Tuesday, October 7, 2008

Buku yang bikin nangis

Annida punya rubrik baru, "Kata Kamu". Pendapat singkat seputar dunia literasi.
Nah edisi Oktober temanya "Buku yang bikin mewek".
Asyik juga bacain pendapat para pembaca Nida.
Meski lumayan gempor downloadin karena ada ratusan SMS dan email.

Dan pemenangnya adalah.... Laskar Pelangi (Andrea Hirata) & Hafalan Surat Delisa (Tere Liye)! susul menyusul, bersaing ketat.

Berikut beberapa pendapat pembaca (bocoran neh, Annidanya belum terbit, telat karena liburan).

Nah, kalo teman-teman, buku apa yang pas baca bikin mewek ato terharu biru?? Pengen tau gituh. Buku ya, bukan kitab suci ato kitab primbon, hehe.

Kalo saya sih, banyak. Di antaranya:
- 60 Karakteristik Perihidup Sahabat Rasulullah (Khalid Muhammad Khalid) --> dibaca kapanpun selalu nangis bombay.
- The Kite Runner (Khaled Hosseini)
- A Thousand Splendid Suns (Khaled Hosseini)
- Sang Pemimpi (Andrea Hirata)
- Ada beberapa lagi, tapi kok lupa yak?
Dan, jadi penasaran sama Hafalan surat Delisa, karena saya... sssttt... belum baca!

===========

Aku terharu banget baca Laskar Pelangi, terutama waktu Lintang nggak bisa melanjutkan sekolah karena nggak punya biaya, padahal dia jenius banget. Aku juga nangis waktu baca kisah Mardiyem saat menjalani usia belia sebagai jugun ianfu di buku Momoye, Mereka Memanggilku.
Zahrotul Uyun, UNJ, Jakarta

Va Dove ti Porta il Cuore (Pergilah Ke Mana Hati Membawamu) karya Susana Tamaro. Buku ini berisi curahan hati seorang nenek yang menyesal pada kesalahan-kesalahannya di masa lampau dan mengharap cucunya kembali kepadanya. Tapi akhirnya ia sadar bahwa cucunya mungkin tidak akan kembali dikarenakan kesalahannya itu, sang nenek pun berucap “Pergilah ke mana hati membawamu…”
Afina Faizah, Purwokerto

Triloginya Deve Pelzer, The Lost Boy. Gila! Membuat saya benar-benar menangis semalaman. Saya bahkan tak sanggup meletakkan buku itu hingga tuntas membacanya. Bayangkan, ia disiksa ibunya sendiri sejak berusia 5 tahun. Saya menangis haru saat ia bebas dari ibunya dan saat gurunya melihat luka-luka di tubuhnya, dan kemudian membebaskannya. Buku ini memberi saya banyak spirit.
Mty Alisa

Hafalan Shalat Delisa. Karena bocah bernama Delisa tetap tegar ketika kehilangan ummi dan kakak-kakaknya. Juga dia ingin benar-benar bisa shalat dengan baik.
Siti Badriyah, Kebumen, 0819-318xxx

Buku yang bikin saya nangis sesegukan adalah Hafalan Shalat Delisa (Tere Liye). Novel tentang bacaan shalat anak 6 tahun yang tertimpa bencana tsunami. Di setiap bagian cerita membuat kita terahru dan nangis dengan kepolosannya belajar shalat, dan ketabahannya.
Salawati Yusra, Bukittingi, 0813-632xxx

Buku yang bikin aku sesegukan adalah tetraloginya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor. Semua hal yang ada di buku itu buatku terharu. Orang-orangnya, ceritanya, semuanya. Apalagi ketika bercerita tentang Lintang. Tapi sebenarnya aku nangis karena cemburu sebab semua hal yang aku impikan dalam hidup ada di ketiga buku itu dan dialami oleh Andrea Hirata.
Siti Fuzi, Jakarta

Novel Tak Putus Dirundung Malang-nya Sutan Takdir Alisjahbana. Sesuai dengan judulnya, novel klasik ini dari awal hingga akhir cerita tak putus-putusnya menggambarkan kemalangan yang dialami oleh Mansur dan Laminah, dua kakak-beradik. Mulai dari kematian ayah mereka, Syahbuddin, hingga kematian Laminah dan—akhirnya—Mansur. Benar-benar mengharukan!
Arief Mahmudi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 

Catatan Hati di Setiap Sujudku oleh Asma Nadia, dkk. Pas waktu itu saya lagi banyak maslaah dengan ortu, sedangkan saya perlu uang untuk bayar kuliah, pas baca buku itu sampe habis, air mata ini terus mengalir sambil sesegukan. Kekuatan doa itu memang dahsyat!
Nurul, Medan

