Friday, May 2, 2008

Buku di April

Rating:★★★
Category:Other
Bulan ini 9 buku yang dibaca (angka paling rendah dibanding bulan-bulan sebelumnya *taelaa*) . Itu juga yang Quantum Ikhlas belum selesai dibaca, baru setengah.

1. Aisyah the True Beauty (Sulaiman An Nadawi, penerjemah: ) – Pena Pundi Aksara, 2007, 468 hlmn ****
Seperti buku Khadijah, buku ini juga berusaha merangkum kehidupan salah satu ummul mukminin dalam satu “bundel”. Lumayan lengkap dan bikin pengetahuan kita terhadap Bunda Aisyah semakin dalam. Apalagi mungkin banyak dari kita yang hanya tahu Aisyah sebagai istri Rasulullah yang satu-satunya masih gadis dan masih sangat muda saat dinikahi (yang sering menjadi senjata bagi kaum islamfobia untuk “menjatuhkan” Islam).

2. Keluarga Penderwicks (Jeanne Birdsall, penerjemah: Poppy D. Chusfani) – Gramedia, 2008, 291 hlmn ****
Yang sudah pernah baca Little Women (LW), dan kemudian baca The Penderwicks (TP) pasti berasa mirip deh. Empat gadis bersaudara yang berteman dengan seorang remaja cowok. Kalau di LW ada Meg, Jo, Beth, dan Amy (serta Laurie), maka di TP kita akan bertemu dengan Rosalind, Skye, Jane, dan Batty (serta Jefrey). Karakter tokoh di TP juga hampir mirip dengan LW. Ada yang lembut dan leader (biasa, anak sulung), ada yang tomboy dan nyentrik, ada yang bercita-cita jadi penulis, dan ada yang agak manja dan lucu. Meski begitu, TP asyik banget dinikmati. Seru dan kocak. Saya aja pengen baca ulang. ;).

3. Maximun Ride: Angel Experiment (James Patterson, penerjemah: Poppy D. Chusfani) – Gramedia, 2008, 523 hlmn****
Pernah nggak ngebayangin bisa terbang? Saya pernah. Bahkan dulu pernah nyoba lompat dari atas pohon pake payung (untung kagak nape-nape, soale pohon toge, hehe gak ding). Nah, novel ini berkisah tentang sekelompok anak yang punya sayap dan bisa terbang. Ilmuwan-ilmuwan gila-lah yang mencampur DNA mereka dengan DNA burung. So, mereka 98% manusia dan 2% burung. Max, Fang, Iggy, Nudge, Gasman, dan Angel tadinya “dibesarkan” di sebuah tempat yang disebut “sekolah”. Namun mereka berhasil kabur dan sekolah tersebut. Bebaskah mereka? Tidak, karena “pemusnah”, makhluk buas setengah serigala (yang juga hasil rekayasa genetik ilmuwan-imuwan di “sekolah” selalu memburu mereka). Novel ini seru, meski kita bakal bertanya-tanya soal logika cerita.

4. Quantum Ikhlas (Erbe Sentanu) – Elex Media, 2007, 236 hlmn.
Nggak tahu ya, saya merasa nggak terkoneksi dengan buku ini, beda misalnya dengan buku tentang ikhlas yang ditulis Yusuf Qaradhawi. Memang ada banyak hal yang menarik dari buku ini (meski bukan sesuatu hal yang baru), tapi saya kurang merasakan “ruh”nya.

5. Sam’s Letter to Jennifer=Surat-surat Sam untuk Jennifer (James Patterson, penerjemah: Monica D ) – Gramedia, 2006, 271 hlmn ***
Gaya penulisannya sejenis dengan Suzanne’s Diary for Nicholas, seseorang yang diwariskan/menemukan surat-surat dan kemudian plot cerita bergerak melalui surat tersebut. Saya berharap novel ini sama mengharukan dengan Suzanne’s Diary, tapi baisa ternyata, meski tetep enak dinikmati. Konfliknya datar, endingnya terlalu happy.

6. Studying Abroad: Belajar Sambil Berpetualang di Negeri Orang (Windy Ariestanty, Maurin Andri) – Gagas Media, 2007, 245 hlm. ***
Cukup lengkap isinya. Dari gimana milih negara dan sekolah, mencari beasiswa, menghitung biaya hidup, mengurus visa-paspor, tips tinggal di negara asing dengan budaya berbeda, hingga tentang kuliah sambil kerja dan traveling. Bahasanya juga lumayan mengalir. Sayangnya, cukup banyak editing kata/kalimat yang salah.

