Monday, June 2, 2008

Mobil Sedan Kelakuan Murahan

Jarang-jarang nih ogut pagi-pagi udah ngempih .
Lagi gemes aja soale. Alkisah begini, sodara-sodaraku tercintah *bletak*, seperti biasa saya ke kantor genjot si oranye. Di pertigaan menuju UNJ (aka IKIP), sebuah sedan (Toyota Vios B 8189 TJ warna silver, ugh ogut ingat dah!) berhenti untuk menunggu belok kiri. Saya pas berada di belakang sedan tersebut. Dari arah kiri berlawanan, seorang bapak tua bersepeda butut masuk ke sela-sela sedan. Si bapak agak kehilangan keseimbangan, so jatuh ke sisi kanan. Tangannya agak megang ke sedan.

Nggak kenapa-kenapa sih. Si bapak baik-baik aja, si sedan mulus-mulus aja. Lha wong sepedanya jatuh ke sebelah kanan. Asli kagak kenapa-napa acan ntu sedan.

Tapi pengemudi sedan kayaknya nggak terima--kuatir sedan ternoda kena sentuhan tangan si bapak tua mungkin. Dia membuka jendela kiri depan dan sepertinya--saya nggak dengar jelas--menegur si bapak. Si bapak tampak merasa bersalah. Minta maaf. Tapi tampaknya pengemudi sedan nggak puas (mungkin marah-marah). Si bapak sampai menunduk-nunduk, kembali minta maaf. Saya dengar si bapak bilang, "Maaf, Pak, maaf remnya..."--gak jelas, mungkin remnya kurang pakem, so pas mo ngerem kuatir sepedanya nyentuh sedan, si bapak nggak menguasai keseimbangan.

Pengemudi sedan masih nggak terima. Tetap berhenti, nggak mau belok, padahal mobil2 dan motor sudah mengantri di belakang. Masya Allah . Tadinya saya sabar, akhirnya kesal. sedannya sama sekali nggak kenapa-napa!! Oke, bapak tua itu mungkin salah, main masuk saja di sela sedan dan trotoar. tapi bapak itu udah mengaku salah.

Akhirnya saya ketuk bagian belakang sedan tsb. Ngetuknya pelan, cuma mo ngasi isyarat kalo masalah itu jangan diperpanjang dan mohon dia buat belok karena mobil2 di belakang udah antri (sambil saya ngasi isyarat ke belakang). Ealah, si pengemudi masih nggak terima, dia tetap diam nggak mau belok. Malah dia melongok ke belakang  dan melototi saya. Saya sekali lagi kasi isyarat buat bergerak. Dia tetap diam, trus akhirnya belok tapi menjalankan mobilnya pelan banget dan berhenti 5 meter abis belok. Saya punya feeling, dia nunggu saya. Saya genjot sepeda mendahului mobil tersebut (lha, dia kagak jalan, ngalangin dong). Dan benar, dia membuka jendela kanan, trus teriak: "Apa kamu??? ANJING!!"

Wah, tersinggung sih . Tapi orang kayak gitu kalo diladeni mah kagak bakal nyambung. So, saya cuek saja, cuma ngelirik sambil trus ngegenjot. Dia berusaha mendahului saya, trus kembali memelankan mobil, tapi saya tetap cuek. O mi god,  lagi PMS ya, Om?! Segitu napsu pagi-pagi, nggak terima sedannya kesentuh bapak tua, marah-marahin si bapak, nggak terima diminta maju, ngatain orang dengan kata kotor, nggak peduli dengan macet yang dibikin, nggak peduli dengan pengemudi sepeda (boro-boro mendahulukan). Ugh, malu deh lo ama tunggangan!

Gemas saya, makin nggak ada tenggang rasanya banget sih orang-orang sekarang ini. Percaya deh, kelakuan kayak gitu cuma bikin si bapak tua yang --keliatan--orang miskin makin ngak respek, dan ini yang akhirnya membuat border antara si miskin dan kaya makin jelas. Mengendap dan kemudian meledak saat ada provokasi sedikit saja. Apa susahnya sih memaafkan?

