Thursday, July 19, 2007

Nongol juga credit card syariah

Akhirnya, ada juga kartu kredit syariah di Indonesia. Yang mengeluarkan Bank Danamon Syariah, namanya Dirham Card. Alhamdulillah...

Saya sendiri dari dulu nggak mau punya kartu kredit (KK). Bukan apa-apa, emang gajinya nggak masuk limit, haha! Selama ini sering denger berita nggak enak tentang KK, hampir tiap hari di surat pembaca koran selalu ada keluhan tentang KK, terutama itu tuh... debt collector yang neror-neror. Belum lagi yang kebelit, yang nggak pernah bikin KK tapi tiba-tiba dapet tagihan, dlsb. So, nggak kebayang dah bikin KK, itu kan sama aja ngutang, mending pake debit aja, toh kartu ATM juga udah banyak yang bisa buat debit. So, no way gitu, man!

Tapi beberapa waktu lalu saya akhirnya bikin KK juga, karena emang ada keperluan yang akan lebih terbantu kalau pakai KK. Nyari-nyari KK syariah, tapi ternyata belum ada :(. Di luar negeri sih udah ada. Akhirnya saya bikin KK di bank tempat gaji dikirim.

Eh tadi pagi baca koran, baru ada tuh KK syariah. DI Kompas dan Republika iklannya satu halaman. Di Republika ada beritanya. Katanya sih KK syariah ini beneran pakai azas syariah. Soalnya menurut Pak Adiwarman Karim, KK syariah di luar negeri masih ada unsur ribanya.

Hmm, jadi kepikiran buat ganti KK :D...

Info lengkap tentang KK syariah pertama di Indonesia sila baca DI SINI.

68 comments:

  1. Hehehe, sepakat, Mbak...saya aja di sini pake KK cuman buat belanja buku di internet doang, soalnya di Jepun textbooks in English jarang banget di toko2, kalo pun ada, muahal bangeth!
    TFS ya, Mbak...

    ReplyDelete
  2. wahhhh.... menarik nih... mbidik market fresh tapi potensial tinggi!

    ReplyDelete
  3. kalo temen saya di jepun pake KK karena buat ngumpulin poin biar dapet tiket pesawat gratis, hihi.
    sama-sama, fithri.. moga makin banyak bank yg ngelaurin KK syariah.

    ReplyDelete
  4. yup, betul banget. 80% muslim gituh. sama-sama untung kali yee... asal pemakainya kagak bablas...

    ReplyDelete
  5. .. bank syariah atau KK syariah produk bank konvensional?
    hmmm ... konsep yg rumit ... secara pribadi agak hati2 juga nih ...

    takutnya 'syariah'-nya secara teknis-formalitas tapi secara substansi belum seluruhnya

    ReplyDelete
  6. wah, keluar neh menteri ekonomi kite... ;p
    coba tolong jelaskan lebih detil, om :)

    ReplyDelete
  7. aku nggak suka KK...kenapa yaaa? aku suka uang cash aja...kekeekee.*suka ragu sih yaa...lagian disini semua keperluan tercukupi dg uang cash jadi yah makai uang aja. Bahkanpun gajih dollar dimana-mana ditransfer ke rek. disinimah diterima gempelengan pakai tangan...trus belanjanya juga sayur mayur gitu ke pasar tradisional,beli susu ke toko biasa yaaa kembai ke alam dulu. gak makai kartu wala atm wala kk.....biar kata diketawain teman2 yg diluar negri sebagai org kampung.kekekeke

    tp gak tahu deh klo pulkam,mungkin bikin atm juga kali...^_^

    ReplyDelete
  8. bukannya secara manajemen (?) bank konvensional dengan bank syariahnya beda, bos? dan di indonesia bukannya rata2 bank syariah adalah produk bank konvensional. pengecualian untuk bank muamalat, itu pun dulu pernah dibilang nggak murni syariah.
    asli neh kagak begitu ngerti ama soal bank-bank tut akar kolang-kaling eh eh... :p

    ReplyDelete
  9. secara substansi itu apa aja, om? dan setauku bukannya bank-bank syariah memang belum sepenuhnya syariah...?
    om.. om yudi.. om... jangan ngumpet dwonk! ;p

    ReplyDelete
  10. wakakakak.... aku juga baru punya atm card pas kerja, mbak, itu karena gaji kudu ditransfer ke rekening. sblmnya juga nerima gelondongan :D

    ReplyDelete
  11. good marsogood, top markotop, tan? :D

    ReplyDelete
  12. Syariah di sini labelnya doang, atau keq mana, mbak?

