Tuesday, November 21, 2006

Penjual Buku/Majalah Bekas Favoritku Raib





Ingat pembersihan 'kembali' lapak-lapak kaki lima beberapa waktu lalu untuk keperluan jalur busway kan? Kali ini giliran
daerah Jatinegara (depan pasar proyek). Saya pikir cuma di sekitar sana aja (pasar proyek). Ternyata sampai
stasiun Jatinegara, terus hingga ke pintu baru (dekat Pisangan Baru).



Dua (atau tiga?) minggu lalu seperti biasa saya ke penjual majalah/buku bekas
favorit di depan stasiun Jatinegara. Sudah puluhan tahun saya langganan. Sejak
SD lho, dari beli Bobo, Donald Bebek, Lucky Luke dll, sampai sekarang nyarinya
Femina, Tempo, Swa, Gatra, dll, kadang masih beli juga Donald Bebek, majalah
remaja (biar keep in touch ama dunia remaja gituh ;). Biasanya saya datang
sebulan sekali, sekali beli bisa ngangkut satu kardus, hehe. Penjual favorit
saya adalah sepasang kakek-nenek. Beli majalah/buku bekas sama mereka asyik,
murah dan baik. Biasanya saya pilih sampai setumpuk, trus tanya harga, tawar
sebentar, langsung dikasi ama si kakek/nenek. Dari cuma punya satu lapak
(meja), sekarang mereka punya dua. Sang nenek sendiri baru beberapa bulan
mengenakan jilbab.



Nah pas sampai di sana...
lho, kok bersih? Saya cari-cari, mungkin ngumpet di pojokan gituh, nggak ada juga.
Yang ada petugas tramtib yang jaga (katanya 24 jam) dengan wajah terkantuk-kantuk.
Duh, sedih dan sebel banget. Padahal saya lagi ‘haus’ banget pengen baca-baca beragam
majalah. Tahu sendiri kan
kalau setiap terbit beli ntu majalah-majalah, lumayan banget. Hitung aja kalau
rata-rata harga majalah 15 ribu, kalau misalnya beli 10 majalah, sebulan 150
ribu (belum termasuk langganan 2 koran di rumah). Paling sesekali saya beli
baru (diatur gitu). Nah, kalau beli bekas kan lumayan banget. Cuma 10-20% dari harga
asli. Malah kalo beruntung bisa dapat yang cuma beda 1 nomor. Jadi bawa 50 ribu
saya dapet satu karung majalah (hiperbola), seplastik gituh :).





Seminggu kemudian saya datang lagi, penjual-penjual majalah
di depan stasiun tetap nggak ada. Tapi penjual baju, kaset/VCD/DVD bajakan, dll
udah berderet lagi, cuma nggaks ebanyak sebelumnya. Cuma mereka pinter, menggelar dagangan hanya dengan
selembar terpal, nggak seperti biasanya pakai lapak semipermanen dari kayu. Sepertinya
jaga-jaga kalau ada penertiban lagi.





Ke mana penjual-penjual majalah/buku bekas? Wallahu’alam.
Saya juga jadi sedih inget kakek-nenek penjual favorit saya. Bodohnya, saya
nggak tahu rumah mereka. Kalau tahu kan
bisa disamperin.


Selain di Jatinegara, sebenarnya penjual majalah/buku bekas banyak di daerah
Senen. Tapi Jatinegara lebih dekat dengan rumah. Jarang-jarang juga ke Senen.



Belum lama ke Depok naik kereta (udah lama nggak naik), eh
di stasiun Tebet udah banyak juga penjual majalah bekas. Asyiiiik. Meski
harganya lebih mahal dibanding di Jatinegara, nggak apa deh, paling nggak masih
lebih murah dibanding beli baru setiap nomor :).



30 comments:

  1. Dulu cuma liat penggusuran itu lewat teve, tapi waktu di jakarta kemarin, liat dengan mata kepala sendiri waktu penggusuran samping UI Salemba, sebelum pasar Kenari. waduh sedih banget, mbak?

    ReplyDelete
  2. Tantrib ooh tantrib..btw, apa kabar Mbak, tetep keep smile aja kan..?

    salam dr purwokerto
    ipunk
    http://penakayu.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kalo langganan bisa dapet diskon juga lho bu. Beberapa majalah sudah menerapkan sistem itu malah ada yang menyediakan hadiah segala.... kapan ke rumah euy? Babenya Laras n Faris dah gemez pengen beresin gudang.....

