Saturday, February 16, 2008

Menyemai Cinta di Negeri Sakura

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Nonfiction
Author:Lizsa Anggraeny & Seriyawati
Menyemai Cinta di Negeri Sakura
Diary Kehidupan Dua Muslimah yang Tinggal di Jepang
Penulis: Lizsa Anggraeny dan Seriyawati
Penerbit: Samudera Press, 2007
Tebal: 197 halaman

Seorang teman yang pernah tinggal beberapa lama di Jepang berseloroh, “Orang Jepang itu lebih Islam dari kita yang Muslim.” Maksud sang teman, dalam beberapa perilaku seperti menepati waktu, disiplin, dan bekerja keras, yang pada dasarnya sangat diperintahkan dalam Islam, ternyata orang Jepang lebih baik dari kita. Itu tentu harus dilihat sebagai bahan evaluasi bagi diri-diri yang mengaku Muslim. Coba simak salah satu pengalaman penulis, Seriyawati, tentang perilaku orang Jepang.

Suatu hari ia menyaksikan seorang nenek yang berjalan terseok di trotoar jalan yang cukup sempit smabil mendorong kereta belanja. Di belakangnya seorang pemuda mengendarai sepeda berusaha melewati sang nenek. Namun karena trotoar yang cukup sempit, ditambah kereta dorong si nenek, pemuda tersebut kesulitan untuk mendahului. Yang menarik, pemuda itu tidak membunyikan bel sepedanya atau berteriak meminta si nenek memberi jalan. Si pemuda dengan perlahan tetap berada di belakang si nenek, sampai akhirnya si nenek sendiri yang menyadari ada seseorang di belakangnya dan memberi jalan sambil membungkukkan badan meminta maaf telah menghambat jalan si pemuda.

Lain waktu, penulis yang yang tinggal di Nagoya ini juga merasakan betapa selama tinggal di Jepang ia jarang sekali mendengar suara klakson mobil. Ketika ia bertanya pada suaminya yang orang Jepang asli, sang suami menjawab, “Ngapain bunyiin klakson? Kayak orang bodoh saja! Nanti juga kan dapat gilirannya kalau mau jalan.”

Pengalaman di atas hanya satu dari 30 kisah yang disajikan oleh Lizsa Anggareny dan Seriyawati dalam buku ini. Semuanya sarat hikmah, perenungan, juga pembelajaran. Memang, tak semua tentang Jepang adalah hal positif. Dalam kisah bertajuk “Ciaaattt...!” misalnya, Lizsa menuturkan kasus pelecehan seksual yang ia alami di bus kota dan kereta saat tinggal di Indonesia, ternyata ia juga mengalaminya di Jepang. Sepertinya, soal pelecehan seksual adalah permasalahan “dunia” :D.

Kedua penulis menuturkan pengalamannya dengan bahasa yang ringan. Kisah-kisahnya pun cukup singkat dan tak bertele-tele. Sekali duduk, kita dapat menyerap isi buku ini. Kebanyakan adalah kisah sehari-hari penulis dalam memaknai hidup. Ada kisah tentang istri yang mendamba anak dalam Mengapa Anda Ingin memiliki Anak?, tentang nikmat bersyukur dalam Teguran melalui Sebuah Jempol, tentang azzam melakukan kebaikan dalam Menyemai Cinta di Negeri Sakura, hingga tentang godaan makanan enak namun tak halal dalam Bukan Ungkapan Kecewa.

Pengalaman kedua penulis dalam dakwah Islam juga mewarnai buku ini. Dalam Islam Bukan Agama Bunglon, Seriyawati berkisah tentang keistiqamahan menjadi Muslim di negeri minoritas. Saat memperpanjang KTP di Indoensia, ia ditanya oleh pengurus RT apakah masih Muslim atau tidak. Seri tentu saja kaget. Di satu sisi, pertanyaan itu mengisyaratkan masih ada stereotype bahwa wanita (muslimah) yang menikah dengan orang asing akan berpindah agama. Di sisi lain, pertanyaan itu menjadi pengingat bagi Seri, sebab bukan hal mudah menjadi Muslim di negeri seperti Jepang. Bagaimanapun, ada juga yang berubah setelah tinggal di Jepang. Namun tak sedikit yang keislamannya bertambah kuat setelah tinggal di Jepang.

