Thursday, September 25, 2008

Laskar Pelangi the Movie

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
INDAH...
Dari trailernya saya sudah menduga keindahan film ini. Dan... betul. Sinematografinya ciamik. Keindahan Belitong terekspos cukup baik. Mata rasanya nggak berkedip menikmati gambar demi gambar. Tapi pantainya kurang banyak dishoot, padahal kan indaaah banged (yee, emangnya film pariwisata!).

DETAIL...
Mira dan Riri benar-benar memerhatikan detail. Busana, "kereta angin" (sepeda), sekolah, tata rias, dsb. Meski begitu, sepatu "cantik" yang dipakai Ikal menurut saya kok agak modern ya buat tahun itu (1974)? Mungkin susah kali ya nyari sepatu jadul :). Oh ya tentang tata rias, bener-bener alami, nggak kayak pemeran film atau sinetron yang demen pake lipstik meski baru bangun tidur, hehe.

ALAMI
Pemilihan pemerannya cukup tepat menurut saya. Cut Mini sebagai Bu Mus bermain bagus. Begitu pula Ikranegara sebagai Pak Arfan. Bahkan Bakri (tokoh rekaan Mira & Riri) juga bermain cukup bagus. Pemeran anak-anak, wah nggak nyangka, saya pikir akting mereka agak kaku, ternyata bagus dan alami. Saya suka sama Harun!

LAMBAT...
Seperti bukunya yang alurnya agak lambat (terutama di sepertiga awal), begitu juga filmnya. Untuk penonton yang belum membaca bukunya mungkin agak mikir. Tapi sepertinya film ini memang mengajak penonton berpikir, berbeda mungkin dengan Ayat-ayat Cinta yang cenderung renyah. Selesai nonton sempat ngobrol sebentar sama Mbak Asma Nadia dan Mas Tomi, pemikiran kita hampir mirip, film ini -mungkin- lebih dinikmati kalangan menengah (meskipun filmnya sendiri tentang "kepahitan" orang bawah). Tapi kita semua berharap film ini banyak yang nonton, karena pesannya memang bagus banget.
Oh ya, alur yang agak lambat di awal cukup terbantu dengan akting para pemeran dan sinematografinya.

HARU....
Terutama di awal dan di akhir film. Saya nangis, di sebelah kiri saya nangis, sebelah kanan nangis, di belakang kedengaran isak, di depan juga. Bahkan setelah film selesai, mau keluar bioskop, seorang cowok yang jalan di belakang saya ngomong: "Gue nangis dua kali..". Aih!! (Eh, emangnya cowok nggak boleh nangis? :D)

CUTE...
Aih, suka banget deh sama pemeran anggota LP, terutama Akiong sama Mahar. Imut banget 2 anak ini. Mahar tuh udah kayak belatung nangka, hihi. Sayang, cuma sempat salaman sama mereka, padahal pengen foto bareng :D.

Yah segitu aja, nggak sempat bikin yang panjang-panjang dari nonton semalem.PR numpuk euy menjelang liburan, uhuk.
Saya ngasi 4 1/2 bintang. Sangat layak tonton, atau wajib? :)

Sutradara: Mira Lesmana & Riri Riza
Skenario: Salman Aristo
Pemeran: Cut Mini, Ikranegara, Zulfanny, Tora Sudiro, Jajang C. Noer, Mathias Muchus, dll.
Produksi: 2008


- pic adegan di atas yg bikin aku nangis (menjelang ending)

54 comments:

  1. duh... g sabar pengen nonton... tapi kudu nunggu habis lebaran... soalnya g afdol kalo nonton tanpa cemilan... ;-p

    ReplyDelete
  2. di yogya ya, de? dikit lagi paling :)

    ReplyDelete
  3. ih, ngemil... gak bole lagi ama polisi, hihi

    ReplyDelete
  4. mau nonton nanti malam
    asyiiiiiiiiiikk!!!

    ReplyDelete
  5. selamat menikmati, semoga anda puas :D

    ReplyDelete
  6. pengen banget liat dia disini..
    ga kayak di "arisan" kan Un?...

    ReplyDelete
  7. uhhh... pengen nontoonnn...!
    masa harus nunggu mudik sih.. huhuhuw

    ReplyDelete
  8. nunggu tayang di kota tahu
    jd mupeng!
    T_T

    ReplyDelete
  9. di jogja sih dah tayang..
    klo saya lagi di pekanbaru nih...hehe

    ReplyDelete
  10. tunggu dvdnya aje, tin ;)
    ato mudik lagi gitu, biar kita ketemuan lagi, hihi

    ReplyDelete
  11. aku jugaaaa, imutt ya? dan menurutku di antara semua dia mainnya paling bagus. lintang juga mainnya bagus

    ReplyDelete
  12. mudah2an gak lama nunggunya ya, bythis...

    ReplyDelete
  13. baru notice..
    Tora sudiro jadi apa Un?

    ReplyDelete
  14. jadi mahmud, tokoh tambahan (gak ada di buku). biar filmnya lebih seger kali yee... tapi tetep aja kebayangnya kok extravaganza ya kalo liat tora hehe

    ReplyDelete
  15. huwaaaaaa...ngudar-ngider di MP udah banyak yg ngulas sana sini, bikin iriiii:(

    kalo lebaran bioskop buka ga mba? kali aja bisa nonton di plembang :D

    ReplyDelete
  16. wah, mba bukan pemilik bisokop, fe, jadi gak tau, hihihi...
    blm pernah ke biskop pas lebaran sih :D

    ReplyDelete
  17. ditawarin tiket nonton sama tmn2 kantor, tp nanti aja deh abis lebaran

    ReplyDelete
  18. Masa malam ini harus 'i'tikaf' di bioskop?? :D *mupeng-peng-peng*

    ReplyDelete
  19. wah aku ga bisa nonton versi legalnya di sini -_-;;
    ngomong2, sinematografinya indahnya mirip pilem denias atau lebih indah lagi?

