Friday, March 30, 2007

Dan Aku Malu pada Semangatmu


Usianya tak muda lagi. 60 tahun. Saya pertama kali mengenalnya 7-8 tahun lalu. Saya murid, beliau dosen. Tepatnya, Ustazah yang mengajar sirah di sebuah ma'had. Dua semester saya mendapat wawasan tentang keagungan Nabi, jejak sahabat, dan beragam hikmah dari tuturan beliau yang lembut namun bernas dan semangat. Saat itu beliau satu-satunya dosen wanita di ma'had.

Setelah tak ma'had lagi (padahal tinggal skripsi hiks), saya hampir tak pernah bertemu beliau. Kira-kira 3
bulan lalu, seorang sahabat bercerita tentang seorang ustazah yang meminta pendapat tentang tulisannya pada sahabat saya tersebut. Tak disangka ternyata ustazah tersebut adalah beliau, dosen saya di ma'had dulu.

Dan, milad 10 tahun FLP bulan lalu mempertemukan saya kembali dengan Ustazah Fatma Elly. Beliau tekun mengikuti acara FLP dari pagi hingga malam hari! Karena heboh wara-wiri mengatur jalannya acara dari pagi hingga malam, saya tak sempat mengobrol banyak dengan beliau. Namun kami bertukar nomor ponsel. Dan beliau juga sempat menunjukkan buku kumpulan cerpennya yang telah terbit (serial Gender: Malam Ini Tak Ada Cinta). Sebelumnya saya sudah pernah lihat di toko buku (atau pameran?). Melihat sampul bukunya sama sekali tak menyangka itu adalah buku beliau.

Seminggu berselang, masuk sms ke ponsel saya dari beliau. Bertanya kabar dan mengutarakan keinginan untuk menjadi anggota FLP. Saya jawab bahwa beliau tidak diperkenankan menjadi anggota FLP, beliau seharusnya malah menjadi penasihat kami (terutama dari sisi spiritual, karena masih suka bandel-bandel hehe). Beliau bersikeras tetap ingin menajdi anggota. Saya juga bersikeras menolak :D.

Kemudian berlanjut pada sms-sms berikutnya. Bahwa beliau ingin bertemu, meminta pendapat tentang novel yang sedang beliau tulis, serta berdiskusi tentang penulisan. Aduh, malu rasanya dengan keinginan beliau. Bukan apa-apa, saya juga masih cetek banget di dunia penulisan. Lebih malu lagi saat beliau bilang ingin main ke rumah saya. Saya bilang, saya yang akan main ke rumah beliau.

Selasa lalu, setelah sebulan lebih beliau sms menanyakan kapan bisa bertemu, akhirnya saya berkesempatan silaturahmi ke rumah beliau. Kebetulan sore itu saya menjenguk anak teman, Azimah (ketua harian FLP) yang sedang dirawat di ICU RS Harapan Kita. Rumah Ummi--panggilan buat beliau-- di daerah Kemanggisan, tak begitu jauh dari RS. Sekitar jam 7 malam saya tiba di rumah beliau. Dan mengalirlah percakapan di antara kami.

Siapa sangka, beliau sebenarnya sudah menulis sejak usia 13 tahun, dan cerpennya yang ditulis pada usia tersebut dimuat di majalah Varia. Lantas hingga usia 19-20 tahun beliau aktif menulis (cerpen juga artikel) dan dimuat di berbagai media, seperti Sinar Harapan, Berita Buana, Pelita, hingga Kompas. Beliau juga berkawan dengan La Rose dan Titie Said (atau WS ya? lupa :D) dan sempat menjadi anggota Himpunan Pengarang Indonesia Aksara. Aktivitas beliau selain menulis pun beragam. Juga pernah menjadi anggota KAMI, dan ikut berdemo memprotes pemerintah.

