Friday, May 2, 2008

Atonement

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Terpancing buat nonton abis baca review Mas Tomi. Dan sama kayak Butterfly on a Wheel, dalam rangka mengurangi tumpukan dvd juga. Saya beli beli filmnya akhir tahun lalu kalo nggak salah. Udah luamaa banget kan? Cuma emang nggak sempat2 nonton film ini, meski penasaran gitu karena banyak diperbincangkan dan mendapat penghargaan.

Ternyata memang pantas dapat penghargaan. Saya puas banget nonton film ini. Meski ada adegan yang bikin sebel (you know lah, rasanya pelem barat kalo kagak pake adegan vulgar kagak lengkap gitu, padahal sama sekali nggak ngaruh kalo pun kagak ada).

Yang saya suka:
- Ceritanya (duile), tentang cinta--90% film kayaknya berkisah tentang cinta ya--, tapi di film ini cinta tak sampai, cinta bertepuk sebelah tangan, begitu cantik digarap.
- Alur maju-mundur (flashback)nya bikin penonton mikir, tapi nggak ngebingungin. Cocok kalimat yang Mas Tomi bilang, Joe Wright (sutradara) tak bergenit-genit dengan flashback.
- Sinematografinya keren banget. Indah, elegan. Ada adegan waktu Robbie di peperangan sedang berjalan dekat sungai dengan temannya, terus ada dua pesawat melayang, tapi diperlihatkan melalui pantulan air sungai. Keren. Juga penggabaran kondisi medan perang (meski agak bergidik juga pas diperlihatkan tentara yang terluka).
- Pemainnya kuat. Terutama pemeran Briony, adik Cecilia yang membuat Robbie dan Cecilia terpisah. Nggak perlu banyak dialog, tapi main mimik. Pemilihan pemeran Briony dari Briony masa kecil, remaja, hingga tua juga asli cucok banget.
- Dan tentu endingnya. Hebat sutradaranya bikin kita mikir: ooo, ternyata... lho bukan toh... oooo... ya ampuuun ternyata...

Produksi: 2007
Sutradara: Joe Wright
Pemain: Keira Knightley, James McAvoy, Saoirse Ronan, dll.

pic dari sini



17 comments:

  1. nonton juga akhirnya :)
    aku pikir film ini bukan oliwood tp UK punya?

    ReplyDelete
  2. eh, uk ya? hihi, lupi. yah, pelem2 barat gitu.
    oce deh, makasi koreksiannya, om.

    ReplyDelete
  3. aduh gemes sama ini filem. lagi nonton asik2, udah sekitar 40 menit, lalu pesawat2 tahu siap2 landas dan diputuslah... pas lagi seru2nya!!!!
    tapi 40 menit pertama jelas asik!

    ReplyDelete
  4. Laaaaaaaah, katanya ngedit malah sibuk bikin review, hahahahaha Ima 'menghantui' Mba Deeyand :-D

    Aku juga takjub ma film ini, cuma ada beberapa titik kerasa lambat banget, ihiks...

    Kapan ya Indonesia bisa bikin film2 yg berasa 'dalem' banget kek begini? Gak menceramahi, tapiiiiiiiiiiiiiiiiiii mengetuk2 dinding hati, utk bertobat, spt judul film ini.

    ReplyDelete
  5. dari duluuuu penasaran pingin nonton pilem inih
    tambah review dari mba penasarannya jadi kuadrat

    tapi, nyari di yutub dapet trailernya doang *teuteuuub nyari gratisan :D*

    ReplyDelete
  6. aku punya filmnya tapi sekarang lagi baca bukunya...
    mo nonton takut ntar jadi males baca, jadi baca dulu..
    tapi katanya kalo udah baca filmnya jadi biasa aja...
    huuhuhhuuh... jadi gimana dooong? :D

    ReplyDelete
  7. jadi ini flim yang diadaptasi dari buku?
    pemainnya keren sih.. cari ahh..

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka film ini, salah satu tugas dari klien subtitling. Aku paling suka sama pemeran Briony kecil, bagus banget mainnya.

    ReplyDelete
  9. dalam bukunya sendiri banyak sekali adegan flashback, tapi jg nggak bikin bingung. Ian McEwan, my favourit

    ReplyDelete
  10. baca kutipan ini.. hmm.. nonton gak yah? hihi blon brani..

    ReplyDelete
  11. @ merlyna: yaa, mestinya teteh minta pilotnya muter-muter dulu biar lama gitu :D. kudu dilanjutin tuh.

    @ ardhe: yup!

    @ imazahra: ngedit kan nmr 11, haha. aah, pan sama tuh ma jeng ima, kalo bosen ngeluyur2 ;p. mba kok gak kerasa ada bagian lambat ya, mungkin krn khusyu' nontonnya hehe. film kita? yah berproseslah, cuma kagak tau prosesnya berapa lama, kekeke...

    @ annidalucu: ntar kalo mudik, borong aje dvdnya (bjkn tapinyah, tapi pan msh beli dibanidng yutub yg greti abis, hihi)

    @ duniaintan: met nyari, tan :D

    @ antie: wah asik, lagi baca bukunya. ntar pinjem yak :D. baca ampe abis, ntar repiyu di mp yak. soal nanti nonton ato gak, shalat istikharah aja dulu, tie, hihihi

    @ afiati: iya, mbak, adaptasi.

    @ niwanda: hehe, aku aja lagi nyicil nih, mba... masih ada 30-an pelem yg blm ditonton.

    @ ti2n: lho, kirain udah nonton bareng yudi, hihihi

    @ femmy: eh, femmy nerjemahin vcd/dvdnya ya? soale saya beli bjkn (sstt), subtitlenya kacau beliau...

    @ vocinna: senengnya dah bikin inna penasaran ;p

    @ yulider: wah, ngiri neh ama yg dah baca bukunya. jadi pengen baca juga (adakah yg mo nerjemahin, hihi dasar pemalas baca in english)

    @ mabruri: goceng, boooss...

    @ onit: hehe, cuma bentar sih scene "menyeramkan"nya, nit, tapi sempet nutup mata juga. kalo scenenya banyak dijamin mual dah...

    ReplyDelete