Buku Keseribu


Beberapa hari lalu mau ngedata buku-buku baru ke buku induk, eh baru ngeh, koleksi bukuku udah 1000! Alhamdulillah. Mungkin orang lain punya koleksi buku seabreg lebih banyak dari saya. Tapi bisa dibilang 1000 buku tersebut adalah hasil jerih payah saya banting tulang-peras keringat-nangis darah (hiperbola gituh!). Adik kakak mah pada males beli buku (soale udah ada saya yang rajin beli buku katanya, huhuhu).


Buat saya buku-buku itu adalah koleksi berharga. Ada tawa, ada sedih, ada canda, dan tentu ada setumpuk ilmu dan hikmah. Bisa dibilang, hampir semua hasil menyisihkan uang sendiri (ada juga seh yang hadiah atau nodong hehe).


Sejak SD saya sudah mulai ngumpulin buku. Saya masih inget, pertama kali diajak papa ke Book Fair di Istora Senayan, mungkin kelas 2 atau 3 SD (sebelumnya kata papa sih diajak tapi saya gak inget). Saat itu saya, kakak dan adik suruh milih sendiri buku yang disuka (tentu dibatasin harganya, maklum deh). Saya milih buku tentang... kucing! Kalo gak salah judulnya "Kucing Seribu", terbitan Djambatan (kalo nggak salah juga). Itu lho, tentang sepasang kakek nenek yang hidup berdua aja (gak punya anak-cucu), suatu hari didatangi kucing terus kucing itu berkembang biak, berkembang biak, sampai beratus jumlahnya. Hidup kakek-nenek tsb jadi berwarna dengan kucing-kucing itu. Tapi lama kelamaan mereka kewalahan juga. Akhirnya satu persatu kucing tsb dikasi ke orang lain. Wah, itu buku ampe saya baca berulang-ulang. Sayang, bukunya udah raib. Terus saya juga beli buku biografinya Agus Salim (soale papa sering cerita tentang beliau). Bukunya tipis, warna ijo, masih ada ampe sekarang.


Novel-novelnya Enid Blyton (Lima sekawan, Mallory Towers, St Clare, dll), Alfred Hitchkock (bener gak seh nulisnya?), serial komik Nina, kisah Nabi dan Rasul, Asterix, Tintin, ampe komik Petruk Gareng adalah koleksi awal buku-buku saya. Setiap bulan (kadang 2 bulan, atau tergantung punya uang) biasanya saya ke Gramedia Matraman, beli 1 buku. Saya sisihkan uang jajan saya, trus kalo kurang minta tambahin papa. Maklum deh, papa cuma pegawai biasa dengan 5 anak, jadi ya saya harus bisa menyisihkan uang. Saya juga suka main ke rumah tante, nginap bantuin beliau beres-beres rumahnya, dari ngepel, nyuci dan menyetrika, biasanya pulang dibekelin uang, dan saya langsung beli buku.


Minat baca yang gede tapi harga buku yang sering nggak sanggup kebeli, saya pun nyari akal. Selain pinjem teman, nyewa di taman bacaan (tapi jarang banget), atau ke perpustakaan (ini apalagi, susyahh!), saya nyari... buku bekas! Saya suka ngubek-ngubek Senen dan Jatinegara. Buku dan majalah bekas harganya bisa 1/5 bahkan 1/10 dari harga baru. Sampe punya langganan di Jatinegara (pas di bawah jembatan penyebrangan Pasar Jatinegara) karena harganya buku yang dijual lebih miring dan bapak yang jual baik orangnya. Saya bisa nyusruk-nyusruk, manjat, en ngubek nyari buku yang saya pengen. Si bapak asik aja tuh nyuruh saya nyari sendiri, naik-naik rak buat nyari buku yang saya mau. Kalo beli banyak juga dimurahin. Sayang sejak kuliah akhir, bapak itu udah nggak jualan lagi di sana.


Saya mulai lebih "rakus" lagi beli buku saat kuliah (soalnya udah bisa nyari duit sendiri, hasil proyek perpustakaan gituh, anak JIP pasti tau neh ;). Pokoke jadwal book fair nggak pernah kelewat deh. Nyantronin Jatinegara atau Senen masih tetep. Gramedia dan Gunung Agung lebih sering disinggahi. Juga toko-toko buku sekitar kampus. Waktu itu ghirah keislaman juga lagi hot, jadi suka ngeburu buku-buku keislaman di toko buku Nurul Fikri, Kober, Margonda. Paling seneng kalo dilayanin ama bapak yang punya, soale bisa ditambah diskonnya. Pernah abis nerima uang proyek (kalo gak salah 700 ribu--buat mahasiswa saat itu gede lho), langsung kabur ke sana trus ngeborong buku, ampe bapaknya ngeluarin tumpukan buku baru dan kita ampe lesehan milah-milih.


