Friday, October 26, 2007

50 ribu di Tip Top

Bisa dibilang, saya besar bersama Tip Top. Cowok ganteng dan romantis tetangga sebelah. Yang suka godain kalo saya lewat di depan rumahnya. Nggak ding! Hehe. Tip Top ntu supermarket dekat rumah, tepatnya di Rawamangun, seberang RS Persahabatan. Sekarang sih cabangnya udah banyak (ada 6 kata situsnya).

Seingat otak saya (yang ingatannya pas-pasan ini), sejak saya TK saya sudah diajak bokap ke Tip Top. *Sambil ngitung: Tip Top berdiri tahun 1979, saya masuk TK umur 4 tahun 9 sembilan (tahun 1980). Berarti ingatan saya benerrrr. Sejak itu, tiap bulan saya biasanya ngintil bokap atau nyokap yang belanja bulanan. Dulu 10 ribu bisa dapet berkantong-kantong belanjaan, sekarang 10 ribu cuma dapet sekantong bawang merah *sighh*. Saya sih senengnya masukin cokelat dan makanan kecil sejenis  ke keranjang belanjaan bokap-nyokap. Tapi kadang-kadang nyokap suka bilang begini ke kita: Kalo ke Tip Top mending nggak usah ajak anak-anak, pasti belanjaan jadi banyak! Huh, emang dasar emak-emak! Nggak boleh lihat anaknya senang!

Dari masih bocah, cuma numpang belanjaan ama nyokap atau main bombom car, sampai akhirnya bisa belanja sendiri (belanjain nyokap, gantian gituh :D), Tip Top is the best, terutama soal harga murah (Makanya kehilangan berat waktu tahun 91, kebakaran menghabiskan outlet rawamangun). Biar kata hypermart-hypermart bermunculan, menurut saya (dan survei kecil-kecilan) Tip Top tetap paling murah. Saya juga belum pernah mengalami hal mengecewakan selama belanja di Tip Top.

Sampai dua hari sebelum lebaran lalu. Saya beli es krim, buat nyetok lebaran, ditambah udara Jakarta yang puanas dan sumpek-pek-pek, lebaran pastinya enak dong nyeruput es krim. Keponakan, sepupu, dua pupu, tiga pupu pasti juga pada seneng. So, belilah saya 4 (atau 5 yak) kotak es krim plus makanan kucing.  Cuma itu aja, karena beberapa hari sebelumnya udah belanja juga. Jumlah total belanjaan Rp 138 ribu (es krim campina 800 mm cuma 15 ribuan, murah banget kan?). Saya bayar pakai uang seratus ribuan 2 lembar. Kembalinya berapa, anak-anak? Yup, 62 ribu.

Tapi kasir bernama Maryam hanya mengembalikan 12 ribu. Saya bingung terus protes kalau saya ngasi 200 ribu. Si Mbak Kasir bilang kalo saya ngasi 150 ribu. Saya masih yakin ngasi 200 ribu. Sebab saya ngambil uang di di dompet sisi dalam yang isinya 100 ribuan. Tapi Mbak Kasir masih yakin juga kalo saya cuma ngasi 150 ribu. Akhirnya saya yang jadi nggak yakin (meski sisi hati yang lain tetap yakin). Saya mematung. Sebenarnya bukan karena uang 50 ribu, tapi karena seumur-umur belanja di Tip Top, baru kali ini ngalamin kayak gitu.

Melihat muka saya yang kurang yakin, si Mbak Kasir akhirnya bilang:

“Mbak catat aja nama dan telepon Mbak ya di sini,” katanya sambil memberi saya secarik kertas. “Saya sebenarnya mau aja nutup kasir ini sementara, trus saya itung, jadi bisa ketahuan apakah uangnya berlebih atau tidak. Tapi antrian lagi panjang, Mbak.”

Saya lihat antrian memang panjang. Wajar, 2 hari mo lebaran gituh.

“Oke,” kata saya.

“Berlebih atau tidak uangnya, saya akan telepon Mbak,” sambung Mbak kasir.

Saat itu jujur saya sih udah rela aja kalo pun 50 ribu melayang. Taelaa. Bukan 50 ribunya yang saya pikirkan, tapi soal ketelitian Mbak Kasir dan juga soal lengotannya saya, hehe. Jadi saya cuma pengen tahu aja apakah sayanya yang lupa atau mbak kasir yang nggak ngeh?

