Monday, June 1, 2009

Buku di Mei 2009

Rating:★★★
Category:Other
As usual, alphabet... here they are...

1. BOTCHAN (Natsume Soseki) - GPU, 2009. * *

Ekspektasi saya, buku ini kayak Totto Chan. Tapi kok ya, boring ya bacanya. Entah penuturannya yang kurang lincah, monoton, atau saya yang lagi error? Materi kisahnya sih menarik. Tentang rebel-nya si Botchan terhadap lingkungan sekitar. Tokoh yang menarik buat saya malah pengasuhnya si Botchan (lupa namanya). Sayang, kurang dieksplor, seperti halnya kepala sekolah Totto Chan yang meninggalkan bekas mendalam bagi diri saya mengenai caranya mendidik.

2. FAITHFUL SPY (Alex Berenson) - Penguin, 2008. * * * *

Seru! Tentang seorang agen CIA yang disusupkan ke Al Qaeda, tapi dia malah masuk Islam. Saat kembali ke AS, John Wells harus menghadapi pimpinannya yang curiga tentang keterlibatannya dalam beberapa pemboman di AS. Apalagi pas mereka tahu Wells sudah convert. Meski begitu Wells tetap jadi agen, sebab dia juga punya kepentingan; dia nggak setuju dengan yang dilakukan Al Qaeda, juga nggak setuju dengan kebijakan pemerintahnya dalam menangani terorisme. Sebagai agen, Wells pun harus berdiri dengan 2 kepentingan tsb.


3. FALLING UP (Shel Silverstein) - Harper Collins, 1996. * * * *

Ah, nggak habis deh kagum ama Om Silverstein. Buku-bukunya bener-bener bikin hidup lebih hidup! (iklan sekalee...). seperti biasa aku kutipkan satu:
GARDENER
We gave you a chance
To water the plants
We didn't mean that way--
Now zip up your pants!
(gambarnya anak kecil lagi pipis di pohonan, hihihi)

4. JEMIMA J (Jane Green) - GPU, 2005. * *

Entah sudah berapa lama ni buku ngejogrok di rak. Abis mikirnya novel-novel Jane Green gitu seh (kecuali the Other Woman yang menurutku lumayan). Akhirnya baca juga deh. Trus? It was ok aja deh (baca: 2 bintang ala goodreads)

5. JUST WHO YOU WILL BE (Maria Shriver) - Esensi, 2009. * * *

Seneng pas lihat buku ini diterjemahkan, langsung beli deh (harga asli, biasanya pan daku muka diskonan :D). Tapi... kok kayaknya terjemahannya kurang dapat "feelnya ya... Beda banget waktu baca aslinya. Intinya sih buku ini tentang usaha untuk terus menggapai apa yang kita inginkan. Bahwa akan jadi siapa kita, tergantung pada diri kita sendiri, dan nggak perlu kesal saat orang lain mungkin hanya memandang kita tak setinggi yang kita inginkan. Sebab intinya adalah pada kebermanfaatan diri kita. Seperti kesalnya Shriver saat anak laki-lakinya menjawab dia hanya seorang ibu rumah tangga, ketika ada seorang pria yang bertemu mereka di sebuah toko dan bertanya apakah Shriver seorang model. Buku yang sederhana.

6. KELILING KAMPUS DUNIA: Petualangan Dua Mahasiswa ITB (Erlangga Ibrahim & Fadel Muhammad) -GPU, 2009. * * *

Dari judulnya jelas kan buku ini tentang apa? Yap, petualangan mereka menyambangi kampus-kampus, dari Singapura, Malaysia, Filipina, hingga Hongkong dan Korea. Sednagkan petualangan di Eropa lebih kepada perjalanana, nggak diceritakan kampus-kampus di sana. Yang unik (dan bikin saya berasa di jaman dulu banget), tulisan dalam buku ini adalah artikel-artikel yang pernah dimuat di Kompas, mulai tahun 1975 (saya baru lahir :D). Jadi kebayang deh, gaya tulisannya ya tahun 70-an dan istilah-istilah serta penyebutan sesuatu masih memakai istilah di masa itu. Yah, menarik juga seh, jadi seakan napak tilas :).

7. The LONELY PLANET STORY (Tony & Maureen Wheeler) - Bentang, 2009. * * * *
Kagum ama dynamic-duo suami istri ini. Hebat! Backpacking berdua, keliling dunia hanya sesaat setelah menikah. Perjalanan yang akhirnya melahirkan ide untuk membuat buku panduan (yang kemudian jadi rujukan para traveler dan backpacker). Jatuh bangun mereka dalam membangun penerbitan Lonely Planet. Plus kisah mereka menapak dari satu negeri ke negeri lain. sampe anak-anaknya masih bayi pun dibawa backpacking. Keren!

