Thursday, May 8, 2008

UP DATE: Jadi! (Spot baca di Penjara)

Lanjutan dari postingan yang INI, setelah ngobrol dengan Yan, insya Allah positif 2 bulan kehamilan *halah* eh jadi dijalankan, taman baca (kita sebut dulu Spot Baca) di Lembaga Pemasyarakatan Tobelo, Maluku Utara.Mudah-mudahan dari situ bisa berkembang, bukan hanya menyediakan bacaan untuk para tahanan tapi juga bisa melatih mereka menulis.

Ada sekitar 60 tahanan di sana, 30 tahanan beragama Islam dan 30 nasrani. Satu orang tahanan wanita. Sebenarnya menurut Yan ada lebih banyak tahanan sebelum terjadi kerusuhan 1999, tapi pas kerusuhan tahanan banyak yang kabur. Setelah kerusuhan reda dan Tobelo kembali dibangun, tahanan tsb banyak yang dicari kembali, tapi hanya sebagian yang berhasil "kembali" ke LP. Yan sendiri sering bolak-balik ke Tobelo. Sepupunya termasuk tahanan  di sana. Mau tau kenapa dipenjara? Karena membunuh dukun santet (kalo gak salah dukun itu sudah membunuh hampir 100 orang), wow :)

Tahanan yang muslim membutuhkan Al Quran dan buku-buku ruhiyah, motivasi, serta yang ringan-ringan. Yang nonmuslim sepertinya juga butuh buku seputar itu.

Untuk itu berkenaan dengan Hari Buku Nasional (Harbuknas) 17 Mei (ya, Mas Bhai..?), kami --seperti biasa ;)-- "memanggil" rekan-rekan semua untuk sama-sama mewujudkan hal ini. Nggak susah kok ;), kirim saja buku (bekas atau baru) ke kami, nanti akan dikumpulkan dan dikirim ke Tobelo. Boleh juga dana, untuk membeli perlengkapan seperti rak buku, biaya pengiriman ke Maluku, dsb.

Selain Al Qur'an (untuk tahanan muslim), buku-buku yang --terutama-- dibutuhkan:
- Buku-buku motivasi
- Buku yang memperkaya ruhiyah.
- Buku-buku humor
- Fiksi (novel, kumcer), tapi jangan yang jorok ya, hehe.
- Boleh juga buku tentang politik, sejarah, atau ekonomi, tapi sebaiknya jangan buku teks.

Insya Allah selain di Tobelo, berencana juga buka spot baca di LP Anak dan Wanita di Tangerang. Ini masih penjajakan (Mas Heru bantuin ya! :)

Jadi bagus juga tuh kalo ada buku-buku khusus anak dan remaja serta wanita.

Buku bisa dikirim via saya:
Rahmadiyanti
Jl. Mede No. 42 Utan Kayu, Jakarta Timur 13120

Dana bisa dikirim via saya juga ;) (insya Allah akan diupdate transparan)
BCA 580-005-4445 an Rahmadiyanti

Terima kasih banyak atas perhatian dan bantuan rekan-rekan.

======

UP DATE SUMBANGAN:

1. YF    Rp186.000
2. Inn    Rp100.000
3. siapa menyusul...??

11 comments:

  1. OOT : maaf mbak ...aku keilangan no hp mbak, sms ya mbak...mengenai buku itu, aku transfer aja uangnya ya...bukunya dikirim ke kantor tetehku aja di jkt biar cepet...makasiiiiiiii

    ReplyDelete
  2. Barakallah Mba Dee..
    semoga bisa ikutan bantu walau sedikit ...

    ReplyDelete
  3. Mbak Dee kalau jadi buka spot baca di penjara anak tangerang kabarin ya...

    ReplyDelete
  4. Untuk saat ini doa aja yang saya kirimkan ya mbak...

    ReplyDelete
  5. @ diniauliya: smsnya udah yee, jeng...

    @ dhankari: alhamdulillah... :)

    @ herwina: eeh, mbak herwina, pa kabar? makasih banyak ya mbak...

    @ rasti812: insya ALlah, beritanya pasti akan difollow up di sini :)

    @ yeyenkenta: doa juga sangat berarti mba :)

    ReplyDelete
  6. Smoga yg dari KBRI cepet kluar deh..so duit dari aku bisa cepet dikirim

    ReplyDelete
  7. Dukung banget.

    O iya, Mba Dian tau soal Blogbrary nya Kang Arul kan? Sok atuh kerjasama :-p

    ReplyDelete
  8. @ dwitrazaky: amiiin, didoain mba :)

    @ imazahra: arulnya tau bgt, ma, blogbarynya blm ngecek ;).

    @ aurasinai: mmm juga

    @ onit: makasi, nit :)

    ReplyDelete