Thursday, August 3, 2006

Lima Belas Tahun Lalu


 


Kau tahu


Saat itu aku rela melepasmu


Karena kita sama-sama tahu


Denting waktu tlah membunyikan kata berpisah untuk kita


Meski sesak dada


Meski karam hati


Aku harus rela


Melepasmu


 


Kau tahu


Saat itu kutahan tangis


Di hadapanmu


Karena kutahu pasti, kau tak ingin aku meratapimu


Tapi ratap itu kadang menjelma pada malam sepi


Pada hari-hari setelah perpisahan itu


Aku hanya lara


Sebab, bagiku waktu pertemuan kita begitu singkat


Tuk melabuh kasih


Tuk merangkai sayang


Tuk menyadari betapa khilafku menumpuk padamu


 


Kau tahu


Kala malam menghamparkan gelapnya


Dan bintang-bintang tersenyum


Ku ingin kau berlabuh di sisiku


Menemani menghitung rasi


Seperti dulu sering kita lakukan


Dan kemudian kau rengkuh aku dalam pelukmu


 


Rindu padamu membuncah…


Langit, sampaikan rindu ini padanya


Sampaikan lantunan doaku padanya


Pada lelaki yang begitu pecinta


Dengan sepenuh raganya, sepenuh jiwanya


Pada aku, putrinya


 


‘tuk Papa—teringat saat kau menghadap Rabb-mu; 03.08.91


 


 

42 comments:

  1. Semoga Allah mengistirahatkan beliau pada tempat yg terbaik. Amin.

    ReplyDelete
  2. Semoga doa2 yang terus dipanjatkan dari anak2nya, akan membawanya pada kebaikan yang abadi.. :)
    *big hugs utk Dee*

    ReplyDelete
  3. mungkin sama rasanya ya waktu saya di tinggal ibu, tapi waktu itu saya belum punya kenangan tentang ibu, karena saya baru 4 tahun, dan figur ibu itulah yang tidak saya punya sampai sekarang...

    ReplyDelete
  4. pasti papa mbak Dee baik sekali ya...

    ReplyDelete
  5. @ Imun: amin. makacih, say (betewe, daku kangen bgt ama dikau :)
    @ Bu Wirda: amiin, big hug juga >< *hmmppff* :D
    @ lekman: semoga ibu mendapat tempat terbaik. amin
    @ Fe: baaaikkkk banget, saya sangat melihat (dan lbh merasa lagi stlh beliau wafat) betapa papa begitu ingin menjadi seorang ayah spt yg Rasulullah katakan (cmiiw, sptnya sih perkataan rasul): "Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggung jawab, maka baginya adalah surga."

    ReplyDelete
  6. 15 belas tahun lalu, berarti Mbak Dee berapa umurnya yeah???
    Mbak sama saya berdoa semoga Allah memberikan tempat yang sejuk buat beliau, semoga insya allah doa Mbak Dee untuk alm Ayah selalu diterima yang insya Allah pasti menambah kesejukan buat beliau. Amin.

    ReplyDelete
  7. wah dah lama ya mbak ditinggal papa..
    masih pake seragam sekolah dunk..
    katanya sih.. orang baik cepat dipanggil..

    ReplyDelete
  8. terharu sama doanya......
    betapa beruntungnya sang ayah...selalu mendapat kiriman doa dr anak shaleha nya...

    ReplyDelete
  9. imun juga kangeeen.
    udha bisa YM gak?
    Atau Invis mode?

    ReplyDelete
  10. Benar sekali, Mbak Lea. Beruntunglah mereka yang mempunyai anak soleh/solehah.
    Aduuh...jadi seperti dicubit nih...hiks! Jadi instropkesi diri, apakah saya sudah menjadi anak solehah? Apakah saya sudah mendidik anak saya agar menjadi anak soleh dan solehah? ...hiks...
    Mbak Dee yang solehah, saya tidak khawatir lagi akan ayahanda. Indeed, he's in the best place, insya Allah:).

