Sunday, February 28, 2010

Buku di Februari 2010

Rating:★★★
Category:Other
Banyak buku keren & bagus neh yang saya baca selama Februari.

1. A CHILD CALLED IT (Dave Pelzer) * * * 1/2

Ya, ya, ya. Saya memang baru baca buku ini. Dari dulu pengen, cuma udah nggak tega duluan. So, hampir dua tahun lalu akhirnya beli, dan baru dibaca ya bulan Februari :). Dan... huwahh... mual bacanya. Bagaimana mungkin seorang ibu bisa begitu sadis? (mungkin saja ya, kayak Arie Hanggara tuh, atau beberapa kejadian belakangan). Yang bikin saya gemas, ayahnya Dave yang nggak bisa berbuat apa-apa, malah akhirnya pergi. Cuma sepertinya Dave nggak begitu menjelaskan kenapa sebenarnya si ibu bisa begitu berubah. Hanya disebutkan kalau si ibu "sakit".

2. DON'T CALL ME ISHMAEL (Michael Gerard Bauer) * * * 1/2

Ishmael Leseur, 14 tahun, dan menderita sindrom Ishmael Leseur. Gara-gara Herman Melville menulis Moby Dick, dan ayah Ishmael (Ron Leseur) kuliah di Sastra, membaca Moby Dick, bertemu sang ibu, jadilah Ishmael diberi nama Ishmael. Terus? Dari sinilah "kutukan" Ishmael dimulai. Belum selesai saya baca sih, tapi kocak. Tentang bullying di sekolah.


3. The INVENTION OF HUGO CABRET (Brian Selznick) * * * * *

Buka halaman-halaman pertamanya saya langsung jatuh cinta. 42 halaman awal hanya ilustrasi. Tapi ilustrasinya keren, dengan guratan pensil black & white membawa kita kepada cerita, seperti potongan film dengan teknik zoom in. Benar-benar format buku yang unik. 500 halaman lebih, tapi nggak perlu waktu lama untuk bacanya.

Ceritanya sendiri sangat menarik. Bersetting Perancis di tahun 1930-an, berkisah tentang seorang bocah laki-laki (Hugo Cabret) yang memiliki rahasia misterius mengenai mechanical man, warisan dari ayahnya. Di kemudian hari mechanical man tsb membuka rahasia tentang George Melies, kakek angkat Isabelle, gadis cilik yang membantu Hugo menguak rahasia tsb.

4. JILL & JILL (Karen Yampolsky) * * *

Setipe dengan A Devil Wears Prada (yang filmnya lebih bagus dibanding novel--menurut saya). Kisah Jill mempertahanakn "Jill" majalah wanita yang pada awalnya didirikan Jill berbeda dari yang lain, tidak mainstream. Tapi sejak diakuisisi oleh raksasa penerbitan majalah Norstrom, lama-lama Jill kehilangan "warna".

Tadinya nggak terlalu berharap sama chicklit satu ini, tapi lumayan ternyata. Bisa jadi bacaan pelengkap kali yee buat yang kerja di majalah perempuan ;)

5. JUMPALITAN MENCARI SANG PANGERAN (Shelina Zahra Janmohamed) * * * *

Gue bangeeeeedd! Hehe. Bener-bener suara hati perempuan lajang ;). Lepas dari kultur dan background Shelina yang agak berbeda dengan saya, tapi suara hatinya adalah suara hati lajang di mana pun. Pengalamannya jatuh bangun mencari "the right one" sangat inspiring. Shelina sangat jujur dengan dirinya. Beberapa pengalamannya mirip dengan saya (jeilee, ngaku-ngaku).

Penuturannya cerdas dan kocak di beberapa bagian. Meski deskripsinya agak terlalu panjang, tapi saya sangat menikmati, karena kalimat-kalimatnya terpilih (peran penerjemah juga dong nih, top buat Rien Chaerani ;)). Adegan yang saya suka adalah waktu pria kesekian yang rencana dijodohkan dan berkunjung ke rumah Shelina, melihat rak dengan buku-buku seabreg. Si pria tanya: "Ini punya siapa?". Shelina jawab (agak sombong, karena mengira si pria terkesan dengan koleksi bukunya): "Buku-buku ini semua milik saya.". Mau tahu komentar si pria? "Saya tidak suka buku, dan saya tidak suka wanita yang suka buku."

