Monday, October 6, 2008

Laskar "Wow... indah banget" Pelangi-nya

Semalam, setelah beberapa kali kehabisan tiket, saya nonton (lagi) Laskar Pelangi. Memang sengaja pengen nonton lagi, sembari ngajak keponakan + nyokap yang udah ngerengek-rengek pengen nonton .

Nyari bioskop yang nggak dekat rumah, ntu...Plaza Hari Ini alias Arion, Rawamangun. Sengaja nyuruh adik pesen tiket duluan, dan tau nggak, dapat tiket yang pemutaran paling malam. Selesai nonton jam 23.30, hampir tengah malam.

Tau (juga) nggak, hampir setengah kapasitas bioskop dipenuhi anak-anak, mulai usia balita sampai 10-12 tahunan. Dan mereka mantengin tuh pelem sampe selesai. Keluar dari bioskop, saya perhatiin muka-muka mereka juga masih pada seger-seger. Oalaa! Bisa jadi karena kemarin hari minggu, kebanyakan hari terakhir emak-bapak anak-anak itu libur. Tapi saya dengar dari beberapa teman, di beberapa bioskop juga dipenuhi anak-anak, bahkan yang jadwal pemutarannya jam 9-10 malam (berarti selesai jam 11-12 malam). Dan kata temen (tante Vita ngaku deh!), tampang anak2 itu juga seger2 pas keluar bioskop meski udah tengah malem.

Keponakan saya si Zahra selama nonton duduknya aja nggak nyender (karena kalo nyender layar bisokop nggak keliatan hehe). Bisa jadi yang tidur cuma adiknya Zahra, si Aifa. Cuman 15 menit nonton, trus langsung tewas. Die mah emang "pelor" (nempel molor).

Nah kembali ke anak-anak yang tengah malam masih pada seger-seger, saya melihatnya sebagai sebuah fenomena menarik. Banyak hal tentu, tapi film yang menghibur dengan gambar yang indah dan pemainnya yang banyak anak-anak, sepertinya yang membuat penonton anak-anak mantengin film sampe kelar. Padahal bisa jadi, kebanyakan anak-anak itu belum baca bukunya. Keponakan saya saja sama sekali kagak tahu ada bukunya (yah, malu-maluin tantenya ajah).

Yang juga lucu, pas adegan Ikal dkk melihat pelangi di pantai, beberapa penonton anak spontan teriak: "Wooww, indah banget pelanginya". Dasar anak kota, jarang kali yee liat pelangi (sama sih, ogut juga! kikiki).

Patut disyukuri tentu. Di tengah film-film kagak jelas juntrungannya (maaf deh buat sutradara en produsernye), Laskar Pelangi kayak oase di padang pasir (ceilehh... onta haus kalee). Tapi bener deh, lihat aja film-film Indonesia yang lagi tayang di bioskop barengan ama LP. Suami-suami Takut Isteri, Cinlok, Barbi3.

Yang bikin saya agak sebel, sebelum LP diputar kan ada trailer film yang akan datang tuh. Taelahh, nongol tuh di Dewi Persik, dengan film "Kutunggu Jandamu" (set dah!). Mbok ya kalau film keluarga (LP sendiri ditulisnya sih buat 12 tahun ke atas), trailer film yang akan datangnya yang aagak supan gitu, atau nggak usah ada trailer sekalian. Trus pas selesai, di pintu keluar ngjreng standing banner Kutunggu Jandamu, dengan Dewi Persik pake celana super pendek, huek! (eh maaf, semoga dikau dapet hidayah ya, Dewi...).

Oh ya, meski udah nonton, pas nonton lagi, saya tetep ngakak en nangis di beberapa adegan. Adegan favorit saya pas Mahar nyanyi Seroja dan anggota LP lain nari, kekekeke kocak abiss. Yang bikin nangis juga tetepp, pas *spoiler* Lintang nggak bisa sekolah lagi .

Beberapa catatan dari saya mengenai film ini:
- Ada scene yang sepertinya bisa dihilangkan dan nggak mengganggu substansi film. Contohnya: Scene Flo hilang, saat Flo dkk ke pulau untuk minta jimat dari dukun, bahkan scene Ikal jatuh cinta menurut saya juga nggak terlalu penting (tetap ada biar nambah seger kali yee...)
- Pemeran ibunya Ikal, haduuuh.. Oneng sekalee. Hancur dah imajinasi gw tentang ibunya Ikal yang tegar, namun humoris.
- Pas Pak Mahmud (Tora Sudiro) membuka kelas dan membagikan kalkulator, pengen ngakak sama logatnya Tora, bwahaha!
- Tarian Mahar dkk pas karnaval, nanggung sekali ya? Sama kayak Inna, saya mengharap tarian yang lebih liar dan heboh.