8. The MIRACLE OF ENZYME (Hiromi Shinya) - Qanita (Mizan), 2008. * * * *

Wah, jungkir balik deh semua pengetahuan tentang kesehatan yang selama ini saya tahu! Eh, nggak jungkir balik banget seh, ada beberapa yang saya udah tahu. Ini beberapa yang mungkin sebelumnya kita yakin "bener", ternyata belum tentu...:
- minum susu malah bisa bikin osteoporosis (huaa, daku pan suka banget tutu toklat!). susu sapi yah buat anak sapi, bukan buat anak manusia apalagi orang gede.
- kebanyakan yoghurt malah bisa bikin usus rusak
- margarin jahat banget! (hiks, tapi msh suka pake)
- nasi putih adalah makanan "mati"
- mengunyah makanan 30-70 kali (waaa... 10 x aja kagak sampe!)
- kalo sakit nggak perlu makan bubur, makan biasa aja, tapi yg penting ngunyah 70x (wee...)
- dll, banyak dah. bagus nih buku.

9. The MISSING PIECE (Shel Silverstein) - HarperCollins, 1976. * * * 1/2

Pokoke Om Silvestein wuokeh dah!!

10. The MISSING PIECE MEETS the BIG O (Shel Silverstein) - HarperCollins, 1981. * * * 1/2

Pokoke Om Silvestein wuokeh dah!! *copypaste*

11. The OTHER WOMAN (Jane Green) - GPU, 2009. * * *

Ini novel Green yang saya baca versi aslinya, mungkin 3 tahun lalu. Yang sempat saya sebal, kenapa seh Gramed nerbitinnya novel-novel dia yang aneh bin ajaib, nggak jelas juntrungannya? Soalnya yang ini bagus, lumayan "lurus" lah. Eh, akhirnya diterbitin juga. Dan saya tergoda baca lagi, hehe. Berkisah tentang hubungan menantu-mertua. Mertua yang sangat ajaib :D.

12. SIAPA BILANG KAWIN ITU ENAK? (Tria Barmawi) - GPU, 2008. * * *

Buku yang suegerrr. Dengan lincah Tria menuturkan marriage undercover, huehehe. Kayaknya seh banyakan pengalaman pribadi neh, hehe. Cuma, menurut saya akan lebih asyik kalau tokohnya tetap, nggak gonta-ganti (ya eyyalah, secara ini kumcer!). Maksute, dibuat kumpulan cerita dengan berbagai masalah pernikahan tapi tokohnya suami istri yang itu-itu aja.

13. The TALES OF BEEDLE the BARD (JK Rowling) - GPU, 2009. * *
Huaa, daku nggak menikmati buku ini. Aneh. Hiks, maap, Tante Rowling.

35 comments:

  1. Pokoke Om Silvestein wuokeh dah!! *copypaste* --Hoahahahhaha..
    Aku baca Jane Green satu aja Ni, itu pun karena hadiah;)

    ReplyDelete
  2. Abis mikirnya novel-novel Jane Green gitu seh...
    Gitu seh? maksudnya apa Mbak Dee?
    Aduh tiap posting beginian, ilerku ngeces... palagi sama Lonely Planet, ihiks ihiks... *nelen ludah liat harganya :((*

    ReplyDelete
  3. bagus lah teh, selain the other woman, yg lain gak worth it dibaca kok. daku kan benci tapi napsu, kekeke...

    ReplyDelete
  4. yah gitu deh, fathin, kultur barat yg bebas gitu, kadang nyelip adegan 17 thn ke atas, hiyyy... kamu kan msh di bwh 15 thn kan, fat? gak boleh ngintip!

    ReplyDelete
  5. waksss....
    padahal tadi ngarepnya Bochan mirip Toto...
    hihihi...cuma bintang 2 yah.

    padahal dah berasa beruntung dapet buku itu di GI kemaren, nemu diantara tumpuk2an.

    ReplyDelete
  6. Iya, masih di bawah 15 *biarin deh, biar ngerasa muda terus, xixixi*

    ReplyDelete
  7. eh, blm tentu, na. sapa tau kalo ina yg baca emang oke. mbak aja kali yg lagi eror, hehe.

    ReplyDelete
  8. kalo gitu cuma bole nonton dora sama laptop si unyil, kekekekek

    ReplyDelete
  9. Iya Ni, yang Spellbound pun banyak lompat ranjangnya..ups, maaf..tapi karena masih ada yang bisa diambil dari ceritanya, aku maklumi deh:D
    BTW setuju dengan nomor 13. Atau karena aku bukan penggemar Harpot ya?

    ReplyDelete
  10. Aku gak tertarik beli yang ini. Semoga tahan dari godaan hehe. Iya sih, kayak bookends, pan gitu juga tuh, tapi karena ttg usaha membangun toko buku, yah bole lah.
    Nmr 13: aku penggemar HP, teh. tapi yg ini, gak deh :D.

    ReplyDelete
  11. Sdh beli Botchan.. tapi masih proses baca...
    Bacanya lambat nih.. ga secepet baca Toto..
    bener sih aq stuju ama mbak.. ga merasakan gregetnya baca Botchan..

