Thursday, March 29, 2007

Bener, kamu sahabatku?



... atau mungkin dibalik: Bener, aku sahabatmu? Punya makna berbeda, meski cuma dibalik. Nggak mau jelasin sih (mo nulis tapi gak sempet hehe). Cuma mau posting syairnya Kahlil Gibran tentang persahabatan. Abis bikin review Charlotte's Web, jadi pengen posting syair ini secara utuh.

*****


Sahabat adalah kebutuhan jiwa yang mendapat imbangan. Dialah ladang hati
yang dengan kasih kautaburi. Dan, kau pungut buahnya penuh rasa terima kasih.
Dia pulalah naungan sejuk keteduhanmu. Sebuah pendiangan demi kehangatan
sukmamu. Karena kau menghampirinya di kala hati gersang kelaparan dan
mencarinya di kala jiwa membutuhkan kedamaian.




Bila dia bicara menyatakan pikirannya, kau tidak menakuti bisikan
'tidak' di kalbumu sendiri. Pun tiada takut melahirkan kata 'ya'. Dan, bilamana
ia diam, terbungkam tanpa bicara, hatimu tiada kan henti mencoba menangkap
bahasa hatinya. Karena dalam rangkuman persahabatan tanpa kata, segala pikiran,
harapan, dan keinginan dicetuskan bersama dan didukung bersama. Dengan suka
cita yang utuh, pun tiada disimpan.





Di saat terpisah dengannya, kau tiada berduka cita, sebab apa yang
paling kau kasihi darinya amatlah mungkin lebih cemerlang dari kejauhan.
Sebagaimana sebuah gunung yang nampak lebih agung dari tanah ngarai dataran.





Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya
kejiwaan. Sebab kasih sayang yang masih mengandung pamrih, di luar misterinya
sendiri bukanlah kasih namun, jaring yang ditebarkan.





Persembahkanlah yang terindah demi persahabatan. Jika dia harus tahu
musim surutmu biarlah dia mengenal pula musim pasangmu. Sebab siapakah sahabat
itu hingga kau hanya mendekatinya untuk bersama sekadar membunuh waktu? Carilah
ia, untuk bersama menghidupkan sang waktu. Sebab ialah orangnya untuk mengisi
kekuranganmu, bukannya untuk mengisi keisenganmu. Dan, dalam kemanisan
persahabatan biarkanlah ada tawa ria kegirangan, berbagi duka, dan kesenangan.
Sebab dari titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menghirup fajar hari. Dan
menemukan gairah segar kehidupan.



(dari Sang Nabi – Kahlil Gibran)








69 comments:

  1. bukan aku cucumu :p *masih iseng mode*

    ReplyDelete
  2. Suwer lah Teh Dee, ambu sobat na Teh Dee dan gitu jg sebalik nya;) Kl ga percaya, belah lah duren diwarung depan itu, hehehe...

    ReplyDelete
  3. Bener kok, yan...kamu sahabatku! ;)

    ReplyDelete
  4. saya..saya..saya juga ngedaftar mbak. Masih terima khan?

    ReplyDelete
  5. mbak dee sahabat yg baik.. krn gak pernah bosen menghadapi aku yg bandel ini hiks hiks hiks..
    thanks ya mbak mau jadi temenku. soalnya temen2 mbak dee yg laen kan kayaknya baik2 tuh gak badung kayak aku ^^::

    ReplyDelete
  6. ian sih pengennya jadi sahabat mbak Dee, tp mbak dee-nya mau nggak, ya?

    ReplyDelete
  7. aku sukaaaa skali ama syair Kahlil Gibran di atas.
    penuh kenangan...

    ReplyDelete
  8. mbak Dee tuh sahabat yang sekaligus kakak.
    nah lho... berarti sahabat PLUS doong :D

    ReplyDelete
  9. Mbak...back groun MP-nya dah tambah keren. Tapi reply teman2 jadi gak kebaca. Karena gelap kali yeee

    ReplyDelete
  10. uhukk-uhukkk... cuuu... kok ka-mu ngem-pi t-e-rus... bu-kk-annya be-be-lajar...hukkk-uhuuuuuukkkk

    ReplyDelete
  11. Jadi, aku sahabatmu kan Mbak Dyan? :) *wink wink*

    ReplyDelete
  12. aduh ini wallpapernya puyeng amat... nggak jelas jeng.