Di usia 20 beliau menikah. Dan, aktivitas menulis pun seakan hilang dari warna kehidupannya. "Ummi fokus mengurus keluarga," katanya. Lebih-lebih, di tahun 80 akhir, saat dakwah merebak d
i negeri ini, beliau juga semakin disibukkan dengan berdakwah, serta mengajar ma'had sejak awal 90-an. Yang juga bikin saya kagum, beliau satu-satunya dosen perempuan, yang "hanya" lulusan perguruan tinggi biasa (beliau mengambil jurusan hubungan internasional di sebuah akademi di Jakarta kemudian melanjutkan sarjana di Universitas 17 Agustus. Padahal ustadz-ustadz lain pengajar ma'had adalah lulusan Mesir, Arab, paling banter LIPIA.

Saat era dakwah beliau sempat menulis beberapa tulisan dan dimuat di majalah Sabili dan Ummi. Tapi, hanya itu. Hidup beliau sebagian besar benar-benar tercurah untuk dakwah.

Pertengahan tahun lalu, saat berhenti mengajar dari ma'had, barulah beliau memikirkan kembali untuk menulis. "Ummi berpikir, harus ada aktivitas lain yang bermanfaat untuk umat. Dan Ummi pun tersadar bahwa Ummi dulu pernah aktif menulis..."

Dan begitulah, beliau pun menulis dan menulis. Sekitar 15 cerpen rampung. Beliau terpikir untuk menerbitkan. Maka lahirlah buku di atas. Kumpulan cerpen dengan garis merah tema tentang wanita, feminisme, dan Islam.

Obrolan kami terus berlanjut. Beliau juga mengajak saya ke kamarnya, untuk memperlihatkan novel yang sedang ditulis (sudah selesai sebenarnya namun beliau ingin revisi dengan berbagai pertimbangan), dan meminta pendapat saya. Tapi, OMG, 400 halaman lebih! Masya Allah... Beliau bertutur bahwa novel tersebut adalah perluasan dari sebuah cerpen yang ada di kumcernya. Waaaa! Saya hanya membaca secara scanning dan meminta beliau bercerita singkat tentang nvoel tersebut. Lantas saya menyimpannya di flash disk dan berjanji akan membaca di rumah.

Beliau sangat ingin menerbitkan novel itu secepatnya. Namun merujuk kumcer pertamanya yang digarap kurang maksimal (terutama dalam hal editing), saya bilang pada beliau untuk jangan terburu-buru. "Biar hasilnya maksimal, Ummi."

Apa jawab beliau?
"Bukan apa-apa, Dian, usia Ummi sudah 60 tahun. Kalau merujuk usia Nabi, mungkin hanya 3 tahun lagi Ummi hidup. Ummi hanya ingin meninggalkan jejak untuk umat."

Saya terdiam. Speechless.

Tak terasa, saat melirik jam dinding, jarum menunjuk angka 11. OMG! Setelah menunggu taksi, menjelang tengah malam, saya pamit. Membawa segenap hikmah dan menyerap sejuta semangat dari Ummi.





44 comments:

  1. TFS. sangat inspiratif. penulis "never die". :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih mba dian sudah share .... ini membangkitkan semangat para pemula untuk dapat meninggalkan jejak yang bermafaat bagi umat.

    ReplyDelete
  3. manusia boleh mati. tapi pikiran-pikirannya (yang dituliskannya), never die. :) *aku kenal bung karno, dari pikiran-pikirannya yang terdokumentasi* :P

    ReplyDelete
  4. sama2 mas dudi.
    yang lebih "speechless" beliau juga sedang mempersiapkan tulisan ttg palestina. setumpuk buku, koran sudah beliau kumpulkan, dan sekian halaman juga sudah ditulis. uhuk... dipikir2, sbg penulis yg katanya mo mencerahkan umat, saya kok santai bangetttt....

    ReplyDelete
  5. Teh Dee, kenalin ambu dong ama ibu yg satu ini. Plliiizzzz...
    Sapa tau, kutukan sebutan lelaki itu bisa dihilangkan, hehehe...