    ReplyDelete
  4. Iya, tan. Ok deh mungkin kakilima itu salah, udah nyalahin aturan dagang gak di tempat semestinya. Tapi seringnya kan pemerintah dari awal gak tegas, malah dapet masukan via pungli. Pemrintah gak neydiain lapangan kerja, skalinya rakyat nyari pendapatan dgn usahanya sendiri eh digusur. Paling gak dibuatin tempat trus mrk bisa nyicil dgn murah (tentu ini disesuaikan). Gak hrs gratis toh, rakyat mah pd dasarnya gampang diatur.

    ReplyDelete
  5. iya, terus smile, niiih smilenya ...

    Ipung sendiri pa kabar? purkerto lancar2 aja kan kegiatan2nya? :)

    ReplyDelete
  6. iya tante, tapi tetep lebih murah beli bekas, hehe. beda ama di luar diskonnya kadang bener2 lumayan, bahkan bsia sampe 70% kalo langganan. majalah2 di indonesia?? mana beraniii... :)
    wah, pengen banget ke rmh dikau, sabar ya, say. hadiah buat faris bener2 dah gak muat, masih nangkring di lemari :D. kalo bantu beres2, ada upeti sekardus buku yak ;)

    ReplyDelete
  7. duh, tragis bener mbak....ikut sedih..

    ReplyDelete
  8. Coba kalo kios² resmi itu tidak mahal dan layak pakai... hhhmmm...
    *sedih dan mikir :(*

    ReplyDelete
  9. Iya, bener, teh.... coba juga 6 milyar nyambut bush buat bikin lapak2 resmi... :(

    ReplyDelete
  10. moga ketemu lagi ma kakek-nenek langganan ya mba :)
    iye,setuju banget 6 M gitu looh,mending buat keperluan yang lain.Kayak qt ga negara ga butuh aja gitu,kegedean toleransi sampe ngabaikan rakyate dewe.*kok jadi ndremimil ya* piss

    ReplyDelete
  11. Wooiiii, Dee.... pa kabar? :D
    Hm, dimana-mana selalu yang kecil tergusur duluan... :-(

    ReplyDelete
  12. Setujuu...! pakabar mbak? jangan sampe kecapean lagi yah? :D

    ReplyDelete
  13. duh jadi kangen sama stasiun tebet :D
    Apa kabar Dee, sehat selalu kan ?

    ReplyDelete
  14. mudah2an bisa ketemu lagi mbak....

    ReplyDelete
  15. amiiin... iya, eka, kangen juga sama kakek & nenek tsb...

    ReplyDelete
  16. wooooiii mbak yuli, apa kabar juga?? ;)
    alhamdulillah aku baik mbak, semoga mbak juga...
    iya, msh mending kalo bai2, kadang main gusur aja bahkan pakai kekerasan :(

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah, khair mbak...
    hehe, iya, skrg lbh aware, gak kayak dulu diforsir. makasih perhatiannnya ya mbak...

    ReplyDelete
  18. mbak indah dulu anker juga ya? (anak kereta :D).
    tambah rame aja mbak stas tebet.
    Alhamdulillah kabarku baik... mbak indah dan keluarga gimana? cup-cup buat anak2 yaa...

    ReplyDelete
  19. kalau di Medan, ada ti2 gantung *bukan ti2m gantung ya mbak :))* deket stasiun kereta.
    tempatnya seruuu...tapi tim jarang ke sana :(

    ReplyDelete
  20. wah, mau dunk ke sana, tim! belum pernah ke medan nih, cuma sempat transit doank waktu ke aceh dulu. mudah2an ada kesempatan ya, biar ktemu titim skalian ;)

    ReplyDelete
  21. wah, sama doong suka belanja buku bekas disana
    waktu masih jadi anak asrama wismarini
    tp kalo di JKT sih banyak pilihan ya mba, ngga ke jatinegara...tinggal naik MO1
    sampe deh di proyek senen :D

    ReplyDelete
  22. hmm kadang2 jadi kepikiran yah knapa kita gak minta2 alamat rumah org2 itu..

    ReplyDelete
  23. ooohh... so sad. di bandung masih banyak tuh mbak, tukang majalah bekas....

    ReplyDelete
  24. iya mbak, aku juga dulu suka ngubek2 di senen, tapi pas bandingin lebih murah di jatinegara dan lebih aman :). Pengalaman pernah dicopet soale (ya dompet ya hape) :).

    ReplyDelete
  25. iya nit, kalo udah gini berasa yaa...

    ReplyDelete
  26. di sini juga banyak sih, tie, tapi yg mudah dicapai dan udah akrab yg di jatinegara itu... ihik...

    ReplyDelete
  27. ada g yg tau dimana bisa beli majalah bekas borongan????

    ReplyDelete