Wednesday, June 30, 2010

Buku di Juni 2010

Rating:
Category:Other
Nggak mau janji bikin review singkatnya, karena yang belum lalu aja bulan sempat dibuat review-review singkatnya, hehe. Meski rasanya nggak asyik banget ya cuma list doank. Diusahakeun laah ;)

1. BEFORE WEDDING (Munira Lekovich Ezzeldine) * * * *

Sudah pernah baca buku ini hampir tiga tahun lalu. Terus bukunya dipinjam sahabat (yang sedang membutuhkan ;D) dan tiba-tiba dia bilang: "Bukumu kan sama aku. Bagus lho." Lha, padahal saya udah lupa sama buku itu. Jadilah, saya membaca lagi ;). Buku kecil yang sangat useful. Berisi 150 pertanyaan yang penting kita tanyakan sebelum menikah. Cukup detail, meski tak harus ditanyakan secara langsung saat taaruf ;)

2. DEAR JOHN (Nicholas Sparks) * * *

Berharap menangis berderai-derai saat membacanya, tapi ternyata cukup terharu saja. Bukan pada kisah cinta John & Savannah, tapi lebih kepada hubungan ayah dan anak. Plot, penokohan, masih tipikal Sparks lah.

3. DOGGY'S STYLE (Jane May) * *

Lumayan unik, point of viewnya seekor anjing, yang berusaha menyatukan kembali "majikan"nya dalam satu cinta *halah*. Lucu sih cara-cara si Miles, meski kadang nggak masuk akal.

4. DUA HIPPO DINAMIS Tersesat di Byzantium (Trinity, Erastiany, Sheila Roswita) * * *

Versi komik dari salah satu tulisan di Naked Traveler 2, tentang Turki. Yang oke sih emang komikusnya.

5. JINGGA: Perjalanan ke India dan Thailand Mencari Surga di Bumi (Marina K. Silvia) * * *

Sejak baca buku pertamanya, Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 100 Dolar, jujur saya jatuh cinta sama Marina. Gaya tuturnya cerdas. Jadi senang banget pas buku kedua-nya keluar. Kali ini bertutur tentang backpacking Marina ke India dan Thailand. Pencarian Surga, begitu di sub judul. Awal-awal menikmati, lama-lama redundant. Karena kayaknya nggak nemu-nemu surganya, ya eyyalah hehe. So, di bab-bab akhir saya bacanya scan. Trus baru ngeh kalau pas melakukan perjalanan ini usia Marina 19 tahun. Hmmm... pantesan masih pencarian :). Sayang, cover dan format buku ini menurut saya kurang bagus. Fromatnya kekecilan, padahal halamannya tebal. Desain covernya juga "tenggelam".

6. LIES AT THE ALTAR (Robin L. Smith) * * * 1/2

Buku yang berusaha menggali lebih dalam tentang sejauh mana mestinya seseorang menghadapi dan menjalani pernikahan yang sehat (bukan karena terpaksa, tuntutan usia, lingkungan, dsb). Sudut pandangnya menarik, meski beberapa bagian menurut saya terlalu detail, dan apakah perlu? Tapi sejauh bijak melihatnya, saya pikir buku ini bagus untuk dibaca. Bukan hanya oleh pasangan yang akan/mau menikah, tapi juga yang telah menikah.

7. NIGHTS IN RODANTHE (Nicholas Spark) * *

Tak ada yang unik, tipikal Sparks juga.

8. PADANG BULAN (Andrea Hirata) * * *

Yak, sengaja saya tulis Padang bulan saja, bukan Dwilogi Padang Bulan-Cinta di Dalam Gelas. Karena saya memang baru baca bagian Padang Bulan. Saya menikmati "rasa melayu" di novel ini. Yang lainnya? Nanti deh mau baca novel ke-2nya dulu ;)

9. Rp3 JUTAAN KELILING INDIA DALAM 8 HARI * * *

Hwah, baru tahu kalau sungai Gangga adalah juga tempat persemayaman mayat. Si penulis langsung menyaksikan sesosok mayat yang mengambang, sudah biru, berbelatung, dan burung-burung sedang mematuki belatung2 tsb. Yuck!


10. Rp2 JUTA KELILING CHINA SELATAN DALAM 16 HARI * * *

Menarik. Tinggal nanti kalau mau jalan ke sana, buka-buka lagi buku ini, hehe. Cuma lama-lama kok rindu sama buku traveling yang lebih dalam ya, bukan sekadar how to. Tapi memang tujuannya buat itu ya. Yang jelas seneng denger kabar dari salah satu penulis traveling yang saya suka banget, naskah ke-2nya sudah siap. Nggak sabar nunggu terbitnya!

11. The HISTORY OF LOVE = Sejarah Cinta (Nicole Krauss) *

Saya nggak ngerti ama buku ini, hiks, mangap eh maap....

12. The WIND IN THE WILLIOWS (Kenneth Graham) * * *

Tuan Katak nyentrik banget! Novel fabel klasik yang menarik. Biasanya kan baca novel klasik yang girlie... ;)

7 comments:

  1. Waaa..baca Wind in the Willows juga..makasih, Mbak Dee:D

    ReplyDelete
  2. Waaa..baca Wind in the Willows juga..makasih, Mbak Dee:D *GR aja Mbak Dee baca terjemahanku, siapa tahu buku aslinya..hehehe..

    ReplyDelete
  3. padang bulan bintangnya 3 juga ya mba?

    ReplyDelete
  4. Gak perlu geer, karena aku emang baca yang terjemahan teteh ;)

    ReplyDelete
  5. Mbak, mau dung pinjem buku Marina-nya :-)

    ReplyDelete