Ini bukan bermaksud kepada semua pengendara toyota vios lho. Cuma, tolong lah, hai para orang kaya (haha, sinikal sekali ya ogut), lebih beradab lah dengan tunggangan. Jangan sampe mobil mahal tapi kelakukan murahan. Saya ulang: MURAHAN!


82 comments:

  1. Astagfirullah... gw setuju banget Dian... murahan...!! Tu orang ga takut disumpahin sama org yg merasa teraniaya gara2 kelakuannya dia apa yaaah... cckkkk cccckkkk cccckkk *cuma bisa mengelus dada*

    ReplyDelete
  2. Justru kasian juga sama si pemilik sedan. Kasian karena Allah kasih dia kelapangan harta dunia, tapi nggak kasih kelapangan hati. Kasian, kasian...

    ReplyDelete
  3. iya, nes. doa orang terzalimi kan langsung dikabulkan yaa...

    ReplyDelete
  4. apik mbak...
    cuman sutress nih banyak tugas kuliah :-(
    mungkin si bapak sedan itu sutres juga banyak tugas kuliah makanya jadi marah2 buat pelampiasan :-p

    ReplyDelete
  5. kayaknya bukan PMS deh mbak
    dia tuh OKB syndrome :)))

    ReplyDelete
  6. hahaha, iya kalee, kuliah menjaga sikap sedang sikapnya masih murahan :D.
    moga tugas2 kuliahnya terselesaikan dgn baik ya, mbak. gutlak!

    ReplyDelete
  7. mbak enggak bawa kamera ya? kalo kayak gitu, foto aja, sampe keliatan wajah tolonya plus jangna lupa foto plat mobilnya. terus sambil senyum bilang: mau dipanjangin? nanti saya tulis di media, saya wartawan loh (mau bener apa boong terserah.). terus snyum lagi sambil bilang: hati hati dijalan ya.... dadahhhhhhhh

    ReplyDelete
  8. hehehe, bisa jadi, uy... gak rela sedan mulusnya yang mengilap jadi kotor

    ReplyDelete
  9. iya, lagi pas nggak bawa kamera. udah kepikiran tuh buat difoto, trus dipajang di cover annida dengan headline: OKB syndrome *ngutip uy*

    ReplyDelete
  10. sedannya masih kredit kali ... hehehe, banyak koq orang kaya tapi sebenarnya miskin banget, miskin hati ....

    ReplyDelete
  11. setuju! plus kualitas mulutnya setara comberan (kotor bangets). :))

    mudah-mudahan si pengemudi vios tsb mendapat hidayahNya.

    ReplyDelete
  12. coba kalo yang mepet2 sedannya seekor kambing yang mau pipis
    dia ngamuknya gimana ya, mau ngatain 'anjing' juga? kekekekeke

    ReplyDelete
  13. se-7, mba lena.
    masih kredit dan baru 1 kali mbayar, hihi.

    ReplyDelete
  14. amiiin... dan menyadari kalo saya anjing, berarti dia juga...
    hehe

    ReplyDelete
  15. kalo ngatain si kambing anjing palingan diseruduk kemudian disemprot ama pipis kambing yg baunya aduhaaiii :D

    ReplyDelete
  16. mungkin dia udah menggadaikan kemanusiaannya (otak, naluri, rasa, dll) demi bisa beli sedan itu utk petantang petenteng... yang waras ngalah aja lah
    tuhan menciptakan orang2 goblok pun sebagai salah satu tanda kebesaran-nya
    dikasih contoh oleh-nya supaya ntar kalo punya mobil mewah kelakuannya nggak perlu norak & kampungan

    ReplyDelete
  17. yan biar bgmnapun hati2 ya.. there's 2 many people undercontrol..aku jg pernah ky gitu tp pas boncengan sm abinya. yang nyalip siapa yang marah2 siapa... Tp memang kalo qt ngeladenin org2 ky gitu maslh tdk akan selesai. ujian...