Buku ini diniatkan sebagai buku saku, yang tak njlimet dalam bertutur dan tak rumit dalam alur berpikir. Di satu sisi buku ini menjadi bacaan yang ringan, di sisi lain, kurang memberikan pengalaman berbahasa dan pemikiran yang lebih mendalam mengenai satu persoalan. Bila hal terakhir lebih digarap, dijamin buku ini akan lebih menarik.

55 comments:

  1. hehehe cowo soalnya ada di seluruh dunia =D

    *hihihi pertamaaaaa*

    ReplyDelete
  2. mo pinjem mbak? *mahal ongkos kirimnya hihi*

    ReplyDelete
  3. Belom baca, padahal dah tau lama,
    kalo ga salah Lizsa Anggraeny & Seriyawati, itu orang sunda ya mbak Dee? ^_^

    ReplyDelete
  4. Dua penulisnya sering nulis buat oase iman di eramuslim, kebetulan dulu sering ngedit tulisan-tulisan keduanya. Seneng membaca tema-tema dan gaya penulisan Lizsa ...

    ReplyDelete
  5. hualoooowwww...lg ngantor ya mbak??detlen nihhhh..:)
    ini salah satu buku yg pgn aku beli..makasiiiiy reviewnya..:)
    mbak lisza.......bukunya di review mbak dee nihhhh....
    *teriakteriakkembaklisza*

    ReplyDelete
  6. teh lizsa iya, dan. kalo mba seri lahirnya di banjar baru (gak begitu tau sunda ato bukan).

    ReplyDelete
  7. sama, lena ;)
    iya, saya juga bbrp kali baca tulisan mbak seri & teh lizsa di era. ooo, lena redaksi eramuslim toh?

    ReplyDelete
  8. pinjem aja boleh :p

    pa kabar mbak dee... udah ada no baru lagi belum ??

    ReplyDelete
  9. hehe, tau aje. ho oh neh, detlen jadi bikin wiken di kantor deh.
    di pandeglang din? berarti ngenet lancar neh sekarang ;D

    ReplyDelete
  10. eh, ari, tumben ngempi, hehe.
    pinjem bole banget, sini ke kantor.
    nomor baru blm ada, lagi menikmati "keegoisan" hidup nyaman tanpa hape ;D

    ReplyDelete
  11. iya mbak dee hehehe....
    wah belum bisa kesono lagi...
    dirimu terlalu dermawan sih mbak, hp dibagi-dibagi :p

    ReplyDelete
  12. abis kesian ama copetnya. daripada maksa, pan mending dikasi ;p
    ya udah, ditunggu kunjungannya (+ oleh2 yee ;p)

    ReplyDelete
  13. tar ya mbak kalau ada momen2 tertentu :D
    oleh oleh nya ape...
    potoh potoh ya (inget jurnal mbak ita :p)

    ReplyDelete
  14. minta beliin ma yudi, tin (lho? hihi)

    ReplyDelete
  15. naaa ya, kalo ada momen baisanya ada undangan nih, uhuk-uhukk...

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah, gimana menurut mbak? *mancing-mode ;)*

    ReplyDelete
  17. iya undangan nya mbak kannn :p

    eh aamiin deh....

    ReplyDelete
  18. eh ada yg mau milad kan bentar lagi mbak...
    tagihin ya mbak dee.... bakmi golek :p

    ReplyDelete
  19. tanpa mengabaikan maksud sebenarnya si penutur, aku selalu saja nggak nyaman denger ungkapan ini...

    ReplyDelete
  20. gak nyamannye kenape, om? jelasin dunk jelasin... ;p

    ReplyDelete
  21. yey satu kantor gimana sih mbak dee ini ...