Besok siangnya, si Mbak kasir telepon ke rumah. Adik saya yang terima. Katanya benar ada kelebihan 50 ribu dan dia minta maaf. Alhamdulillah. Saya makin cinta ama Tip Top! :D

Mungkin ini hal biasa, dan memang seharusnyalah pihak produsen (dalam hal ini Tip Top) menghargai konsumen.  So, buat Tip Top tambah okeh aja deh. Udah murah, semua barang-barang yang dijual juga dijamin halal. Cuma space-nya aja yang nggak ku-ku (terutama yang di Rawamangun), kalo bulan muda belanja jadi senggol sana-senggol sini.

Ngemeng-ngemeng, nih jurnal kayak surat pembaca, hehe.

53 comments:

  1. Kalau surat pembaca kan biasanya cenderung ngomel Mbak, lha ini malah muji. Wah, salut sama pelayanannya deh :). Btw es krimnya udah abis belum?

    ReplyDelete
  2. lucu aja dengar/baca mbak ngomong bokap nyokap... :D

    ReplyDelete
  3. Eh, ada juga lho surat pembaca yang muji, biasanya karena dapat pelayanan memuaskan, Mbak, hehe.
    Es krimnya dah abis, Mbak. Mana mungkin es krim bertahan lama di kulkas? :D Tapi kalo Mbak Leila mo maen ke rumah, akan aku beliin khusus untuk mbak ;) *serius neh*

    ReplyDelete
  4. hehehe..Mba De, ceritanya lucu:-)
    Dulu, saya juga tumbuh di lingkungan Tip-top Rawamangun itu. Maklum, SD sampai SMP juga di Rawamangun. Walhasil, kalau pulang sekolah iseng2 mampir ke sana (nggak pakai seragam lho!). Tapi jujur, Setiap lewat Tiptop ini pasti selalu dibarengi kemacetan yang panjang menjelang lampu merah. Hehehe..kok jadi nostalgia.
    Yo wis, selamat mba De tambahan 50 Ribunya. Berarti es krim-nya nambah lagi dong? :D

    ReplyDelete
  5. Ah, rul, kayak dikau gak segenerasi aja ama ogut, hehe. Bokap-nyokap, kadang suka spontan nyebutnya...
    Anak sekarang nyebut ayah-ibu bahasa slank-nya apa yak?

    ReplyDelete
  6. Jadi inget waktu rumah di kayu manis, itu tempat belanja favorit.. :)

    ReplyDelete
  7. Lho, lho, sultan anak rawamangun juga?? tinggal di mana dulu? Dua anak yang punya tip top dulu satu sekolah ama saya, anaknya kalem2 dan humble banget.
    Iya, pasti macet, tapi baisanya sih pas tanggal2 muda, kalo biasa sih ya gak terlalu macet. Cuma saya jadi inget, ada temen yang pernah lewat situ trus bilang: apa orang-orang sini gak marah ya ama Tip Top karena bikin macet? Teman saya yang tau tip top kayak gimana nyeletuk: kayaknya gak marah deh, lha wong malah terbantu karena ada toko murah dan lengkap deket rumahnya :D

    ReplyDelete
  8. Lho lho, suka belanja di tip top juga bu?? hihi, baru tauuu...

    ReplyDelete
  9. di Jatinangor/Banduung ada tiptop, Tante?
    Kalau belum, sampein dong sama mereka, biar bikin cbang di sana, he he he

    ReplyDelete
  10. Hehe, baru ada di sekitar jabotabek, tante imun, selain rawamangun ada di pondok gede, depok, cimone, pondok bambu, dan ciputat.
    Mungkin di new castle ada mun, hehe

    ReplyDelete
  11. Kalo coklat gak ada tipnya, ki, tu coklat top yg mirip bengbeng... ;)

    ReplyDelete
  12. Saya kenal Rawamangun karena sekolah di Dos-Q. (Tahu nggak ya? :D). Biasanya sih anak Rawamangun tahu Dos-Q. Saya juga pernah dengar kabar "yang punya Tip-top" itu. Kabarnya keluarga yang sangat bersahaja.
    Kalau tinggal, saya di Duren Sawit (justru lebih deket sama Tiptop pondok Bambu). Oh iya mba De, apa pengamatan saya aja atau bukan ya. Tapi pas sempat ke Tiptop beberapa bulan yang lalu, kayaknya Tiptop lebih islami. Terlebih cukup banyak pegawai yang diizinkan memakai hijab. Cukup hebat. Dan produk daging-nya juga sebatas yang jelas sumbernya. Ini pengamatan saya aja kali ya.

