Buku di Januari 2010

Rating:★★★★★
Category:Other
Tumben nih tanggal segini saya sudah bikin list, biasanya pasti bablas bulan :D. Mengawali tahun 2010, ada buku-buku yang asyik, ada yang nggak. Ada yang saya sangka asyik ternyata nggak. Ada yang saya sangka nggak asyik, ternyata asyik *halah ribet deh*. OK, this is my book list in January, sesuai abjad....


1. ARE YOU AFRAID OF THE DARK? (Sidney Sheldon) * * 1/2

Novel ini sudah ngendon sekian lama di rak. Seperti novel-novel Sheldon lainnya, alur ceritanya cepat dan banyak suspense. Mungkin karena sudah sekian lama nggak baca Sheldon, baru nyadar kalau Sheldon ternyata verbal sekali ya dalam bercerita. Dalam novel ini banyak kebetulan-kebetulan dan logika cerita yang nggak masuk. Kalau materi ceritanya sih, tentang konspirasi pembunuhan terhadap beberapa ilmuwan di sebuah institusi. Jadi ingat tsunami 2004 lalu, di mana ada teori konspirasi kalau sebenarnya itu bukanlah peristiwa alam tapi ada percobaan bom atom di tengah laut.


2. BEST MAN (Matt Dunn) * 1/2

Ta' pikir menarik, teryata daku terengah-engah untuk menuntaskannya. Jadi, sampai sekarang belum selesai. Ceritanya agak bertele-tele.


3. The BFG = Raksasa Besar yang Baik (Roadl Dahl) * * * *

Sebagai tomat manusia, saya suka sekali buku ini. Bikin saya cekukukan dan jungkar-jungkir. Salah satu buku Dahl yang pontang penting dikoleksi. Saya juga jadi pengen minum frobscottle dan ber-whizzpopper, hihihi. Selain seru dan kocak, dalam buku ini Dahl berusaha memasukkan beberapa pesan, antara lain soal lingkungan (tanaman pun punya "hati" punya "rasa") dan keserakahan manusia (raksasa nggak pernah bunuh sesama raksasa, tapi manusia bisa membunuh sesamanya). Meski ada sedikit sentimen ras yakni bwahbweh-nya orang Arab.


4. BOCAH MUSLIM DI NEGERI JAMES BOND (Imran Ahmad) * * * 1/2

Kalau pengen baca memoar yang ringan tapi nggak kacangan, buku ini bisa jadi pilihan. yang saya suka sub-sub cerita yang pendek, jadi nggak capek bacanya :D.


5. KATY (Susan Coolidge) * * * 1/2

Terima kasih buat Mbak Retnadi yang sudah menghadiahkan saya buku ini. Buku klasik memang asyik ya. Apalagi cerita tentang kakak-adik. Enam bersaudara yang unik-unik karakternya. Terutama sih buku ini bercerita tentang Katy yang tomboi. Gw banged dah (duluuu...) :D


6. The LOST SYMBOL (Dan Brown) * * * *

Soal bikin pembacanya nggak mau berhenti sebelum sampai titik darah penghabisan, ups, sampai tamat, Dan Brown memang nggak perlu diragukan. Dari DVC sampai Deception Point, saya sering kali begadang, karena penasaran dan harus baca sampai habis (pengennya nggak disela-sela, disela whizzpopper bole lah, hihi). Termasuk novel anyarnya yang satu ini, page turner. Kalau dari plot dan karakter tokoh cerita sih, sama lah dengan novel DB lainnya. Setting waktu 24 jam, setting tempat pindah-pindah, plot yang cepat, plus tentu, cewek cakep yang pinterr (saya maksudnyahh... *penonton: hueeekkk* :D)


7. LOTTA (Astrid Lindgren) * * *

Lupa-lupa inget, jaman dulu udah pernah atau belum baca yang ini ya? Ya, daku baca lagi deh. Lotta memang luthu. Kakak-kakaknya juga iseng. Ah, persaudaraan itu memang indah.


8. The NAKED TRAVELER 2 (Trinity) * * *

Kelebihan Trinity adalah koleksi pengalamannya yang unik-unik (dari berenang bareng hiu dan ikan pari sampai bungee jumping tertinggi di dunia). Tuturannya masih seperti buku pertama, renyah. dan.. bebas :D. Ada tulisan yang menurutku gimana gitu, khawatir menjadi sesuatu yang biasa dan ditiru (tanpa mengesampingkan pembaca yang makin cerdas).


9. NO WAY TO TREAT A FIRST LADY (Christopher Buckley) * * 1/2

Baca novel ini mau nggak mau pasti inget skandal Om Bill dan Jeng Monica tahun 90-an dulu. Lumayan sih, meski kelihatan sekali pengarangnya comot sana-sini untuk fakta. Ditambah dnegan bab awal yang "uhuk" dah. Memang sih itu jadi clue untuk ending cerita, tapi ya begitulah... u know lah, pusing laah...


