Wednesday, June 1, 2011

Buku di Mei 2011

Rating:★★★
Category:Other
1. BUKAN JELAJAH BIASA: Oleh-oleh Cerita, Budaya, dan Potret Kehidupan dari Seorang Jurnalis (Silvia Galikano) - B First, 2011, 246 hlm.

Kesan baca bab awal, kok formal banget ya tuturannya. Selanjutnya, oo... mungkin karena anglenya dari sisi sejarah, jadi berasa cukup pekat dan serius. Karena saya suka sejarah, saya cukup menikmati, apalagi penulis bisa mengambil cerita berbeda dari tempat-tempat yang mungkin sudah familier sekali di telinga kita, seperti Jepara, Lasem, Bali, Ujungkulon, hingga Singapura dan Vietnam.

2. CARA MUDAH MENUJU MEKAH (Firmansyah Dimmy) - Mizania, 2011, 180 hlm.

Dududu... benar-benar terlecut lagi untuk menunaikan ibadah haji di kala muda. Kayaknya baru kali ini saya nemuin buku tentang haji yang sangat motivatif. Membahas "cara menuju ke tanah suci", bukan sekadar pengalaman dan bagaimana beribadah haji. Ditambah penuturan yang segar dan renyah, buku ini rasanya wajib dibaca buat yang masih ragu atau maju-mundur, atau bahkan belum punya niat.

3. CATCHING FIRE = Tersulut (Suzanne Collins) - GPU, 2010, 424 hlm.

Sempat terpikir buku kedua isinya apa ya? Rasanya kok The Hunger Games sudah cukup "berakhir". Ow, ternyata Capitol nggak suka dengan kasus "rencana bunuh diri Katniss & Peeta dengan buah berry", jadilah Presiden Snow punya aturan baru: para pemenang Hunger Games sejak pertama kali diadakan harus bertanding lagi. Buku ini pun berlanjut :p. Hingga pertengahan buku, saya menunggu pertandingan seru. secara juara lawan juara gitu. Tapi kok, mana neeeh? 2/3 buku baru seru.

4. ESPERANZA RAISING (Pam Munoz Ryan) - Atria, 2011, 238 hlm.
Saya percaya bahwa tanah yang kita jejak memiliki denyut jantung, seperti kata papa Esperanza (meski belum pernah mendengarkan). Bukankah gunung juga bergerak? Maka hidup Esperanza juga bergerak. Dari biasa berkecukupan dan dimanja, tiba-tiba harus benar-benar berada di dasar, saat papa yang disayangi tewas terbunuh.

Bersama mama, Alfonso, Hortensia, dan Miguel, Esperanza harus meninggalkan Aguascalientes, Mexico, menuju Amerika Serikat. Ia harus bekerja kasar untuk mempertahankan hidup. Apalagi saat mama depresi, Esperanza harus lebih keras bekerja untuk membayar biaya rumah sakit. Di satu sisi, ia juga harus beradaptasi dengan orang-orang di sekitarnya, yang tak semua menyambutnya dengan lapang.
***
Kisah imigran buat saya selalu menarik. Bagaimana mereka harus meninggalkan tanah kelahiran (terpaksa atau sengaja), mengalami beragam peristiwa, hingga kemudian ada yang sukses di negeri impian, atau ada juga yang sekadar bertahan, demi sebuah "esperanza" (harapan). Esperanza Rising sendiri ditulis oleh Pam Munoz Ryan terinspirasi kisah sang nenek yang hijrah ke California, AS, pada tahun 20-an.

5. FLIPPED (Wendelin van Draanen) - Knopf Books for Young Readers, 2003, 224 hlm.
Lihat di sini review singkatnya: http://deeyand.multiply.com/reviews/item/133

6. MAXIMUM RIDE 3 Graphic Novel (James Patterson) - Mizan Fantasy, 2011, 210 hlm.

Memang ceritanya asyik dan seru. So, meski sudah baca novelnya, versinya manga-nya tetap enak dibaca.

7. MONSTER HIGH = Sekolah Monster Gaul (Lisi Harrison) - Mizan Fantasy, 2011, 302 hlm.

Apa jadinya kalau Frankenstein punya cucu? Yang pertama sih, namanya: Frankie Stein. yang kedua: jauh-jauh dari Frankie kalau dia lagi gembira (bisa kesetrum!). Hihihi, novel yang lucu dan remaja banget. Sepertinya belum ada yang "mengembangkan" cerita Frankestein jadi cerita ABG :).

8. MY NAUGHTY LITTLE SISTER AND BAD HARRY (Dorothy Edwards) - GPU, 2011, 120 hlm.

Nggak sebadung buku pertama, tapi tetep gemeeeessss sama si adik yang sempat kena batu gara-gara pengen nyobain cincin berlian Bu Clarke :D

9. MY NAUGHTY LITTLE SISTER'S FRIENDS (Dorothy Edwards) - GPU, 2011, 136 hlm.

10. the NAKED TRAVELER #3 (Trinity) - B First, 2011, 324 hlm.

11. UNTUK INDONESIA YANG KUAT: 100 LANGKAH UNTUK TIDAK MISKIN (Ligwina Hananto) - QM Publishing, 2010, 240 hlm.

Kalau dari poin-poin yang dijelaskan penulis, sepertinya saya bukan termasuk golongan menengah, hehehe. Tepok jidat deh baca buku ini, ketahuan banget hidup yang kurang terencana. Lumayan mengingatkan lagi, meski berasa sistematika bukunya agak kurang enak dibaca.

11 comments:

  1. Ayoo mbak Dee, Uniq do'akan, semoga bisa berhaji saat masih muda dan sehat. Amiiin..

    ReplyDelete
  2. Dari deretan buku di atas, saya sejauh ini cuma bisa megang-megang doang di toko buku. Bahkan, beberapa belum masuk tobuk di Surabaya, apalagi di Lombok :p

    ReplyDelete
  3. Aamin allahumma aamiiin... Ya waduud, pengabul doa, kabulkan doa saudariku ini... makacih Uniq cantik ;)

    ReplyDelete
  4. Sila kalo mo pinjem ke rumah, tah :D

    ReplyDelete
  5. Wedew...selaluuuu..
    Bikin kelap kelip mata :-)

    ReplyDelete
  6. wiiiw bacaannya!

    jadi tertarik beli cara mudah menuju mekah.
    padahal Fe udah belanja buku banyak banget nih, Mbak. puas-puasin dah mumpung di sini :D
    *doain bagasinya ga overweight ya mbak :D*

    itu yang no 3, tuebel amaaat yak? :D

    eia, bukuku jadi dikirim hari senin, mbak?

    ReplyDelete
  7. Puang lagi di Bandung yaaa.. wuihh kebayang banyaknya buku yg mo dibawa hehehe
    iyaa.. Buku uniq jg kapan dikirim ya mbak dee.. ;)

    ReplyDelete
  8. Perasaan gak naro bintang kejora di review ini hehe

    ReplyDelete
  9. Gak ada kata puas buat buku, so, shop till you drop! hihihi... Didoain, fe, kalo pun overweight pan tinggal kasih ke pilot #eh

    ReplyDelete
  10. Sudah dikirim kemarin, Nik. Febi udah terima tuh. Kirimnya barengan. Sekalian sama buku Hingga Detak Jantungku Berhenti. nanti perhitungannya japri yak

    ReplyDelete
  11. Dah balas PM ya mbak dee.. Biasanya sih 2 ato 3 harian nyampe mks..

    ReplyDelete