Jiyaahh, butet dah! Saat itu juga Shelina tahu bahwa pria itu absolutely bukan "the one". Benul banged, Shel (kayak kenal aja). Depak aja langsung cowok kayak gitu. Hahahaww!

6. THE ARISTOCATS = KUCING NINGRAT (Michael Paxton) * * *

Nama lengkapnya O'Malley kurang panjaaaaang, hihi. Lumayan lah, diangkat dari filmnya.

7. LUCY WILLOW (Sally Gardner) * * *

Asyik kali yee kalau bisa punya green magic finger kayak Lucy. Nggak perlu susah payah nanem bunga, nunggu berkembang. Sebab dengan keajaiban jarinya, bunga yang ditanam Lucy jadi cepat besar. Dan ini membantu ayah Lucy yang bekerja di perusahaan kembang sejak di-PHK dari pekerjaan sebelumnya. Juga membantu pernikahan Blossom B & Silverboot McCoy, pasangan selebriti penyanyi dan pemain sepakbola (bisa nerka dunk ini sapa? ;). Blossom B yang maniak bunga, sudah memesan bunga di perusahaan tempat ayah Lucy bekerja. Sayangnya, tiba-tiba toko tempat ayah Lucy bekerja ada yang merusak. Apakah keajaiban jari Lucy dapat membantu pesanan bunga dari Bloosom yang seabreg itu?

Yang saya suka sih keluarga Lucy yang tinggal di gerbong kereta. Jangan salah, gerbong kereta yang masih berfungsi lho, alias masih jalan ke sana kemari. Kebayang nggak tinggal kayak gitu? hehe.

8. The MARRIAGE BUREAU FOR RICH PEOPLE (Farahad Zama) * * * 1/2

Menarik dan khas. Penulis berhasil dengan deskripsinya, sehingga saya tak hanya mengangguk-angguk ber-ooo, tapi juga merasa, mencium bau rempah, udara... So, bisa dibilang pnerjemahnya juga oke dong ;). Ceritanya juga mengalir, saya dengan cepat menamatkan (ini tandanya saya suka ;). Meski endingnya klise, tapi karena saya suka yang romantis-romantis, jadi oke-oke ajah, hehe.

9. QUANTUM READER (Bobbi dePorter) * * *

Sudah pernah tahu teknik-teknik yang ada di dalam buku ini. Cuma nggak pernah bener-benar mempraktikkan. Akan sangat membantu untuk buku nonfiksi kali ya, kalo fiksi, ehm... rasanya harus dibaca dengan menghayati, kecuali fiksinya jelek :D.

10. The SCARECROW AND HIS SERVANT (Philip Pullman) * * * 1/2

Boneka jerami-nya nyentrik benerrr. Apalagi pas jatuh cinta sama gagang sapu, huahaha, asli saya cekukukan! Seru ngikutin perjalananan si boneka dengan Jack, pelayannya. Meski di beberapa bagian agak bosenin, tapi karena lumayan seru, saya lahap terus.

11. SELIMUT DEBU (Agustinus Wibowo) * * * * 1/2

Membaca buku ini saya seperti tercerap, terliputi "selimut debu".

12. SAFE SECRET DEPOSIT BOX (Pink Berry Club) - (Izzati) * * *

Seri terbaru dari DAR! Mizan, bisa dibilang "kakaknya" KKPK gitu :). Kangen sama tulisannya Izzati dan di buku ini kelihatan dia makin matang. Ceritanya menarik tentang seorang remaja yang harus menjadi pemegang rahasia kakak, adik, dan temannya.


Buku kerjaan:

1. FAMILY TRAVELER (Agnes Tri Harjaningrum)

Asyik bener lho baca buku ini. Mengikuti traveling sebuah keluarga tapi sekaligus ada selipan cara mendidik anak.

2. CINTA SETENGAH HATI (Yunita Tri Damayanti)

Novel tentang perjuangan seorang mengasuh anak yang disleksia. Diselipi romance lho, jadi lebih menarik ;)

3. SERIAL TRIPLE E: YANG WARAS NGALAH! (Bang Iyus)

Lihat mahasiswa baca buku ini di kereta sambil nahan-nahan ketawa. Berarti? Buktikan saja sendiri ;)

4. CERDAS MEMILIH OBAT & MENGENALI PENYAKIT (Agus Wibowo)

Panduan yang cukup detail tapi dengan bahasa mudah dimengerti tentang obat-obatan.

33 comments:

  1. a child called it. udah lama banget pengen baca tapi ndak sempet2. hehe..

