Thursday, January 25, 2007

Sammy's Hill

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Kristin Gore
Pengarangnya. Itu yang pertama menarik perhatian saya saat melihat novel ini ngejogrok di Gramedia. Yup, penasaran gitu sama tulisan anak mantan Wapres AS ini. Tadinya saya sudah bosan dengan tema chiklit yang "begitu-begitu" saja. Monoton. Nggak jauh-jauh soal cewek yang bingung nyari pasangan (padahal motto chiklit kan "Being happy as a single". Sedangkan ceritanya malah banyakan kebalikan dari motto itu.

So, kalo nggak emang buat nyari hiburan, saya males beli chiklit. Makanya pas ke toko buku ba'da lebaran (iya, udah agak lama emang baca nih buku, dah dipinjem pula bukunya, sama siapa ya? *lupi*), melihat deretan chiklit baru, saya tertarik ama chiklit satu ini. Ya itu tadi, ama pengarangnya. Dan catett, saya beli chiklit ini tanpa diskon. Padahal biasanya pasti nyari diskonan, hihi. Ya nunggu bookfair, beli di depok (pasti diskon), atau beli onlen.

Setelah baca, ehm lumayan juga. Dunia politik yang jadi background kisah ini yang mungkin membuat nih chiklit cukup berbeda dengan chiklit lain (chiklit lain yang cukup berbeda menurut saya adalah Matrimonial Purpose, pengarangnya keturunan India). Plus digarap dengan ringan dan menghibur, kesan politik yang berat jadi luntur. Meski, emang sih background politiknya nggak terlalu kental, kayak buku-bukunya Tom Clancy misalnya, atau Dan Brown, atau *sapa lagi yak?*

Yah, tentu saja, sebab Kristin punya banyak bekal dari pengalamannya sebagai anak mantan wapres, Al Gore.

Dari sisi plot sih Sammy's Hill memang masih seragam sama chiklit yang lain. Tapi, lumayanlah, jadi tau intrik-intrik di White House.

Oh ya, ceritanya sendiri tentang Samantha Joyce, gadis 26 tahun yang berkarir sebagai Analis Masalah Kebijakan Kesehatan seorang Senator ternama. Bisa ditebak, pekerjaannya cukup menguras energi. Dengan jam kerja yang nggak kenal kompromi, hubungan dengan staf senator lain yang bikin bete, belum lagi kehidupan sehari-harinya yang heboh.

Yang bikin saya ngikik sih cara Sammy memelihara ikan cupang, dan gimana dia sering dikadalin sama Mr Lee, penjual ikan cupang.

Karakter tokoh Sammy mengingatkan saya pada tokoh Becky di "Shopaholic". Unik, cuek, polos, apa adanya. Meski kadang agak berlebihan juga. Masa pakai sepatu beda nggak berasa sih (beda jenis gitu, kiri sepatu olahraga, kanan sepatu kerja). Tapi mungkin karena karakternya yang unik itu, jadi saya cengar-cengir juga bacanya. Banyak juga "kepolosan" Sammy yang lain yang bikin kita tersenyum. Bolehlah nih novel untuk yang butuh hiburan :)

-------------

Judul: Sammy's Hill = Dunia Sammy
Penerbit: Gramedia, 2006
Halaman: 600

8 comments:

  1. wah..ternyata masih banyak buku yang belum di review ya ? heheheh ... jawabannya boleh di ralat gak tuh ? heheheheh

    ReplyDelete
  2. buku yg belon direview? iya, banyak!
    jawaban kagak boleh diralat! hehe

    ReplyDelete
  3. bukunya masih ada di akuww... :D. sama tasnya. sama brownis amandanya :p

    ReplyDelete
  4. TERDAKWA!!!!
    Terkena pasal 1234567, didenda 1 box amanda + 1 box kartika sari + 1 box batagor riri, plus kurungan selama 3 hari (nonton pelem bareng) :p

    ReplyDelete
  5. waduhh kejam nian yak hukumannya.. hehehehhe..salam kenal ya non..

    ReplyDelete