    ReplyDelete
  13. Udah dibelah, oohhh... dan aku temukan the heart of friends from teh lien di bijinya, hihihi.. Muahh buat teteh!

    ReplyDelete
  14. Mbak bukan cuma sahabatku, mbak "kakak cewek" yg gak pernah aku punya ;). kakak yang... (aah, gak bisa diuraikan dengan kata2, sahhhh... :D). *peluk erat2*

    ReplyDelete
  15. lima rius, tan! *lebih banyak kan? :D*

    ReplyDelete
  16. duh mbak beby... gak perlu daftar, otomatis sudah ada di list kok ;)

    ReplyDelete
  17. udah diterima sejak dulu kala, mba pungki, hehehe

    ReplyDelete
  18. Wah, ada yg lebih badung kok, nit, hihi. Bahkan ada juga yg aneh lho, nit. ampe pusing sendiri ngadepin temen yg kayak gini.
    asiknya temenan ama nit tuh krn pinter dan banyak wawasan ;). moga ukhuwah kita selalu dipererat Allah ya, nit. luv u.

    ReplyDelete
  19. baut titim mah kagak perlu... piiiisss :p

    ReplyDelete
  20. baruu neh themes nya.. bagus mbak

    ReplyDelete
  21. Plus plus plus plus... muaaah...! *peluk ti2n*

    ReplyDelete
  22. waktu akan membuktikan, mas ;). yg jelas daku sih menganggap dikau sahabat dalam menginfokan berita terkini AI hihihi

    ReplyDelete
  23. di sana gak kebaca ya, ki? soale di sini jelas2 aja tuh. tapi dah ganti kok... kemarin iseng aja ;)

    ReplyDelete
  24. pernah dapet wejangan: "seorang teman adalah untuk ditemani, bukan untuk diminta menemani"
    jadi mbak dee adalah teman yg baik krn sudah bisa menemani banyak orang hiks hiks *terharu*

    ReplyDelete
  25. di sini kok jelas2 aja ya, neng. tapi dah ganti kok, kembali ke selera asal ;p

    ReplyDelete
  26. thems yg mana mba sya? soale baru ganti lagi hihihi, banyak diprotes, terlalu ngejreng soale ;)

    ReplyDelete
  27. duh, jadi terharu juga, nit. tapi, mba mah masih lbh sering minta ditemani kayaknya dibanding nemeni ihiks...
    ini buat onit:

    ReplyDelete
  28. *hugs*
    (benar kata gibran, jarak kalah cemerlang dgn persahabatan itu sendiri)

    ReplyDelete
  29. jadi mending jauh2an drpd deket2an ya, nit? hihihi

    ReplyDelete
  30. gak juga dong hehe.. tapi klo jauh2an gak usah sedih. kalo ktemu pasti langsung jreeeng! (apa coba)

    ReplyDelete
  31. trus.. megang mik en... "syelaaamat malam dikau kekasyiiihhh...
    hihihi. kapan mudik lagi nit? ketemuan dunk kangen neh ;)

    ReplyDelete
  32. katanya mb di punya Gtalk mail? alamatnya apa? :D
    mau dunk :D

    ReplyDelete
  33. wadduw... peluk2an nih... na duduk aja di pojokan :)

    ReplyDelete
  34. *peluk na erat2*
    ngapain di pojokan aja kayak perangko :p. cup-cup

    ReplyDelete
  35. hiks hiks semoga bisa mudik panjang jadi sempat mampir2 kmana2..
    insyallah pertengahan taon..