    ReplyDelete
  18. dont judge book by its cover mbak.....,

    yang nipu itu juga banyak yang berdasi kan? lebih mulia kayaknya liat orang dengan pakaian biasa2 aja tapi berhati putih.....kayak bapak2 tua itu.

    ReplyDelete
  19. kesel banget ya Mba Dee... sampe inget no plat-nya.
    klo aku jadi Mba, mungkin udah bentrokan fisik tuh ama yang empunya mobil.....
    secara ngeliat orang ngerokok di bus aja aku ngomel-ngomel, apalagi dikatain a*j**g, hehehe....
    aq malah kagum ma kesabaran Mba dan bapak tua itu...:)

    ReplyDelete
  20. *** memikirkan nasib si bapak yang naik sepeda..

    mimpi apa dia pagi2 dimarahin orang.. :(

    ReplyDelete
  21. betul, mas, jadi berkaca ya. apapun yang terjadi di semesta memang harus kita ambil hikmahnya, kalo udha dikasi kejadian gitu msh gak ngambil hikmah, kebangetan ya.

    ReplyDelete
  22. duh yang sabarrr ... kalo saya dah ambil batu lempar mobilnya ... urusan mah belakangan ....

    ReplyDelete
  23. betul juga, ris. tapi orang kayak gitu juga mesti diingatkan kalo kelakukan spt itu--apalagi yg merugikan banyak orang--nggak bener.

    ReplyDelete
  24. iya bener, OKB syndrome tuh, duh duh segitunya pak, biasa aja kaliiii

    ReplyDelete
  25. yak, tul sekali, na.
    bukan sekadar berdasi, tapi dasinya juga bisa puluhan juta, mobil belasan, tapi hasil korupsi. makan hak orang banyak. eh, kok jadi korupsi yak? :)

    ReplyDelete
  26. hehe, tadinya gak niat. tapi karena pas dia nyalip, trus jalannya pelan, pas saya ngeliat platnya, dihafal deh, hehe.
    kalo mo bentrok sih bisa aja mbak, cuma yah capee deh ma orang kayak gitu. secara anjing juga gak pernah protes namanya dipake buat hal negatif hehe.

    ReplyDelete
  27. mimpi dikasi BLT, tapi direbut ama pengemudi sedan, hehe.

    ReplyDelete
  28. duuh.. duuh ..duhh..mana tahan..
    aduh siapakah gerangan yg punya vios itu? pengen kenalan :D

    ReplyDelete
  29. kemungkinan sih rumahnya daerah rawamangun, secara lewat situ, jangan2 tetangga haha...

    ReplyDelete
  30. mudah2an bukan sodara inna, secara rumahnya dirawamanngun..kalo emang iya, inna suruh minta mangap ke Mbak Dee dan bapak itu..:-D

    cirinya kayak apa Mbak?

    ReplyDelete
  31. ah, kayaknya gak mungkin sodara inna ada yg kaka gitu, secara ina kan baek dan manis, hihihi.
    emang inna punya sodara di rwmangun? maen atuh ke rumah mba...
    cirinya? aduh, gak begitu keliatan na, agak setengah baya gitulah, usianya mungkin 37-40an. pake baju kotak-kotak. selebihnya gak begitu jelas. eh ya, gak pake kumis, hihi

    ReplyDelete
  32. iya ih...mba Dee sabar banget... kalo aku pasti udh kepancing emosi juga ngebelain bapak yang naik sepeda itu...

    ReplyDelete
  33. Amit-amit jabang bayi! Siapa siy pemilik sedan kurang ajar itu!
    Uh, kalo aku udah nyolot dan tak balas kata2 kasarnya Mba, kalo perlu, bilang aja Mba wartawan dan bisa nulis kelakuan dia berikut nomor plat mobilnya di koran besar! Huh, menyebalkan sekaliiiiiiiiii!

    Dasar MURAHAN!

    ReplyDelete
  34. wahh waahh...kasihan banget tuh pengemudi sedan kelakuan kayak yang dia katakan oops!!....sabar ya mbak Dee...peyuukk...