10 POLLYANA (Eleanor H. Porter) * * * *

Aaah, I love Pollyana! Pollyana yang semangat, ceria, dan selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif. Glad game, perlu jadi permainan buat kita neh ;)


11. RP2 JUTA KELILING MACAU, HONG KONG, SHENZHEN (Claudia Kaunang) * * *

Buku ini memang ditulis sebagai panduan teknis, jadi memang teknis banget. Saya akan baca lagi lebih detail menjelang keberangkatan ke tiga tempat itu nanti (kapan? pokoke masuk daptar aje dulu... :D)


12. TINTIN DAN ALPHA ART (Herge) * * * 1/2

Sayang sekali, Herge tak sempat menyelesaikan cerita ini. Tapi paling tidak sket dan beberapa coretannya bisa diterbitkan. Paling nggak saya jadi mereka-reka sendiri ending ceritanya hehe...


13. The UNFORTUNED MISS FORTUNES (Jennifer Crusie, Eileen Dryer, Anne Stuart) *

Daku pikir kayak Enchanted Inc-nya Shanna Swendson (pernikahan Harry Potter - Bridget Jones gitu), ternyata... daku longkap-longkap bacanya. Betee....

***

Kalau yang ini buku-buku Lingkar Pena yang terbit di bulan Januari. Bukan bermaksud promosi, hanya memberi tahu sambil mendorong anda untuk membeli (yeee.. sama aje dehh, hehe)


ADRIANA: LABIRIN CINTA DI KILOMETER NOL (Fajar Nugros & Artasya Sudirman)
==> Perpaduan cerita teka-teki, romantisme, plus sejarah. Asli, baca naskahnya saya nggak mau berhenti, bikin penasaran.


BEST FRIENDS FOREVER (Putri Salsa)
=> Seri lanjutan dari Cool Skool. asyik, cerita seperti ini pasti disukai banget sama remaja putri.

CINCIN MERAH DI BARAT SONNE (Andi Arsana)
==> Tahu geospasial? Mungkin tak banyak dari kita tahu. Tapi penulis bisa dengan informatif tapi juga cair menjelaskan tentang hal tsb. Plus tentu pengalamannya di kapal Sonne, mengarungi Samudra Hindia, bersama awak kapal dari berbagai bangsa. Dengan cerdas, penulis juga meramu pengalaman tersebut dengan hal seputar pendidikan dan ilmu pengetahuan. Asli, saya banyak banget dapat wawasan baca buku ini!


JODOH CINTA UPDATE (Ari "Kinoysan" Wulandari)
well, kalau selama ini buku tentang jodoh, bertutur dari sudut pandang perempuan, yang ini dari sisi pria. Menarik? Tentu!! APalagi buat lajang lapuk seperti saya, hahaha!

Comments

  1. Mbak Dee, ini dibaca dalam waktu 1 bulan?! aku baca "Maharani" nggak tamat-tamat, hiks.

    ReplyDelete
  2. @ nonragil: hehe, iya, mbak. tapi ada yang aku bacanya aku longkap2 kok :D

    ReplyDelete
  3. masa' mb Dee baru baca Are you afraid of the dark ? :-D
    berarti tu novel lama banget tuh ngendon di rak

    yg the lost symbol, baru aja disampul, belum dibaca :)

    ReplyDelete
  4. Iya, baru baca, Shant. Belinya kayaknya 2 thn lalu hehe. Memang blm semua novelnya Sheldon saya baca kok, apalagi dulu waktu masih shalehah, wahahaha.
    TLS seru.

    ReplyDelete
  5. wah, tanggal segini udah 12 buku aja. hebat!

    ReplyDelete
  6. udah terbit, fe... beli yaa, hehe...

    ReplyDelete
  7. 17, tapi 2 buku nggak saya baca tuntas (bete), plus 4 buku kerjaan ;)

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah, kembali kasih juga utk mb dee :)
    saya juga suka katy, karena puisi2nya bagus :)
    terima kasih banyak juga utk hadiah balasannya, yg segera akan jadi bacaan favorit saya bulan ini.
    semoga selalu dirahmati Allah ya, mbak :), amin :)

    ReplyDelete
  9. he he he ...sampe buku ke 13, tak ada satupun yang pernah kubaca. Tapi penasaran dengan buku Roadl Dahl...dari dulu mw baca gak jadi-jadi :D

    ReplyDelete
  10. iya, seneng deh.
    kayaknya kita bisa ngadain book swap ya kapan2 gituh :D
    sama2, moga selalu berkah ya mbak...