    ReplyDelete
  36. amiiin, didoain, nit.
    liburan kemarin alhamdulillah masih bsia telpon2an yak (eh, nit ding yg telp mba hehe)

    ReplyDelete
  37. ya mo gimana lagi.. akunya gak punya nomer tetap. tiap pulang jadi numpang2 hp org huehehe

    ReplyDelete
  38. Tinggaleun euy... masih terbuka pintu buat masuk jadi sahabat t'Dee.... punten ah sahabatku baru mampir, dirumah riweuhhhhh pisannnn !!!!

    ReplyDelete
  39. Do you count me in Mba Dee sayang?!!!

    Btw, bait puisi Gibran ini sempat menghias dengan manis diary ku dimasa2 SMA mba :-D

    ReplyDelete
  40. Kayaknya lebih klop kalo jadi anakku aja ya...

    ReplyDelete
  41. masih terbuka dunk, teh tina sayang...
    ini buat teh tina...

    becanda, bair teteh nyengir, huhihihi

    ReplyDelete
  42. I count to ten, and I'll be next to you... ;)
    *peluk Ima erat2*
    gimana ya kalo kita ketemu, ma? gak ketemu aja udah gini hehehe

    ReplyDelete
  43. Asiiiik, jadi anaknya Mbak Ari...!!!!!
    Jadi kakaknya Ardian en Melissa, muahhhh! :D

    ReplyDelete
  44. mba Dee, daftar juga doong jadi sahabatnya mba Dee

    ReplyDelete
  45. siapkan fotokopi KTP, kartu keluarga, foto 3x4 17 lembar, hihihi.

    ReplyDelete
  46. Kangen beratz ama IMun... *huuugss...*

    ReplyDelete
  47. *Hug erat* Kangeeeen juga Dian.
    Doakan semoga oktober ini sudah bisa menjejakkan kaki ke tanah air. For good.
    Kalau bisa, kita harus jejumpaan nih :-))
    Membayar utang-utang padamu...

    ReplyDelete
  48. Waa, mudik ato pulang beneran?
    Asyikkkk! *jingkrak-jingkrak*
    Bukan harus lagi, tapi kudu-mesti-awas kalo gak, hehe.
    Hmm, mo dibikinin apaan neh kalo ketemuan? Sayur asem? Lodeh? Tempe orek? hehe

    ReplyDelete
  49. Hm,....kalo pecel yang dari mak-mak di Kemuning masih ada nggak? *ngedip-ngedip...mata sakit*
    dari hamil kedua, sampai hamil keempat ngidamnya sama. Pecel Mak-Mak yang di Kemuniiiing.

    Pulang for good, Dian. Insya Allah.
    Kalau nggak selesai Da An, Imun dan anak-anak duluan mudik.

    ReplyDelete
  50. waah, pan kite dah gak di kemuning lagi, mun. jadi kudu dilacak tuh si emak2. Tapi tenaang, emak daku bisa bikin pecel kok, dan enak (menurut anaknye hehe).
    Moga Da An selese ya en bisa pulang bareng2 gituh.
    siip deh, kutunggu kau di gerbang (kayak judul sinetron :D)

    ReplyDelete
  51. Siap-siap aja, nunggunya pake trolley ya?
    *Teman yang dirindui + '*@#~' *

    ReplyDelete
  52. Ikutan daftar, masih terima kan????

    ReplyDelete
  53. Troli pake pecel? Serius bisa ngabisin pecel se-troli? ;p

    ReplyDelete
  54. gak! gak salah dong! hehe *peluk mba ani-yg ok-banget-bikin-amris-* ;)

    ReplyDelete
  55. temennya gembok.... ya kunci
    temennya monitor... ada kibod, cpu, mouse dll
    temennya makanan... teh botol (???)

    temennya Na.... mba Dee

    hoooo raaaaaaaaa yyyyyyyyyyy

    ReplyDelete
  56. *cekikikan baca reply Na*
    Temennya kucing... Na dan dee ;)

    ReplyDelete
  57. spesialis gelitikin kucing kalo lagi bobo = Na
    jagonya foto2in kucing = Mba Dee

    aaaaagghhh... i'm so in love with them :)

    kok jd out of topic ya mba :D

    ReplyDelete
  58. aku sahabatmu juga kan mba.... *berharap*

    ReplyDelete