57 comments:

  1. emang tuh trailer gitu perlu di seret pake truk trailer

    ReplyDelete
  2. Ada adegan balita dbikin susu ama emaknya ga mbak?he3

    ReplyDelete
  3. duh, ngiri abis...
    daku yg di sini aja belom nonton...
    situnya dah berkali-kali.. ihiks.. jeles deh... :-((

    ReplyDelete
  4. gak ada, cuma ada adegan ganti diapers balitanya, hehe, gak ding.
    alhamdulillah semalem sama sekali gak keganggu ama balita yang nangis atau ngerengek tuh, na. mungkin baru mo mewek udah dipencet kali ama emaknye hihi

    ReplyDelete
  5. baru 2x kok, tin, blm berkali-kali, hehe...
    sabar ya, nak. innallaha maashabirin... ;)

    ReplyDelete
  6. ehemm... ehemm... (kayak orang suruhan ortunya Flo) cuma nemenin nyokap en ponakan :D

    ReplyDelete
  7. jadi ini pilem patut ditonton enggak say ... ???

    ReplyDelete
  8. sangat-sangat patut, teh. soal kekurangan yang saya sebut, hanya sedikit berpengaruh sama bagusnya filmnya ini secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  9. deee maaf lahir batin yaaaa met lebaran,
    *kapan ya bisa nonton LP*

    ReplyDelete
  10. mbak itaa... maaf lahir batin juga... *peluk peluk*
    aku sms mental mulu, minta nmr yg bener yak (aku dah japri) :)

    ReplyDelete
  11. jadi pengen ngajak anak2 nonton LP. yah.. tp di sini ada gak ya?:-)
    aduh... mbak dee ini laporannya bikin ngiler sih, jd harus nyari2 nih di KL diputar gak ya?

    ReplyDelete
  12. nyebrang ke Batam dulu kali, mbak inci, hehe.
    belum begitu tau soale di KL bakal diputar atau gak.

    ReplyDelete
  13. Ha..ha..ha,dipencet apanya mbak.?

    ReplyDelete
  14. dipencet tombolnya biar gak jejeritan, hihi...

    ReplyDelete
  15. wah...jadi ternyata yang namanya nonton film itu tergantung sudut pandangnya juga ya..maksudku, ada yang ngereview film ini luar biasa jeleknya, ada juga yang muji2..


    kalau menurut aku sih, yang bilang bahwa film ini sangat jelek karena beliau terlalu ngebayangin novelnya...jadi disama2in...

    padahal novel dan film adalah dua hal yang berbeda...maksudnya sudut pandang cerita mungkin ada perbedaan.

    aku sih mending nonton dulu filmnya, baru baca ceritanya...kayak waktu ayat2 cinta dulu...he he he


    nonton aaaaah..

    ReplyDelete
  16. bener kok nomorku Dee, makasih emailnya yaa

    ReplyDelete
  17. eh emang ada yg review luar biasa jelek??
    blm baca sih. di kompas ada ulasan, lebih menyoroti ttg hasrat bertutur yang cenderung berjejalan. meski menurutku sih gak masalah soal kanibal eh verbalisme, alias penyampaian pesen yang kentara.
    betul itu, mbak, novel dan film adalah dua hal yg berbeda. meski soal ekspektasi, yah manusiawi kali ya, cuman jangan berlebihan aja, ntar malah kuciwa berat kalo ekspektasinya gak sesuai.

    ReplyDelete
  18. tau gak Dee, gara-2 film ini jadi pengen ke Belitong!
    pantainya wow!!

    ReplyDelete
  19. semakin memantabkan ku untuk segera nonton (masak kalah sama para balita itu..) Hiks.. belum sempet niy mbak, mbak Dee nonton lagi yukz, di arion lagi yg deket rumah :D

    ReplyDelete
  20. Itu kah artinya? Soalnya selama ini, elly anggap ARION itu dari bahasa BATAK. Artinya ARI ON. Ari = hari. On = ini. Jadi ARION = Hari ini.

    ReplyDelete
  21. eh itu pelangi hasil syuting beneran atau pelangi pake desain grafis spesial efek ya? =D

    ReplyDelete
  22. Aduh..makin penasaran pengen nonton...ya tunggu beberapa bulan lagi deh kalo ada yang download filmnya...

    ReplyDelete
  23. mungkin mereka kudu pake buah *lupa namanya* beneran ya, biar narinya bener2 liarrrr

    ReplyDelete
  24. aku baru semalem nonton bareng misua, adik ipar yang bonton kelas 23 SMU, ibu mertua n tantenya misua. Wah...kayaknya kita banyak samanya deh mba:
    - dateng di bioskop jam 2 siang, dapet tiket yang jam 7 malem
    - nangis (tuh air mata ngucur abis...) pas Lintang pamitan g bisa sekolah...
    - ada poster filmnya Dewi Persik (amin...moga dia beneran dapet hidayah)
    - adegan Mahar nyanyi n hibur si Ikal emang lucu banget (suaranya Mahar bagus juga ya...)
    - adegan si Ikal liat kukunya Aling lebay deh..... ada bunga jatuh2 segala...
    n de el el deh..
    tapi so far so Good, TOP BGT deh... :-)

    ReplyDelete
  25. wah seru yaa... hari ini adik&ka2ku jg nonton nih di arion...hiks..hiks...aku kyknya nonton sendirian neh...

