Friday, December 12, 2008

Maryamah Karpov

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Andrea Hirata
Maksud hati mau ngereview berbusa-busa, karena pas baca muncul banyak "bohlam-bohlam" di kepala, tapi pas mo nulis, kok jadi males ya. Jadinya gini aja deh. maunya mempersembahkan khusus buat Azi (azimahrahayu.multiply.com), my sis yang lagi di aussie sana. Sorry ya, zi, hanya beginilah adanya, maklum sudah tua dan lelah, huehehe.

========

MENIKMATI
Kembali, saya menikmati lokalitas yang Andrea tuturkan, setting geografis maupun sosiologi digarap dengan cermat. Saya juga menikmati metafora-metaforanya. Seperti tiga buku sebelumnya, Andrea menebar metafora di segala sudut. Meski di satu sisi, saya merasa kok banyak metafor yang terlalu hiperbola yak?

ANDREA DI MANA-MANA
Maksudnya, pemikiran penulis (dalam hal ini ya Andrea lah, masak Tukul? :p). Dalam fiksi biasanya kan penokohan itu berbeda-beda, dalam arti, cara bicara, sikap, pemikiran, dll tiap tokoh memiliki karakter dan kekhasan masing-masing. Jadi, nggak semua tokoh pinter dan suka berbicara dengan gaya metafor. Memang, kekhasan tiap tokoh tetap terlihat, hanya saja ketika berbicara saya merasakan “ada” karakter Andrea di mana-mana. Ngerti nggak ama paragraf ini? Kok saya jadi nggak ngerti ya? Hehehe.

KUCIWA
Pasti banyak pembaca—seperti juga saya—yang berharap buku terakhir ini banyak berbicara/berkisah tentang perempuan dari sudut pandang seorang Andrea. Apalagi judul “Maryamah Karpov”nya itu. Tapiiii… sampe titik darah penghabisan, eh, sampe titik terakhir alias tamat, nggak ada tuh disenggol-senggol tentang Cik Maryamah. Ada sedikit, saat Andrea belajar biola pada Nurmi, anak Cik Maryamah. Udah segitu aja. Saya jadi bingung sendiri. Maksud Andrea apa ya naro judul “Maryamah Karpov”? Terus apa juga maksudnya bilang ke media kalo tetralogi terakhir Laskar Pelangi akan berbicara tentang wanita? Nggak ada sama sekali tuh. Kecuali termehek-meheknya Ikal pada A Ling. Buteeett dah, ampe ngangkat perahu lanun ratusan taon dari dasar sungai!

POLIGAMI
Ada tiga kata poligami diselipkan Andrea. Tumbeeen... Saya nangkep pesan tersiratnya: "Hai, pria, mikir sejuta kali deh kalo mo poligami!” :D.

AYAM
Kasihan sekali hewan satu ini, begitu buruk citranya di mata penulis. Tak ada yang baik dari segala sisi. Karena belum lama abis baca novel remaja "Porcupine", dan di situ ada satu bagian tentang tokoh utama yang sayang banget sama ayam betina. Saya jadi bingung sama ayam, enaknya digoreng atau digulai? (halah!).

LINTANG
Abis baca postingan Uni Dina plus sebelumnya juga sempat baca soal kontroversi mengenai tokoh Lintang, baca MK, saya tambah absurd dengan tokoh Lintang. Tapi karena Andrea sudah melabeli buku terakhir tetraloginya ini dengan "Sebuah Novel", yah sudahlah... *lha, pasrah? :D*

WALAU BEGITU...
Tetap ada banyak perenungan, pemikiran, wawasan, juga absurditas (hehe) dalam buku ini yang membuatnya layak dibaca. Dibanding buku-buku yang hanya menawarkan kesenangan sejenak (yang sebagian saya baca, uhuk uhuk huk-huk.. *nenek batuk*).

66 comments:

  1. Daku belum beranjak dari halaman berapa ya... enam apa tujuh gitu...

    ReplyDelete
  2. berarti baru sampe mozaik ke-2 ya, mbak? gapapa, masih ada 72 mozaik lagi kok, hehe
    aku baru ngeh kenapa dia ngasi tag per-bab dengan mozaik, karena cocoknya emang gitu, tapi masih binun kenapa nyantumin "sebuah novel", sednagkan kalo gak salah di buku pertama bilangnya "sebuah memoar" ya?