    ReplyDelete
  11. Wiken ini cari deh, Sin, 25 rb, kalo beli di TM pasti diskon tuh hehe. Kocak dan geblek:D

    ReplyDelete
  12. mbak e, mbak e...jangan engkau hantui aku dengan kata "diskon" :P

    ReplyDelete
  13. mending dihantui, daripada digenderuwoin heheheh

    ReplyDelete
  14. Bnayak sekali buku yang dibacanya

    ReplyDelete
  15. Serunya bacaanmu Mba :-)

    Oya Mba, LPPH bisa support buku doorprize utk 'bedah LDL' di kampus UII Yogya minggu depan tak? :-)
    Nanti ku-sms ya Mba info selanjutnya :-)

    ReplyDelete
  16. Anyway, so missing u :-)
    makanya mampir di mari :-)

    ReplyDelete
  17. penasaran pengen baca the naked traveler *kemana ajah selama ini tin? hihihi*

    ReplyDelete
  18. Mbak Dee..aku juga baca beberapa karya si Sheldon..tp kemarin lupa masukin list (pe-er..:p)..tentang alter ego..seru banget ceritanya (lebih pantes dibilang sadis kali ya)..trus kebetulan-kebetulan dan logika yg gak masuk di cerita bisa membuat novelnya laku ya?..:-)

    ReplyDelete
  19. waktu baca the naked traveler 1 nikmat banget, pas yg 2 udah liat fotonya trinity, lebih nikmat lg, coz ngebayangin trinity berenang bareng hiu, jadi ngakak ... wakakak...

    ReplyDelete
  20. Makasih mbak Dee..yang empat bintang saya catet. Stoknya nggak doble nih?hihihi...*ngarep bukaan toko lagi*
    Tin..punya temen kok, pengin baca TNT2 juga...yang pertama nggak denger sama sekali hihi...

    ReplyDelete
  21. bikin ngiler yang semua yang bintangnya minimal 3...
    mbak deeee... ada yang mau dijualkah? :D

    ReplyDelete
  22. Waah..alamat hujan angin nih, Mbak Dee udah posting bacaan pada waktunya..xixi.. just kidding, Mbak..I am glad you post this one earlier, because it means..aku bisa nyontek..*alesan tidak penting* Okeh, ini alasan seriusnya: perbaikan Mbak Dee di tahun 2010 *lariiii!*

    ReplyDelete
  23. hahahaha....brati aku masih di jaman jahiliah niy :)))
    koleksiku sidney sheldon, marry higgins, james patterson, stephen king dan sejenisnya :-D
    belum lagi chicklit

    ReplyDelete
  24. mantaaabbbb, jadi berniat.. berniat untuk minjem hehe

    ReplyDelete
  25. Lho naked traveler sudah ada yang ke-2 ternyata... doooh ketinggalan kereta aku. Kalo kapan-kapan mau dilepas aku mau ya mbak Dee, sekalian yang pertamanya hehehe

    ReplyDelete
  26. @ sulthanah: gak juga kok, kalo lagi banyak ya banyak, kalo lagi dikit ya dikit banget :D

    @ imazahra: bisa bisa... :). kontak aje yee. mane utang2mu? :p

    @ ti2n: sok atuh, tin ;)

    @ wylvera: ttg alter ego tuh yg judulnya apa ya, mbak? lupii... :D. kadang kebetulan2 & logika cerita bisa dikalahkan oleh nama besar hehehe

    @ kesabaran: pengalamannya emang unik :)

    @ diansya: yg bintang 4 kayaknya gak dijual mbak, hehe.

    @ lafatah: nanti ya kalo dah bosen, tah hehe

    @ trasyid: :)

    @ rinurbad: hahahahawww. ini pan lagi lurus mbak. coba kita buktikan bulan2 berikut :D

    @ simplyindah: silakan, kalo mo minjem mah, ndah, dateng aja ke rumah ;)

    @ masfathin: hehehe

    ReplyDelete
  27. waaa...... kok bisa menyelesaikan baca sebanyak itu ya?
    salut ... dr daftar panjang itu, hanya dan brown dan tintin yg aku... :-)
    thanks dee...

    ReplyDelete
  28. Jd penasaran sm Dahl.
    Om Brown emang oke begete. Aku br td pagi katam TLS. ;) Tfs.

    ReplyDelete
  29. buset daftar bulan ini gak ada yang sudah aku baca!

    ReplyDelete
  30. @ ungguls: kebetuan di januari banyak weekend yang di rumah aja, so lumayan byk waktu :)

    @ lembarkertas: Dahl itu imajinasinya mantab banged!

    @ bearahmat: stt gak boleh ngomong buset, bolehnya buteett

    @ mooncatz: buat hiburan, asyik bener dah pokoknya.

    ReplyDelete
  31. pemanfaatan waktu yg benar2 baik sekali... top ...
    :-)

    ReplyDelete
  32. No. 4 dipajang di rak strategis di Gramedia sini sampai berpekan-pekan lamanya... tertarik tapi lumayan tebel ya Mbak.

    ReplyDelete
  33. Emang kalau shalehah gak boleh baca Sheldon ya? Hahaha... ^_^

    ReplyDelete
  34. Buat yang ingin donlot GRATIS novel Dan Brown "The Lost Symbol" versi Indonesia dengan format PDF yang komplit dan rapih, silahkan aja ke designonline.multiply.com.

    ReplyDelete

Post a Comment