    ReplyDelete
  6. hehe, yg sebelumnya kidding, kang tian.
    betul banget. kalo ada pikiran2/ucapan yg terdokumentasi, apa jadinya kita... gak ada tuntunan u/ berbuat, beribadah, beramal. makanya tulisan kan peradaban itu sendiri ya...

    ReplyDelete
  7. Beliau udah kenal teteh kok, soale kemarin aku tukeran buku ama beliau. Beliau kasi kumcernya, dan aku kasi novel + buku nikah sama bule ;). insya Allah akan aku kenalin, teh. beliau pasti seneng banget tuh kenal ama teteh. Ummi tuh baiiiiiiiik banget deh.
    tapi kalo u/ menghilangkan kutukan nama cowok mah kudu diruqyah teh, hihihi

    ReplyDelete
  8. kok aku jadi malu ya...jangankan mikirin umat...kadang2 lingkungan terdekat pun terlupakan...hiks...hiks

    ReplyDelete
  9. arah tujuan ummi sudah jelas sekali sehingga ingin memberikan amal yang terbaik yang beliau miliki. Mudah-mudahan semangat ummi ini bisa "menular" kepada generasi selanjutnya. Sehingga perubahan yang diimpikan itu dapat terwujud.

    ReplyDelete
  10. yup, betul sekali, mas.
    mudah2an kita dapat mengikut jejak langkahnya. amiin.

    ReplyDelete
  11. inspiratif. jangan nyantai terus yaks... kalah euy... hayuk lebih semangat lagi...

    ReplyDelete
  12. hikss sudah setua itu tenaganya ada yah..
    aku yg masih muda gini aja udah suka lemes2, ngantuk2 capek2.. tidur mlulu >_<

    ReplyDelete
  13. iya neeh, abis keseringan maen ama yg nyantai2 seh, wakakakakkk...

    ReplyDelete
  14. kekeke, sama, nit. bawaannya kalo nyampe rumah pengennya cuma baca sambil tiduran...
    ugh, tua mo jadi apa kalo kayak gini terus :(

    ReplyDelete
  15. Subhanallah......jadi buat cermin diri. Thanks Mbak Dee.....

    ReplyDelete
  16. semangat2....... *sambil narik selimut...brrrr dingin* :p

    ReplyDelete
  17. Semangat*...ih jadi semangat saat baca ceritanya mba...semoga ttp semangat stlh ini :)....malu sama ummi...salam buat ummi klo sms-an yah mba...btw rumahnya kemanggisan dimananya?sapa tau nanti pas pulang bisa silaturahmi dan mengambil ilmu dr ummi,amiin
    -Luv- tfs mba

    ReplyDelete
  18. Wuiiiiiiiiiiiiih, hebat! *duh, jadi malu sama diri ini* :-(

    ReplyDelete
  19. inspiring individual! humble me... really.

    ReplyDelete
  20. Semangatnya jadi motivasi untuk cepet-cepet nulis nih... keburu nggak ada yang ditinggalkan untuk.... anak-anak?

    ReplyDelete
  21. wa... salut

    btw sampul bukunya yang udah terbit funky ya mbak?

    ReplyDelete
  22. semangat yg luar biasa.....pribadi yang inspirative sekali :)

    ReplyDelete
  23. salut...!
    *jadi malu diri nih. kudu bercermin dari beliau*

    ReplyDelete
  24. Subhanallah....salam buat beliau ya mbak...
    eh, kemanggisan? padahal bisa dapet kebab gratis dari indra disana mbak:D

    ReplyDelete
  25. T'Dee... bener2 hebaddd beliau yah !!!! *gogodeg*

    ReplyDelete
  26. subhanallah....
    usia ternyata tak jd halangan berkiprah terus ya

    ReplyDelete
  27. salut dengan usianya, sy mah belum apa-2 kalo gitu!