Buku yang sangat berkesan bahkan membuat saya sampai menangis adalah Laskar Pelangi. Mengharukan perjuangan untuk mendapatkan pendidikan. Ada tokoh Lintang yang membuat saya malu apabila menyerah dalam menghadapi tantangan yang saya alami dalam menempuh pendidikan.
0852-5206xxx

Ayat-ayat Cinta. Apalagi pas Aisha ngasih cincin nikahnya ke Fahri untuk meminang Maria. Uh, dalem banget.
Ayi, Bogor

Ketika Mas Gagah Pergi (Helvy Tiana Rosa). Karena ceritanya begitu menyentuh, rasa sayang antara kakak adik, endingnya mengharukan.
0856-4772xxx

Ketika Cinta Bertasbih (Habiburrahman el Shirazy). Hal yang bikin terharu, ketika Azzam, tokoh utamnya, ditinggal pergi oleh ibunya dalam suatu kecelakaan dan vivi calon istrinya dijodohkan dengan pria lain karena Azzam mengalami patah kaki yang membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh. Ketika Azzam mendapatkan pengganti Vivi yaitu Anna, seornag wanita yang sangat diidam-idamkan oleh ibunya menjadi istri Azzam, tapi ketika itu benar-benar terjadi, ibunya tidak dapat melihat  lagi.
Asmaini, Kuantan Singingi

Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Ada banyak sekali hal yang membuatku menangis saat membacanya. Apalagi ketika Lintang harus berhenti sekolah hanya karena ayahnya meninggal dan segala perjuangannya untuk menikmati bangku sekolah. Lintang adlaah motivatorku!
Nur Fadilatis, SMAN 2 Bojonegoro, Jatim

Buku yang bikin aku nangis sesegukan adalah buku tentang perjalanan hidup seorang ibu. Yang membesarkan anak-anaknya dengan penuh pengorbanan. Seperti di buku Mahabarata. Perjuangan besar seorang ibu (Kunti) kepada putra-putranya. Mengingatkan saya pada almarhumah ibu saya yang berjiwa tegar, mengorbankan segalanya hingga napas terakhir. Bagi yang masih mempunyai ibu, jangan pernah menyakiti hatinya. Surga di bawah  telapak kaki ibu, penyesalan di akhir dan pasti kita akan merasakan bagaimana rasanya kehilangan seorang ibu.
Paino, Semarang, 0813-2542xxx

The Kite Runner (Khaled Hosseini). Kisah tentang persaudaraan  2 anak Afghanistan yang sangat mengharukan dan penuh pengorbanan.
Cut Afranadia, SMP YPDP, Aceh Tamiang, 0852-773xxx

Sang Pemimpi, buku kedua tetralogi Laskar Pelangi. Buku ini mengisahkan tentang kesederhanaan, persaudaraan dan usaha keras untuk mewujudkan impian.
Dian, FISIP UNIB, 0852-732xxx 

Buku terakhir yang bisa bikin aku banjir airmata adalah Hafalan Shalat Delisa (Tere Liye, Republika). Aku terharu banget waktu Delisa tetep nerusin praktik shalat di hadapan gurunya waktu tsunami datang menghadang. Untuk kali pertamanya Delisa shalat khusyuk banget. Aku jadi malu sendiri kalau shalat sering nggak khusyuk.
Fitri, Palembang, +628566932xxx

Laskar Pelangi, bagian dimana ayah lintang temannya ikal meninggal dunia, otomatis Lintang si anak paling jenius tidak bisa meneruskan sekolah lagi karena harus menggantikan posisi ayahnya sebagai tulang punggung keluarga dan akhirnya ia menjadi supir truk.
Lena Oktaviana

Aku sedih sampe banjir air mata waktu baca novel KCB (Ketika Cinta Bertasbih) saat Azzam dan ibunya kecelakaan bahkan ibunya meninggal dan kaki Azzam patah padahal saat itu Azzam mau nikah. Tapi endingnya aku puas banget.
Sumiyati, SMA 1 Banjarsari, Banten, +62813813xxx

Satu-satunya buku yang bener-bener bikin aku sesegukan saat membacanya adalah novel Layla-Majnun karya Syekh Nizami Ganjavi. Ceritanya bener-bener menyentuh banget, menceritakan tentang kesucian cinta Majnun kepada Layla yang ditentang oleh kedua orangtua mereka. Apalagi saat membaca syair-syairnya si Majnun buat kekasihnya, bikin hati kita gimana gitu. Pokoknya membaca novel ini airmata kita nggak bisa berhenti mengalir deh.
Hajfa, Cikarang, +62819054xxx