    ReplyDelete
  13. es krimnya masih ada??? mauuuu......

    ReplyDelete
  14. blum ada tip top yang deket nih

    ReplyDelete
  15. @ sultan: Walaahh, anak dos-Q toh!! Tau lah ya! :D Dos-Q berapa? Yang deket Sunan giri ya? :D
    Iya, bener, sultan, sekarang emang lebih islami. Hampir semua staf wanitanya mengenakan hijab, trus kata nyokap saya (eh mama *ngelirik ke roel :D* untuk bekerja di sana ditest baca Qur'an. Wallahu'alam, mungkin biar bisa ngajarin pengunjung hehe.

    ReplyDelete
  16. @ luvhoney: hayooo, kalo maooo maen ke siniiihhhh ;D

    @ dyru: emang mba dyah tinggalnya belahan jakarta mana? :)

    ReplyDelete
  17. iya sengol2an belanja di tip top
    pernah beberpa kali belanja di sana

    ReplyDelete
  18. @ abusyamil: haha, iya, mas dudi. Harus berstategi belanja di tiptop, pagi-pagi pas baru buka masih sepi. Jangan sore atau malam dah, ngantri kasirnya itu lhooh

    ReplyDelete
  19. tiptop. ya Allah, masih ada tempat itu? kayaknya udah ninggalin jakarta lama banget. hehehe. murah tapi ngantri. dan jadi tempat kuncian kalau mau ke atm malam2---kl yg dkt rmh pada ngaco.

    ReplyDelete
  20. Ki, bangun, ki, banguuuun!
    yang udah di belande, ampe lupa pernah ke tip top :p

    ReplyDelete
  21. kirim aja ke surat pembaca mba...
    sekali-kali memberi apresiasi ke tukang jualan yang baik

    ReplyDelete
  22. @ ira: betul juga ya, ra...
    tapi kudu dikonsep dulu suratnya *halah*

    @ orin: ini bukan iklan, rin, ini testimoni ;p

    ReplyDelete
  23. walah, ami juga hepi sekarang di depok kan udah ada tip top (dari kapannya, lupa). sampe2 hudzaifah (sepupu ami yang baru mao 2 tahun, setiap ditanya "mau kemana siy?" jawabannya: "titop" :)

    ReplyDelete
  24. *applaus*
    nitip donk kalo belanja (lho? hehe)

    ReplyDelete
  25. di bekasi TipTop di sebelah mana sih Dee?

    ReplyDelete
  26. kalo di situsnya sih di pondok gede, mas. di sini nih: Jl. jatimakmur No .30
    Pondok Gede Bekasi

    ReplyDelete
  27. yaahh ...jauh amir dr tempat gw ..

    ReplyDelete
  28. kalo gitu berarti: anda kurang beruntung, hehe

    ReplyDelete
  29. waaa mbak Dee iklan TipTop!!
    dikontrak berapa lama mbak?=D

    ReplyDelete
  30. kirain Dee dikasih tip sama yg punya tip top ;)

    ReplyDelete
  31. hehehe jd inget kmrn di kebun raya bogor belanja di ROBINSON Dept.store...krn antrian panjang Ve bantuin deh masuk2in barang ke dalam plastik...trus pas waktu mau ambil 1 ( SATU) plastik lagi...si kasirnya marahh...dia bilang sini biar saya aza yg benerin. Hmm,1 plastik duank...padahal udah baik hati dibantuin biar gk lama antrian...kapok deh belanja lagi...disana.

    Lah kok jd surat pembaca disini sih? :D...maap mba dee numpang jurnal ^_^

    ReplyDelete
  32. Bakso tip top masih ada nggak Dee?..tanteku dulu pulang ngajar ( di daksinapati situ) pasti kerjanya mampir situ...aku kalau jemput & anter dapet upah bakso tip top..hehehe

    ReplyDelete
  33. hebat.. jujur dia..
    soalnya kalo duit kasir kelebihan banyak, dia juga bakal kena marah bossnya. hebatnya dia tetep kembaliin, bukannya ngembat supaya itungannya pas.

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah masi ada orang yang jujur seperti si mbak Tip Top.... dan tentunya Alhamdulillah masi ada orang yang teliti kaya mbak rahma...hihhiih

    ReplyDelete
  35. wadow.. iklan euy ! belum pernah tau Tip Top :(

    ReplyDelete
  36. kenapa ditaruh di jurnal mbak de.., ga di review aja
    Tip Top emang keren

    ReplyDelete
  37. @ ciptanti: dibilang ini bukan iklan, ini testimoni hehe

    @ sikrit: kalo tip-nya lap top mau tuh hihi

    @ sunflower20: walah, jutek amat tuh mbak, ve. di tiptop saya sering bantuin masukin belanjaan tuh, mbak-nya malah ngucap terima kasih.

