Tuesday, February 10, 2009

Ayahnya maannaaaa...?

Seperti biasa semalam saya membacakan cerita untuk keponakan saya, si cerewet Echa. Ada buku baru yang saya beliin.

Alkisah di sebuah kota ada sebuah pabrik pakaian yang dimiliki oleh seorang laki-laki. Pabrik itu hanya memproduksi baju berwarna hitam atau putih saja. Nah, suatu hari, keponakan si pemilik pabrik itu berkunjung. Dia sebal karena para pekerja pabrik kerjaaaa teruus, padahal dia pengen bermain dengan mereka. *ya eyalah, dek! kalo gak, pamanmu bakal motong gaji mereka!*

Si gadis cilik itu iseng, dia celup bahan-bahan putih jadi warna-warni, begitu juga benang-benangnya. Para pekerja pun kaget, dan itu berefek pada baju-baju yang mereka jahit, sehingga baju-baju tidak lagi hitam-putih. Para pekerja takut bos mereka (paman si gadis cilik) marah, setelah diceritakan si bos nyadar kalau itu keisengan ponakannya.

Begitulah, akhirnya baju-baju yang dipakai penduduk di kota itu pun berwarna-warni, tidak hitam putih lagi seperti dulu.

***

Si Echa nyimak banget, ikut ketawa pas saya nyeritain sambil begaye. Trus, echa nanya:

"Ayahnya mana...?"

*Tante binun*

"Ayahnya nggak ada, kan Lucy pergi sendiri ke pabrik."

"Ayahnya manna, tante? *ngulang, disangka tantenya budeg kali ya*

"Ayahnya di kantor, Lucy kan sama pamannya." *jawab asal*

"Ayahnya maannnaaa, tanteee...?" *keukeuh*

*Tante tambah binun*

"Kan Lucy lagi sama pamannya... engg..." *emang enak!*

"Ayahnya, tante, ayahnyaaa...!" *huaa, punya ponakan kok ndablek! :D*

Akhirnya si tante nunjuk gambar seorang pria yang ada di halaman menjelang akhir buku:

"Ini, ayahnyaa...!" *ngibul mode*

"Hore, ini ayahnya!!" *Echa girang*

Tante tarik napas legaa...

PESAN MORAL:
1. Kalau mo read-aloud, ortu (atau orang yang akan membacakan), baca dulu buku tsb, biar tahu. jangan kayak tantenya si echa, buku baru langsung dibacain aja. Makanya puyeng die pas ditanya ma ponakannya.
2. Jangan pusing nyari jawaban, jawab aja yang simpel dan masuk akal. Misal: ayahnya lagi beli bakwan. (kecuali ponakannya model2 Echa agak susyeh emang)
3. Menulis buku anak kudu logis. Contohnya kayak buku ini, dituturkan si anak kecil itu pergi sendirian ke pabrik pamannya, padahal seumuran si echa. Nah, si echa binun dong, makanya dia nanya ayahnya maannnaa?
4. Silakan kalo mo nambahin...

==

Ini tulisan baru ngeh, sempat bikin hampir 2 minggu lalu, lupa dipublish karena belum selese.

33 comments:

  1. ayahnya beli bakwan? ih gak ada pengandaian yang lebih keren? hahahahaa

    ReplyDelete
  2. huahahaaa...tantenya kejeeem...masak keponakan sendiri dibilang ndablek...:D
    hihihiii...cerita yang menarik dan segeeer
    makasih ya mbak Dee...

    ReplyDelete
  3. Loh ceritanya kok sama kayak pertanyaan anakku.
    Malah kisahnya aku tulis di buku Gokil Dad ku. hehehe (bukan promosi kok :D )

    //eh Mba Dee, makasih ya. udah nyampe. :)

    ReplyDelete
  4. @ vocinna: inna siih... *apa siiihh? :p*

    @ mywritten: emang ndablek soale, hihihihi. sama2 bud.

