Wednesday, February 4, 2009

Buku di Januari 2009

Rating:★★★
Category:Other
Ugh, dari akhir minggu lalu pengen nge-list, kagak sempet-sempet. yah, begitulah orang yang sok sibuk, huek huek!

So, buku yang saya baca sepanjang Januari... (alfabet):

1. A WALK TO REMEMBER = Kan Kukenang Selalu (Nicholas Spark) - Gramedia, 202, 265 hlm. * * *

Baru pertama kali baca novelnya Spark neh. Ceritanya sih biasa, tapi menjelang ending saya sampai nangis terseguk-seguk (guk guk guk). Bener-bener nggak tahan nahan air mata. Mana baca di bus lagi. Untung nggak disuruh ngepel ama kenek bus (ape hubungannye?).


2. AND ONE MORE THING BEFORE YOU GO (Maria Shriver) - Free Press, 2005, 62 hlm. * * * *

Buku tipis, pengembangan dari speech Maria, istrinya Arnold Suasanaseger (hehe) di wisuda kelulusan sekolah anaknya. Hari-hari belakangan saya memang lagi butuh banget buku-buku yang ringan, memotivasi, sekaligus perempuan banget! ;). So, buat saya buku ini meski nggak terlalu dalam, tapi nambah kekuatan dan inspirasi.


3. BECAUSE OF WINN-DIXIE = Karena Winn Dixie (Kate DiCamillo) - Gramedia, 2004, 176 hlm. * * *

Saya selalu tertarik dengan buku-buku peraih penghargaan Newbery. Nggak tahu ya, buku-buku pemenang Newbery sebenarnya nggak selalu buku yang baguuus banget, tapi tema-temanya sederhana, keseharian, dan selalu menyentuh sisi humanisme. Seperti buku ini contohnya.


4. BREAKING DAWN = Awal yang Baru (Stephenie Meyer) - Gramedia, 2009, 864 hlm. * *

Benci tapi rindu. Ini istilah yang pas buat saya terhadap buku terakhir dari tetralogi Twilight. Tetep aja penasarang pengen tahu hasilnya (meski udah nebak begini-begitu dan tebakan saya bener). Yah, begitulah... lumayan ada peningkatan karakter Bela-walau dikit banget. gantian tapinya, si Reneesme yang membuat semua orang jatuh cinta. Halah halah, emaknye banget seh! Abis baca, saya istighfar, ampuuun deh ngelahap 800 halaman lebih dan nggak dapat apa-apa! (Tapi tobat sambel kayaknya, ihikk).


5. I SAW RAMALLAH = Akhirnya Kulihat Ramallah (Mourid Barghouti) - Alvabet, 268 hlm. * * * *
Bahasa dan diksi yang indah, bikin saya menikmati buku ini. Mungkin karena Barghouti adalah juga seorang penyair ya. Hanya layout buku dan font huruf yang terlalu kecil yang buat saya agak mengganggu.


6. JALAN-JALAN DI PALESTINA: Catatan Atas Negeri yang Menghilang (Raja Shehadeh) - Gramedia, 2008, 260 hlm. * * *

Menarik! Semacam memoar penulis (seorang pengacara) tentang kenangan terhadap negerinya. Yang senang deksripsi detail mengenai setting sebuah tempat, mungkin akan menyukai buku ini. Saya, karena lagi pengen baca yang simpel-simpel, jadi agak terengah-engah bacanya. Sepertinya harus baca lagi yang khusyu' biar menikmati.


7. NOCTURNAL (Poppy D. Chusfani) - Gramedia, 2008, 256 hlm. * *

Senang aja karena berhubungan dengan kucing. Cuma kurang total ya, mungkin karena ekspektasi saya kayak buku Minoes. Terasa "kucing"nya gitu. Beda sih emang, apalagi buku ini lebih banyak aski dan tentu teenlit gitu lho. Tapi cukup menarik dari segi penceritaan.


8. PLAIN TRUTH = Kebenaran Sederhana (Jodi Picoult) - Gramedia, 2007, 528 hlm. * * *

Ini juga novel pertama Picoult yang saya baca. Sering banget lihat di toko buku beberapa novelnya, tapi belum tertarik. Ini karena seorang teman mau nitip untuk dijualkan, so ta' baca dulu, hehe. Ternyata lumayan bagus. Tentang seorang pengacara yang membela gadis Amish yang dituduh membunuh bayinya. Saya jadi lebih banyak tahu tentang orang Amish. Tahun lalu pertama kali melihat mereka di DC. Unik banget, beberapa gadis mengenakan baju dan tutup kepala layaknya masa lalu. Terus pas jalan-jalan sama Mbak Adi, sempat lewat "perkampungan" Amish, cuma dari jauh sih, nggak sempat lebih dekat. Nah, novel ini menuturkan perjuangan Elly Hathaway, si pengacara, membantu Katie Fisher. Cara hidup Amish yang sederhana (seringkali tak terbayang, kok bisa..? mungkin kayak suku Badui dalam atau Sasak?) membuat perjuangan Elly tak mudah.


