Friday, December 15, 2006

Pemenang Anugerah Youth National Science and Technology Award





Seneng banget ketemu pemuda-pemudi cerdas di acara Festival Pemuda Berprestasi: Youth National Science
and Technology Award”
11-13 Desember lalu. Capek jadi hilang bertemu mereka :) ... Adik saya nambah jadi 10 orang.

Senin-Rabu kemarin itu, mereka didatangkan ke Jakarta untuk karantina yang berisi acara penjurian, wisata ilmu, dan penganugerahan.



10 nominator tersebut adalah:



1.
Denish
Zuli Anugra (Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika UGM, Yogyakarta)







Karya: Sepeda listrik bertenaga surya
sebagai alat transportasi alternatif masyarakat.


2.
Ahlul
Faradish Resha (Mahasiswa Fakultas MIPA UGM)





Karya: Software Site Blocker




3.
Andik
Tri Susanto (Mahasiswa Teknik Eelektro Industri ITS, Surabaya)



Karya: Pembuatan kursi roda otomatis
untuk membantu penyandang cacat tubuh dengan dilengkapi sistem keamanan dan
kenyamanan tinggi)





4.
Dwi
Ratnasari (Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, ITS, Surabaya)



Karya: Identifikasi kolesterol melalui
deteksi Image Iris dengan metode Principle Component Analysis (PCA)





5.
Prima
Adhi Yudhistira (Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang)



Karya: Rancang bangun rescue robot
berbasis remote control





6.
Towip
& Biki Barkil Hotipi (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UPI, Bandung )



Karya: Prototype sistem pengaman
kendaraan dengan menggunakan ID Card & system TBC (Trapper &
BreachBlock Combination) dengan memanfaatkan koneksi ke handphone berbasis
microcontroller AT89C52





7.
Fadly
An Noor (Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional UGM, Yogyakarta)



Karya: Ensiklopedi on-line berbasis
komunitas





8.
Afik
Hardanto (Wirausaha)



Penerapan ketel uap super heated otomatis
untuk pengembangan industri tahu





9.
Toto
Pramezi (pelajar SMK Dinamika, Tegal)



Karya: Palang pintu kereta otomatis
dengan sensor cahaya





10.
Burhanudin
(Pelajar SMKN 26 Pembangunan, Jakarta)



Karya: Kran air wudhu otomatis



Dari 10 nominator tersebut terpilih 5 orang yang berhak meraih Anugerah Youth National Science
and Technology Award”
dan hadiah uang Rp 10 juta:

1. Ahlul Faradish Resha

2. Dwi Ratnasari

3. Prima Adhi Yudhistira

4. Toto Pramezi

5. Towip


Berikut beberapa foto acara (tapi fotonya pas2an, yang bagusnya nanti nyusul :D).

Ada foto penganugerahan, penjurian, Menristek lihat2 hasil karya nominator, dll.


Untuk liputan bisa klik di: http://www.liputan6.com/view/3,134125,1,0,1166165910.html








35 comments:

  1. Senang banget baca info ini Dee... :)
    Sayang...., saya ga bisa datang.. :(
    Maaf yaaa.....

    ReplyDelete
  2. wah hebat-hebat deh, salut buat mereka..bravo!

    ReplyDelete
  3. Iya, bu, gak papa... :). Tumben, biasanya ibu rajin, trus bawa anak2 :D. Pasti pada seneng deh liat acara kemarin. Next time kali ya bu..

    ReplyDelete
  4. Wah...kalo liat mereka-mereka jadi ngiri :(

    muda, cerdas, berprestasi...

    Mba Dee, ini sebagai pengganti RBA ? saya dah lama gak ngikutin Anndia jadi gak tau ;D

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah... smoga mereka terus berkarya yang bermanfaat ya, mbak :)

    ReplyDelete
  6. Gak, Mat.. RBA tetep ada, kan 2 thn sekali. Insya Allah tahun depan. Kalo Anugerah ini krjasama kita dengan Menpora. Hayoo ikutin lagi Annida dunk! :D

    ReplyDelete
  7. Yang seperti ini yang harusnya di muat di headline media...,ada yang bikin bangga. maju terus anak bangsa..( gubrak...!!)

    ReplyDelete
  8. Bangga melihat adik2 yg pintar, mudahan acara2 spt ini membuat lebih banyak lagi orang2 yg termotivasi utk berkarya nyata :-)

    Mba, lanjut lagi yuuuk :-)

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah di beberapa media nasional dimuat, Inna (Kompas, Republika, Media Indonesia, dan Koran Tempo), meski bukan headline :).
    Yup, go nijan go nija go! (lho??) :D

    ReplyDelete
  10. Yup, betul, ma. Ketemu adik2 ini bener2 bikin mbak terharu. Sebagian dari mereka juga berkarya dgn keterbatasan. Sayangnya (seperti biasa) belum banyak yang peduli, malah ngurusin poligami, huhuhu (lho, jadi poligami lagi, hehe).

    Lanjut? hihi, ajdi gak enak... soale ntu proyek kite belon mbak sentuh2 lagi, kagak sempettt. Yuk yuk, kita lanjut lagihhhh!

    ReplyDelete
  11. itu dia, karena saya tahu 2 tahun sekali jadinya saya kira itu RBA thn 2006 soalnya dulu kan udah ada RBA 2000, 2002 dst...kenapa jadi di tahun ganjil Mba ?

    btw....profilnya masih ada gak Mba, profil 10 besar ANnida dari tahun 2000, boleh dong minta ;p atau sudah dibukukan ?

