The Queen

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Sempet mikir, kok review saya kali ini nggak ada yang komentar (meski komentar bukanlah tujuan *alah, jaim*. Pas ngecek lagi, walah, belum saya send, cuma di draft. Nggak tau deh, kayaknya koneksi waktu itu error, trus saya simpen dan kelupaan dikirim.

Kemarin lihat penganugerahan Oscar, dan tebakan saya betul! Duile segitu bangganye :D. Ini review-reviewan yang saya bikin (29 januari) dan lupa dikirim.

=================================================

Mas Tomi sudah mereview film ini di: http://wisat.multiply.com/reviews/item/3. Kalau mau lebih lengkap lihat di: http://www.imdb.com/title/tt0436697/. *Jadi, elo mo ngapain, yan?*. Hehe, mau komen iseng aja dikit.

Yep, film ini memang lumayan bagus. Dan kekuatannya memang ada pada Helen Mirren, pemeran Ratu Elizabeth. Mainnya bagus. Secara fisik juga lumayan mendekati. Betul kata Mas Tomi, cuma agak kurus saja. Meski pas saya lihat-lihat "asli"nya, ternyata nggak mirip deh. So, patut diacungi jempol juga nih penata rias/busana film ini.

Kalo dibandingin ama Meryl Streep di The Devil Wears Prada yang juga mainnya okeh (that's all... :D), Mirren punya kelebihan: memerankan tokoh nyata yang masih hidup. Kalo saya juri Oscar (idih!) saya pilih Mirren. Gerak-gerik yang cukup detil seperti membenarkan posisi kacamata, lirikan, gaya berpangku tangan, dsb, mirip dengan sang ratu (jadi inget waktu saya ketemu ratu, halah! *ngibul* :D).

Ada beberapa hal yang sempet bikin saya heran (ini isengnya):

- Perasaan Michael Sheen (pemeran Tony Blair) jidatnya kayak di-pais-in yak? Hehe. ntu tuh kayak pengantin cewek jawa. Jadi lucu ngeliatnya.Tapi, Sheen cukup oke memerankan blair, nggak tahan aja ama pais-nya :D.

- Waktu lihat Cherry Blair curtsy, kocak juga dan sempet heran. Emang hari gini masih ada curtsy-curtsyan? Saya yang telmi atau orang Inggris yang masih feodal? (weleh, kerajaan aja kan salah "bentuk" feodalisme yak? :D). Mungkin sama kayak abdi dalem di kesultanana jogja (jawa?) kali ya.

- Waktu Ratu nyetir sendiri. Kayaknya agak janggal ya? Bukannya pejabat selalu dapat kawalan, even cuma buat rekreasi atau jalan-jalan?

- Sayang deh, Prince Wills dan Harry kurang diperlihatkan. Padahal pengen lihat juga emosi mereka saat tahu sang ibu wafat. Cuma saat malam mereka diberi kabar ibu mereka mendapat kecelakaan dan saat melihat-lihat karangan bunga. Padahal pengen tahu juga penggambaran emosi kedua pangeran tersebut. Mungkin karena nih film judulnya The Queen kali ya, bukan The Prince :)

- Waktu keluarga kerajaan akhirnya "turun dari singgasana" dan menemui rakyat, kayaknya ada yang agak berlebihan, yakni saat Pangeran Philip menarik-narik jas Prince Wils (Harry) untuk nggak lama-lama ngeliatin ucapan-ucapan dan karangan bunga dari rakyat. Segitunya deh, kayaknya di kejadian nyata nggak kayak gitu.

- Suka deh sama Cherry yang diperlihatkan "sebel" sama gaya feodal kerajaan.

Yup, segitu aja komen-komen kurang bermutu dari saya tentang pelem Sang Satu, hehehh.