    ReplyDelete
  13. Bagus nih Dee... ada kemajuan di perbankan syariah...
    dulu waktu masih tinggal di Indonesia, gw pake bank syariah mandiri ama bni.... dan menurut pengalaman, hasil baginya waktu itu lebih tinggi di mandiri, hehehehe...:D.... *mata-ijo.com*
    Sebenarnya pengen buka di bank syariah apa ya satunya itu....lupa namanya... pokoknya yang bukan bagian dari bank besar tapi murni syariah... sayangnya cabangnya nggak terlalu banyak sehingga sulit diakses... padahal hasil baginya juga lumayan tinggi...

    ReplyDelete
  14. Wallahu'alam, ly, gak begitu ngerti banget soal ini. Tapi memang ada info kalo bank syariah ini gak murni syariahnya. Tapi kalo saya simpelnya neh: syariah yg belum sempurna dgn konvesional yg riba, pilih yg mana?

    ReplyDelete
  15. andaikan internet shopping di negri lain bisa kayak di korea, cukup pakai kartu debit dan digital signature plus pengaman tambahan (kode unik yg cuma pemegang kartu yg tau), atau bahkan bisa masuk rekening tagihan hp bulanan.. kan jadi gak perlu kartu kredit lagi..

    malesnya kertu kredit tuh.. musti ngutang.. gak langsung debit dari tabungan...

    ReplyDelete
  16. sejak disini kartu yg Indo punya dipulangkan ke keluarga..secara nggak kepake...klo skrg sih pake kartu kredit tp dgn account sama dgn suami. *maklum IRT , pengangguran nih*..
    mba dee cariin kerja dunk...ngelamar jadi kontributor di Annida juga boleh :D

    ngak nyambung dot com

    ReplyDelete
  17. BMI, mbak (Bank Muamalat Indonesia). Iya, cabangnya emang gak banyak BMI. Tapi kartu shar-e lumayan tuh mbak, bisa buka di kantor2 pos.
    Aku juga baru buka di BSM, mbak, skalian buka tabungan berencana :D

    ReplyDelete
  18. wah, asyik banget ya, nit. benull, kan kite kagak perlu ngutang, mending kalo inget bayarnya, kalo nggak? hehe. alamat diteror DB dah!

    ReplyDelete
  19. wah tinggal main gesek aja dong mbak dee.. :p

    ReplyDelete
  20. mau donk pake KKnya ben hihihi
    kontributor annida? boleehh... tapi kagak digaji yee hehe

    ReplyDelete
  21. Ciee... Dee sudah bener2 kena "virus" niy... hehe.. :p

    ReplyDelete
  22. kartu kredit mah smakin digesek, makin banyak utang-tang-tang!

    ReplyDelete
  23. iya tuh, virus tetangga sebelah ;p

    ReplyDelete
  24. hihihi..jadi ingat pengalaman bikin kartu kredit sekali gara-gara mau beli tiket pesawat ke Jepang..ujung2nya gak kepake. Dah di tutup eehh masih dapat tagihan...nasib-nasib...kapok deh pake kartu kredit...

    ReplyDelete
  25. Belum berminat punya KK... abis ngeriii... takut kalap! *terbayang sosok Becky Blomwood* Tapi alhamdulillah deh udah ada yang syariah... paling nggak masyarakat muslim jadi punya pilihan.

    ReplyDelete
  26. hiiiiiy... aku nggak mau ah pake kartu kredit.. mana enak hidup dililit hutang.. :p

    ReplyDelete
  27. di Indonesia saya apply KK di tolak teruss hihihi. klo di LN mah kayaknya kudu punyaa ya trutama untuk transaksi OL. disini dapet KK untuk mahasiswa kagak ada anual feenya. hehehe

    ReplyDelete
  28. Bu, perbankan syariah di Indonesia memang betul menerapkan azas syariah ke nasabahnya, tapi denger2 untuk memutar modal mereka tetap menginvestasikan ke komunitas perbankan konvensional (imho), karena dominasi perbankan konvensional masih terlalu kuat u/ ditembus mereka.

    Saya sendiri udah belasan tahun pake KK, tapi masih suka sebel kalo tagihan udah dateng, meski terasa membantu juga di kala paceklik :D

    ReplyDelete
  29. aku punya KK, tapi ini kepaksa karena harus pergi2 ke LN, dan di LN justru lebih susah jika gak punya KK. Jadi kalo lagi di Indo, malah diumpetin di lemari.
    lebih suka pake cash, lebih terkontrol, dan bisa nge-rem.
    KK syariah..? it's a good step. Memang perlu proses untuk menuju perekonomian yang benar-benar syariah. Semoga KK syariah ini bisa konsisten dengan tujuannya untuk mencari ridha Allah, bukan untuk tujuan komersial semata.

    ReplyDelete
  30. ngeredit panci mesti pake kartu kredit juga, mbak dee?

