Buku di Agustus

Rating:★★★
Category:Other
Rekor, sebulan baca 4 chicklit! Mau Ramadhan bukan "ngebut" kebaikan, malah baca chicklit, hihihiikkkkkk. Paling-paling emang... (anak siapa sih ini?!). Tapi, 3 chicklit minjem kok (masih excuse ajah :D).
Pada dasarnya cuma 8 buku yang saya baca, Ahmadinejad belum selesai, baru dibaca 2 bab, keburu dipinjam sepupu. A Series of Unfortunate Events 10: Slippery Slope, juga belum selesai. Seru sebenarnya, tapi baru baca sebelum tutup bulan Agustus. Tau sendiri lah, kalo in english agak susah payah ngunyahnya ;p.

1. Cosmo dan Bersin Ajaib (Gwyneth Reese) - Gramedia, 2008 * * *
Cosmo, anak kucing yang lahir dari Mephisto, keturunan kucing penyihir, dan India, kucing pribumi, eh biasa gitu, tapi cantik dan sangat keibuan (taelah). Kucing cilik berbulu hitam ini ingin sekali menjadi kucing penyihir seperti ayahnya. Setelah dites oleh Sybil, seorang penyihir, Cosmo lulus dan bisa membantu Sybil membuat ramuan dengan bersinnya. Tapi suatu hari Cosmo memergoki Sybil sedang membuat ramuan, yang bagi Cosmo, aneh. Cosmo curiga salah satu bahan ramuannya adalah anak kucing.
Yah gitu deh, lumayan lah, cerita fantasi

2. Ya Allah, Benarkah Sejarah Ini...?: Meluruskan Beberapa Kisah dalam Islam Menuju Pemurnian Sejarah yang Sebenarnya (Aep Saepulloh) - Shuhuf, 2008 * *
Awalnya saya exciting dengan buku ini, tapi pas baca, hmm... kok saya merasakan ada yang janggal ya? Cara penulis membeberkan fakta-fakta dengan dalil-dalil "kekeliruan" sirah, kelihatan meyakinkan. Contohnya tentang usia Khadjah saat menikah dengan rasulullah, yang sebenarnya bukan 40 tahun tapi 25 tahun. Atau tentang tanggal lahir dan wafat Rasulullah. Setahu saya ada istilah "jumhur ulama". Jadi, sebuah kisah yang sudah mapan, tidaklah hasil dari satu-dua riwayat, tapi ulama-ulama terdahulu telah membanding-bandingkan riwayat satu dengan yang lain, bagaimana sanadnya, dst. Jadi, jangan karena ada satu-dua riwayat yang berbeda, lantas mengeliminasi jumhur ulama. Yang unik, di cover belakang buku, ditulis: Meski diterbitkannya buku ini mempunyai tujuan mulia, yakni ingin meluruskan sejarah, tidak tertutup kemungkinan penulisan buku ini terjadi ikhtilaf (kontroversi). Nah lho! :-)

3. Ciao Italia! Catatan Petualangan Empat Musim (Gama Harjono) - Gagas Media, 2008. * * *
Satu lagi buku tentang traveling. Sepertinya tahun ini dan beberapa tahun ke depan dunia literasi kita akan diramaikan genre baru: memoar perjalanan. Bila buku-buku traveling sebelumnya berisi perjalanan penulis ke beberapa negara, maka Gama khusus membidik Italia. Dari Roma hingga Venesia, dari Tuscany hingga Milan. Cukup menarik, karena fokus pada satu negara. Terutama mengulik kultur dan gaya hidup Italian. {Lebih lengkap, saya pengen bahas buku-buku traveling yang saya baca akhir-akhir ini di review khusus, termasuk buku ini].

4. Perfect Strangers (Robyn Sysman). * * *

5. Enchanted, Inc (Shanna Swendson) * * *
Chicklit versi Harry Potter, atau Harry Potter versi Chicklit? Atau Bridget Jones menjelma jadi Harry Potter? Hehe. Sepertinya dunia sihir masih terus menarik untuk dijadikan topik ya. Dari buku anak-anak sampe chicklit!