9. THE BOOK OF LOST THINGS = Kitab Tentang yang Telah Hilang (John Connolly) - Gramedia, 2008, 472 hlm. * *

Saya nggak begitu suka dengan buku ini, meski awalnya sangat tertarik (dengan sinopsis dan cover). Bertele-tele, terus berdarah-darah (dalam arti sebenarnya).


10. THE SECRET LIFE OF BEES: Kehidupan Rahasia Lebah (Sue Monk Kidd) - Ufuk Press, 2006, 434 hlm. * * * *

Baguuuus! Menyentuh dan indah. Jadi ingat To Kill a Mockingbird. Agak mirip, meski beda (apa sih? mirip tapi beda). Berhubungan dengan rasis gitu. Tapi novel yang ini berkisah tentang seorang gadis kulit putih yang diasuh 3 wanita kulit hitam yang memiliki peternakan lebah. Ceritanya menarik, bahasanya indah. Saya baca sekali lahap.

11. TRAVELER'S TALE, Barcelona Belok Kanan

Lumayan, meski nggak dalam. Ya gitu deh.

currently reading:
1. BLEACHERS (John Grisham)
Baru sampe halaman 42. Pas lagi baca ini tertarik ama Rahasia Meede, yang udah teronggok sebulan.

2. RAHASIA MEEDE (ES Ito)
Baru sampe halaman 123. Pas lagi baca ini eh keluar Breaking Dawn, so ngelahap vampir dulu deh :D.

buku kerjaan:
1. Catatan Cinta Sang Istri (Mediya Derni) - Lingkar Pena, 2009
2. AS Romlah VS Udinrese (Iyus) - Lingkar Pena, 2009
3. Don't Touch Me (Andi Tenri dkk) - Lingkar Pena, 2009
4. Mi Familia (Sylvia l'Namira) - Lingkar Pena, 2009

39 comments:

  1. Oalaaaaah .. pantesan susah ngerem, bacaan bulanannya aja sebanyak ini? hehehe .. tapi udah siap borong lagi kan Mba Dee? :D

    Breaking dawn - benci tapi rindu. Hahaha ... iya nih. skrg lagi maju mundur buat belinya.

    ReplyDelete
  2. Mbak,yg bukuny nyonya arnold terjemahan g?klo masih english,KO kayakny:D.Wkt itu lihat d Oprah bahasanny...

    ReplyDelete
  3. sebagian besar buku2 yg ini belian bulan2 sebelumnya, mas iwok. masih ngantri tuh setumpuk :D
    breaking dawn? mo pinjem saya aja? hehe

    ReplyDelete
  4. sepertinya blm ada terjemahan jeng. oh, pernah dibahas di Oprah ya? udah lama ga nonton Oprah. dulu pernah nonton waktu bincang2 aja sama Shriver, bukan ttg bukunya.

    ReplyDelete
  5. Mau banget Mba. Kirim dong? hehehe ... malah ngelunjak. //cetuk!

    ReplyDelete
  6. ya ampun mbak, bacaan sebulannya buanyak bangeet. hiks..jadi pengen...

    ReplyDelete
  7. haha, beneran??
    besok saya kirim deh. minta alamat ya, japri. daripada beli, mending keluar biaya pos buat balikin bukunya, hehehe

    ReplyDelete
  8. pengen minjem? boleee, dateng aja ke rumah :D

    ReplyDelete
  9. Wooooooow .. kereeeeen ...
    Tapi dibalikinnya lama, gpp? //makin ngelunjak

    lagi dikejer dedlen nih. toloooooooong ...

    ReplyDelete
  10. beuhh mbak bacaannya tebel-tebel...hehe

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, bacaanya banyak juga, banyak sastranya ya mbak..:)

    ReplyDelete
  12. Wew interesting. Mba deeyand, gimana biar bisa baca buku seperti makan nasgor, lahap gitu mba? :)
    sy paling barter 1 bln 2 buku..Hikz.
    Tp ga ada buku pengembangan diri ya mba, banyakan novel :D

    ReplyDelete
  13. buku Sparks itu selalu bikin nangis-nangis, padahal aku gak suka baca buku-buku sedih.