    ReplyDelete
  31. hihihi punya KK emang keren... padahal mah... ngut... ngut... hihihi
    *dari saya yg doyan menggesek... KK lho*

    ReplyDelete
  32. alhamdulillah sudah ada KK yg buat kita.... dg segala kekurangan dan kelebihannya, tentu ini awal yg baik buat kita... semoga akan hadir KK syariah lainnya... ayo dong bank muamalat bikin juga.... hehe nasabah muamalat sejati nih.... :))

    jika digunakan dg bijak, KK tentu sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  33. iya, banyak kejadian kayak gini ya, mbak. aku pernah baca, katanya nih bank emang "sengaja" gak gampang nutup KK, bair tagihan jalan terus kali yee...

    ReplyDelete
  34. Waaah, fansnye becky juga neh? hehehe. si becky mah geblek, segala cara bisa aja... ampe ngumpetin KK di tempat bedak, gelooo... :D

    ReplyDelete
  35. iya, gak usah kalo gak bener2 mendesak. eh, neta apa kabar? lama gak nongol kayaknya neh :)

    ReplyDelete
  36. wah, enak tuh, kak. di sini gak ada annual fee kalo tiap bulan belanja sekian2, itu juga cuma setaon.. huuu

    ReplyDelete
  37. KK syariah....denger berita mau diterbitin udah beberapa waktu yang lalu, baru sekarang denger berita udah terbitnya....

    ReplyDelete
  38. susah ditembus dan udah bebelit juga, ya mas. segala sesuatu emang perlu proses ya. smakin banyak bank syariah dan produk syariah belum cukup, perlu support system bidang lain tentu.

    ReplyDelete
  39. haha, iya... kesannya gaya yak, padahal...

    ReplyDelete
  40. yap, dan pelru kita apresiasi... apalagi *ngutip mas ciput* dominasi bank konvensional yg udah berurat-berakar gitu.
    wah, yang fansnya BMI ;)

    ReplyDelete
  41. Ini nih yang ditunggu2. thanks ya Mbak infonya.

    ReplyDelete
  42. sama-sama mbak Ani :)
    jangan2 ntar bisa bayar kue pake KK, ehhe

    ReplyDelete
  43. hal2 yang berbau bank2 syariah kalau asalnya dari luar negeri, mestinya meragukan sih mbak (menurut pendapat pribadi)... karena syariah itu kan mestinya ga cuma prosesnya aja (mudharobah, musyarokah, murabahah dlll), namun juga PENYALURANNYA...
    kalau KK saya nunggu2 bank dalam negeri aja.. moga2 ada

    ReplyDelete
  44. o iya, satu lagi yang membuat perbankan syariah di Indonesia susah maju, mungkin karena masyarakat masih cenderung membandingkan "bagi-hasil" bank syariah dengan "bunga" bank konvensional. Begitu tahu "bunga" bank konvensional tinggi, langsung pindah. Ini berarti memang pemahaman tentang makna "syariah" itu

    sendiri masih belum nempel di hati.... Kalah kita sama singapura yang bertekad mau menjadi pusat perbankan syariah Asia (tenggara?). Kalah di mental yang
    masih "bunga" oriented

    saya ada sedikit tulisan di sini : http://blog.unisa81.net/2007/07/02/mengintip-perbankan-syariah/ , semoga sedikit menambah2 ^_^

    ReplyDelete
  45. lho, danamon emang luar negeri ya, ren?? *binun*
    kalo soal penyaluran menurut saya gak tergantung ama negara ya. gak usah ke luar negeri, di dalam negeri aja banyak usaha haram.

    ReplyDelete
  46. Gak cuma di indonesia menurut saya ya, ren. Di mana2 pun orang banyak tergiur bunga. Paradigma ini juga yang mesti diubah.
    Singapura mo jadi pusat perbankan syariah, baguslah. Tapi kalo bisa uang2 korutopr indonesia yg 700 trilyun itu dikembaliin, haha!
    thx link-nya ren, nanti saya baca.

    ReplyDelete
  47. lah neng dee, nggak usah khawatir ama yang namanya kartu kredit. Msalah utang piutang kan balik lagi ke gimana disiplin diri kita toh? Kalo kerjanya kredit kiri-kanan ya bisa terbelit juga :)

    ReplyDelete
  48. hehehe... sorry kemarin langsung cabut..

    warning: di bawah ini pendapat pribadi dari yg cuma tahu sedikit syariah banking :)

    Bank dalam ekonomi islam berbeda dengan bank dalam ekonomi konvensional. Perbedaan substantif - IMHO n CMIIW - terletak pada fungsinya. Dia bukan hanya berfungsi sebagai penyalur penabung ke pengusaha (fungsi intermedasi) tapi juga lembaga pemerata kemakmuran (fungsi re-distribusi).

    Jadi pembedanya bukan cuma pd akad kredit (bagi risiko bukan cuma bagi untung), area investasi (usaha2 haram), apalagi kalau cuma pada teknis penghitungan bagi hasil. Pembeda yg lebih substantif adalah pada SIAPA dan UNTUK APA kredit diberikan.