    ReplyDelete
  2. sasaran selanjutnya Selimut Debu

    ReplyDelete
  3. Wah udah bolak-balik liat Jill and Jill..makasih Mbak, rekomendasinya..selera kita kan mirip2 *dueh GR*
    Dan makasih, sudah membaca Marriage Bureau:D *menjura*

    ReplyDelete
  4. family traveler bintangnya berapa mbak?

    ReplyDelete
  5. waks, maren dah buka buka family traveler juga tapi lom beli

    ReplyDelete
  6. aku naksir buku no 5, meskipun bukan lajang, tapi aku suka pemikiran para lajangers :-D

    ReplyDelete
  7. @ topenkkeren: hehe, sila dibaca, lumayan memberi semangat untuk fight for life

    @ sinthionk: saya add penulisnya di goodreads, sin, duh humble banget... sempat2nya balas mesage saya bbrp kali

    @ rinurbad: saya juga waktu itu beli krn ada di selipan, diskon 30%, lumayan kan? ;). tuturannya lumayan cepat, jadi gak begitu ngebosenin kayak devil wears... ada yg agak bertele2 juga sih, plus adegan biasalah 17 thn ke atas. gak enak kali ye kalo gak ada adegan itu :(

    @ vocinna: krn buku terbitan tempat krjaan sendiri, jd gak enak ngasi bintang, na, hehe. yg jelas asyik dan menarik bgt lho, 4 bintang deh ;)

    @ laxita: eh, udah ada di toko buku yak? hihi, penerbitnya sendiri belon dapet.

    @ myshant: siiiip!! ;). ada bagian perbincangan shelina dengan shabatnya, yang itu sering saya perbicangkan dgn sahabat saya juga. emang udah persoalan ebrsama kali yee, hihi

    ReplyDelete
  8. asik benerrr, esp. for lajangers ;)

    ReplyDelete
  9. Pengen jg nyari buku no. 5 deh hehehe...

    ReplyDelete
  10. silakan, sudah ada di toko2 buku, yg nerbitin mizan :)

    ReplyDelete
  11. Pingin baca Selimut Debu juga, skornya gede. Mana penulisnya humble pula ya mbak Dee? hehehe

    ReplyDelete
  12. Mbak Dee: iyalah pasti..tapi kan katanya..*ga mau nerusin ah, ntar buka kartu:D*

    ReplyDelete
  13. sepakat mbak... depak aja langsung... hehe..
    pengin baca jadinya.. :D

    ReplyDelete
  14. Mba dee, review selimut debu-nya yang bnyk,donk :-D

    ReplyDelete
  15. No 5 8 dan triple e kykny bagus y.. mesti bburu buku lg nh..

    ReplyDelete
  16. buku Pak Taufiq Ismail ada yg baru gag ya?

    ReplyDelete
  17. Mba...dapat buku keren dari mana siiih? Pingiiin banget baca yang dapat bintang 3 setengah sampai lima. Masih adakah di toko buku?

    No 3 ada terjemahannyakah mbak?

    ReplyDelete
  18. pengen yang ini,mbak dee: The INVENTION OF HUGO CABRET :p

    ReplyDelete
  19. sengaja bair novi penasaran, hehe

    ReplyDelete
  20. hehe, kagum sama dia, objektif dlm menuturkan pengalamannya meski dia bkn seorg muslim.

    ReplyDelete
  21. katanya yg the reader itu yak? haha!

    ReplyDelete
  22. seingat saya, yg terbaru yg horison kaki langit, yg ad abrp jiid tebel2 itu (cmiiw)

    ReplyDelete
  23. silakan cari, mina, hihihi. saya pinjem soale... :D

    ReplyDelete
  24. Belum ada, fe.
    yang lain, banyak buku2 baru kok, fe, jadi pasti ada di toko buku ;)

    ReplyDelete
  25. buset sampe ada yang bintang 5 dan 4 setengah.... lagi penasaran sama Selimut Debu... smoga bisa kebeli di bulan ini

    ReplyDelete
  26. sshh, gak bole ngomong buset, butet aja hehe

    ReplyDelete
  27. sshh, gak bole ngomong buset, butet aja hehe

    ReplyDelete
  28. (16 : 28 ) * 24 jam...
    gile.. tiap hari baca buku... :p

    ReplyDelete
  29. nyamber triple-E ah, kangen jg ketiwi2 sendirian.. ;D

    ReplyDelete