    @ rasti812: bakso gepeng ya, mbak?? yang di seberangnya?? masiiiiih... dan rame terus. pagi2 aja udah rame. coba deh, pagi2 makan bakso...

    @ annidalucu: ntar deh mba inves, fe, hihi

    @ onit: yup, semoga semakin banyak orang yang mengasung kejujuran ya nit...

    @ yeyenkenta: ehhe, sebenernya aku orangnya gak teliti lho, mbak, beneerr :). aku inget krn cuma selang bbrp detik gitu, kalo sekian menit atau jam, pasti aku yg gak inget ngeluarin uang berapa :D

    @ berahmat: sekali lagi: testimonii :p

    @ simplyindah: o gitu ya, ndah, soale kayaknya ini bukan review secara keseluruhan :)

    @ larassejati: alhamdulillah

    @ tenrii: dua kali lagi: testimoni, hehehe

    ReplyDelete
  38. kl soal harga tip top memang top! (bukan iklan) tapi kl belanja2nya akhir bulan, weh...males mbak, penuh banget euy.

    ReplyDelete
  39. asiiikkk... kebetulan baru pindah rumah k ciputat. belanjanya ke tip top aja deh....^_^

    ReplyDelete
  40. Tip Top yang di Rawamangun itu yah..

    Desi juga pernah beli beberapa barang disana.
    Cuma beli beberapa item tp ngantrinya segambreng he..he..

    ReplyDelete
  41. salut sama mbak kasirnya yang jujur gitu.perlu di pesan berantaikan nih soal kebaikannya.

    ReplyDelete
  42. klo di Magelang, Tip Top itu nama restoran.

    jadi inget, itu tempat aku ngarayain sweet seventeen *halaahh*.. dan yang nraktir pak polisi.. hihihi

    ReplyDelete
  43. ciyeciyeciye... dibayar berapa nih ma tip top
    tapi emang sih mbak, harganya murah ya, kasirnya baik2 dan suka ngasih hadiah

    ReplyDelete
  44. Langka banget tuh kasir seperti mbak yang di Tip Top!
    Salut!
    And artinya juga Rp 50 ribu itu emang masih 'milik' mbak dee...

    ReplyDelete
  45. langganan apotik rini dong?
    suka beli bakso di halaman apotik rini yang rasanya maknyus! dong? :))

    ReplyDelete
  46. saran buat yg punya tiptop (kalik aja baca jurnalnya Dee), supaya kalau uang kembalian belum diserahkan, harap uang yang dari pembeli itu enggak dimasukkan dulu ke dalam boks kasir. Di Jepang, semua kasir seperti itu, dia akan hitung dulu di depan mata kita, minta persetujuan kita apakah jumlahnya sekian, kalau kita sudah angguk OK, lalu dia tempelkan dulu di atas boks kasir dengan magnet, setelah pembeli menerima kembalian dan kertas slip pembayaran, si kasir akan tanya lagi, apakah jumlahnya benar atau salah. Kalua dua2nya sudah sama2 setuju, OK, enggak ada yg salah, abru lah si kasir masukkan uang ke dalam boks, dan dia tutup kembali boks itu. Hebat ya!
    Tapi Tip Top memang hebat... anak pemilik Tip Top itu teman sekelasku waktu di DosQ dulu. Entah sekarang di mana rimbanya dia... he.he.. :D
    Kapan kita maem2 di Tip Top lagi Jang! Kangen dg dikau nih!

    ReplyDelete
  47. masyaAllah, meskipun postingan ini sudah cukup lama, cerita mba Rahmadiyanti Rusdi menginspirasi. Banyak diluar sana badan usaha atau lembaga yang melabeli diri "Syariah" namun belum sepenuhnya berkomitmen untuk berjalan dalam "rambu-rambu" keislamannya. Kejujuran karyawan Tip Top mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan suatu usaha bukan hanya meraih profit yang maksimal namun juga kekonsistenan karyawan dalam menjaga komitmen perusahaan. terima kasih atas ceritanya mba. Semoga ini membantu saya dalam mengembangkan tulisan saya mengenai Tip Top swalayan. :)

    ReplyDelete