Buku yang membuat saya menangis adalah Laskar Pelangi. Saya terharu dengan sosok Bu Muslimah, juga sedih dengan sosok Lintang yang cerdas tapi tidak dapat melanjutkan sekolah.
Nina, +622168754xxx

Hafalan Shalat Delisa (Tere Liye). Cerita tentang anak Aceh. Kata-kata di buku itu sederhana tapi menyentuh sekali di hati. Ada kesyukuran dalam duka dan kehilangan, ada semangat dalam keterbatasan, tidak terasa air mata pun bengkak setelah membaca buku itu.
Yanti, Kalsel, 0859-50090165

Hafalan Shalat Delisa. Ceritanya sedih banget coz backgroundnya tsunami di Aceh dulu. Yang sedih banget waktu Delisa lagi tes bacaan shalat di sekolahnya, eh pas baru sampe bacaan iftitah, tiba2 tsunami menghempas tubuh kecil Delisa.
Casriyan, Univ Negeri Yogyakarta, 0857-2914xxx

Chicken Soup for the Teenager edisi 1, yang bertema tentang keluarga dan kehidupan, coz aku belum bisa memberikan something good buat keluargaku. Kadang-kadang nggak sadar kalo mereka tuh sayang banget ma aku.
Nia, Bekasi, 0878-8207xxx

Ayat-Ayat Cinta. Itu lho pas si Fahri difitnah dalam persidangan yang pada akhirnya dipenjara. Kasihan banget Aisha.
0274-681xxx

Laskar Pelangi. Buku yang sangat luar biasa. Oke banget. TOP abis. Kegigihan seorang guru mendidik murid-muridnya dengan segala keterbatasan yang ada. Kegigihan anak-anak kampung mengejar mimpi-mimpinya, ketidakadilan hidup yang dihadapi dengan tawa, dan berjuta hikmah lainnya yang bikin saya tertawa sekaligus menangis di setiap lembar halamannya. Jawara di antara semua buku sastra yang pernah saya baca. Angkat topi tinggi tuk Andrea Hirata
Hesti, Sambas-Kalbar, 0813-5205xxx

Buku yang bikin aku sesegukan pas membacanya adalah Dalam Mihrab Cinta. Coz aku gak pengen kisah Zahrana terjadi pada diriku.
Niken, Surabaya, 0856341xxx

Laskar Pelangi. Coz tanpa aku sadari banyak banget anak-jenis jenius yang terpuruk cuma gara-gara ekonomi kayak tokoh Lintang. Sayang banget, padahal dia kan jeniusnya nggak ketulungan.
0852-53538xxx

Buku yang bikin aku nangis tuh Laskar Pelangi. Aku kagum sama semangat mereka untuk tetap berjuang menggapai cita-cita serta mimpi-mimpi mereka.
Hanif Fathurrahma, Kelas XII-C, MA Al Mukmin

Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy. Yang bikin saya menangis adalah begitu ihlas dan tulus Rehana dalam menghadapi suaminya yang sedikit tidak mengagapnya ada, bahkan sampai Rehana hamil terus meninggal suaminya tidak tahu. Yang bikin sedih juga suaminya sadar dan merasa bersalah kepada Rehana justru saat Rehana sudah meninggal.
Baiq Mirdawati, Universitas Mataram NTB.

Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata, yaitu saat membayangkan tokoh Lintang yang rela menempuh perjalanan berkilo-kilo meter, berangkat sejak subuh, memakai sandal dan sepatu butut demi sekolah.. Subhanallah.
Lutfinia, Surabaya

Bukunya Bang Aji Pidi Baiq, Drunken Monster & Drunken Molen. Sumpah! Aku baca buku itu sampai ngeluarin air mata, tapi bukan karena sedih, coz bukunya lucuuuuu buangetzzz! Sampe aku ngeluarin airmata waktu ketawa, hehehehe.
Nabila Fairuzza, Bekasi


47 comments:

  1. Wah, kalau buku yang bikin nangis aku banyak banget. Secara aku mewekable*bahasa apa ini ;p*banget!!!

    Kalo sesi Sang Pemimpi yang bikin aku nangis tuh, yang sama Ayahnya... hiks hiks... amsih inget deh... mengharukan banget T_T

    Kalo The Kite Runner nangisnya aku nangis karena jengkel... marah... aaahhhhh bener2 ironis


    *lhah, ngapain aku teriak2 di sini yah...

    hehehhe maklum mbak dee memanfaatkan sisa2 liburan nih :D

    ReplyDelete
  2. Setuju sama Hafalan Shalat Delisa. Baru baca bulan kemarin (telat, ya), dan asli emang bikin terharu biru...