7. The Adventures of Tom Sawyer – Graphic Novel (Mark Twain, Daniel Stricklan) – BIP, 2007)
Disingkat abis deh, maklum komik. Karena buat anak-anak/remaja, di halaman belakang ada bagian khusus untuk mendiskusikan cerita ini, lengkap dengan panduan untuk menulis singkat. Saya nggak terlalu suka gambarnya, agak kasar goresannya menurut saya.

8. The Carnivorous Carnival: A Series of Unfortunate Events--Buku ke-9 (Lemony Snicket, penerjemah: Primadonna Angela) – Gramedia, 2008, 282 hlmn ***
Setelah terbebas dari klinik kemelut, kali ini Baudelaire bersaudara menjadi “orang aneh” di Karnaval Karnivora milik Madame Lulu. Tetap gloomy, tetap menegangkan, meski menurut saya kurang konflik. Oya, setelah agak lama menunggu terjemahannya, akhirnya keluar juga seri ke-8, dan penerjemahnya ganti (pantesann , tadinya Novia Stephani sekarang Primadonna Anggela. Tetap oke terjemahannya, meski di awal-awal berasa bedanya. My favorite character, still Sunny! ;)

9. The Girls of Riyadh (Raja Sanea, penerjemah: ) – Ufuk Press, 2008, 406 hlmn ***
Di covernya ada stempel: Kisah nyata: Dilarang Beredar di Saudi Arabia. Jadi bikin penasaran emang. Isinya sendiri memang lumayan menarik, meski kalo ditinjau dari kisah bertema sama (cinta), ya nggak terlalu istimewa. Tapi karena settingnya Arab (yang selama ini dikenal “tertutup” dan ketat menerapkan syariah), kisah 4 gadis Riyadh ini memang jadi menarik perhatian. Penulis berusaha mendobrak tradisi dan “kekakuan” masyarakat Arab, terutama soal kedudukan perempuan. Menurut saya penulis juga lumayan cerdas dalam menyampaikan opini/pengantar di setiap bab (email) tentang kisah sabahat-sahabatnya.

* aye kagak suka
** biasa aja deh
*** lumayan
**** asyik banget.
***** top markotop


38 comments:

  1. salut deh sama mbak dee, aku satu aja koq gak selesai-selesai yah ...

    ReplyDelete
  2. luar biasa dee ini. aku dalam sebulan, belum tentu satu buku pun.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah mbak lena, kang tian, saya masih dikasi waktu buat baca. meski sebenernya bacaannya gak berat. kalo buku berat aku juga bisa berbulan2 abisnya, hehe. isnya Allah aku mencoba membiasakan tiap hari harus ada buku yang dibaca, seringan apapun, atau sekadar satu paragraf.

    ReplyDelete
  4. ada buku yg plastiknya belum dibuka :p

    eh mbak dee mau kasih lagi ga wuqeqe...

    ReplyDelete
  5. ada... di toko sebelah :p
    anak ama bunda sama aje neh, beli-beli beli!!

    ReplyDelete
  6. tuh yg beli bungkusnya aja belum dibuka :p

    ReplyDelete
  7. mbak Dee, turunin ilmu membacanya dung!
    asli, ngiri berat nih... bisa punya kemampuan ngebaca yg tinggi banget gitu.
    salut..saluuttt..!!! ^_^

    ReplyDelete
  8. wah mbak dee doyan unfortunate events lemony snicket toh.. hihi.. gloomy gitu..

    ReplyDelete
  9. daripada gak dibuka mending lempar ke sini :p

    ReplyDelete
  10. tebel lho mbak ...

    ga takut benjol tah...hehehe

    ReplyDelete
  11. belajar ama PDS (pendekar dian sableng) 531 hehe
    ah, ti2n terlalu muji *pipi memerah, hidung mekar, kaki pegel* ;p

    ReplyDelete
  12. iya, nit, sejak ngikutin seri pertamanya, jadi penasaran ngikutin terus. gloomy emang, tapi gloomy yang agak2 ngepink (hihi, apa coba?).

