Friday, April 1, 2011

Buku di Maret 2011

Rating:★★★
Category:Other
1. 26 DONGENG TELADANKU (Benny Rhamdani, dkk) - DAR! Mizan, 2011, 111 hlm.
Dongengnya bagus-bagus, pesan moral yang cantik dikemas, dan ilustrasinya cakep-cakep. Keponakan bakal minta dibacain berulang-ulang nih -_-

2. 9 SUMMERS 10 AUTUMNS: Dari Kota Apel ke The Big Apple (Iwan Setyawan) - GPU, 2011, 238 hlm.
Judulnya sangat kuat dan menarik. Kemasan covernya sederhana, simpel, tapi "kena". Dua buah apel dengan semacam foto/gambaran kota Malang dan New York, dengan background putih bersih. Saya jadi ingat suvenir snow ball yang sering saya kejar kalau sedang traveling (selain magnet! :D). Ngomong-ngomong, snow ball New York saya hilang :( *halah, gak penting!*. Ceritanya sendiri inspiratif, perjuangan penulis yang anak "kampung" (Batu, Malang), hingga menjadi direktur di sebuah perusahaan multinasional di New York. Tuturan penulis juga enak dinikmati, sehingga saya bisa baca sekali duduk (di angkot, di bus, di kereta, hehe). Alur maju mundur digunakan untuk bercerita, plus tokoh anak kecil berbaju merah putih sebagai--semacam--penghubung cerita (?). Sepertinya saya melihat itu merupakan gambaran masa lalu penulis, atau bisa juga gambaran negeri ini (penggambaran baju si anak yang berwarna merah putih).

Tapi, saya agak gemas bacanya. Sebab materi buku ini sebenarnya bagus dan kuat, tapi eksplorasinya kurang. Cenderung plain untuk sebuah karya berjenis novel. Opening (bab 1) sebenarnya bagus, tapi kurang terjaga di bab-bab selanjutnya. Perjuangan penulis untuk sekolah, di tengah segala keterbatasan, plus dukungan orangtua, saudara, kerabat, dan orang sekeliling, menurut saya bisa digali lebih dalam. Deskripsikan dengan jelas dan kuat, meski tak perlu berlebihan, kalau perlu gunakan metafor, meski juga tak perlu bergenit-genit kata. Ih, saya ribut yak? hehehe. Mudah-mudahan karya penulis selanjutnya bisa lebih bagus, karena ini karya pertama ya.

3. AROUND THE WORLD IN 80 DINNERS (Cheryl Bill Jamison) - Gagas Media, 2010, 384 hlm.

4. BEASTLY (Alex Flinn) - Mizan Fantasy, 2011, 410 hlm.
Twist Beauty and the Beast yang manis dan romantiiiss. Sukaaaaa. Meski beraroma Hollywood ;).

5. EMPRESS ORCHID (Anchee Min) - Qanita, 2011, 616 hlm.
Sejak lama nggak begitu tertarik dengan novel bernuansa kekaisaran China. Sampai akhirnya edisi bahasa Indonesia novel ini di-republished, dan tiba-tiba saya pengen baca. Ternyata, baguuus euy!

Cerita tentang Putri Yehonala atau Tzu Hsi atau Anggrek, salah satu selir Kaisar Hsien Feng, yang di kemudian hari melahirkan anak laki-laki (Tung Chih) yang akan menjadi penerus Hsien Feng. Anchee Min begitu detail mendeskripsikan kehidupan "Kota Terlarang" pada akhir abad 19 (1860-an) dengan segala adat dan budaya yang melingkupinya saat itu. Terlihat sekali riset yang dalam. Penokohannya pun kuat. Saya gemas dengan Nuharoo, takjub pada loyalitas An-te-hai, Kagum dengan kegigihan Yehonala, jatuh cinta pada sosok Yung Lu.

Kehidupan dan segala prosesi di dalam Kota Terlarang bikin saya terbengong-bengong. Proses pencarian permaisuri dan selir-selir untuk Hsien Feng misalnya, buteeet dah, antara takjub dan terkikik geli saya bacanya. Saat pertama kali Yehonala dilayani untuk makan, wow, 99 jenis makanan ada di hadapannya! Oh, untunglah saya bukan perempuan China di masa itu yang pengen jadi selir :p. Semakin ke belakang, plot cerita makin cepat dan bikin penasaran.

