Tuesday, October 6, 2009

Buku di September 2009

Rating:★★★
Category:Other
Kali ini nggak alfabet.. ;p

1. Gee Whiz... It's All about Pee (Susan E. Goodman/Elwood Smith) * * * * *

Kagum, topik "pipis" bisa ditulis dengan begitu informatif tapi juga enak banget dibaca dan kocak. Hilarious. Dari sejarah urine abad ke abad, kenapa kita harus pipis, beda cara pipis di antara berbagai bangsa, sampai cara pipisnya hewan dan manfaat pipis. Asli, asyik banget dibaca, dan pasti bagus banget dibacakan untuk anak-anak.

2. The Truth about Poop (Susan E. Goodman/Elwood Smith) * * * * *

Kalau yang ini tentang BAB. Sama kerennya!

3. Tahta Nirwana (Tasaro) * * *1/2

Lanjutan novel "Pitaloka". Tetap seru. Masih banyak aksi hiatt hiatt. Tapi saya belum tahu endingnya, karena saya belum selesai baca, hehe...

4. Perahu Kertas (Dee) * * *1/2

Tidak ada yang istimewa dari tema, plot cerita, atau penokohan dalam novel ini. Tema cinta yang penuh lika-liku kan nggak akan habis digali-dikorek-dieksplor. Tapi... Dee adalah "pendongeng" ulung. Ia begitu lihai merangkai cerita cinta dan persahabatan, mengharu biru, terutama kalau saya baca 10-15 tahun lalu, uhuk. Yap, novel Dee satu ini memang ngepop dan meremaja, dan happy ending (ending yang disukai banyak pembaca, terutama remaja ;). Meski menurut saya, kebahagiaan yang didapat Kugy dan Keenan adalah hasil pengorbanan orang lain. Enaknyaa... *keliatan banget ya daku sirik, haha*

5. Glubbslyme (Jacqueline Wilson) * * *

Kisah tentang gadis cilik yang bertemu (dan akhirnya berteman) dengan kodok bangkotan yang funky. Glubbslyme, si kodok, usianya 300 tahun. Apakah dia pangeran? Bukan kok. Kalau pangeran, itu bukan tipikal Jacqueline Wilson ;). Lumayan lah, mengikuti kisah pertemanan Glubbslyme yang bisa ngobrol dan sihir, dnegan Rebecca, yang sedang bete dengan sahabatnya Sarah.

6. The Boy who Ate Stars (Kochka) * * 1/2

Cerita tentang anak autis dengan sudut pandang anak-anak juga. Tapi kok masih berasa dewasa ya? Atau karena ceritanya yang agak gloomy?

7. The Magician's Elephant = Gajah Sang Penyihir (Kate DiCamillo) * * *

Tertarik beli karena di sampulnya ada stempel: Beredar serentak di seluruh dunia pada 6 September (atau 8 yak? lupa). Jarang-jarang ada buku terjemahan yang langsung terbit samaan dengan edisi aslinya. So, buku kesekian DiCamillo ini berkisah tentang Peter Duchene, anak yatim piatu yang secara kebetulan datang ke peramal (dengan memakai uang membeli roti untuk pamannya). Si peramal bilang bahwa takdir Peter ada pada seekor gajah dan dia harus mengikuti gajah tersebut. Dalam waktu berdekatan, seorang pesulap "salah mantra" saat bermain sulap di sebuah pertunjukan. Bukannya sebuket bunga yang jatuh ke pangkuan seorang nyonya besar, malah seekor gajah, dan membuat nyonya kaya tsb patah tulang. Bagaimana mungkin? Yaa mungkin aje, ini pan kisah fantasi.

23 comments:

  1. waah aku gk kebagian perahukertass...gk nemu di gramed lampung dee hiks

    ReplyDelete
  2. Waw, Glubbslyme..cari ah..duh susah kali menulis judulnya, Ni.

    ReplyDelete
  3. iya teh, susah spell dan pronounnya :D

    ReplyDelete
  4. belum masuk kali, mba waktu itu. eh mba dah sampe paris lagi yak?? makasi ya oleh2nya, semua, yg dr paris, dr lampung ;)

    ReplyDelete
  5. mungkin dee heheh habis wkt itu ngiler dgr cerita Astrid temenny Asiah yg bw buku iyu k lmp...makasih juga dee ..iya nih wiken lalu tiba..dirimu juga kan dah sampai lg di jkt, alhamdulillah pada selamat ya..

    ReplyDelete
  6. hehehe...pengen baca buku no.1 dan no.2. lucu n seru kayanya.
    dapet 5 bintang gitu :)
    btw, bukunya bisa diperoleh di mana, mbak?

    ReplyDelete
  7. yeap, alhamdulillah mbak, sampe dini hari kemarin dari sriyati eh sri-tidak langka hehe. salam buat patrick ya. hiks, sayang bgt gak bs jd moderator kalian berdua, kebayang serunyahh

    ReplyDelete
  8. coba dicari di toko buku impor deh, git, kayak kinokuniya atau aksara. atau kalo gak ya pesan ke amazon. mba sendiri pinjem dr teman, dia beli titip teman yg lagi di US.

    ReplyDelete
  9. kekkeke...kebayang LANGKAhnya jeng SRI di sana hehe..
    gk papa Dee..maklumlah kami Dee..smg kalian gk kapuak eh salah kapok..ternyata wakil bos gramedia lampung iku kakak kelasku di sma hehehe..

    ReplyDelete
  10. yang penulis Susan E. Goodman/Elwood Smith buku luar apa terjemahan mba? pengen baca...

    ReplyDelete
  11. jadi penasaran sama no 1 and 2
    ada terjemahannya ga mba? :D

    ReplyDelete
  12. halah, list mba palingan jg banyak yg blm aku baca juga :D

    ReplyDelete
  13. setau saya blm diterjemahin, mba...

    ReplyDelete
  14. ada, the Host tuh. mba males ngelanjutin baca. mo beli gak? khusus penawaran hanya utk wiwik neh ;p

    ReplyDelete
  15. blm ada kyknya fe, coba deh cari di library sana, mestinya ada kali yee

    ReplyDelete
  16. lutju bgt 2 buku pertama.. jd tertarik pengen baca..

    ReplyDelete
  17. aku suka buku2nya jacqueline mba, tertarik juga yang ini, catet..catet..maw juga dong mba kalo ada buku dilego, hehe..

    ReplyDelete
  18. @ onit: iya, nit, lucu dan informatif banget.

    @ dedew: kalo mba ad ayg suka, ada yg gak, tergantung deh ;). dilego? kayaknya gak, dew, hihihi

    ReplyDelete
  19. Numpang baca ya. Tapi dlink mbak rini.

    ReplyDelete