    ReplyDelete
  3. mewekable? bisa buat tipi gak, za? eh itu kabel yak hehe
    silakan teriak sepuasnya, kagak kedengeran ini ;p

    ReplyDelete
  4. belum, hihi, jadi maluw.. nih lagi megang di tangan, ta' baca deh ntar malem.

    ReplyDelete
  5. Hafalan surat delisa mbak ...
    vote untuk buku itu

    ReplyDelete
  6. tetralogi laskar pelangi (baru 3 buku sih) dan a thousand splendid suns. the kite runner belom baca. tp diceritain ama si akang yg barusan liat filmnya, mata jd berkaca2... lom sampe nangis sih, karena ngga liat sendiri. hihihi...

    ReplyDelete
  7. kalo yudi nyeritainnya sambil nyubit titin, pasti titin nangis deh, hehehe

    ReplyDelete
  8. The Book Thief juga sedih, cuma aku gak sampai berurai air mata sih hihihihi....

    ReplyDelete
  9. wakakak... nyubit gagang telpon gituh? :-)))
    ade-ade aje Mbak Dee inih :-p

    ReplyDelete
  10. wah gawat itu kalo yudi nyubit2 gagang tilpun, selingkuh itu, haha!

    ReplyDelete
  11. wahhh cara dapatin buku hafalan shalat delisa gimana ya...
    soalnya aku penasaran ma nih buku

    ReplyDelete
  12. kayaknya masih ada kok di toko2 buku. atau nanti pas book fair, di stand republika pasti ada

    ReplyDelete
  13. aku bisanya nangis kalo ada visualnya mbak.. jadi biasanya pilem.. atau buku komik.. candy2 misalnya =D..

    ReplyDelete
  14. teteup laskar pelangi aku mah
    kalo hafalan sholat delisa, baru baca pembukanya aja, boleh ngambil di ebook...;)
    eh aku ada kontak friendsternya Tere Liye, Dee hihihi

    ReplyDelete
  15. hfalan surat delisa belum baca euy... makasih banget nih,.. emang lagi cari buku yang layak baca,...

    kite runner tak seperti yang saya bayangkan Mba,... kalo Splendid belum baca, bagus ya ?

    ReplyDelete
  16. Tadinya aku mau ngikut, Mbak Dee. Tapi kayaknya anak remaja semua sih di rubrik edisi lalu. Jadi ga pede:p

    ReplyDelete
  17. daftarku:
    - The Kite Runner (Khaled Hosseini)
    - A Child Called It (Dave Pelzer)
    - Nyanyi Sunyi Seorang Bisu (PAT)

    ReplyDelete
  18. Dari sekian buku yang pernah bikin nangis, ada satu ciklit yang bikin nangis pas baca kemarin. heran deh...masak sih gitu aja nangis...tapi beneran lho. Karya Cecelia Ahern, Rosie Dunne (Where Rainbows End). Di amazon dapet bintang lima sih. Ntar ta' pinjemin lagi, De..;) *hihi biar makin penasaran*

    ReplyDelete
  19. astaga?? ada ya acara beginian?? ..kata delisa, kalau bisa, bukunya ditarik sj dr nominasi2an apapun, itu hanya akan membuat delisa besar kepala :(

    *sy secara pribadi akan memilih Laskar Pelangi, Andrea

    ReplyDelete
  20. Buku yang bikin nangis: The Edge of the Field. Joseph Singer.

    ReplyDelete
  21. kayak sisterhood traveling ya, nit? :D
    mba baca buku ato filmnya sama2 nangis.
    eh, candy2 juga nangis bacanya. satu2nya komik jepang yg mba baca deh kayaknya si candy

    ReplyDelete
  22. naa ya, ngambil di ebook :)
    wah, udah jebot bgt gak buka frenster. tapi boljug ntar liat2

    ReplyDelete
  23. emang mamat bayangin sapa pas baca kite runner? britney spears? hehe
    thousand splendid bagus, haru banget

    ReplyDelete
  24. yee si mbak... banyak lagi orang2 tua yg jawab. hihi, kesannya mba rini tua.

    ReplyDelete
  25. wah, bukunya pelzer sama pram aku blm baca (ih payah yee?)