    ReplyDelete
  12. proyek apaan sih ? ;;scratching::

    ---> pegentauaja ;p

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya gak sengaja jadi di thn ganjil, cuma waktu thn 2004 agak kebablasan, jadinya diadain agak mundur, Maret 2005. SO, berikutnya mundur lagi deh ajdi 2007. TApi Allah kan suka yg ganjil, mat, hehe, ngeles...
    Profilnya masih ada. Cuma yga da di saya udah ilang smmua (gara2 data kompie saya raib gara2 diinstal ulang). Ada hardcopynya, mat.

    ReplyDelete
  14. tenaang... ntar juga kalo dah lebih jelas, bakal diinfoin di MP, hehe....

    ReplyDelete
  15. kamu kudu dateng ke Annida en fotokopi, hehe

    ReplyDelete
  16. wah...jadi penasaran pengen kenalan ma tetangga yang cerdas:D

    ReplyDelete
  17. waahhhh... saluuut...!!!
    seneng liat adek2 yang cerdas dan berprestasi begini...
    semoga bisa membangun Indonesia di masa depan :)

    salut juga untuk para panitiaaa... termasuk mbak Dee yang udah bercapek2 ngurusin ini semua!
    pasti banyak manfaatnya untuk kita semua...

    ReplyDelete
  18. Bangga dan terharuuu... Siapa tahu nanti ada yang ke sini ya biar jadi adikku juga eh... anakku kaleee hehehe... Mau ikutan Annida online dong Mbak Dee.

    ReplyDelete
  19. Oh, ini toh gawenya. Selamat buat para juara, selamat juga buat panitia.

    ReplyDelete
  20. untuk karya ilmiah seperti ini, hadiahnya keciiil...ya? Semoga berikutnya makin banyak sponsor yang tertarik. (Heran, padahal sponsor yang mau mendanai lomba fiksi makin banyak sekarang).

    ReplyDelete
  21. kagak ada anak UI apalagi ITB ya... kekekekekekekekekk....

    ReplyDelete
  22. Mbak dee, usul. untuk yang akan datang buat dong lomba fokus u anak sosial. bagaimana penyelesaian ekonomi dan persoalan lain. maksudnya memberikan ruang untuk pelajar yg terlibat studi tersebut:) jangan teknologi melulu he................

    ReplyDelete
  23. anak2 muda yang hebat... Semoga nanti ada yg konsen di tema besar teknologi: eco-friendly tech sama mencari sumber tenaga alternatif, kayak Korsel yg baru2 ini bikin pembangkit listrik tenaga sampah. Semoga juga mereka nggak "dikotori" campur tangan capitalistic comersialism krn manfaat teknologi sangat tergantung manusianya

    ReplyDelete
  24. Sedih banget banyak hasil penelitian dari anak bangsa cuma sampai tahap lomba atau penelitian di sekolah/kampus. Tindak lanjutnya...? -modal sangat perlu tapi kurang sekali sponsornya, hiks..

    ReplyDelete
  25. salut, selain buat anak2 muda hebat itu, juga buat kru Annida yang udah kerja keras bikin festival ini...bravo! :)
    maap ye mbak, waktu tu gak bisa dateng...

    ReplyDelete
  26. @ Mamat: Iya, Utan kayu, deket kok, dari... rawamangun... :D

    @ Ajeng: Sok atuh kenalan...

    @ Ti2n: Makasih banyak tin... Mudah2an karya mereka gak sekadar berhenti sampai di sini. Btw, kumaha visanya dah beres?

    ReplyDelete
  27. @ Mbak Ari: Amiiin... aku mo daftar juga dong jadi anak mbak (lho? hehe). Annida online maksudnya web Annida mbak? Hehe, masih dirapihin terus nih.

    @ Mbak Sofie: Iya mbak, makasih banyak ya mbak...

    ReplyDelete
  28. Iya, keciiiiil mbak. Kita sendiri gak enak. Tapi dananya memang mefett ;). Ditambah lagi ini acara persiapannya cukup pendek, gak nyampe 2 bulan dari pengumuman lomba sampai penganugerahan. So, banyak juga yg protes krn waktu pengiriman karya mepet banget. Dalihnya sih krn rintisan :), di awal kita juag sempat nolak ngerjain, tapi krn pertimbangan tertentu kita bantu juga. Mereka janji mo diadakan tahun depan dan lebih gede hadiahnya, plus lebih panjang persiapannya, panitianya? gak janji kita seeeh... :D

    ReplyDelete
  29. Ada, mbak.. panitianya banyak kok anak UI, trus jurinya hampir semua jebolan ITB, hehehehe...

    ReplyDelete
  30. Hehe, Annida malah jarang ngadain yg ebrhubungan dgn teknologi, tan, baru kali ini lho.
    Makasih usulannya ya tan

    ReplyDelete
  31. Betul banget, yud! Kita doakan mereka.

    ReplyDelete
  32. Makasih banyak, mi.
    Eh, bukannya AMi dateng? Kayaknya ngeliat Ami deh, atau qorinnya kali ya, hehe

    ReplyDelete
  33. weleh..kok bawa-bawa rawamangun nih..

    *siap-siap sandal

    ReplyDelete