6. Asking for Troubles (Elizabeth Young) * *
Tipikal.

7. Playing James (Sarah Mason) * * *
Penasaran karena udah baca High Society. Kocak dan geblek juga, tapi menurut saya lebih asyik High Society, karena keluarga Clemmie - Holly yang unik lebih banyak dieksplor di sini.

8. Saatnya Muslim Bicara!: Opini Umat Muslim tentang Islam, Barat, Kekerasan, HAM. Dan Isu-Isu Kontemporer Lainnya (John L. Esposito & Dalia Mogahed) - Mizan, 2008) * * *
Sangat menarik. Buku yang merupakan hasil riset Gallup World, sebuah tim riset yang melakukan kajian raksasa tentang Islam dan umatnya. Selama 6 tahun, Gallup melakukan puluhan ribu wawancara tatap muka dengan warga yang tinggal di lebih dari 35 negara yang berpenduduk mayoritas Muslim atau berpopulasi Muslim cukup besar. Sampelnya mewakili tua-muda, pria-wanita, dari perkotaan-pedesaan. Metode sampling acak yang digunakan Gallup, secara statistik hasilnya absah dengan margin kesalahan antara plus 3 atau minus 3 poin. Mereka bertanya tentang berbagai hal. Hasilnya? Bagi tim Gallup sendiri cukup mengejutkan. Banyak penemuan yang berlawanan dengan anggapan umum terhadap Islam dan kaum Muslim. Buat saya pribadi, lumayan membuka wawasan.


Comments

  1. hahaha!
    ntar kalo udah bosen ato BU ;D

    ReplyDelete
  2. wah no.8 jadi tertarik! mo nyari versi aslinya deh ..

    ReplyDelete
  3. hwaaaaw, baca ASOUE-nya yang asli? -kagum, kan mahal-

    ReplyDelete
  4. buku yang nomer 3, ngebahas ttg klub2 serie A juga ga hehehe .....

    ReplyDelete
  5. Ntar kalo pulkam yg no.2, 3 & 8 mau pinjem deh sm Mbak Dee...
    Huu..minjem...beli!!...(sebelum di ledek meledek diri sendiri dulu:p)

    ReplyDelete
  6. Jadi..., jadi, kansku masih besar ya Mba utk menuliskan genre beginian? hehehe, kePDan :-)

    ReplyDelete
  7. Langsung browsing tentang Gallup World... *buka google*

    ReplyDelete
  8. Mbak Dee, aku baru beli Gara-gara Jilbabku lhoo..tunggu reviewnya ya:)

    ReplyDelete
  9. oh aku selalu takjub melihat daftar buku bacaanmu setiap bulannya, Dee.

    ReplyDelete
  10. mbak dee.. lg males baca buku nih,, huhu,,
    ga pernah tenggelam dalam membaca lg,,, hiks..
    otak jd kosong deh,, huhu
    hebat euy mbak dee,, bacaannya banyak,,
    oia, mbak, acara ramadhannya ANNIDA di Detos lg yak?? ^_^

    ReplyDelete
  11. Edisi aslinya berjudul "Who Speaks for Islam", nit.
    Edisi indonesia ini adalah terjemahan pertama dalam bahasa asing.

    ReplyDelete
  12. hehe, soale kelamaan nunggu yg terjemahan, jadi gak sabar deh.
    mahal? lumayan sehh, tapi dapet diskon 30% ;D. mo pinjem, mbak? aku ada edisi The end of the end of the end... :D

    ReplyDelete
  13. bolanya seh dibahas dikit, tapi serie A kagak la yau, emangnye tabloid bola ;p

    ReplyDelete
  14. pinjem semua juga bole mbak (yg punya aku, bukan yg pinjeman temen hehe)

    ReplyDelete
  15. aku lebih takjub ama mbak yg rajin bikin review2 panjang ;)

    ReplyDelete
  16. dah punya ebooknya, tapi pengen punya bukunya hehehehe.... kalo beli asli mah gak mampu, nunggu terjemahannya aja.

    ReplyDelete
  17. iya neh, moga2 cepet terjemahannya. soale terjemahan seri 8 ke seri 9 agak lama, sampe setahunan.

    ReplyDelete
  18. hayoo, jangan ampe tenggelem, rif, ntar jadi barang karatan hehehe.
    iya, insya Allah di Detos, dateng lagi ya rif! ;)

    ReplyDelete

Post a Comment