    ReplyDelete
  26. Hah, sama mas udin!! Aku juga jadi pengeeeeen banget ke sana. Padahal keindahan Belitong (terutama pantai2nya) gak terlalu terekspos di LP. Yuk, ke sono bareng! Hehe

    ReplyDelete
  27. hihi, pengen sih, ila mo bayarin? ;D

    ReplyDelete
  28. Ya ampyuuuuun... hihi... Elly bener (ya iyalah masak ya iya dong, lha wong batak aslee gituh). Mbak ngeh-nya sama artomoro hehehe. Dgn ini maka kesalahan diperbaiki...

    ReplyDelete
  29. filmnya sendiri sih buat 12 thn ke atas, nad. adegan ikal jatuh cinta sama aling gak terlalu dramatis sih, cuma pas beli kapur dan saat ikal ke rumah aling dan jalan berdua. dibandingin sinetron2 yg anak sd udah jatoh cinta sih gak ada apa2nya. tapi anak2 di bwh 12 thn tetap kudu didampingi kali ya.

    ReplyDelete
  30. kayaknya seh sepesial efek deh, nit. beda kalo pelangi beneran, hehe. malah di adegan pelangi yg lain, keliatan banget spesial efeknya :)

    ReplyDelete
  31. mudah2an gak lama keluar dvdnya mba yeyen...

    ReplyDelete
  32. buah aren, mba? di filmnya digambarin kok mbak. cuma pas adegan narinya kurang hot gatel2nya, hehehe

    ReplyDelete
  33. baru tau ada kelas 23 di SMU, rahma, hihihi...
    pemeran Mahar katanya emang dicari yg bisa nyanyi, jadi itu emang beneran suaranya. keren yah.

    ReplyDelete
  34. lho, banyak org rawamangun ternyata... :)

    ReplyDelete
  35. Menunggu balik ke Bogor kayaknya baru bisa nonton :|

    Can wait... :(

    ReplyDelete
  36. Dee, kalo gitu bilang ke Mahar, minta tarian yang lebih heboh... pastinya si koreografer benerannya udah no idea lagi kali, kecuali dia beneran dikasih buah yang bikin gatel2 itu biar ngerasain :p

    ReplyDelete
  37. masih di rumah...

    sebenernya belum puas liburan sih :D
    tapi di gresik nggak ada bioskop *aahahaha kelihatan kampungnya*
    tanggal 13 baru masuk kuliah, jadi tanggal 11 baru berangkat ke Bogor

    ReplyDelete
  38. nah iya, bener tu mbak, pas syuting gak pake aren asli kali yee, makany akurang hot narinye...

    ReplyDelete
  39. lho, zaza kul di IPB yak?
    hadooh, maap mba baru, ketinggalan jaman banged yak? :D

    ReplyDelete
  40. toss mba dah nonton dua kali
    pengen yg ketiga nih...
    ada yg mau ntraktir ga?

    he..he.. peran-nya pak Mahmud ngga banget yaa..
    dialeknya malah rada2 mbatak gitu :D

    ReplyDelete
  41. haha, iya, des. masih kebawa peran sbg bonaga di nagabonar kalee si tora.

    ReplyDelete
  42. wah...salah ketik euy... maksudnya kelas 3... maklum..masih ngantuk gara2 pulang malem nonton Laskar Pelangi... ;-p

    ReplyDelete
  43. " mari menyusun seroja bunga seroja...aaaaaa, hiasan sanggul remaja.... putri remaja " *joget gaya LP*

    "jatuh cinta rupanya, boy " :D

    di beberapa dialog ada logat pemeran nya yang kurang pas, tapi tetep kereeen ......

    *mbak dee kalau mau lihat pantai mah ke lampung aje kali

    ReplyDelete
  44. wah, sukses berat ya filmnya :)
    beruntung banget mb dee udah nonton2 kali..
    awak kapan nih ya.. hiks hiks

    ReplyDelete
  45. saya jg kmrn itu nonton yg jam10 malam mbak.. br sampe asrama jam stgh1..hihi..skali2 kan gpp yak,,hehe...
    iya, banyak anak2 ..
    hm, agak2 lupa akting yg ibunya Ikal.. tp ga bs bandingin sm novelnya.. krn blm baca.. hixhix..

    ReplyDelete
  46. kalo aku udah nonton empat kali nih, dan keempat-empatnya aku tetep nangis dan ngakak.. ayo, ayo, ada lagi yang mau ngajak saya nonton bareng (khusus buat yang cewek yak) ?

    ReplyDelete
  47. pantai lampung? di mana menariknya, boy? ceritalah padaku :D

    ReplyDelete
  48. kebetulan, ren. dpt undangan pas premier, trus nonton lagi pas nemenin ponakan ;)
    moga reni bisa scptnya jg nonton. lagian msh antri kok di bisokop2 :)

    ReplyDelete
  49. walah, ATM ya. akhwat terbang malam...

    ReplyDelete
  50. Setuju abis dah ma reviewnya ini :-p

    Yang enggak banget itu si Tora ma Flo, gak penting banget, huh!

    ReplyDelete
  51. suse pulak aku bercerite mbak :p harus didatangi lah

    ReplyDelete