    ReplyDelete
  35. keajaiban dunia yg lain, yg saya baca pagi ini selain:

    daerah yang menganggarkan dana untuk sepak bola 17
    milyar Rupiah, sementara anggaran kesejahteraan rakyatnya hanya 100
    juta Rupiah, wiiieh!!!

    - Orang bisa antri Raskin sambil pegang HP,
    - Pelajar bisa nunggak SPP sambil merokok,
    - Orang tua lupa siapkan SPP, karena terpakai untuk beli TV dan kulkas,
    - Orang bule mabuk karena kelebihan uang, orang kampung mabuk beli
    minuman patungan,
    - Orang-orang dapat membeli gelar akademis di ruko-ruko tanpa kuliah,
    - Ijazah Doktor luar negeri bisa di beli sebuah rumah petakan gang
    sempit di Cibubur,
    - Kelihatannya orang sibuk ternyata masih sering keluar masuk Mc Donald,
    - Kelihatannya orang penting, ternyata sangat tahu detail dunia
    persepakbolaan,
    - Kelihatan seperti aktivis tapi habis waktu untuk mencetin HP,
    - 62 tahun merdeka, lomba-lombanya masih makan kerupuk saja,
    - Agar rakyat tidak kelaparan maka para pejabatnya dansa-dansi di
    acara tembang kenangan,
    - Agar masyarakat cerdas maka sajikan lagu goyang dombret,
    - Agar bisa disebut terbuka maka harus bisa buka-bukaan,
    - Yang lebih mengerikan lagi adalah supaya kita tidak terlihat kere,
    maka harus bisa tampil keren.

    ReplyDelete
  36. Mangap Mba Dee, esmosi jiwa niy jadinya baca jurnal ini, soalnya aku juga lagi 'disibukkan' oleh kisah2 rakyat kecil yg diinjak2 yg berpunya, huhuhuhuhu...

    ReplyDelete
  37. mbak Dee...mau tak pinjemin gebokan, kapak & si centeng Mace gak? (sayang Max udah almarhum) biar dioyak, di gigit dedel duel & di pipisin sekalian sama si Mace tuh si manusia belagu...(halah sadiss...biarin!).. enak aja orang dibilang guguk...kan si guguk (mace) dan juragannya gak terimaaa neeh.......(lho koq?esmosis jiwa deh bacanya)

    ReplyDelete
  38. *Blushing mode on*
    mudah2an bukan, kayaknya sih cirinya ga masuk. dan oh ya baru inget mobilnya bukan Vios,,,,fpheww.

    kakak inna di sawo II mbak Dee, mbak dee dimananya?. Insya Allah....tanggal 22 ada acara di rumah Inna,kopdar ama MPers yang lain, datang yuk mbak...

    ReplyDelete
  39. wah.... ini orang koq kelakuan minus sekali.... sini tak kepruk.... enak aja bilang gogog... sendirinya kelakuan lebih minus dari gogog....

    ReplyDelete
  40. Kalau lagi kesel paling enak emang curhat, biar engga jadi jerawat *twink*
    Gimana? sudah ilang keselnya *twink*

    I do believe that the (O-my-God) traffic will eventually pollute not only the surrounding atmosphere but also the inner mind of the people. Let's wait for another... 10 or 20 years? Before too late, It will be interesting to project what will be like in the next 10 years if we breath in (O-my-God) traffic's air every hours. At least, "muka kucel, kusem, item, jerawatan, cepet naik darah, cepet tua, emosian..." you name it.

    Thank u for sharing, and have a great day :)

    Rie-

    ReplyDelete
  41. mudah2an Alloh melindungi kita dari akhlak yg buruk..

    ReplyDelete
  42. jangan nyumpahin... ga baek...
    do'ain aja... :)

    ReplyDelete
  43. aduh mbak Dee.... nggak tau deh kalau ade juga ada di situ.... bisa berantem deh jadinya.... *secara mantan preman pasar minggu gitu loh...:D*
    Kebangetan banget yak.... Dia nggak nyadar apa, kalo solidaritas orang miskin itu tinggi banget. Untung bapaknya dan Mbak Deenya sabar... coba kalo ketemu yang galak dan punya genk, bisa babak belur tuh si mas kaya.... huh....*ikutan panas...*

    ReplyDelete
  44. B 8189 TJ
    sip..!!
    ntar klo ketemu tak timpuk...!!...tak kasih pipis!!..tak baret2!!
    hmmm

    ReplyDelete
  45. gak perlu nyumpahin pun ntar tuhan juga bakal bales..