    ReplyDelete
  3. ngerti banget, mbak!
    soalnya ini kendalaku kalau mau bikin cerpen fiksi.. ehh ya kok jadi aku di mana2 huehehehe.. makanya ngeblog aja deh :p

    ReplyDelete
  4. ALHAMDULILLAH, ada yang ngerti! hahaha
    Iya, nit, salah satu kompleksitas dalam menulis fiksi adalah "menjaga jarak", kalo gak, mending nulis biografi ato memoar aja, hehe.

    ReplyDelete
  5. emang,kadang2 pegel baca satu topik dg personifikasi ya hiperbolis ampe berhalaman2,,,
    jadi aku kalu baca kadang2 melompat ke 2 atau 3 halaman brikutnya

    ReplyDelete
  6. baca review nya aja dulu..
    belinya ntar deh, hehe...

    ReplyDelete
  7. daripada bete mending lumpat-lumpat ya, mbak? :D
    pemakaian metafora di satu sisi emang bisa bikin karya lebih cantik, berisi dan puitis tapi kalo berlebihan, jadi pengen minum es teler sinar garut! hehe

    ReplyDelete
  8. hehee...
    iyaaaa aq jg kasiann banget ma si ayam yg dihina dina di MK :)
    padahal sy suka makan ayam hehee

    ReplyDelete
  9. belum baca. yang edensor ajah lon habis je...
    ngerti... ngerti... juga kok maksudnya :p
    enak minum es teler kan, apalagi dicampur ama es campur, es shanghai, goyobod, cendol, cingcau

    ReplyDelete
  10. Mbak Dee, me barusan jawab email
    semoga segera dibaca

    ReplyDelete
  11. ayam sorry apa ayam your friend? *garink deh hehe*

    ReplyDelete
  12. 4 x 4 = 16, sempat tak sempat harap dibalas (halah, jadul banget kekeke)

    ReplyDelete
  13. Manggut2, ini juga kelemahan terbesarku...
    *nyerah duluan sebelum mencoba nulis fiksi*

    Kikikiki, reply2an di satu kantor, wakwakwakwak :-p Manusia2 aneh :-)

    ReplyDelete
  14. jangan diabisin, masak kertas dimakan seh? :p

    ReplyDelete
  15. wooooiiiiii...! selesein yg nonfiksi aja dulu tuh!! :p~~~

    ReplyDelete
  16. Aku minta libur seminggu Mba, utk nyelesaiin, wakwakwkakwak....
    *kabuuuuuuuurrrrrrrrrr sebelum dilempar sendal*

    ReplyDelete
  17. baru baca buku ke satu.... :) dan gak punya akses untuk buku ke-dua, tiga dan empat. gimandang dong?

    ReplyDelete
  18. sendal?? enak aje! nih ditimpuk pake CPU! wahahaha

    ReplyDelete
  19. Eh, ada Kakak Kucinggggggggg, umai rindunya ulun, huhuhuhu
    *baragapan*
    Hahahaha, asa mambaca Si Palui lah Kak???

    ReplyDelete
  20. Waduh, es teler sinar Garut tuh kayak apa, Mbak Dee?

    Reviewnya lucu..menikmati, walau nggak baca bukunya..hehehe..

    ReplyDelete
  21. terima kasih, mbak. semakin menguatkanku untuk tidak membeli dan membaca bukunya. :)

    ReplyDelete
  22. review ngasal, syukurlah kalo mbak rini menikmati hehe
    es teler sinar garut itu lho mbak, yg suka di pinggir2 jalan. menurutku lebih enak dibanding es teler 77 :D

    ReplyDelete
  23. wah, jadi gak enak ama andrea (apa coba??) :)
    saya pribadi tetap menikmati bukunya, cara andrea bertutur khas sekali, tapi ya itu, mak cik maryamahnya ngambek kali yee, ampe di judul gede2 tapi kagak ada di ceritanya

    ReplyDelete
  24. wah rating nya sama dengan yg hendak saya kasih Mba... agak males banget pas baca di awal2....

    apalagi di halaman terakhir, paling akhir banget, kesan yg saya dapet jadi mempertanyakan isi tetralogi... dari 1-4 selalu bilang tentang Islam dan ketika Arai nikah juga ketentuan ada di Sang Bapak... tapi knp tokoh Ikal sendiri malah mau kabur sama A Ling setelah gak disetujui Sang Bapak... atau saya yg salah tafsir ?

