Monday, May 4, 2009

Jodoh dari Negeri Seberang

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Nonfiction
Author:Rahmadiyanti Rusdi, dkk
Yang ini juga reviewnya Teh Rini di www.wisata-buku.com :)
Maaf karena yang posting penyusunnya, jadi dikasi bintang 4, haha!

===========

Judul : Jodoh dari Negeri Seberang; Catatan Cinta Pernikahan Beda Bangsa
Penulis : Rahmadiyanti Rusdi dkk
Penerbit : Lingkar Pena Publishing House
Tahun : 2009
Genre : Pernikahan
Tebal : 240 Halaman
ISBN : 978-979-1367-83-7


Untuk membuka lembaran hidup baru, jalan berliku harus dilalui. Dengan calon pasangan, ada hal-hal yang perlu didiskusikan: pandangan hidup, cita-cita, rencana masa depan, konsep keluarga, sampai pengelolaan ekonomi dan pengasuhan anak, tentu saja berikut tempat tinggal. Dengan keluarga, harus pula presentasi bersama karena akan sukar menempuh biduk lanjutan ini tanpa restu khususnya dari orangtua kedua belah pihak.

Orangtua dahulu (dalam bahasa Sunda) mengatakan bahwa jodoh itu "jorok". Terjemahan bebasnya, jodoh adalah misteri. Kita tak bisa menggunakan rancangan detail bagaikan arsitek, tak bisa menggunakan pola USP seperti hendak meluncurkan produk baru, tak bisa juga menggunakan analisis statistik regresi atau berpandu pada variabel terikat dan tidak terikat. Karena demikian abstraknya, proses pertemuan dengan sang jodoh mendebarkan sekaligus mengusik emosi. Simak saja tuturan para kontributor dalam buku ini.

Berjumpa belahan hati dari benua yang berjauhan, tak bisa ditampik bila memang sudah garis Yang Maha Kuasa. Istri-istri berkumpul di buku ini menuangkan suka-dukanya, terutama urusan birokrasi karena begitu melekat cap berkelimpahan materi pada orang asing sehingga dianggap "layak" dipersukar dan dikenai tarif yang menggelembung dari biasanya. Padahal palu belum final. Di negeri yang hendak dijadikan kediaman kelak, masih menanti aneka pernik adaptasi. Bukan hanya dengan budaya sekitar, pemahaman keluarga suami terhadap muslim dan sejumlah perbedaan personal yang perlu dijembatani mengingat rata-rata kontributor saling mengenal melalui dunia maya pun harus dilalui seserius mungkin.

Dibandingkan Nikah Sama Bule, yang penyusun dan penerbitnya sama, saya lebih menyukai Jodoh dari Negeri Seberang. Dari segi judul, cenderung berkonotasi "dewasa" karena tidak terlalu gaul. Klop dengan foto di kulit depannya yang indah, mengedepankan kecantikan cinta kala diikat di pelaminan dan menyatakan jelas bahwa kisah-kisah ini benar adanya. Masih dengan sisipan tips dan foto para kontributor beserta keluarga masing-masing, Jodoh dari Negeri Seberang enak dibaca lagi mengandung sejumlah pengetahuan yang dibutuhkan bagi Anda yang bersiap meniti dunia rumahtangga di rantau.

Ingin tahu di mana itu Comoro? Bagaimana mengharmoniskan diri dengan pasangan dari Turki? Bagaimana merenda hari-hari di Tokyo? Apakah pria asal Colombia memang semesra tokoh-tokoh sentral di telenovela? Cari tahu di buku ini. (rini)

17 comments:

  1. eh mbak...itu covernya foto yuana ma suaminya ya ?? waaaah kereeeen euy covernya.....so romantic...mmmm...kok warnanya gak pink ...( halalaaah ! );)
    beliiii ahhhhhhhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  2. mbak, aku belum baca :-(

    * kabuuurrrrrr...

    ReplyDelete
  3. @ diniauliya: yup, benul, din!! beli ya, yg banyak! haha

    @ azzura: *ngejar yana pake golok tumpul*

    ReplyDelete
  4. Kak Dee, aku dah beli loh...kaget juga liat Uni Yuana ama Serkan jadi cover, eh...ternyata ada cerita mereka di sana...

    ReplyDelete
  5. @ srisusanti: eehh, santi pa kabar? makasih banyak ya dah beli. kalo msh ada duit, beli lagi aja, hihi. kena sama uni yuana ya? satu kampung yaaa?? hehe

    ReplyDelete
  6. Hihihi..aku malah lupa kasih bintang berapa. Ga gitu biasa dengan perbintangan sih, Ni.

    ReplyDelete
  7. @ rinurbad: kalo di MP, kudu dikasi bintang mbak, kalo gak, gak mau ngepost dia, kecuali pake "other" ;)

    ReplyDelete
  8. hehehe...kak dee bisa aja sarannya. Kenal Uni Yuana gara2 MP ini. Gak satu kampung, tapi beliau lahir dan gede di kampungku, hihihi....Makanya dipanggil Uni juga....

    ReplyDelete
  9. waa..pengen beli..reviewnya menarik...khas mba Rini...seperti biasa :)

    berapa nih harganya?uda beredar di tk buku kan???

    ReplyDelete
  10. aku dapat bukunya kaannn... hihihi
    entar pas mudik bisa baca niihhh...!

    ReplyDelete
  11. liat covernya jadi inget anak Nana yang lagi sakit mbak. hiks:(

    ntar mau beli ah...sekalian minta tanda tangan penulis2nya. :)

    ReplyDelete
  12. Aku paling suka ceritanya Mba Uci, hehehe, kocak2 'serem'. Kenekadan beliau itu loh, Subhanallah! :-D

    ReplyDelete
  13. @ srisusanti: oo... tambo ciek! hihi

    @ quavi: sudah mbak, harganya Rp34.500. aciik, ada yg mo beli lagi :D

    @ ti2n: dapet tin, dan seingat mba udah minta sekretais krm dari sejak terbit. mestinya dah sampe. coba cek di magelang yak ;)

    @ vocinna: lha, apa hubungannya na? foronya mirip??

    @ annidalucu: baca dunk! ;)

    @ onit: wah, senangnya dikasi bintang 4 ama onit ;)

    @ ima: yup, seru!

    ReplyDelete
  14. mba,,aku kok susah banget dapet buku ini ya??
    ke GM pondok gede, GM PI gak ada,,,
    di GM CEmpaka mas ada tinggal beberapa biji,,tapi pas dicari2 ama penjaganya gak ada,,hiks
    apa emang lagi disetak ulang??

    ReplyDelete
  15. saya juga lagi hunting buku ini dari 2 bulan lalu, karena mau tahu kisah pelakon aslinya suka dukanya gimana karena calon saya juga kebetulan dari negara seberang.. salam kenal untuk penulisnya ... termasuk buku pertamanya juga saya lagi hunting di MANADO kosong jadi masih pesan :(

    ReplyDelete