Tuesday, September 12, 2006

The Road to Guantanamo

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other
Saya mual nonton film ini. Muak, juga marah. 3M. Buat yang belum nonton, sebelum minum obat eh nonton, sebaiknya makan dulu. Soalnya habis nonton film ini bakal susah makan. Padahal menurut saya film ini pun tak komprehensif menampilkan kekejaman yang dialami oleh penghuni penjara kontroversial ini.

Syafiq, Ruhel, dan Monir adalah tiga orang pemuda Inggris yang berencana menghadiri pernikahan kerabat mereka di Pakistan. Ketiga pemuda ini—yang kemudian terkenal dengan sebutan tipton Three—bukannya bahagia dapat menghadiri pernikahan kerabat mereka, malah ‘nyasar’ ke Afghan, ditangkap oleh tentara Aliansi Utara, dan dijebloskan ke Penjara Guantanamo, tanpa tahu kesalahan mereka (bahkan mereka dipaksa untuk mengaku sebagai anak buah Osama) selama dua tahun.

Dan dimulailah kekejaman itu. Penyiksaan menjijikkan. Saat kemanusiaan seseorang diletakkan di dasar kepongahan. Saat manusia berubah menjadi binatang. Saat sebuah negara yang mengagungkan HAM dan demokrasi menginjak-injak sendiri yang ia agungkan.

Aduh, kayaknya nonton aja deh. Nggak tega cerita banyak-banyak neh, hiks. Maaph, reviewnya jadi nggak jelas gini. Film ini semi-dokumenter. Syafiq, Ruhel dan Monir yang asli bercerita sambil diseling dengan adegan-adegan mereka dari pertama kali berangkat dari Inggris sampai pengalaman di Guantanamo (diperankan oleh aktor).

Mendapat penghargaan "Silver Bear" di Berlin International Film Festival.

----

Produksi: 2006
Sutradara: Michael Winterbottom, Matt Whitecross
Pemain: Riz Ahmed, Farhad Harun, Waqar Siddiqui, Afran Usman, dll.

35 comments:

  1. mbak dee.. ini ada terjemahannya gak??
    lagi nyari mbak.. bwt acara buka puasa awal oktober nanti..
    yg ada skrg gak ada terjemahannya...

    ReplyDelete
  2. gak mau ah ....takut
    pasti penyiksaan gitu kan ...
    aku pas aja deh pelem ini ...huhuhu

    ReplyDelete
  3. Aduh, agak lupa, yang saya tonton kayaknya gak ada Tyo. Tapi in english kok. Eh *inget2* ada tapi Malay, trus agak2 ancur gituh, jadi mending gak usah pake aja skalian (meski english saya ancur :D. Coba cari di RP deh Tyo, mungkin sekarang udah ada yang terjemahannya bagus. Saya belinya dah agak lama. Met hunting ya!

    ReplyDelete
  4. Hehe, iya sih, Shant, cukup banyak penyiksaannya. Kalo kuatir mending nonton tapi ditutup layar tipinya hehe.

    ReplyDelete
  5. Lagi dipinjem bos, Bu ;). Ntar kalo beliau udah, langsung aja Bu Wirda tek ;)

    ReplyDelete
  6. Asyiik....
    Bilangin sama Bos ya Dee.., jgn lama2.. :p

    ReplyDelete
  7. ooooo ratu plasaaa... haiik2..
    makasih mbak shanti..:)

    makasih mbak dee infonyaa...
    moga2 ketemu nti.. :)

    ReplyDelete
  8. asli biadap mbak. aku ama suami dah nonton, dan habis itu muka kami pucat pasi kayak habis puasa setahun....

    btw.... tadi denger-denger mo ada acara buka puasa bareng ya..... ndaftar dong mbak dee.... pleaseeeeeeee!!

    ReplyDelete
  9. Hehe, dijawab ama Shanti. Makasih shant.
    Di Lt 3, Tyo. Naik eskalator trus belok kiri tajam (90% bkn 45%, apa seh? :D), belok kanan, belok kiri lagi, nah langganan saya kios pertama. Mbaknya baek2. Karena sering beli di situ, sekarang tiap beli 10, bonus 1 ;)

    ReplyDelete
  10. Iya, mbak Ade. Aku abis nonton asli eneg banget. Trus kayak orang bego, diem aja.
    Ugh, semoga dibalas Allah setimpal. Menyakiti hewan aja kita dilarang (kecuali binatang tertentu yg merugikan), lha ini manusia diperlakukan lebih dari binatang. Menjijikkan!

    eh buka puasa? Oiya, waktu ahad kemaren ketemu Mbak Helvy, sempet ngobrol2 tuh mo ifthor lagi di Rumcay Penjaringan. Hayoo temen2 MP, mau gak? :)
    Asik *jingkrak* mo ketemu Mbak Ade ;)

    ReplyDelete
  11. Bos minjem sekaligus 8 DVD, Bu. Bilangnya sih pinjem seminggu. Nah, gak tau deh yg ditonton duluan yg mane, mana lagi di Aceh doski. So, ntar kalo pulang pinjem aja dulu kalo belio belon nonton :D.

    ReplyDelete
  12. Mo nyari, ah. Kayaknya masuk kategori wajib ditonton, nih. Ngomong-ngomong, aku tuh sering sebel gitu kalo ada film-film produksi Hollywood yang diselipin adegan yang mengidentikkan Islam dengan kelompok teroris. Duuh...

    ReplyDelete
  13. Kayaknya gak berani nonton deh. Liat yang di CNN aja udah mual:(

    ReplyDelete
  14. beneran ya mbak dee sayaaaaaaang.....
    jangan lupa aku dikabarin. Soale suka telat baca info mbak, maklum sering 'kabur' ke luar kota.... hiks....
    ntar kalo jadi, aku 'of'f'' kunjungan lapangan deh....
    asyik.... asyik..... asyik.....