    ReplyDelete
  28. Waaah, iya tuh. waktu milad kan aku yang ketitipan untuk jualin bukunya Ummi, tapi belum sempet silaturrahim ke sana. saya udah baca semua kumcer yang ini mbak, isinya memang di peruntukkan untuk para feminis, biar pada "insyaf" hehehe... Semangat Ummi..!!!!

    ReplyDelete
  29. @ Wati: mirror mirror on the wall :D. sama2 wat. kembali kasih, muahh.

    @ Ari: *narik selimut sambil nyiram sember air* banguuung... banguuun!

    @ Vera: di Komplek TVRI, ve. iya, kayaknya deket tuh ama rumah Ve. silakan mampir ve, ummi pasti seneeeng banget.

    @ Ima: malu bareng yuk, ma hehe.

    @ Teh Merlyna: betul teh...

    @ Mbakari: Ayoooo, menulissss! *buat diri sendiri juga hiks*

    @ Mbak Yuana: Iya, saya aja gak nyangka mbak itu bukunya beliau.

    @ Agung: Yup, yg muda aja semangatnya sering ilang.. contohnya saya :(

    ReplyDelete
  30. @ Ti2n: Cermin di rumah ummi banyak kok, tin (lho? :D)

    @ Eki: hormaaatt graaak! hehe

    @ Ajeng: Kebab? Indra saha, jeng? Mau dong kebab!!

    @ Teh tina: gogodeg teh naon ya? taunya gudeg ;)

    @ Mba ani: Tul banged mba. Kita istirahat ya di akhirat nanti (huks)

    @ Mas udin: samma, mas. saya juga kagak ade ape-ape banget sekalihhh

    @ Dani: nah, iya tuh, kamu ditunggu ama ummi. katanya mo maen. hayoo, cepetaaan!

    ReplyDelete
  31. Aku juga maluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu :((

    ReplyDelete
  32. Huhuhu..ngiri sama dian yg udah ke rumah umi. Kapan dakyu ke sana ya? padahal umi udah sering ngajakin. belagu deh ya gue, sok sibuk bener. hiks, tp gpp, umi fatma telah bertemu dengan orang yang tepat :) "Dian bikin buku ya, jangan cuma rajin bikin review di MP doang!" *galakmodeon* :p

    ReplyDelete
  33. Iye, sok sebuk deh :p
    Rumahnya Ummi asyik lho, bahkan beliau nawarin untuk dijadiin ajang kumpul2. Kapan2 mungkin bisa BC di rumah Ummi.
    Sekarang itu kudu fokus dan spesialisasi. Jadi dakyu spesialis review aja, nulisnya suka2 (suka iya, suka gak, banyak nggak hehee)

    ReplyDelete
  34. wah ntar main kesana deh kalo paske jakarta, mbak de mau jadi guidenya dong ya?

    ReplyDelete
  35. tentu win! bilang2 yee kalo ke jakarta! kangen neh ama wina ;)

    ReplyDelete
  36. udah diniatin ingin buat catatan minimal untuk anak2 (paling tidak bermanfaat untuk anak2..)..tapi menumpahkan apa yang ada dikepala menjadi tulisan ternyata tak semudah yg saya bayangkan ya...

    ReplyDelete
  37. Adanya tendensi sebagian besar masyarakat dunia yang memberikan status warga nomor dua kepada perempuan sebenarnya tak terlepas dari klaim tindakan mereka tersebut berdasarkan pada wahyu Ilahi. Terurama berakar pada kesalahpahaman atas teks-teks Injil. Mereka terepresentasi dengan baik pada interpretasi abad pertengahan terhadap penciptaan Adam dan Hawa sebagaimana diriwiyatkan secara terperinci dalam Kitab Kejadian, 3:1-24. Tuhan melarang keduanya memakan buah dari pohon terlarang. Setan menggoda Hawa untuk memakan buah dari pohon itu dan Hawa, akibatnya merayu Adam untuk memakannya bersama dengannya. Ketika Tuhan mengingatkannya atas apa yang telah dilakukannya, Adam menumpahkan segala kesalahan pada Hawa. Konsekuensinya, Tuhan berkata kepada Hawa sebagai berikut:
    “Aku akan benar-benar meningkatkan rasa sakitmu dalam mengandung anak; dengan rasa sakit ketika kamu melahirkan anak-anak. Hasratmu adalah untuk suamimu dan ia akan memerintah atasmu.” (Kejadian, 3:16)