    @ iwok: promosi itu sunnatullah kok, hihi. alhamdulillah kalo dah sampe, kuatir dibaca dulu ama pak pos *halah :D*

    ReplyDelete
  5. Tante kok gitu sih? Lho kok marah?
    *nyanyi mode on*

    ReplyDelete
  6. haha, ini lagu juga suka diikutin echa. dengan gaya cadel gitu...

    ReplyDelete
  7. *setelah baca cerita diatas bingung juga* ayahnya dimana yaaa... :((

    ReplyDelete
  8. lhah...echa pinter bener, masi kecil udah ngerti kalo anak kecil pergi kudu bareng orang dewasa yang muhrim...:D

    ReplyDelete
  9. @ tehtina: di jeddah! makanya gak keliatan! hehe. tehtina apa kabaaaaarrrr? *peluk*

    @ annidalucu: hehe, dia binun kali, kok anak sekecil itu pergi sendiri, sdgkan dia kan biasa ama ayah, emak, nenek ato tantenyahh :D

    ReplyDelete
  10. OOT :itu yang makein jilbab pasti tantenya..;)

    ReplyDelete
  11. haha, tau ajaahhh. tapi bukan tante yg inih, tante satunya lagih, tante yg inihh cuma motoin . btw, pa kabaaarrr, diiiinnn?

    ReplyDelete
  12. baikkkk... Alhamdulillah, dirimu baik2 juga kannnn... semoga.... :))

    ReplyDelete
  13. Hahahaha, pesan moralnya...hihihi.

    Ini Ponakan yang kritis atau tantenya yang kurang peka? *kabuuuuuuuuuuuurrrrrrr hehehe

    ReplyDelete
  14. kurang peka? ato mo bilang kruang pinter? iya sehh, maklum produk jaman dulu, hihihi

    ReplyDelete
  15. Kalo masalah pinter sih mbak Dee gak perlu diragukan. Apa kata Palembang (maap dunia terlalu luas :P) kalo aku ngebantah itu :)

    Masa sih tante yang udah sering jalan-jalan ke luar negeri gak pinter. Bahkan udah ke Amerika segala. Ckckck.

    Eh bukan jadi TKI kan mbak waktu itu?

    *mingggaaaaaatt, pasti sekali ini kena jitak*

    ReplyDelete
  16. khan lagi liburan dengan pamannya. jadi ayah di rumah berduaan dengan bundanya he..he..

    ReplyDelete
  17. hehehe,,, ternyata klw pembaca dongeng harus baca dluan, kayak guru ajah...

    ReplyDelete
  18. @ fathin: TKI keren *sambil nyabit fathin pake panci*

    @ d88y: makacih udah bilang saya ucu *idiiihhh*

    @ yudimuslim: jangan2 temen tantenya *nunjuk yudi* hihi

    @ derni: ayah bundanya geblek juga ya anak kecil disurh pergi sendirian,hehehe

    @ bearahmat: siapa? kamu mat? :D

    @ onit: makacih nit! ;)

    @ tenrii: bukan doneng, tante tenri, beda sama read-aloud ;). tapi dongeng juga kudu tau seh ceritanya *ya eyalah! :D*

    ReplyDelete
  19. Hihi..kalo aku jadi ponakan Uni Dee akan tanya: trus ibunya, Tante?

    ReplyDelete
  20. Pertanyaan lanjut; kenapa? sama siapa? kok anaknya ga dibawa?

    ReplyDelete
  21. kalo pertanyaannya gini, tantenya aja dah yg minggat, haha!

    ReplyDelete
  22. huahahahahaha katanya nih mbak,..
    klo bertemen ama tukang jual parfum kita akan ketiban wangi
    klo bertemen ama orang ndablek akan ketiban ndableknya jga mbak..:D

    ReplyDelete
  23. kali ponakannya diantar babysisternya kali mbakkkk

    ReplyDelete
  24. nie ntar ama anakku akan berlanjut lagi pertanyaanya nie mba,,
    beli dimana?,,jauh?,,naik busway apa angkot??kenapa??
    aduuuuh....

    paling save nunjuk asal aja...hahahahaha

    ReplyDelete