    ReplyDelete
  22. gak nyamannye kenape, om? jelasin dunk jelasin... ;p
    ----
    ada kesan penyempitan makna "Islam" di sana (tentunya Islam sesuai pemahaman ane ye..)

    ReplyDelete
  23. maksudnya? *masih pura2 gak jelas, hihi*
    kalo negluarin komen jangan paketan dong yud :p

    ReplyDelete
  24. komen pertama gratis... selanjutnya bayar *pura-pura matre deh*

    ReplyDelete
  25. bujug dah... tiiiin, kok mau seh kawin ama cowok matre??!
    wahaha!

    ReplyDelete
  26. Ooo... hehe.
    Ari: yg namanya mah gak harus satu kantor ;D

    ReplyDelete
  27. lhoo.. justru ituuu..
    dia yg ngumpulin duit-nya, daku ikut menikmati..
    wikikik....... :))

    ReplyDelete
  28. ngenet lumayan lancar tp hrs mempertahankan posisi, gak bs pindah2 tempat,pindah tempat dikit sinyalnya ngilang....jd bertahan dipojokan kamar dkt lemari demisang sinyal..( haiyyaa )

    ReplyDelete
  29. hehehe.....yg tau malah si teteh yg jauh :p

    biasa tuh mbak ..... akuntan emang gitu piiis bang :p

    ReplyDelete
  30. yee ntar kl komen ditulis lengkep ntar cepet ketauan dong betapa bodohnye diriku :p

    ReplyDelete
  31. eh iya, bentul juga. apalagi ahri gini, smeua serba muahall, serba susyeh, biarlah suami banting tulang peras keringat cari duit buat istri, wahaha!

    ReplyDelete
  32. cari akuntan juga ahh, tapi yg gak matre kayak yudi, yg matkodak aja, kikiki

    ReplyDelete
  33. halah, ngerendahin diri, ninggin mutu neeh ;p

    ReplyDelete
  34. ye padi tu mah... ni mah nyadar aje smakin ke sini smakin tau kl banyak yg aku ga tahu suwer deh

    ReplyDelete
  35. kapan yaaa bukuku direview redpel Annida
    kapan kapaaaan...kita berjumpa lagi *nyanyi*

    ReplyDelete
  36. hehehe si abang....

    suwer ora jamu gitu :p

    ReplyDelete
  37. suwer nih suwer? hayooo, suwerrr?
    yudi kucinggg! (eh itu suwit yak! hehe)

    ReplyDelete
  38. ngebayang dini gak bisa bergerak, hihihi
    tabah ya, nak

    ReplyDelete
  39. ntu die, tuh buku ada dimane ye? masih nyangkut di...mimpi-mimpi ogut. Padahal dah pingin banget mempersembahkan buku ke redpel annida dg inisial penulis "YF", hihihi

    ReplyDelete
  40. belum punya uang untuk beli buku.. :(

    ReplyDelete
  41. dulu wkt mudik aku pengen beli ini, tapi susah atau lupa judulnya ya dulu, aku lupa Dee..

    ReplyDelete
  42. *loncat-loncat gembira*
    Mbak Dee... cintaku padamu rayuan pulau kelapa... hehehehe *jaka sembung*
    seneng banget, terima kasih reviewnya, terutama masukan di alinea terakhir...
    siipppp, langsung dibungkus :) masukannya berarti bangeedddd
    muuaahh... muaahh... muuahh.... *nebar cinta*

    ReplyDelete
  43. hehehe ... iya, aku di eramuslim ...

    ReplyDelete
  44. @ annidalucu: redpel nida pokoke nunggu buku berinisial YF deh ;)

    @ trasyid: kan bisa pinjem ato ke perpus :)

    ReplyDelete
  45. @ sikrit: taon depan mudik lagi, mbak? ;)

    @ aishliz: siiiip! ;). sama2 mbak... muah juga!

    ReplyDelete
  46. mba Dee...yang super baik hati...ampe daku merasa bersalah nih...
    makasih banyak yaaa...terutama masukannya itu loh...top banget deh...

    ReplyDelete