    Citra Injil terhadap Hawa telah menghasilkan pengaruh luar biasa negatif terhadap kaum perempuan di seluruh tradisi Yahudi-Kristen. Semua perempuan diyakini telah mewarisi dari ibu mereka, “Hawa versi Injil” tersebut, baik kesalahan maupun kutukannya. “Hawa versi Injil” telah memainkan peran lebih besar pada Kristen ketimbang Yahudi. Dosanya (Hawa) menjadi sedemikian fundamental bagi keseluruhan keyakinan Kristen karena konsepsi Kristen mengenai latar belakang belakang misi Yesus di muka bumi berakar dari ketidakpatuhan Hawa terhadap Tuhan. Hawa telah berdosa dan kemudian menggoda Adam mengikuti hal yang sama. Akibatnya, Tuhan mengusir keduanya dari surga, yang telah dan akan terus dikutuk karena perbuatan mereka itu. Mereka mewariskan dosanya yang tak pernah diampuni Tuhan, kepada seluruh keturunan mereka, dan dengan demikian, setiap manusia terlahir dalam keadaan berdosa. Untuk menyucikan manusia dari dosa asal itu, Tuhan harus mengorbankan Yesus, yang dianggap sebagai Anak Tuhan, di tiang salib.

    Berbeda dengan dogma Injil terhadap Hawa, maka sesungguhnya al-Quran memberikan pembelaan terhadap perempuan mulia tersebut. Al-Quran jelas menolak kisah Adam dan Hawa yang diputarbalikkan ini, sebagaimana al-Quran meralat banyak kisah Injil lainnya yang telah diubah oleh manusia itu sendiri (Lihat surat al-Baqarah, 2:174). Ayat-ayat al-Quran tentang kisah Adam dan Hawa menggunakan bentuk kata ganti orang dalam bentuk ganda, yaitu هما atau dibaca humaa, yang artinya adalah dia dua orang manusia -dipakai baik untuk perempuan atau laki-laki. Kemudian kata kerja yang dipakai juga menunjukkan bentuk mutsanna (ganda). Dari sini, jelas bahwa setan menggoda mereka berdua, keduanya jatuh ke dalam jebakannya, keduanya makan buah yang terlarang dan sebagai akibatnya, keduanya sama-sama bertanggung jawab dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat. Hal ini jelas memerlihatkan bahwa di sisi Allah, mereka berdua setara.
    Diantara ayat-ayat al-Quran tersebut, ialah :

    Al-Baqarah, 2:36
    فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُواْ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ {36}
    Artinya : “Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.”

    Al- ‘Araf, 7:22
    فَدَلاَّهُمَا بِغُرُورٍ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَاتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِن وَرَقِ الْجَنَّةِ وَنَادَاهُمَا رَبُّهُمَا أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَن تِلْكُمَا الشَّجَرَةِ وَأَقُل لَّكُمَا إِنَّ الشَّيْطَآنَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُّبِينٌ {22}
    Artinya : “Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: "Bukankah Aku telah melarang

    ReplyDelete
  38. salut dengan beliau, kenal beliau sewaktu di mahad...
    di usianya yang sudah senja... beliau semakin aktif berdakwah, salah satunya hobinya yang tidak pernah padam, alhamdulillaah, lahirlah buku terbaru ummi. subhanallaah

    ReplyDelete
  39. subhanallah......speechless banget mbak Dee....
    semoga samangatnya menulat padakuu...

    *huhuhu, jadi malu niat mo buat cerpen gak jadi-jadi*

    ReplyDelete