    *siap-siap, pake baju apa ya? halah...*

    ReplyDelete
  15. Idem:).
    Sejak saya jadi ibu, saya jadi penakut. Nggak berani ngebut, nggak berani nonton film sadis, nggak berani di rumah sendiri...

    ReplyDelete
  16. Mau nonton ini, hiks :-(
    Mba, ntar aku boleh ikutan pinjem koleksi CD Mba Dee gak? :-D

    ReplyDelete
  17. Mbak aslinya ini berbahasa Inggris ato Jerman ya? Aku mo minjem Mbak Diyan boleh gak? :-P

    ReplyDelete
  18. kalau di Raplas harga DVD-nya berapa siy mbak Dee ?
    aku langganan beli DVD itu di ITC ambasador (deket dari kantor) lantai dasar, dari pintu masuk, lurus aja, kios yg sebelah kanan
    harganya 6rb, beli 10 gratis 1
    kalau gambarnya blum bagus, selalu dikasih tau, dan boleh tuker kalo' gak puas

    ReplyDelete
  19. iya, mbak, banyak banged pelem kayak genee. masih aja tuh suka diputer di tv2 swasta. kalo yg ini insya Allah gak, malah membuka borok2 pemerintah As dgn guantanamo-nya.

    ReplyDelete
  20. Mbak Mamiek & Mbak Sofie: Saya juga penakut hehe. Cuma emang penasaran abis ama nih film. Jadi nontonnya pun kadang merem pas adegan 'brutal'.

    ReplyDelete
  21. Boleeeh bangettt, buat Ima apa sih yg gak? ;)

    ReplyDelete
  22. Bhs inggris campur urdu, mbak titut. Tapi ad aterjemahannya kok, cuma ancurr (maklum bajakan :D). bole banget dipinjem. eh eh, mbak lagi di indonesia yak?? kopdar-kopdar! 2 bulanan ini srg ketemu pak imam bppt lho (yg skrg di menpora :)

    ReplyDelete
  23. 7 rb, shant.
    Wah, di ambasador lbh murah ya. Cuma krn udah langganan di RP sih, mungkin di kios lain ada yg 6 rb.
    Iya sama, di RP juga slalu dibilang kalo gambarnya blum bagus. bisa tuker pula kalo di rumah gak bisa disetel.

    ReplyDelete
  24. Aiiiiiiiiiiiih, senangnya akuuuuuuuuuuh :-) *semu merah* :-D

    ReplyDelete
  25. Hek..hek..hek.. pengennya mah ke Indonesia, tapi duitnya belum ada buat liburan. Pak Imam sekarang di Menpora? Salam ya buat beliau kalau ketemu :-)

    ReplyDelete
  26. Saya nonton film ini tiga kali! (Pertama nonton sendiri, kedua nonton bareng istri, ketiga bareng ponakan)
    Komentar saya: film ini kurang maksimal menggambarkan apa yang terjadi di Quantanamo. Tapi okelah, setidaknya sutradaranya sudah berusaha. Kalau ada yang baca buku FOR GOD AND COUNTRY, gambaran kekejamannya lebih dahsyat. Di film ini (kayaknya kamp-nya sengaja dibuat meniru Quantanamo untuk keperluan syuting) tentara Amrik yang berjaga di sana kurang kejam. Tapi walau begitu saya suka plot filmnya.
    ~Melvi

    ReplyDelete
  27. Iya, mbak, tambah naek aja jabatannya hehe. Ntar ketemu insya Allah, akan aku sampein salamnya :)

    ReplyDelete
  28. Ya ampuuun, Melvi, kok bisa seh nonton ampe 3 kali?? Daku nonton sekali aja udah kebayang trus en susah makan.
    Iya, emang gak semua tuh ditampilin, makanya daku bilang di awal review, nih film gak komprehensif. Hiyy, kalo semua digambarkan daku bisa muntah2 deh, Mel.

    ReplyDelete
  29. emang keren tuh film yan, aku beli 7 rb 3 bln yg lalu, lumayan gambarnya bagus juga. Yg menarik: lucu membayangkan anak2 yang "hore" dan culun menghadapi situasi yang sangat berbeda dengan keseharian mereka. Bandingkan adengan ketika mereka mengejar 2 ayam sama pas mereka di kurungan guantanamo.

    ReplyDelete
  30. Waaaa, Mbak Dian!! Kirain dah gak pernah stay tune di MP lagi, hehehe.
    Duh, senengnya nih dikomen ama Mbak. Pa kabar mbak? Baru kemarin kita bicarin Razin, kangen beraattt.
    Iya, ebtul mbak, awalnya kan mereka pemuda biasa gitu, eh tiba2 dituduh macem2, bahkan disiksa...
    Btw, buku2 jacquelien wilsonnya kok dikembaliin mbak? kan aku dah sms buat Azkia dan adik2 aja :). Kapan2 kalo ketemuan aku beliin jacqueline yg baru deh ;). cup-cup buat azkia, malika, razin dan dedeknya (tambah mirip ama razin ya? pasti ganteng!)

    ReplyDelete
  31. isinya kebalikan dari filem the death of the president..tapi jujur saja...ada sesuatu yang krg pas dengan filem, bukan isinya..tp gaya dokumentasinya...eh gaya ne...

    ReplyDelete
  32. dulu sempat baca reviewnya... setelah dapet eh belum di tonton, tapi bakalan jadi list teratas daftar film yang bakal aku tonton segera mbak...
    thx infonya...

    ReplyDelete