    ReplyDelete
  11. ikut mengaminkan doanya mbak De...jadi ikutan nangis nih, Bapak saya meninggal sudah tiga tahun, pas dua minggu lalu....iya yah, kalo lagi kangen.....:-(

    ReplyDelete
  12. wah.. lama sekali ya mbak Dee... kangen sekali pasti.
    Semoga dilapangkan kubur bliau ya mbak. Amin

    ReplyDelete
  13. Ya Allah Teh Dee, jadi bikin sedih dan kangen ama bokap deh... Huhuhu... sama neh, bokap ambu meninggal 16 taon yg lalu. Tapi rasanya dia tetep ada disekitar. Kalo dah kangen, ambu cuman bisa mewek, huhuhu... Dan kalo dah kangen, rasanya pengen buru² gabung ama dia. Ambu jg sering mimpi in dia. Ma kasih Teh Dee, udah sharing dan jadi pengingat. Hanya do'a yg bisa kita panjatkan, semoga suatu saat kita dipertemukan dan ditempatkan ditempat terbaik oleh-Nya. Amien... Do'a rindu untuk semua Bapak di seluruh dunia...

    ReplyDelete
  14. Ikut mengaminkan doa Mbak Dee buat papa. Makasih ya, sudah mengingatkan saya untuk bersyukur.

    ReplyDelete
  15. Insyaallah doanya Dee diterima. Amiiin...

    ReplyDelete
  16. Indaaaaaaaaaaaaahnya......... *sroooooooooooooooot* memorynya Mba Dee dengan papa indah banget. Hiks, jadi inget mama yg meninggalkanku ketika aku umur lima tahun *srooooooooooooot* :-(

    ReplyDelete
  17. Subhanalloh...
    Sudah lama ditinggal papa ya mbak.
    Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi Nya.

    ReplyDelete
  18. amin.. semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi nYa

    mbak dee pa kabaaarrr?? :)

    ReplyDelete
  19. lama banget ya mbak dee.. pasti kangen sekali....
    Semoga aku bs mensyukuri keberadaan ortu saat ini

    ReplyDelete
  20. Mbak Dee ... moga tempat terbaik diberikan oleh-Nya. Duh, jadi inget neh ... walau setiap hari dah berdoa.

    ReplyDelete
  21. Adikku sayang, saat kau lihat kerlap-kerlip bintang di atas sana, yakinlah akan terlihat damai senyumnya. Rest in peace untuknya. Love and peace untuk putrinya.

    ReplyDelete
  22. @ Mbak Pungki: umurku waktu itu lagi lucu2nya, hihi, gak ding, udah 16 taon kok, mbak. udah gede ya sebenernya, tapi merasa belon puas aja gituh, pengenya sih pas wisuda didampingi papa, or pas merit nanti diwaliin papa. yah, itu kan maunya manusia ya, Allah knows the best for us :).

    @ Onit: Iya, msh pake seragam sekolah, Nit. waktu itu baru naek kls 2. Amin, semoga benar adanya NIt :)

    @ Mbak Lea: Semoga mbak. Masih suka bandel nih anak satu ini, Mbak :)

    ReplyDelete
  23. @ Mbak Mamiek: Iya, bener Mbak. rang yang sudah wafat tak perlu kita kuatirkan lagi, mereka sudah kembali dgn amalan masing2, tinggal kita yg amsih hidup ya Mbak, apa yg akan kita bawa nanti kelak? Pertanggungjawaban maha besar menunggu kita di barzakh dan mahsyar. Huhuhu, jadi merinding nih, Mbak. Semoga kita semua menjadi anak, ibu, istri sholehah ya mbak. Makasih doanya.

    @ Mbak Vanda: Semoga ayah Mbak Vanda juga mendapat tempat terbaik ya, Mbak. Diampuni segala khilafnya dan diterima semua amalannya. Amin. Betul, Mbak, kalo inget suka nangis sendiri, nulis puisi ini aja udah mbeleber :)

    @ Jeng Ari: Iya, insya Allah, makasih ya...

    ReplyDelete
  24. @ Teh Lien: Wah, ternyata ayah kita wafatnya deketan waktunya yah. Iya, aku juga sering merasa ayah dekat dan ngawasin selalu. Jadi kayak ada pengingat gituh :). Insya Allah, allahumma amin, semoga di akhirat nanti kita dipersatukan oleh orang2 yg kita cintai...

    @ Mbak Sofie: Iya, Mbak, kita emang kudu sering liat2 ke bawah ya. Liat adik2 yg kehilangan ayah-ibu bahkan semua sauadra dekatnya saat tsunami Aceh, Yogya, Pangandaran, anak2 yg kehilangan keluarganya di Palestine, Libanon, Afghan, dsb, bikin kesedihan kita kagak ada apa2nya ya. Makasih juga doanya Mbak.