    ReplyDelete
  46. mbak, buat pengalaman deh.. coba lain kali jgn pakai ngetuk bodi mobilnya (kali tu org sensi disenggol).. tapi coba pakai ngomong baik2 dari awal.. "pak, bisa dipinggirkan dulu mobilnya? soalnya jalan di belakang macet nih".. dan let's see apa reaksi dia.. kalau dibaik2in masih ngumpat gitu.. yaaa umpatannya lebih cocok buat dia sendiri ya ..

    ReplyDelete
  47. B 8189 TJ

    sy ingat2 mbak... kalo ketemu sy sarankan utk memberikan mobilnya pada sy saja :D
    agar 'cocok' gitu... dijamin kalo sy yg bawa ngak bakal sewotin mbak dee... hehe

    begitulah mbak dunia jalanan... kadang tiap hari teh aya we yg bikin kesel dijalanan... heeem gemes, mau berangkat kerja udah boring duluan yah... :(

    ReplyDelete
  48. Masya Allah, masih ada aja ya, orang kayak gini:(. Yang sering sebel dulu pas hujan, saat para mobil ini dgn jumawanya jalan ngebut walaupun deket kubangan air, jadinya para pejalan kaki di sekitarnya dapet rejeki cipratannya, deh...:(

    ReplyDelete
  49. halah, kebangeten tuh orang...!
    ck..ck.ck, ngga beradab..banget!

    ReplyDelete
  50. ikutan lega... :D
    oala, sawo toh, sebrang eks artomoro yak?
    waaa, mau dunk ikutan kopdar, deket soale, bisa genjot sepeda. kabar2in lagi ya na.

    ReplyDelete
  51. emang kebangetan kalo ketemu orang sombong kaya gitu dijalan ya mbak...

    ReplyDelete
  52. wiih,.jadi ikutan emosi jiwa bacanya,...aku jg pernah nemu orang yg kebangetan kayak gtu,.... soon or later akan ada balasannya,..gak dari orang lain or langsung dari tuhan.. mba dee bener g perlu dilayani..

    tapi mba dee plong skarg kan?.. kan uneg2ya dah lepas, udah berbagi cerita,.. :)

    ReplyDelete
  53. hhmm....kalo' aku ngadepin orang berkelakukan murahan gitu, kadang terprovokasi untuk membalas murahan juga siy, dengan membaret mobilnya misalnya ...hahahaha

    ReplyDelete
  54. hehehe, kayaknya kalo ima yg ngadepin bakal semaput tu orang, kekeke. ttg org2 kecil, iya, ma, samma, kadang suka nangis sendiri melihat kesempitan sodara2 kita :(. tapi nangis gak nyelesein masalah ya, so nangis diem2 deh *halah*

    ReplyDelete
  55. segitu itu saya gak sabar, rahma. kalo sabar kayak yang disebut onit tuh ;)

    ReplyDelete
  56. iya, kesihan, moga dapet hidayah terindah dari-Nya saahhh) *peyuk mba budi juga ;)*

    ReplyDelete
  57. tambah mual baca nih list... huhuhu

    ReplyDelete
  58. hihihi. aku ngebayangin mba adi en mace ngejar2 tuh sedan, trus mace lompa... huuup... berhasil masuk lewat jendela, narik tu orang pake giginya. trus dikeluarin, diserahkan di hadapan mba adi, suruh nyembah2 minta maaf. abis ntu mba adi siap2 ngacungin kapak... eh tiba2 polisi dateng, minta duit (lho? hihihi)

    ReplyDelete
  59. qiqiqiqi....rumah inna kan di Kota bambu (tanah abang tea) mbak, kakak yang dirawamangun. kuat genjot si goes2 dari rawamangun ke Tanah Abang?