===

pic taken from: www.moviecrazed.com

Comments

  1. saya udah liat-liat adegannya di dvd (meski gak nonton lengkap, melainkan diacak). yang lucu, pangeran charles. gak mirip banget. logatnya sih boleh. ratu elizabeth II paling oke (akting dan tata riasnya), juga tony blair (nyengirnya. hanya saja, terlalu pendek).

    lumayan, sedikit ada gambaran, bagaimana suasana intern keluarga buckingham itu. bagaimana reaksi sang mantan mertua lady diana (pangeran philip), yang tampak masih kesel sama menantunya. "ulah apa lagi yang dilakukan dia?" tanya pangeran philip, saat akan diberitahu bahwa diana mengalami kecelakaan. :D

    ReplyDelete
  2. Iya, kang tian, pemeran prince of wales emang gak mirip. Susah kali ya nyari yg mirip.
    Komen pangeran philip emang sinis banget ya.
    Betul, kita jadi tau kondisi keluarga kerajaan. Meski kalo dipiki2r, cape deehhh jaim muluuu....

    ReplyDelete
  3. Begini nih kalau sang pemgamat pilem ngreview pilemm..... :p

    ReplyDelete
  4. jadi pengen liat pelem nyah...
    pinjem dooonggggggg dipidinyahhhh

    *ga modal*
    :p

    ReplyDelete
  5. orang dipidi pijeman (udah dibalikin). juga playernya (laptop). semuanyah minjem. :))

    ReplyDelete
  6. Maklum... sufi (suka film), kikiki. Reviewnya mah... ngasal, bu ;)

    ReplyDelete
  7. ampyuuun deh kang tian, bener2 kagak modal, hehehe

    ReplyDelete
  8. bener niiiiihhhh
    mau dooonkkkkk


    *apa sih yg gue gamau, tahu aja diembat*
    :)))

    ReplyDelete
  9. justru modalku paling berharga: kepercayaan. (dipinjami benda mahal). :))

    ReplyDelete
  10. jangan kuciwa, nak, tante bersamamyuhh, kekeke...

    ReplyDelete
  11. bisaaa ajah ngelesnya, kang tian, kekekeke

    ReplyDelete
  12. pangeran charlesnya mirip bangeeett... kalo dari belakang, hehehehe.... ceritanya kayak reality show aja ya. emang sih film ini show akting helen mirren aja. aku suka dengerin logat inggrisnya, tapi. apa lagi karena subtitle-nya ngaco, jadi harus berkonsentrasi mendengarkan.

    ReplyDelete
  13. hmmm.....kayaknya ni filem gak ada tembak-tambakannya

    ReplyDelete
  14. Ini bukan film humor kan mba?
    ko saya baca reviewnya ketawa-ketiwi yah??
    hehehe.... :p

    ReplyDelete
  15. kayaknya film ini asyik ya, mbak *baca dari review yang mbak buat :-)*
    Sayang belum nonton :-(

    ReplyDelete
  16. mbak, fe klik link-nya pak tomi kok jawabannya review was not found

    ReplyDelete
  17. ini film bukan film humor, apalagi action. lebih mirip film dokumenter plus rekaan, bagaimana situasi kehidupan pribadi --hingga ke kamar ratu-- keluarga buckingham. cukup menghibur (kalau kita mencermati kehidupan penghuni buckingham di dunia nyata, bisa jadi pembanding). :)

    ReplyDelete
  18. maklum... dipidi bajakan, hehe.
    sama, tie, saya juga suka logat british, dengerinnya asyik gituh.

    ReplyDelete
  19. gini ya, ri... :) *gak jelas, kekeke*

    ReplyDelete
  20. Eki: jangan percaya ama review mbak, ki, hehe

    Febi: iya ya, tapi kalo buka langsung ke MPnya Mas Tomi bisa kok, fe.

    Edo: kalo buat edo kayaknya film humor deh :p

    Kang Tian: untung gak ada yg nebak pelem horor ya, kang :D. tapi sebenernya di film ii ada juga unsur humoricnya, meski memang gak bisa dibilang film humor.