    ReplyDelete
  13. gapapa benjol asal dpt buku gratis hehe

    ReplyDelete
  14. yo wes lah...
    daku pulang dulu ya *gencatan senjata*

    ReplyDelete
  15. gak trima gencatan senjata kalo tanah yg dirampok dikembaliin! (ceritanya israel-palestin, ari jadi tentara zionis ya :p)

    ReplyDelete
  16. owh, aku belum beli ASOUE yang nomor 9 :)

    ReplyDelete
  17. baru terbit tuh, mbak. masi anget masi anget... :D

    ReplyDelete
  18. Eh, penerjemahnya ngempih loh Mba Deeyand :-p
    niy alamat MPnya: http://tenshichan.multiply.com

    Eh, ada Mba Poppy juga! Wah, MP emang sarangnya pekerja buku Indonesia yak :-p

    ReplyDelete
  19. oo ada yak? ntar deh kenalan ;).
    kalo mbak poppy ada juga di goodreads, ma. terjemahannya keren2 lho.

    ReplyDelete
  20. OOT: Mba Deeyand, sudah pernah baca buku Naked Traveler? Kalo belum dicari dan tlg direview dung, kan Mba Dee rujukanku, hihihihi...
    *pemalas*

    Btw, udah kukiriiiiiimmmmmm looooooooo kerjaanku, mba sudah cek email kah???

    ReplyDelete
  21. beluuum, tertarik banget, dan sempet baca blognya trinity ttg travelingnya.
    wuoke deh, ntar dibeli, tapi nunggu pada bayar buku dulu, hehehehe.
    udaaah ditrima neng ima, ini lagi dikotak-katik-kotak-katik-kotak-katik :D

    ReplyDelete
  22. mba, katanya sih buku quantum ikhlas ga bisa dibaca iseng kyk buku yang lain, tapi harus dibaca diwaktu khusus sambil dengerin CDnya getho deh.... *ada dirumah tapi belum sempet baca gara2 ituw, secara baca buku sempetnya sambil dijalan (dibus) atau sebelum tidur*

    ReplyDelete
  23. *aku dah pernah tanya lom ya?* mba kan dah ada goodreads, kok rajin bangeeeet menulis perkembangan bacaan mba di multiplei?

    *moga ketularan semangat baca mba Dee*

    ReplyDelete
  24. katanya sih gitu, wit, tapi saya kan bandel, hehe.
    saya berusaha baca serius lho, tetep enak diikuti sih, tapi ya itu, ada yg kurang konek. tapi, kaerena saya blm selese baca kali ya, hehe

    ReplyDelete
  25. goodreads ama multiply kan beda, fe ;). nuansa komunikasinya beda gituh.
    moga ketularan fe juga (cantiknya, hihihi)

    ReplyDelete
  26. *manggut-manggut tapi ga sambil ngelus jenggot*

    bener juga ya, komunikasi di multiplei lebih hidup dibanding gudrids

    ReplyDelete
  27. mba dari tadi mujimuji mulu bikin pipiku bersemu merah, kepala tertunduk malu, hati berdebar-debar dan...perut lapar :D

    ReplyDelete
  28. peyutku juga lapar ;D
    soale kalo liat fe, adeeemmmm... (kolam kalee...)

    ReplyDelete
  29. hihi moga aja emang gitu.
    ah kangen mba, kopdaran yuk mba pas aku mudik, tapi ga dijakarta :D

    ReplyDelete
  30. Huehehehe, ngotak atik disambi ngempih :-D

    Maaf kalo bahasaku kaku sekali :-( Ato EYD nya kaco balo? Gak aku edit sama sekali siy Mba, hahahaha :-)
    *keburu kudu nulis yg lain* lagian yg trick free backpacking belum kutulis, whuaaaaaaa :-(

    Btw, itu blog Trinity kok gak bisa diakses yak artikel2 sebelum Januari 2008? apa kr udah dibukuin jadi ditutup???

    ReplyDelete
  31. mauuu... di bandung? bolee... *kumpulin dolar dulu* hehe

    ReplyDelete
  32. yup mba, insyaallah tar dikabarin lagi yaaa

    ke bandung kok ngumpulin dolar mba?

    ReplyDelete
  33. ck..ck...ck...
    aku sebulan paling banyak baca 5 buku.
    ini aja Snow-nya Pamuk udah 2 minggu blm tamat. Haaaaaaa...
    salut, euy!

    ReplyDelete
  34. emang ga boleh? ngumpulin gobang-an? hihi

    ReplyDelete
  35. yee mba endah, aku kalo baca pamuk juga bakal gak selesai. mungkin 17 taon baru selese, secara kalo baca yg berat en agak nyastra lumayan bikin perut bergolak-golak, hihi.

    ReplyDelete