    ReplyDelete
  14. bacaannya banyak sekali, apa nggak ada buku2 yang dibaca selain itu (buku pelajaran misal...hehe)? kebetulan saya juga banyak baca buku, tapi bacanya karena satu keharusan. Jadi kalau direviéw per bulan, mungkin isinya lebih banyak keluhan :)

    ReplyDelete
  15. Asyik, ngintipin review Mbak Dee biar tau gimana-gimananya. John Connoly aku juga ragu Mbak..sama kayak Kang Iwok, maju-mundur..

    ReplyDelete
  16. beli buku no.5 dah lama banget...belum dibaca2 hihii
    bintang 4 yah mbak.

    ReplyDelete
  17. beli ah yg dikasih bintang 4 ma mbak Dee, tak catet nih : I Saw Ramallah ya judulnya

    ReplyDelete
  18. aku juga sukaaa banget sama The Secret Life of Bees. Pengen nonton filmnya. Dakota Fanning!

    ReplyDelete
  19. ini lho yg bikin aku makin kagum sama mbak Dee...bacaannya dari yg serius, sampe' yg ringan2 juga doyan ..hihihi
    kalau aku kan udah ketahuan, bacaan ringan ajah :))

    ReplyDelete
  20. aku ingin baca buku lagi....
    mbak diyan beliin dunk


    wkwkwkw(lebih gak jelas)

    ReplyDelete
  21. buset sampe yang 400 halaman pun dibacanya sekali duduk ckckckckck...

    di Jogja lagi ada pameran tetralogi twilight dijual Rp. 220.000,- menurut Mba layak beli gak ?

    ReplyDelete
  22. *geleng-geleng* mata dah minus berapa Dee?

    ReplyDelete
  23. Januari ini bacaanku dikiit banget... Lagi keranjingan nonton DVD soalnya :D.
    Jalan-jalan di Palestina tuh udah kebeli tapi belum terbaca...
    Dari daftar di atas A Walk to Remember sama Travelers' Tale yang udah dibaca.

    ReplyDelete
  24. Hahahaha, Haidar, lucu sekali dirimu :-p

    ReplyDelete
  25. Hebatnya adalah, mata beliau gak minus sama sekali, hehehe :-)

    ReplyDelete
  26. Hihihihi, curhat ya Mba...
    Aku mau curhat boleh juga enggak, hihihi...

    *HUGS*

    ReplyDelete
  27. Emang rumahnya di mana mBak Deeyand ... hehe .... pingin tau aja nih :)

    ReplyDelete
  28. naksir BECAUSE OF WINN-DIXIE
    Kalo mo dilepas, bilang2 ya mbak Dee. Hehe... kali aja momennya lagi bersahabat dengan kantongku. :P

    ReplyDelete
  29. @ iwok: gapapa, asal jangan bertahun2, hehe. mo skalian buku yang lain? ini sebenarnya saya dalam rangka promosi mo bukan penyewaan buku, hahaha (gak ding)

    @ bikinlagi: biar bisa buat bantal :). eh tp gak juga kok, byk yg tipis.

    @ ivoniezahra: iya, banyakan fiksi, biar gak usah mikir, hehe

    @ ilasyegaf: wah, gimana ya, mungkin krn udah biasa ya, tipa hari kalo gak baca buku gak enak. bukunya dianggap aja kayak nasi goreng, asal jangan digigit kekeke. lg gak begitu tertarik sama buku pengembangan diri, soale yg udah dibaca aja blm dipraktikin :D

    @ jmave: oo gitu ya? aku malah suka yang sedih2. biar mengasah emosi (saahhh... prettt! :D)

    @ sultanhaidar: buku pelajaran? cape deh.. haha! mungkin bsia dicoba review buku yg isinya keluhan, haidar ;)

    @ rinurbad: iya, untung novel itu hadiah dari teman, jadi gak berasa rugi belinya, hehehe...

    @ vocinna: kalau benar2 dinikmati asik banget, cuma krn terlalu padat dan layoutnya gak bagus, jadi bikin pedes mata.

    @ akunovi: ya eyalahhh.. secara gitu dapet duit dr buku itu, huahaha!

    @ sya2: mungkin gak semua menikmati I saw Ramallah, mbak, tapi dicoba aja. Aku baru inget kalo punya buku ini, sejak agresi israel, jadi pengen baca2 buku palestina yg aku punya.

