Wednesday, May 6, 2009

Buku di April 2009

Rating:★★★
Category:Other
1. A GIRAFFE AND A HALF (Shel Silverstein) - Harper & Row, 1964 * * * *

Khas banget Silverstein. Permainan kata (repetisi dan rima), dengan ending yang menarik. Kocak, sudah pasti!

If you had a giraffe,
and it stretched another half,
you would have
a giraffe and a half...

If he put on a hat
and inside lived a rat
you would have a giraffe and a half
with a rat in his hat...

If you dressed him in a suit
and he looked very cute
you would have a giraffe and a half
with a rat in his hat
looking cute in a suit
....

2. DON'T BLUMP THE GLUMP (Shel Silverstein) - HarperCollins, 1964, renewed 1992 * * * 1/2

Ini orang emang hilarious banget! Lagi-lagi permainan kata yang silly, dengan cerita fantasi.Ini contohnya:

Have you ever . . .
Seen a Gritchen in your kitchen?
Dared to dance with the One-Legged Zantz?
Declined to dine with the Glub-Toothed Sline?

3. DOUBLE ACT (Jacqueline Wilson) - Gramedia, 2009 * * 1/2

Huh, kenapa lagi-lagi biasa ya?

4. I DON'T KNOW HOW SHE DOES IT = Sibuk Berat (Allison Pearson) - Gramedia, 2008 * * *

Oke sih, tapi agak bertele-tele di beberapa bagian. Lama-lama capek juga bacanya. Untungnya terbantu dengan teknis penulisan yang lumayan seger. Ceritanya sendiri tentang dilema ibu bekerja.

5. JADI CEWEK 16 TAHUN (Deeptha Khanna) * * 1/2

Kok jadi lupa ya ini ceritanya tentang apa? Hehe. Yah, chicklit indihe gitu deh.

6. KITTEN HEELS (Tita Rosanti) * * - Gagas Media, 2009 1/2

Bisa nebak kan kenapa saya beli buku ini? :D. Cukup menarik, meski dari ide tidak orisinil (yah, maklum seh, secara sekarang ini susyeh deh nyari ide yang bener2 orisinil). Tentang seorang wanita yang kena "tulah" karena nabrak kucing, trus kelakuannya jadi mirip kucing.Cuma kalo ngebadingin sama Minoes-nya Annie M.G. Schmidt, hmm... kelihatan sekali beda mutunya :)

7. NEGERI VAN ORANJE (Wahyuningrat dkk) - Bentang, 2009 * * *

Pasar Enjo disebut di sini! Wah, takjub gue! hehe. Belum apa-apa maen Pasar Enjo aja. Jadi, ada tokoh di novel ini yang tinggalnya di daerah Prumpung, trus kesebut-sebut juga Pasar Enjo, pasar tercintah mamaku, hehe. O ya, novel ini sendiri berkisah tentang persahabatan 5 orang (4 co, 1 ce) yang sedang studi di Belanda. Kalo ada 4 co dan 1 ce biasanya apa yang terjadi? Yup! 1 ce dijatuhcintai 3 co.

Cukup menarik, meski konfliknya kurang ya. Tapi informatif banget mengenai detail studi di Belanda.

8. THANK YOU FOR THE MEMORIES (Cecelia Ahern) * * * 1/2

Kira-kira tahun 2000-an, Fitri (Novia Stephani), penulis yang cukup produktif di Annida dulu pernah menulis cerpen beride mirip. Tentang seorang yang mendapat donor darah, dan ternyata tingkah laku dan pikiran dari pendonor berpengaruh pada penerima donor. Secara fakta tentu kudu dikilik lagi. Tapi lumayan menarik, dan romantis... uhuuiii....

9. The BRETHREN (John Grisham) * * * 1/2

Ternyata masih ada beberapa buku Om Grisham yang belum daku baca. si Om kudu fokus ya sama soal hukum. Soale yang The Painted House dan The Bleachers, capek deh bacanya. Nah yang ini mengembalikan daku pada nuansa seru jaman kuliah dulu waktu baca The Firm, Testament, The Client, A time to Kill, dll. Seru!

10. The GIVING TREE (Shel Silverstein) * * * *

Ini keren. Kalau ada yang pernah baca kisah Lelaki dan Pohon Apel, ini sumber asli cerita tsb. Dalem, meski penyebutan "she" untuk pohon sempat bikin aku mikir. Secara si boy kan "he" (ya eyalah). Jadi kalo berpikirnya dengan mindset "feminis" mungkin jadi eksploitasi perempuan, hehehe.