6. ENVY: Seri Luxe #3 (Anna Godbersen) - Esensi, 2010, 367 hlm.
Porsi tokoh Lina Broud alias Carolina Broad lebih banyak di buku ketiga ini. Suka dengan karakter Lina, yang menyebalkan di satu sisi, tapi di sisi lain membuat cerita jadi nggak membosankan.

7. IF I STAY = Jika Aku Tetap Di SIni (Gayle Forman) - GPU, 2011, 200 hlm.
Hidup manusia memang rapuh. Hari ini kita bisa berandai tahun depan mau ini, sepuluh tahun lagi mau itu. Padahal, kita tak benar-benar tahu apakah esok, bahkan satu menit ke depan, kita masih hidup atau tidak. Itulah yang terjadi pada Mia, ketika tiba-tiba hidupnya yang tenang dan bahagia terampas. Kecelakaan tragis telah menewaskan ayah, ibu, dan adiknya. Dan Mia sendiri sekarat. Saat itulah Mia harus memilih. "Menyusul" keluarganya atau "berjuang" untuk hidup.

Mengharukan, terutama (buat saya) di bagian saat kakek Mia "mengikhlaskan" Mia untuk pergi. Bahasanya simpel tapi indah.

8. The LAST EMPRESS (Anchee Min) - Qanita, 2011, 556 hlm.
Sekuel Empress Orchid yang makin seru, tetap detail dan memikat. Ampuuun deh, Tung Chih! Punya ribuan selir masih "main" sama pelacur?

9. MY STUPID BOSS (chaos@work) - Gradien, 2011, 288 hlm.
Kadang suka mikir, apa semua cerita tentang bossman bener yak? Karena ada beberapa cerita yang kok lebay banget. Tapi, jangan dipikirin ah, nikmati aja, anggap menertawakan orang lain (ya eyyalah, hahaha, ups!). Tetep kocak kok buku ini, meski ada beberapa pengulangan topik cerita. Plus, bagian Twitterland kayaknya kebanyakan, bosen juga bacanya. Mungkin kalau disebar lebih enak bacanya.

10. POLITWEET (Salamn Aristo) - Bentang, 2011, 130 hlm.

11. PRINCE CASPIAN: The Chronicles of Narnia Movie Storybook - GPU, 2008, 44 hlm.

12. RECIPES FOR A PERFECT MARRIAGE (Kate Kerrigan) - GPU, 2010, 408 hlm.
Pernikahan sempurna mungkin ada, yang tidak ada adalah pernikahan yang mudah.

13. The SCARLET LETTER (Nathaniel Hawthorne) - GPU, 2010, 192 hlm.
Hm, harus baca versi novelnya (makacih, Teh Rini, will read it ;). Nggak dapat "feel" baca komiknya.

14. SPLENDOR: Seri Luxe #4 (Anna Godbersen) - Esensi, 2010, 344 hlm.
Suka sama endingnya (seperti yang saya inginkan, haha!). Hidup dengan kebohongan menang kehidupan yang semu.

15. Travelicious LOMBOK (Lalu Abdul Fatah) - B First, 2011, 175 hlm.
Sejak pertama kali menapak Lombok dua tahun lalu (baru), berjanji suatu hari harus balik ke sini. JAtuh cintrong deh sama Lombok. Dan baca buku ini ternyata banyak tempat yang belum dikunjungi (eyyalah, lha wong waktu itu cuma 3 hari!). Informatif dan useful banget untuk yang pengen jalan-jalan ke Lombok.

16. UK TRIP (Matatita) - B First, 2010, 196 hlm.
UK... I'm comiiiiing! *eh belum ding p*

17. WAYANG SEBELUM TIDUR (Clara Ng, ilustrasi Cecillia HIdayat) - GPU, 2010, 24 hlm.
Ide biasa menjadi tidak biasa. Mengenalkan wayang melalui cerita anak. Cukup apik. Dan lihat sampul bukunya... Sita dan Bima mengenakan baju batik. Ah, khas sekali...