    @ femmy: iya, fem, saya malah tertarik baca bukunya setelah lihat trailer filmnya. dakota fanning gitu lho, my fave. jadi sebelum nonton, kudu baca bukunya dulu ;)

    @ myshant: sapa bilang shan, liat aja tuh, 90% fiksi, hehehe

    @ kander: beliin? beli kalee, ntar deh saya jualan, kekeke

    @ bearahmat: yg twilight lumayan kalo mo beli, tapi seri selanjutnya, ehmm.. terserah aja, mat :).

    @ rageus: minus duit gue, ri! minus banget! ;p

    @ niwanda: aku malah numpuk tuh dvd yg udah dibeli, mbak. gak sempat nonton. akhir pekan kemarin akhirnya rapel, ada 3 film langsung ditonton sekaligus, hehe. tapi tumpukan msh banyak.

    @ imazahra: yg minus adalah dompet, krn diperas mulu uat beli buku ;). curhat? pan tinggal ketok pintu (eh pintunya jg ga ditutup kok :p)

    @ robida: di pisangan lama, daerah jaktim. silakan kalo mo maen, janjian aja dulu :)

    @ masfathin: sementara blm mau jual fathin. eh, harga bukunya ga terlalu mahal kok, cuma 24 ribu kl ga salah.

    ReplyDelete
  30. mba the secret life of bees dah ada filmnya loh...nonton deh..

    ReplyDelete
  31. @ ummunaisha: iya, vin, mbak bacanya bukunya krn ada filmnya, ajdi baca buku dulu gito lho. tapi belum dpt nih dvdnya. ntar deh dicari.

    ReplyDelete
  32. TFS mbak Dee...
    nyatet2 buku bagus aahhh.... untuk dibeli klo mudik ntar :-D
    selalu ngga habis takjubku, Mbak Dee dgn aktivitas seabrek gitu masih bisa baca sebanyak ini. ck ck ck

    ReplyDelete
  33. @ ti2n: aktivitas seabregnya ya baca buku aja, tin, hihihihi...

    ReplyDelete
  34. Jadi ngiler liatnya ....
    pengen ikutan baca, T__T

    ReplyDelete
  35. waaah (seperti biasa) rajinnyooooooo..
    Rahasia Medee bagus sih, cuma di beberapa sisi, kayaknya jadi nyampur antara fakta ama mistis...

    ReplyDelete
  36. wow..banyak buanget.list2nya mau sy jiplak ah..

    ReplyDelete
  37. @ meylafarid: silakeun silakeun... yuk berbagi buku2 apa aja yg teman2 baca :)

    ReplyDelete
  38. mba dee lagi butuh bacaan yang ringan-ringan, menginspirasi, dan perempuan bangetya? Coba deh baca buku Ma Yan (Sanie B Kuncoro, Bentang Pustaka, 2009). Aku baru selesai baca kemarin. Bukunya tipis, kecil, tapi menurutku sih inspiring banget, mba. Tentang perjuangan gadis China Muslim bernama Ma Yan, si sulung yang jadi anak perempuan semata wayang di keluarganya, yang tekad untuk sekolahnya tuh besar banget. MIrip sama semangat anak-anak Laskar Pelangi untuk sekolah (makanya buku ini juga diterbitin sama Lini Laskar Pelangi, Klub Bentang). Yang berbeda adalah ada isu gender yang diusung dalam novel yang diadaptasi dari kisah nyata ini. Yups, Ba Juhua, ibunya Ma Yan, sebenernya sangat ingin Ma Yan terus sekolah, tapi saat keuangan keluarga sudah nggak memungkinkan lagi untuk membiayai sekolah tiga anak selaigus, maka Ma Yan adalah pilihan yang paling mungkin untuk dikorbankan. Karena perempuan pada akhirnya memang akan kembali ke dapur, mengurus keluarga mereka, gitu pikir ibunya. Tapi Ma Yan gadis yang berkeinginan kuat, jadi dia keukeh cari jalan biar bisa sekolah. Bagus deh. Inspiring, pokoknya. Dan, perempuan banget.

    Untuk jalan-jalan di palestina, T-O-P, aku jadi tau tuh kalo sebenernya Palestina tuh indaaaaaaaaaaah banget (menurut penuturan si Raja Shehadeh dalam buku ini ya). Paling terharu pas di akhir bukunya, dimana Shehadeh, sang penulis menuliskan pengalaman tentang bahaya perang yang akan sama-sama berdampak pada bangsanya, maupun bangsa lawannya. Wha... keren!

    The Secret life of the bees ya? Aku baru baca tuh (dipinjemin temen)
    Btw, Bang Iyus nulis buku ya (apa kumpulan triple-e'nya)? Hwa... minta gratisan ah ma Bang Iyus... :P

    ReplyDelete