    ReplyDelete
  25. kan buku ke-4 ini "sebuah novel", mat :). so, bisa aja itu imajinasi ikal yang udah termehek2 berat ma a ling... aslinya mah, meneketehe, hehehe
    oya, maap soal buku, mat. iya, waktu itu saya tunggu2 alamat dari mamat, gak ngasi2. bukunya msh ada kok. kirim ya alamat yg detil, jelas, lengkap!

    ReplyDelete
  26. Andrea hirata lebay deh di MK. Saya masih kepentok di mozaik 63. Antara kecewa sama rada2 gak suka (apa bedanya? Beda donk y) dgn ceritanya. Pembual. *maaf*

    ReplyDelete
  27. Beneran keren, Mbak Dee. Pantes jadi top reviewer di Goodreads..jempol deh:)

    ReplyDelete
  28. haha, komen yg cucok, fatah!
    lebai...

    ReplyDelete
  29. ah, mbak rini, bikin saya geer terbang ke langit (langit) *mentok trus jatoh gedebuk!*

    ReplyDelete
  30. Setujuh!!! :-D

    *yang selalu menikmati gaya review Mba Dee, jam terbang itu gak bisa boong yak!*

    ReplyDelete
  31. Buku yg sa tunggu2 tp pas terbit..kok aq mlas?!..tp udah bli 2 bku khusvs Mk ini..pesanan tmn sich di papua sna...;)

    ReplyDelete
  32. Buku yg sa tunggu2 tp pas terbit..kok aq mlas?!..tp udah bli 2 bku khusvs Mk ini..pesanan tmn sich di papua sna...;)

    ReplyDelete
  33. ooo jadi tulisan "sebuah novel" itu pengaruhnya disana ya Mba...

    alamatnya via PM aja ya... heheh

    ReplyDelete
  34. Mungkin kita terlalu berlebihan berharap pada MK... halah apa seeh!

    ReplyDelete
  35. Mbak Dee, saya pernah lihat cuplikan pre-launchnya Andrea waktu di Ubud, terus kalau ga salah dia bilang waktu nulis buku ini dia bilang dia "nuliisss aja.." non stop.. dan seperti air mengalir... Saya kira malah beliau nulis dari hati kalau udah begini, tapi kenapa ya reviewnya malah pada kurang bagus..

    ReplyDelete
  36. aku ga maju-maju :D

    kok, malah jadi bosen ya :(

    ReplyDelete
  37. Mbak Dee, sy blm bc bukunya..kayaknya baca yg ini aja lebih enak kok..jd semakin pengen kenal sm Mbak Dee ni..apakah sekocak ini luar dalam...hahaha...

    ReplyDelete
  38. bwehehe... Aku ketawa2 nih baca review ini pas kemaren di kantor ;p
    Bisaan si mbak...

    Andrea di mana2 : emang narsis aja kali mbak si penulisnya, wuah... Jadi kebayang kalo aku yang nulis bwehehehe...

    Mbak imaaa... Ikut donk libur seminggu, hwehehe..

    *nggak mau kaburr ah, mbak dee kayaknya bakal nimpuk pake duit kali ini ;p

    ReplyDelete
  39. eniwei buswai..
    Aku bahkan berhenti baca buku #1 nya di halaman enam puluh sekian. Cuma edensor yang kulahap sampe habis dan sendawa berhari-hari (boleh donk ah lebay kayak penulisnya, hwe..he.. ;p)

    Nanti... Kapan2 (kapan tau dehh) aku pinjem sama mbak aja wokeh ^^

    ReplyDelete
  40. walah walah......sangat tidak memuaskan ya mbak?? banyak kuciwanya?? piye tho??? diriku belum baca jhe.............jadi ga bisa kasih nilai heheheheh

    ReplyDelete
  41. jd ga semangat mo baca :-D

    hihihi.... buku jg belom ada di tangan kok...
    mo baca apa cuba? :-p

    ReplyDelete
  42. he he he Dee, asyik banget baca ulasannya...sampe cengar-cengir sendiri deh(tanggungjawab ya kalo ada yg nyangkain saya 'aneh'!)
    saya setuju sama semua pointnya tuh