BUKU KERJAAN:

1. Romantic Girls Series #1: Friend-love-ship (Ifa Avianty)
2. PCPK Gaun Pesta Peri Cinta (Sheila Asiilah)
3. PCPK Faquella Girls (Anisa Arigayota)

16 comments:

  1. kayaknya kudu belajar cara baca yang efektif sama mbak dee
    kecepatan membaca saya sudah turun beberapa abad terakhir xixixi

    ReplyDelete
  2. Cari bacaan yang kita suka. Lihat tuh bacaan daku, mel, fiksi semuwah, hihihi. Aku malah lagi cari cara biar baca buku2 yg "berat". Susah banget konsen sekarnag baca buku yg serius dikit :p

    ReplyDelete
  3. wihiii.. banyak banget, mbaaak.

    ReplyDelete
  4. bulan ini banyak buku anak yang tipis tuh, ada 3 ato 4, hehe

    ReplyDelete
  5. sama kayak mas melvi, minta resep, donk :p
    sekarang, bw-annya malas nuntasin bacaan mulu, xixi.
    mbak, cerpen clara ng yg ini serem2, ga?
    baca malaikat jatuh, agak bergidik, hihi

    ReplyDelete
  6. salah dokter, noph. bisa tambah sakit kalo minta resepnya sama mbak ;p
    bukunya clara ng yang ini buku anak, sama sekali gak serem, cuma 24 hlm pula, hihi. mbak blm eprnah baca cerpen atau novelnya clara ng, ada bbrp buku anaknya, sama yg ini.

    ReplyDelete
  7. Yay!
    Ada TL nyempil :D
    Jadi, kapan nih ke Lombok lagi?

    Oya, sama dengan Mbak Dee ttg novel berlatar belakang Cina. Masih belum tertarik, saya. Dikirimin 'The Last Emperor' sama penerbit untuk diresensi, tapi mangkrak di halaman2 awal. Hiks...

    ReplyDelete
  8. *kangen ngendon di kamar mbak dee n rumcay,qqq...
    Kalo dah dapat formula baca buku berat yang efektif kasih tau ajeng y mbak...;->

    ReplyDelete
  9. Kebalikan Febi nih, Mbak.
    Sukaaa banget novel bernuansa kerajaan atau kekaisaran. Jadi, mau dari Cina, Majapahit, Sriwijaya, Mongol, hayuuuk :D

    Yang Fe baca The Last Empress, Mbak.
    Pernah baca tentang Tsu Zi yang ditulis sama Pearl S. Buck. Tetep lebih asyik baca yang karyanya Anchee Min yang diterbitkan Mizan ini.
    Waktu ke Istana Musim Panas (Yi He Yuan) dan Ke Kota Terlarang di Beijing, haru... ga nyangka bisa lihat 'jejak-jejak' Tsu Zi di situ (hanyu pinyin-nya Ci Si)...

    ReplyDelete
  10. Mba Tita udah ngeluarin buku lagi?

    ReplyDelete
  11. Nanti pas honeymoon, hahaha!
    Baca yang Empress Orchid dulu, tah. Keren lhooh!

    ReplyDelete
  12. Mbak suka tentang kerajaan, tapi kalo Cina memang belum tertarik banget.
    Eh, belum baca yang Empress Orchid, fe? itu buku pertamanya.
    Wooo, kereeen, udah pernah ke Forbidden City... ;). Bagus yak?

    ReplyDelete
  13. yap. sebenernya pengalaman traveling di UK yg pernah ada di tales from the road & euro trip. Cuma di UK Trip lebih dieksplor.

    ReplyDelete
  14. Iwan Setyawan mengakui kalo novel tsbt berlatar belakang kehidupan pribadinya. Dia kakak kelasku di SD loh Mbak. Pinter nyanyi. Pernah satu grup paduan suara jaman dulu pas masih di Batu. Ini kalo ga salah buku keduanya, buku pertama ttg hobi fotografinya---berisi hasil2 jepretannya di seputaran kota Batu.

    ReplyDelete
  15. Iya, di bukunya dia bilang pernah satu paduan suara sama Kris Dayanti :D. Oh, tapi di Goodreads dia bilang ini first baby-nya. Mungkin karena buku epratma bentuknya kumpulan foto ya, bukan novel.

    ReplyDelete