11. The TALE OF DESPERAUZ (Kate di Camillo) * * * *


12. TRAVELLOUS (Andrei Budiman) * * 1/2
Defnisi fiksi dan nonfiksi sekarang semakin semu ya, atau cair? Atau nggak usah didefinisi aja? Jadi, buku ini pan dibilang penulisnya (juga endorser) adalah sebuah novel. Tapi dari tuturan serta foto-foto yang melengkapi, terlihat sekali nonfiksinya. Tapi... ya sudahlah. Secara cerita menarik kok, tentang traveling si penulis keliling Eropa, lengkap dengan bumbu2 percintaan, yang di beberapa bagian lebai banget euy!

13. WHERE THE SIDEWALK ENDS (Shel Silverstein) - Harper & Row, 1974 * * * *

Wahahaha! This one is my fav from this book:

HAT

Teddy said it was a hat
So I put it on
Now Dad is saying,
"Where the heck's the toilet plunger gone?"


Plus semua seri Princess Asmaul Husna-nya DAR! Mizan (Princess Noura, Princess Azhima, Princess Adilla, Princess Karima, Princess Rahima, apalagi ya, lupaa... hehe). Yang nulis ada Mas Bhai, Mbak Hani, dll. Ide ang sangat kreatif untuk mengemas materi asmaul husna.

15 comments:

  1. penasaran dengan tapi-nya mba
    ayo dilanjut

    febi juga udah baca buku Shel yg ntuw

    ReplyDelete
  2. hiks ... koq gag lengkap nieh promosi'na
    jadi ragu mau beli, :D

    ReplyDelete
  3. Nomer 11..baru mau akan, tapi entah kapan..hihi

    ReplyDelete
  4. mbak ngereviewnya yang bener dooong.... masa gini doang....

    *hiks yang lagi males baca, pengen dibacain sama mbak Dee aja... nunggu ringkasan hehe*

    ReplyDelete
  5. hohoho... lg sibuk banget pasti si mbak satu ini :-D

    ReplyDelete
  6. Oh, gitu ya Mba?

    Kenapa? Setengah spt traveler's tale-nya Ninit Adhitya kah???

    Pinjem dung Mbakku :-)

    ReplyDelete
  7. @ lalufatah: sst, gak boleh ngiri, dosa, huehehe

    @ annidalucu: sudah tuh, fe ;)

    @ bythis: silakan silakan dibeli, sudah dilengkapi reviewnya...

    @ rinurbad: lumayan mbak, kocak.

    @ masfathin; sudah tuh.. *nyetel kaset* :D

    @ nengirma: nemu di toko buku :D. di mana ya? kalo gak slaah waktu gramed klp gading relaunch deh, biasa 30%an tuh. di gramed2 lain msh ada kok. trus kmrn liat di kinokuniya PS jg ada.

    @ adesiti: butett dah, tante ade ngamuk, huehehehe... kemaren kagak sempat, tantee... tuh tuh udah dilengkapi *nyetel kaset lagi*

    @ ti2n: hehehe

    @ imazahra: oo, kalo itu jelas emang fiksi (meski mungkin fakanya dr kisha nyata). tapi yg ini bilangnya novel, cuma foto2, dan bbrp hal lain sbnrnya kisah nyata penulis. oke, bsk dibawain. penulisnya org banjar kalo ga salah tuh.

    ReplyDelete
  8. Wah, lumayan versi Uni Dee sampai 4 bintang ya..hehehe.. aku tertarik lho yang Kitten Heels, kemaren dah megang. Maksudnya itu 2,5 bintang kah?

    ReplyDelete
  9. terimakasih udah baca mbak, glad you like it. ya benar, pasar enjo adalah inspirasi yang tak terlupakan. I grew up in that neighborhood hehehe...

    ReplyDelete
  10. Wah, jangan2 kita tetanggaan? :D. Saya dari lahir ampe bangkotan gini di pisangan tinggalnya.
    Novelnya asyik lho, saya menikmati banget, cuma itu aja konfliknya kurang :). Mungkin bisa bikin buku bareng lagi tuh, Negeri van Purple atau apa gitu... *garink*

    ReplyDelete
  11. mba diyan, punya foto pasar enjo jaman dulu ga? atau sekitar tahun 90an? atau foto pisangan? untuk keperluan skripsi ni mba ... ditunggu jawabanya
    makasih yaa :)

    ReplyDelete
  12. @ almilinda: duuuh maap, baru ngeh sama replynya. Dan sayangnya saya gak punya fotonya. Kayaknya mulai skrg kudu fotoin lingkungan sekitar :)

    ReplyDelete