    ReplyDelete
  43. pas baca MK perasaan amang lebih luammmmmmmbattttttttt deh alurnya, perasaan waktu LP udah agak lambat tapi di MK kayaknya makin lambat deh. Tiap mozaik kulongkap-longkap bacanya, tapi tetap bisa nyambung n ngerti ma ceritanya. So, pertanda apakah ini?
    Kayaknya, niat Andrea mundur dulu dari dunia kepenulisan untuk belajar nulis lagi, mungkin keputusan yang tepat kali ya.. :)

    ReplyDelete
  44. Nemu reviewnya maryamah ini di beberapa blog...
    Saya... jangankan mau review.. melihatnya di Lombok saja belum....

    ReplyDelete
  45. Mbak dee, kayaknya review kita nyaris serupa deh. Bahkan sampe ayam-ayamnya. Aku dah nulis 6 lembar lebih ttg MK.
    Dan..., jangan khawatir soal Mbak Azimah. Beliau udah baca reviewku dan beri bitang empat lo... horeee...
    http://agoestbkl.multiply.com/reviews/item/6

    ReplyDelete
  46. hwehehehe.... Laskar Pelanginya aja sampai sekarang belum baca. Nonton pelemnya sih. Bagus.

    ReplyDelete
  47. kata orang bijak, "writing is a craft. revising is an essential part of it." jadi, mungkin kurang revisi yah...? hehehehehe....

    ReplyDelete
  48. Kalo menurut saya Andrea lagi mabuk kepayang, saking sering nya org memujinya karena kehebatannya merangkai kata jadi dia berusaha utk jaga image itu. Walhasil, beginilah novel Maryamah Karpov... terlalu hiperbola, exagerate, lebay... tapi jujur saya ktkn masih banyak yg dapat saya petik dr novelnya. Jadi penasaran, gimana ya kalo Andrea bikin novel fiksi, bisa ga ya?...

    ReplyDelete
  49. Menurutku, Laskar Pelangi gak sepenuhnya kisah nyata. Apalagi Maryamah Karpov ini, kayaknya 80% fiktif deh.

    ReplyDelete
  50. kalau saya malah curiganya "penundaan terbitnya' MK yang kelamaan membuat Andrea Hirata kemudian mengubah misi ceritanya di sela waktu tsb... Karena sejak awal saya juga mengiranya MK akan berbicara ttg wanita..

    ReplyDelete
  51. Ada apa dengan ayam? Gw jg suka kalo di jadiin makanan. tapi kalo deket-deket, gak berani deh! soalnya pernah dikejer ayam kate. Tapi gw gak menghina lho! Malah kagum sama ayam krn udah bisa bikin gw takut :D

    ReplyDelete
  52. dee, i lap yu deh. thx reviewnya ya say. aku suka. btw, baca review2 MK tnyata sangat mengasyikkan lho. sy jd tau kesan berbeda2 yg diperoleh mereka yg sdh baca MK n pndpt para pereview. hobby sy nambah 1 jadinya: bc review buku. n dftar bacaan dee tiap bulan masuk bacaan review rutinku:D

    ReplyDelete
  53. "weits, beli aja...kan hasil penjualan bukunya sekian persen disumbangkan untuk pendidikan anak-anak Indonesia ^_^ lagian kalo baca ntar tau cara bikin kapal...cara main biola...nama latin tumbuh-tumbuhan....sejarah bajak laut Indonesia...kebiasaan orang-orang Belitong dan dunia perdukunannya itu.....bahkan bisa tau cara menimbulkan kapal lanun yang sudah tenggelam beratus-ratus taun !!! heheehe....emang siy ...cerita MK nya cuma ditoel doank, mungkin mw meniru gaya penjudulan Alkemis...." ^_^

    ReplyDelete
  54. tetap setuju pada kalimat : seandainya andrea berhenti pada edensor....

    ReplyDelete
  55. saya 2 kali beli laskar pelangi yg 1-3, blas belum baca
    langsung disita ma karibs
    yg nie beli lgs baca, tapi ngeh sih apa yg direview
    sepakath dah intinya

    ReplyDelete