    ReplyDelete
  20. Sepertihalnya Mira yg detail, Dian juga detail cara mereviewnya hehhehe...
    Dee maaf ya tlpnya keputus wkt itu, aku coba tlp bbrp kali lagi gk bisa, ginilah nasib kalo tlp dari luar negeri, tapi aku dah kirim email bbrp hari lalu. Aku hanya utk konfirmasi aja kok Dee.

    Dooh kapan ya bisa nonton, Ayat Ayat Cinta, lewat, ini juga lewat, apes deh :((

    ReplyDelete
  21. tadinya udah rencana nonton malem ini bareng temen. bela-belain tanya ke 108 no telepon 21 galeria mall denpasar tanya dah tayang ato belum eh pas mau nonton gak ada yang bisa diajak pergi, saya sendiri belum bisa bawa motor dan gak ada angkutan umum di denpasar selain taxi :(

    ReplyDelete
  22. asyiik...Mbak Dee...makin penasaran pengen nonton:)

    ReplyDelete
  23. Wah..dasar sy ini kurba (kurang baca-red), semua dah pd ngebahas film nya, sy br baca 1/2 dr halaman novelnya..apalagi puasa" begini, kejar"an sama khatam Qur'an deh jadi nya:-) Mbak Dee, dibalik gak apa" kali ya..nonton dulu baru lanjutin baca..he..he.

    ReplyDelete
  24. Dah nontooooonnn...emang bagus dan i like MAHAR so muccchhhh...He's so cuuuutteee...

    ReplyDelete
  25. wah, dah nonton ya mbak..
    jadi tambah pengen banget baca rekomendasinya mb dee :)
    tfs mba

    ReplyDelete
  26. udah ada di u tube belum mbak :p kekeke.....

    btw apa kabar mbak dee....., lama ga reply-reply an :p

    ReplyDelete
  27. udah nonton td malem...
    stuju sama yg dibilang mbak see.. filmnya bagus.. alami..
    baru baca sdikit novelnya.. untung ga byk bingung...di awal bingung bedain ikal ma lintang..hehe..pdhl beda yak?

    ReplyDelete
  28. Jadi makin penasaran.. nunggu abis lebaran nih

    ReplyDelete
  29. Hore..Tadi dah nonton.. Aku suka banget ma Mahar and Ikal. Lintang oke juga, tapi kurang dieksplorasi kejeniusannya.
    Eh..tapi kok Ikal besarnya Lukman Sardi ya? ga ikal.. kenapa ga agus kuncoro (Azam, PPT) misalnya?....

    Sebagai guru, ada PR besar yang ku dapat dari film ini, tentang sekolah berbasis hati dan karakter.. Ini ga mudah, terutama di tengah sistem yang menentukan kelulusan siswa dari deretan nilai hasil UANnya..

    ReplyDelete
  30. nunggu dvdnya aja, mbak. tapi gak tau kapan :D

    ReplyDelete
  31. udah nonton, ian? pan udah abis lebaran :D

    ReplyDelete
  32. kembali, tapi jangan yg recehan :p

    ReplyDelete
  33. wah, hebat, bisa masuk muri, itikaf di bioskop hehe

    ReplyDelete
  34. kalo menurut mbak sih lebih indah LP, nit.

    ReplyDelete
  35. kayak gini mah gak detail, mbak, males ngereview malah, hehe.
    tega sekali kau memutuskan daku, ihik ihik... *mengapus airmata dgn selendang sutra tanda mata darimu*

    ReplyDelete
  36. lho mamat skrg di denpasar? asik dong, piknik mulu hehe

    ReplyDelete
  37. aku juga dulu gitu mbak, orang2 udah pada baca bukunya, aku belum karena emang blm kepengen hehe. malah baca sang pemimpi dulu, baru LP. so, gak dosa kok mbak wiwik, hehe

    ReplyDelete
  38. iya, imut banget ya, ma... pengen nyubit pipinya deh :D

    ReplyDelete
  39. abis lebaran jakarta bakal rame lagi, ndah ;)

    ReplyDelete
  40. maunye deh nyang gratisan ajeh :p
    pa kabar juga, ri? kabar saya kabar-kabur hehe.
    ari neh yg jarang keliatan... lagi semedi yak?

    ReplyDelete
  41. haha, beda banget deh, rif. yg sat keriwil, yg satu lurus rambutnya...
    rifa.. rifa....

    ReplyDelete
  42. Iya, bener, kejeiusan Lintang kurang terekplor. Agak sulit juga mungkin, harus memadatakn buku setebal 600-an halaman jadi film berdurasi 2 jam sahaja.
    Agus kuncoro? hii, gak cucok deh kayaknya. secara akting gituh...
    lukman sardi jadi ikal gede pan abis rebonding hehehe

    ReplyDelete
  43. huihihi, sama mbak, adegan itu emang paling mengharukan. kk cowokku aja nangis.
    ABG yg duduk di sebelahku waktu nonton juga favoritnya harun tuh. gak nyangka porsinya harun lebih banyak daripada trapani & syahdan (juga kucai). jadinya malah gak bisa ngenalin mana trapani mana syahdan. agak lupa juga karakternya :D

    ReplyDelete