    ReplyDelete
  26. pinjem pinjem pinjem pinjem pinjem pinjem! ;p

    ReplyDelete
  27. lho, ini bukan nominasi2an, mas. sekadar menangkap kesan dr pembaca buku.
    kalo milih laskar pelangi ntar andrea besar kepala juga gak? :)

    ReplyDelete
  28. ikutan aaah

    yg bikin aku termewek-mewek:
    istana kedua
    ambilkan bulan
    kulepas dia dalam dekapan

    ReplyDelete
  29. Pinjemin dong mbak'e..nanti saya menangis dech.

    ReplyDelete
  30. Buku yg bikin nangis:

    Buku2nya tereliye:
    Moga Bunda Disayang Allah, Hafalan Sholat Delisa, Rembulan Tenggelam di Wajah-Mu, Bidadari Surga

    Buku Khaled Hosseini : Kite Runner, A Thousand Splendid Suns

    ReplyDelete
  31. Dee... Dee..!! Pa kabar? seru banget siy artikel nya :D seru banget dah dapet bocoran duluan.. hehehe

    ReplyDelete
  32. ini dian nanya diriku? hehehehe...
    itu buku yang mempermasalahkan ketidaknyambungan antara nilai2 relijius yang dianut orang Amerika (baik Kristen, Yahudi maupun Islam) dengan aturan2 hukum di dunia bisnis. Baca buku itu kita jadi mengerti tanggung jawab sosial dari kacamata etika agama2 Ibrahim tapi yang mentah-mentah dilepeh dalam aturan pasar modal / konsep neoliberal. Ini ironis, karena Amerika sangat bangga akan relijiusitasnya (kalau dibanding orang2 Eropa misalnya), tapi nggak sanggup menterjemahkan itu dalam kehidupan sosial bernegara.

    ReplyDelete
  33. *gak, nanya tukang odong-odong ;p*
    wahh, menarik neeh.
    aku juga pernah baca soal relijiusitas Amerika.
    kayaknya blm ada terjemahannya yak? hehe
    ngemeng-ngemeng, hal apa dlm buku itu yang bikin mba nangis?
    kayaknya kan ntu buku yang agak mikir gitu dibanding mengiris emosi halah istilahnya)

    ReplyDelete
  34. week week week, gitu ya, fe?
    bebek dong, hehehe

    ReplyDelete
  35. hayooo silakeun dateng ke rumah mbak'e hehehe

    ReplyDelete
  36. lagi baca hafalan shalat delisa neeh :)

    ReplyDelete
  37. eh ada tamu jauuuh ;)
    iye, sering2 gabung dunk di sinih.
    ogut udah lama gak update gudrids neeh

    ReplyDelete
  38. bahwa antara Yahudi, Islam dan Kristen ada etika sosial yang sama, tapi tidak tercermin dalam kehidupan keseharian di sini (US) yang sangat kental diwarnai prinsip neo-liberal. Apalagi kalau melihat realitas ketidaknyambungan antara argumen keagamaan yang diusung-usung dalam dunja perpolitikan di sini dengan pelepehan (dari kata dasar lepeh, melepeh, cuih! hihihihi) tanggung jawab sosial sebagai efek proses privatisasi dan pengecilan peran pemerintah, dan proses pemiskinan struktural bagi sebagian besar "blue collar worker" di Amerika. Aduh, MAU MARAH. Ini buku mudah dibaca kok, bukan buku akademik... tapi betul-betul menggugah rasa etika kita sebagai umat beragama....

    ReplyDelete
  39. Ini kutipan kecil dari buku itu buat Dek Deeyand ikut renungkan:

    "When you reap the harvest of your land, you shall not reap all the way to the edges of your field, or gather the gleanings of your harvest. You shall not pick your vineyard bare, or gather the fallen fruit of your vineyard; you shall leave them for the poor and the stranger: I am the Lord your God."

    dari Leviticus (Vayikra) 19:9

    ini mengingatkan kita akan etika sosial dalam Islam juga, bukan? Itu perintah Allah juga, bukan, yang disampaikan dalam Taurat? How can we not shed a tear, knowing how miserly we have been as part of society that refuse to extend compassionate hands to the downtrodden....

    ReplyDelete
  40. kalo aku yang bikin terkesan sampai sekarang, novelnya Khaleed Hoesein.
    dua novelnya, 12 jempol dech!!

    keren~!!
    keren!!

    ReplyDelete
  41. waduh banyak teh....
    60 Karakteristik Perihidup Sahabat Rasulullah (Khalid Muhammad Khalid)--->memang selalu bikin nangis, walo udah baca berulang kali
    kemarin baca KCB juga nangis...
    Baca Catatan Hati..nya Teh Asma juga nangis...
    Baca diary pengantin juga nangis2
    Baca 35 sirah shahabiyah juga nangis...

    hehehe >.< nangis mulu yaaak..

    ReplyDelete