    ReplyDelete
  21. tentu saja ada. buktinya aku ketawa ngakak waktu ngeliat penampilan pangeran charles --yang aslinya wajahnya serba runcing-- jadi serba tumpul. =))

    ReplyDelete
  22. wakakaka, iya tuh... diamplas dulu kali :D

    ReplyDelete
  23. sempet ketemu gak waktu ke UK dulu, tin? hehe

    ReplyDelete
  24. oh iya doong... kan sudah seharusnya mampir ke tempat teman lama

    *hihihi...:p *

    ReplyDelete
  25. titipan dah disampein ke beliau, tin? ntuu, kerupuk singkong sama sambel terasi... *sama2 gelo* kikiki

    ReplyDelete
  26. wahhh... maaf mbak...
    udah abis kumakan di jalan... *wekekeke*

    ReplyDelete
  27. ya ampyuuun, gak dikasi nafkah ya ama Yudi, ampe titipan orang diembat?? kekekek... *tambah gelo*

    ReplyDelete
  28. loohh... jangan asal nuduh dong mbak..
    aduh.. gimana ya bilangnya.. *malu2..*
    soalnya... soalnyaa.. sebenernya yg ngabisin itu dia...

    *huahahaha... *

    ReplyDelete
  29. awas jgn lupa untuk berhenti... entar pegel ndiri :p

    ReplyDelete
  30. Jeng, namanya juga ke ratu masa nggak ada hormatnya? Teteup lah meski dah jaman sekarang juga. Trus soal si Ratu nyetir sendiri, emang dia sukanya begitu kalau untuk urusan pribadinya sampai temen yang tinggal di London pernah berseloroh, "Klo liat ada nenek2 nyetir land rover ngebut nggak distop polisi pasti itu Ratu lagi mo jalan-jalan!" Oh ya, yg dia sendirian itu kan pas di tanahnya dia sendiri, bukan di tempat umum begitu dia mo balik kan ada tuh mobil2 pengawalnya bererot. Tapi keren abis ya aktingnya Helen Mirren, pantes deh dapet Oscar.

    ReplyDelete
  31. Oo.. *manggut-manggut*, kayaknya karena daku teracuni ama Undomestic Goddes-nya Kinsella dimana soal curtsy itu dibikin gaya jaman baheula banget gitu, tante.
    Iya, emang di tanahnya sendiri. Hebat yak, untuk keliling tanahnya ndiri ampe pake land rover. Itu yang di london yak, belon tanah en pulau di wilayah lain, hehe.
    btw, maap yee sms dikau belon daku bales. tau kan kenapa? ;). Soal si mister aku juga baru tau di milist flp. Insya Allah minggu ini mo wawancara istrinya, ntar deh aku tanya *(itu juga kalo berani dan kayaknya gak berani hehehe)

    ReplyDelete
  32. adegan favoritku adalah saat ratu mengusir rusa yang cantik dan kesepian yang lagi diuber sama pemburu (kayak lady di gitu deh...). Emosinya dalem banget. (maksudnya emosi rusanya, hehehe...). Apalagi pas ratu liat rusa itu udah dijagal sama pengawalnya, huhuhu...aku kecian sama rusanya. Tapi di luar itu aku ga terlalu surprise sama film ini kok ya... Aku justru penasaran sama The Last King of Scotland. Kayaknya jauh lebih keren pemeran idi amin-nya :D

    ReplyDelete
  33. lho, bukannya mba nanik waktu itu nyicipin daging rusanya? yg dipanggang itu lho, trus pake taburan abon (haiyahh!).
    yup, secara plot sih film ini emang biasa, kuatnya emang di helen mirren. last king of scotland ogut belon nonton tuh. kalo inget scotland jadi inget... (inget sapa hayooohhh?! hehe).

    ReplyDelete
  34. bukannya oma Hellen Miller emang dapat OSCAR mbak? Best Actress...
    hebat kan? DVDnya juga belum sempat di tonton neeeh....

    ReplyDelete
  35. iya, emang dapet, fathin.
    kan di review saya bilang, saya nulisnya sblm pengumuman oscar :)

    ReplyDelete

Post a Comment