    ReplyDelete
  60. pengen liat teh mer ngepruk orang, hehe

    ReplyDelete
  61. udah, mbak. pan nulis salah bentuk pelepasan esmosi... ;)
    bisa jadi situasi yang mbak ari sebut berpengaruh, kalo gak salah emang ada penelitian zat2 polutan yg terhirup ikut mempengaruhi kondisi fisik dan batin. tapi kalo di vios kan adem yak, hehe

    ReplyDelete
  62. waaa, kirain yg di rawamangun... ya ud ngadainnya di rwmgn ajah, hihi
    eh di rmh inna juga dijabanin kok. tanah abang mah gampil. yg susah itu tanah om, hehe

    ReplyDelete
  63. buteeet, ada preman ps minggu... *siap2 menyingkir* hihi.
    mungkin dia emang gak sadar, mbak (baca: gak mikir :D). orang kalo emosi pan sering gak pake akal, jadi begitu deh

    ReplyDelete
  64. jangan ah... jangan ragu2, hehe, gak lah ya. kalo kita juga begitu, yah sama aja dong kelakukannya ya...

    ReplyDelete
  65. betul, nit. tadi juga sempet mo turun, cuma kondisi agak sulit. kepepet di kiri, sebelah kanan motor udah mepet juga. jadi pake cara "instan" deh, ngetuk belakang mobilnya.
    maklum lah kalo ntu orang sensi mobilnya disenggol, pan masih kridit hehehe

    ReplyDelete
  66. daripada dikasi ke teh rinrin, mending ke saya ajah, kan gak usah pake ongkos kirim kirimnya, hihihi...

    ReplyDelete
  67. say, mo difwd ke milis2 ceritanya? Bisa banget lhooo.....

    ReplyDelete
  68. sabar, ning ... ben gusti allah sing mbales

    ReplyDelete
  69. jgn2 sedannya masih kredit...makanya takut lecet...kan berabe kalo lecet hehe...
    memang kucing tuh orang:p

    ReplyDelete
  70. emang klo pagi apalagi macet pasti suka panasan, pake bhs binatang keluar segala...serem deh ah....mending sedan vios nya buat daku aja ^_^

    ReplyDelete
  71. aduh, mbak Dee.....ngeselin banget tuh, mbak! Bener.....kata yg lain....sindrom OKB....lain kali mobilnya suruh jangan dibawa keluar rumah gitu, kalo takut kesenggol orang!

    ReplyDelete
  72. hehehe...di sini gak kurang yang gitu mbak

    ReplyDelete
  73. @ irmawan: kalo punya ferrari? jangan2 jari orang nempel di mobilnya langsung disemprot.

    @ fithab: ehh jangan salah, aku pernah lho mbak, asli kuyup jilbabku. bener2 gak tau diri deh, aku sampe terpana dan gak bsia ngomong apa2

    @ ti2n: emang makin banyak org gak beradab ya, tin. mudah2an kita dijauhkan dari perilaku spt itu

    @ yeyenkenta: mudah2an kita dijauhkan dari sikap sombong ya mbak

    @ atike: betul, plong bisa numpahin di mp ;)

    @ myshant: haha, preman juga ya ibu satu ini :D

    @ agotogata: gak usah lah, jeng, ntar malah beken die *halah* ekekeke

    @ ekkie: betul, seua yg kita lakukan sebesar biji zarah pun akan tercatat

    @ mywritten: eh enak aja kucing, itu hewan fav saya. buaya aja deh hehehe

    @ sunflower20: begitulah, ve, jakarta makin sumpek-pek-pek!

    @ rtvanda: kalo gak dibawa keluar gak bisa pamer dong, mbak hehehe

    ReplyDelete
  74. Menyebalkann! Untung Mbak Dee masih cukup berkepala dingin untuk nggak ngeladenin lebih lanjut ya.

    ReplyDelete
  75. assalamu'alaikum mb Dee...kelakuan org jkt jmn skrng ya...belagu betul deh...doain kualat aja mb...*ikut emosi nih...

    ReplyDelete