    Lonely Planet...!!! Nargetin... tapi ntar dulu deh klo ada anggaran lebih.. :D

    ReplyDelete
  12. pengen Lonely planet..:D
    thanks for review nya mba..

    ReplyDelete
  13. BTW untung belum beli Botchan..sudah curiga waktu Nopi bawa-bawa di tas, ya jadi muatan tambahan doang..*lirik Nopi*:D

    ReplyDelete
  14. mbak, backpackingan masih sempet baca2 ya? kuereeenn..
    aku tertarik ama buku no.7 dan no.8 nih..thx reviewnya :)

    ReplyDelete
  15. mo pinjem? bolee... asal ke sini, hihi

    ReplyDelete
  16. aku seneng sama covernya teh, unik dan lucu :)

    ReplyDelete
  17. buku2 itu mah dibaca sebelum atau sesudah backpacking :D

    ReplyDelete
  18. mb dian, faithful spy msh ada? Mau dong..ibuku kesini hr minggu..mb dian msh di rwmgn?

    ReplyDelete
  19. ttg botchan, kupikir karena bukunya diterjemahkan oleh orang bule dari bhs jepang, mbak. dan lagipula botchan termasuk sastra klasik jepang modern, jadi lebih kepada gaya bahasa (yg menurutku gaya bahasanya kocak bikin tersenyum geli dalam hati krn ungkapan2 si "tuan muda' yang lurus dan naif, tanpa pikir panjang)
    terlebih aku lebih inget julukan2 yg diberikan botchan pada org2 di sekitarnya (si kemeja merah dll). pesannya lebih kepada pemberontakan penulisnya pada sistem budaya/ada istiadat jepang jaman dulu yg kuno dan juga pembantaian habis2an terhadap pemikiran 'kolot' org desa di jepang pada masa itu

    kalau totto chan, kisahnya lebih ke psikologis terutama pesan "bagaimana menghandle/mengajar anak2 yg tergolong istimewa atau beda dgn yg lainnya" ^_^
    dan juga totto chan itu adalah kisah nyata ^_^

    ReplyDelete
  20. maksudnya mau ;pinjam ya, wit? soale gak dijual, hehe. iya, mba msh di pisangan tepatnya :)

    ReplyDelete
  21. bisa jadi, lia. soal karakter tokoh di botchan sih emang cukup oke kok, tapi yang mba sorot cerita secara keseluruhan, yg gak tau ya ini kan relatif, mbak gak begitu enak menikmati. totto chan emang kisah nyata, emang beda ya, lia. makanya mba bilang ekspektasi mbak yang salah, berharap spt totto chan.

    ReplyDelete
  22. nunggu Mbak Dee bosen ama bukunya terus dijual murah ;-)

    ReplyDelete
  23. Baru sadar kalo Uni Dee posting ini di review, hwahahaha..komen tak penting

    ReplyDelete
  24. aku malah nunggu banget juga tria jual buku2nya, pasti dijamin murah, haha!

    ReplyDelete
  25. walah, baru nyadar teh sekarang, ckk ck ckkk... ;p

    ReplyDelete
  26. Mba, pas aku balikin buku2 Mba ntar, boleh ya pinjem yang Keliling Kampus Dunia ma The Lonely :-p Ngiler baca daftar bacaan Mba :-D

    ReplyDelete
  27. mbak...kalo mau barteran buku sama mbak boleh gak? aku lagi nyari bukunya Eliza.V handayani tu lho mbak...si Area X. ku cari di Tobuk udah gak di jual...
    daku tinggal di ngawi mbak sekarang. udah gak di jkt lagee. tulung dunk mba, jauh di pedalaman nih.

    ReplyDelete
  28. Jadi nggak minat sama no. 1 deh, padahal hampir beli...
    No. 4, hmmm, klise.
    No. 8, dicatet deh buat dibeli. Makasih ya Mbak rekomendasinya.
    No. 12, setujuuuu.... apalagi dulu aku belinya pas memang menjelang hari-H :D.

    ReplyDelete
  29. boleeh, cuma mbak gak punya bukunya eliza. dulu sih punya, tapi kayaknya dipinjam, di rmh gak ada. nanti coba dicari di Pesat buku jakarta.

    ReplyDelete
  30. wah, jadi bekal banget tuh ya, mbak ;)
    no. 1, sebagian yg baca katanya bagus, gak tau ya aku aja kali yg lagi eror haha.

    ReplyDelete
  31. Trimakasih mbak dee chayank.....entar kalo udah dapet buku elizanya kasiy taw saya ya mbak,...entar aku beli ke mbak dee juga gpp deh...

    ReplyDelete
  32. ganti jadi susu kedelai aja mba,,
    aku jadi langganan susu kedelai segar yang tiap minggu diantar kerumah,,
    ada rasa asli, coklat, strowberri..

    loh kok jadi malah komentarin susu??
    hehehehe

    ReplyDelete