    @ Mimin: Amin, makasih doanya, Min. Piye kabare GIP? Mau nitip beli buku dunk ama dikau, diskon gede kan? hehe

    ReplyDelete
  25. @ Ima: semoga mama Ima juga mendapat tempat terbaik ya, dilapangkan kuburnya, dilingkupi cahaya kebaikan yang beliau lakukan semasa hidup. Hiks, ajdi ikut sedih lagi nih, Ima. Kamu masih kecil banget ya ditinggal mama. Kehilangan ibu saat masih kecil lebih berasa dan berat menurut saya... Ima heubatt, tanpa ibu tapi jadi anak sholihah yg cerdas ;)

    @ Mbak Yuli: Aminn, makasih mbak :)

    @ Mbak Aan: Amiin, makasih juga ya Mbak, pa kabar nih, lama gak kontak kita ya :)

    @ Ali: Yuk, sama2 berdoa li, moga orangtua kita semua yg telah berpulang mendapat ridha dan cinta Allah selalu. amin.

    @ Mbak Ari: Makasih mbakku cayank :). Eh ya, bukunya dah sampe? aku susulin juga novelku (ditunggu kritikannya ya ;)

    ReplyDelete
  26. @ Tyo: Amin. Alhamdulillah kabar baik, Tyo, cuma lagi dikejar detlen (ini mah selalu dan akan selalu datang hehe)> Tyo gimana? long time no see nih. Kangen deh ama Tyo *hugs*

    ReplyDelete
  27. Belon bisa, Mun, hiks, invis selalu (bener2 invis alias mati maksudnye :D)
    Paling di warnet kalo YM, ntu juga jarang. Kapan2 kite onlen ye. Eh, insya Allah hari Senin jam 7-9 malem daku onlen, ada telewicara ama FLP Jepun. sekalian yuk ngobrol2 ;). Moga dikau sempat, dakyu tau dah dikau ntu emak2 karir, hehehe....

    ReplyDelete
  28. aku juga kangen ma mbak dee.. muaahh2..
    kabar baek mbak, alhamdulillah...
    moga2 cepet kelar ya mbak kerjaannya... :)

    hug mbak dee...

    ReplyDelete
  29. hiks...terharuu...:-((...semoga Papa mbak Dian mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT...dan amal ibadahnya mendapat balasan yang setimpal

    ReplyDelete
  30. Hehe, makasih, Tyo, muaaahhh juga buat Tyo *ampe belepotan pipinya :D*

    ReplyDelete
  31. @ Wiwit: Makasih doanya ya, Wit.

    @ Rika; Ikut terharu juga (lho?? :D)

    ReplyDelete
  32. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah beliau, dan senantiasa melapangkan kuburnya....Amiiin.

    ReplyDelete
  33. Sama mbak, saya merit tidak di waliin Papi. dulu Papi waktu saya pacaran...sama orang Indo yang tidak jadi (alhamdulilah), itu bilangnya,"buruan nikah, nanti kalau kelamaan papi enggak wakilin lagi" eh ternyata memang tidak bisa mewakilin. Beliau sudah di panggil Allah SWT

    ReplyDelete
  34. @ Uda Fitr: Makasih ya, Da
    @ Mbak Pungki: Memang sudah jalannya Allah ya, Mbak, semoga ayah Mbak juga mendapat tempat terbaik. Amin
    @ Fithab: Makasih juga ya, Fith :)

    ReplyDelete
  35. Selalu....Ayah bikin haru ya mbak?
    semoga aku punya kerinduan seperti itu:-)

    ReplyDelete
  36. semoga papa mbak dapat tempat yang terbaik disisi-Nya...

    ReplyDelete
  37. tesss.... tesss......airmata menitik mbak....
    thanks 4 sharing this lovely poem.... subhanalllah.... ini kerinduan yang indah....pasti ayahanda tercinta 'tersenyum' di sana mbak.... kerinduan anak adalah do'a-doa yang dipanjatkan.....

    huhuhu... masih nangis.....

    ReplyDelete
  38. @ Ajeng: Selalu ada hikmah, Jeng, insya Allah Ajeng lebih taft dalam menghadapi hidup :) *hug*

    @ Mbak Dewi: Amin... terima kasih mbak :)

    @ Mbak Ade: Semoga, mbak, sangat berharap Allah melapangkan dan mmberi cahaya kubur papa... ceup...ceup... anan anis, mbak ade :D

    ReplyDelete