    Idealnya, bank Islam menyalurkan tabungan (i.e. uang golongan berlebih) pada usaha2 yg bisa menggerakkan usaha2 produktif kaum yg kekurangan (kayak BRI lah atau Grameen di Bangladesh lah, atau mungkin BPR syariah dan BMT2 kecil).

    Jadi kl ada bank syariah invest di saham perusahaan semacam Aqua, fungsi redistribusi ini kurang terpenuhi karena yg terjadi adalah uang ummat malah masuk lingkaran usaha kaum yg berkecukupan.

    Sikap kita thd kartu kredit syariah? jangan apati atau simpati dulu... siapa penerimanya? untuk apa ia diberikan? baru deh ...

    waLlaahu'alam

    ReplyDelete
  49. hehehe... sorry kemarin langsung cabut..

    *warning: di bawah ini pendapat pribadi dari yg cuma tahu sedikit bank-bank-an, palagi syariah banking :)*M

    Bank dalam ekonomi islam berbeda dengan bank dalam ekonomi konvensional. Perbedaan substantif - IMHO n CMIIW - terletak pada fungsinya. Dia bukan hanya berfungsi sebagai penyalur penabung ke pengusaha (fungsi intermedasi) tapi juga lembaga pemerata kemakmuran (fungsi re-distribusi).

    Jadi pembedanya bukan cuma pd akad kredit (bagi risiko bukan cuma bagi untung), area investasi (usaha2 halal vs haram), apalagi kalau cuma pada teknis penghitungan bagi hasil (proporsi vs fixed). Pembeda yg lebih substantif adalah pada SIAPA dan UNTUK APA kredit diberikan.

    Idealnya, bank Islam menyalurkan tabungan (i.e. uang golongan berlebih) pada usaha2 yg bisa menggerakkan usaha2 produktif kaum yg kekurangan (kayak BRI lah atau Grameen di Bangladesh lah, atau mungkin BPR syariah dan BMT2 kecil).

    Jadi kl ada bank syariah invest di saham perusahaan semacam Aqua, fungsi redistribusi ini kurang terpenuhi karena yg terjadi adalah uang ummat malah masuk lingkaran usaha kaum yg berkecukupan.

    Sikap kita thd kartu kredit syariah? jangan apati atau simpati dulu... siapa penerimanya? untuk apa ia diberikan? baru deh ...

    waLlaahu'alam

    ReplyDelete
  50. baru2 ini ditawarin bikin KK di salah satu bank, udah siap2in semua dokumen. tapi setelah browsing di inet banyak yg komplain ttg KK langsung urung deh.sebenernya kl kita disiplin bayar lunas gak masalah, tapi kl sampai di tunda2 dan akhirnya jadi bunga berbunga whuih...ribet deh. akhirnya tetep gak punya KK deh.. (kl AD mah banyak :D) kira2 KK syariah ini gimana ya prospeknya..

    ~lirik2 linknya...

    ReplyDelete
  51. Mba, situ khan mo ke Amrik ya, saran saya nanti kalau jadi pergi hati-hati ngegesek kartu kredit apapun, syariah maupun bukan, bawaan dari Indonesia. Bukannya apa-apa, biar kata syariah sekalipun, begitu digesek di sana ya dicharge dollar, padahal pendapatan rupiah :p *becanda tapi serius dikit dink :D*

    ReplyDelete
  52. iye, palagi kalo beli HP bisa ngutang ama tante sita *jaka sembung!*

    ReplyDelete
  53. oceh deh, om yudi... untung balik lagi, kalo gak ogut kejar sambil bawa kucing garonk kekekek

    ReplyDelete
  54. yup, betul mbak. cuman namanya manusia, godaaaanya besaaar *bergaya zainuddin mz* hehe
    soal prospek kurang begitu tau mbak, kayaknya sih lumayan ya secara pangsa pasar muslim banyak juga.

    ReplyDelete
  55. ya udah ama KK mia aja, minta anak barang seorang... kalo dapat, kalo dapat, hendaknya kusurh berdagang *tega banget sih minta anak buat suruh berdagang* hehehe

    ReplyDelete
  56. sangat dicatat, mas. tapi pan ada uang saku, pake mentah aje kali yee.... pokoke kagak pake KK kalo kagak urgent banget dah:D. tararengkyuuuh....

    ReplyDelete
  57. terimakasih sudah mengshare Syariah Card. saya jadi terinspirasi untuk menjelaskan kembali mengenai Kartu Kredit Syari'ah. jika berkenan untuk menyempatkan membaca tulisan saya tentang Kartu Kredit Syari'ah, silahkan berkunjung di http://artikelekis.blogspot.com/2014/09/kartu-kredit-syariah-syariah-card.html

    ReplyDelete