak begitu menikmati olahan Dee dalam puisi dan prosa. Nggak papa toh, namanya juga selera :).

10. MUSIM PESTA (Sarah Mason) - GPU, 2011, 440 hlm. ***

11. NASIONAL.IS.ME (Pandji) - Bentang Pustaka, 2011 ***

12. OF THEE I SING (Barack Obama) - GPU, 2011, 40 hlm ***
Tadinya saya pikir surat yang ditulis Obama untuk kedua putrinya adalah surat "biasa", penuh kalimat cinta dan kasih, berisi pesan-pesan yang normatif. Ternyata so sweet banget. Kelihatan sekali sisi Obama yang puitis, tapi puitis yang tak berlebihan.

Kalimat pembukanya buat saya berkesan romantis (jadi inget lagunya Rod Stewart soalnya): "Have I told you...". Obama memuji kedua anak gadisnya, kemudian memberi motivasi melalui tokoh-tokoh terkenal Amerika dengan beragam karakter dan perjuangan mereka. Dari yang familier di telinga orang Indoensia (Martin Luther, Billie Holiday, George Washington, Abraham Lincoln) hingga Maya Lin, Jane Addams, Cesar Chaves, dan Sitting Bull.

13. PRINCE TAUFIK SANG HATI EMAS (Dewi Cendika) - DAR! Mizan, 2010, 24 hlm ***

14. RANAH 3 WARNA (A. Fuadi) - GPU, 2011, 473 hlm ***

15. SAGAI NO GABAI BACHAN (Yoshichi Shimada) - Mahda Books, 246 hlm ***

16. SEBELAS PATRIOT (Andrea Hirata) - Bentang Pustaka, 2011, 112 hlm. ***
Saya rasa sebagian besar pembaca buku-buku Andrea Hirata sepakat bahwa salah satu kekuatan Andrea adalah metafor-metafor jenaka yang banyak bertebaran di bukunya, meski kadang agak lebay ;D. Tapi tidak di buku ini. Tak banyak metafor-metafor jenaka tersebut, meski kejenakaan Andrea mengemas narasi tetap mengundang senyum (soal melatih kaki kiri misalnya)

Ceritanya sendiri seperti fragmen dari Laskar Pelangi. Ikal kecil bermimpi menjadi pemain sepak bola yang bermain untuk tim nasional, terutama sejak ia tahu kalau sang ayah ternyata pernah menjadi pemain sepak bola zaman Belanda, dan pernah menang melawan tim ambtenaar. Sayang cita-cita Ikal kandas pada tahap seleksi tingkat nasional. Kemudian cerita melompat ke bagian "Edensor", eh maksudnya saat Ikal menuntut ilmu di Eropa. Di bagian inilah, buat perempuan yang suka bola (seperti saya--tapi nggak fanatik kok :), plus pecinta klub Real Madrid dan Luis Figo seakan menemukan "bonding". Ya ampuuun, saya teriak dalam hati, ternyata ayahnya Ikal sama kayak saya, pecinta Real Madrid dan Luis Figo (plus Raul, plus Casillas--itu saya hahaha!). Ahaayyy!

Jadi, nikmati saja buku tipis ini. Sederhana, tapi cukup menggugah semangat.

Quote yang saya suka:
- Menggemari tim sepak bola negeri sendiri adalah 10% mencintai sepak bola dan 90% mencintai tanah air.
- Cinta bagi kebanyakan perempuan adalah dedikasi dalam waktu yang lama, tuntutan yang tak ada habisnya sepanjang hayat, dan semua pengorbanan itu tak jarang membuahkan kekecewaan yang besar.

17. SPLAT THE CAT (Rob Scoton) - Ufuk, 2011, 40 hlm ****
Luthuu... Splat si kucing hitam yang takuuuut banget di hari pertama sekolah. Ada aja alasannya buat nggak sekolah. Tapi ibu Splat keukeuh memotivasi anaknya, harus sekolah apapun yang terjadi! Ternyata sekolah tak semenakutkan yang Splat kira. Buku dengan ilustrasi yang unik, cerita yang kocak. Meski, apa jadinya kalau kucing nggak ngejar-ngejar tikus lagi?? Emak saya bisa ngamuk! Hihihi.

18. LOVE SPLAT (Rob Scotton) - Ufuk, 2011 **
Yaaah, nggak selucu buku pertama. Kisah naksir si Splat pada Kitten kurang seru dan kurang jenaka. Meski saya tetap ngikik sama temannya Splat yang pake behel, kikikikikkk....

19. STRAVAGANZA #1: CITY OF MASKS (Mary Hoffman) - Bloomsburry, 2006, 352 hlm ****

20. THEODORE BOONE: The Abduction (John Grisham) - GPU, 2011, 232 hlm ***

18 comments:

  1. er.. setelah kecewa sama padang bulan kyknya aku masih pengen baca buku baru andrea ini.... hihihi...

    ReplyDelete
  2. Kecepatan bacanya berapa hlm/detik, Mbak Dee?

    ReplyDelete
  3. repiuw2nya ini gak dipasang di goodreads mbak?
    biar sekalian bisa klik bukunya kayak apa :D

    penasaran dgn bbrp buku.. eh tapi yg nasionalisme pandji itu tnyt bisa download pdfnya gratis ya.

    ReplyDelete
  4. Kalau menurut mbak sih masih bagusan Padang Bulan :D. Tapi ebda tema sih, tema besar SP sepakbola.

    ReplyDelete
  5. tergantung bukunya, tah, bisa cepet, bisa lamaaaa :)

    ReplyDelete
  6. dipasang, nit. Ini mbak copas dari goodreads, hehehe. Karena suka tulis di gooderads dulu, sdgkan di MP kan "laporan bulanan".
    Iya, nasional.is.me emang dari e-book dulu, versi cetaknya ada tambahan tulisan.

    ReplyDelete
  7. banyak bintang 4 tapi ga yakin fe akan suka. genrenya itu lho, fantasi.
    bukannya mbak suka yang romantis-romantis gitu? (samma maksudnya, suka yg romantis :D)

    ReplyDelete
  8. eitt jangan salah, selain genre romantis, mbak juga suka banget sama fantasi. Meski liat2 juga sih fantasinya kayak gimana :)

    ReplyDelete
  9. Mmmm....ekormu bergetar gak Yan...baca si Splatz..hehe..ketauan sama belanjaannya di book fair.

    ReplyDelete
  10. wah..di gr emang mbak dee smpe 200an bku di gr chalnge,..bln ini sy blm selesai bca satupun buku..

    ReplyDelete
  11. @ nuha: kumisku yg bergetar mbak, hihi. Tau gitu minjem ;D

    @ atike: hehehe, tapi masih utang 2 mbak di GR challenge :D. Ayooo, hajar bukunya bleh wwwkkkk

    ReplyDelete
  12. wah rajiiin..^^
    sip deh meluncur ke goodreads..

    ReplyDelete