Wehhh, mau cerita buku keseribu doank kok jadi ke mane-mane :D. Udah ah, mo pul dulu, dah malem... kuatir berubah jadi Upik Abu yang lagi ngepel sambil baca buku, hehehe.


Oh ya, buku keseribu di daftar buku induk saya adalah: Dealing with Difficult People, buku manajemen. Tapi belum saya baca hehe.

Comments

  1. sempet ngoleksi juga neh jamannya smp...ceritanya seru bgt malah kita pernah maen drama2an ttg itu..hihi

    ReplyDelete
  2. Subhanallah mbak, rajin banget seh ampe didaftarin gitu.. buku2 saya dah ga tau pada kemane :(
    ajarin dong listing nya ;)) *duh buntutnya..*

    ReplyDelete
  3. Sama mbak!! hehehe sama banget bacaannya. ini bacaan saya jaman SD-SMP. sekarang udah jarang.

    ReplyDelete
  4. eh gile.. rajin amat bikin daftar bukunya?
    kalo aku gak tau deh mbak hehe..
    di rumah ortu ada rak buku..
    di kost depok dulu ada rak buku (skrg dipak dikerdusin di rumah adikku)
    trus skrg di kamarku jg ada rak buku.. yg cepet penuh gini sih hehe..

    ReplyDelete
  5. Waa ini juga buku2 favoritku jaman2 SD neh. Kayaknya buku2 ini memang serial lama yang bagus deh. Beberapa waktu lalu sempat ngobrol2 dengan teman2 se-lab dari berbagai negara (Swedia, Jerman) ternyata kami punya bacaan yang sama semasa kecil. Malah pernah ibu kost saya waktu di Inggris (jaman saya masih A-Level dulu) cerita bahwa waktu kecil dia juga bacaannya Famous Five (Lima Sekawan)-nya Enid Blyton. Padahal dia mungkin usianya 15 tahunan lebih tua dari aku. Emang itu buku2 bagus yang evergreen sih ya kayaknya ya...

    ReplyDelete
  6. Halah..rajin amat, dicatat bukunya??

    ReplyDelete
  7. Adyuuuuuuuuh, ngiri.dot.co.uk! Bukuku entah pada terbang kemana di kalimantan sana, soalnya cuma disimpen di kardus yg bisa dibuka oleh siapa aja. Sekarang tinggal berdoa semoga pas kembali ke Indonesia, itu buku2 masih di tempatnya semula. Resiko belum seattle ya kek gini ini niy :-(

    Btw, storingnya gimana ini Mba??? 1000 bo'!

    ReplyDelete
  8. woww... 1000 yah? hihihi... aku ga pernah nyatet buku2ku ada berapa. makanya suka pada melayang dan aku ga tau. tapi, untungnya, sekarang ke mana pun berpaling yang kulihat buku. menentramkan jiwa, meskipun bacanya bisa entah kapan, hahahah...

    ReplyDelete
  9. Ayo, buku ke100 isinya apa?....heheh

    ReplyDelete
  10. wah rajin bener, mbak, aku jg sempet ngedata, tp berhenti di tengah jalan...gak nemu waktunya

    *alasan!*

    :D

    ReplyDelete
  11. jadi pengen... punya saya masih ke seratus sekian gitu.. kapan yach.. punya buku ke limaratus ???

    ReplyDelete
  12. hehe, emang seru ya, mbak lea. aku bahkan ampe obsesi pengen masuk sekolah asrama, sayang jaman nya aku itu kan masih jarang banget (bisa dibilang gak ada) sekolah asrama (kecuali pesantren ya). Pas lulus SMP ad asekolah taruna nusantara, wahh seneng banget, udah mo ikutan, eh ternyata saat itu cuma bole cowok doang, huaa! tapi bbrp thn kemudian tarnus udah bole cewek ya. dan sekarang sekolah asrama buanyak banget *ngiri-mode*

    ReplyDelete
  13. @ Mbak Mamiek, Mbak Pungki, Onit: Hehehe, buat lulusan JIP (Jurusan Ilmu Perpustakaan) mestinya bisa lebih dari sekadar bikin buku induk, mestinya dibikin katalog, dll :). Belum kesampean tuh, yah baru sempet ngedata aja. Dari 1000 itu (skrg dah lebih :) sebenernya banyak yg ilang juga, biasa dehh, jadi hak milik yg minjem, ihik.
    @ Imun: Aah, koleksi buku dikau pasti lebih banyak deh, say... ;). Tapi kalo mo minjem, silakan buanged. Mbak Septi kalo minjem bukuku satu kardus tuh hihihi
    @ Mutia: Iya, skrg dah jarang ya, udah beda anak2 skrg, senengnya komik jepun :)

    ReplyDelete
  14. @ Tanti: Listingnya gampang kok, Tan, bikin aja ruas2 --> no induk (no urut garins mirng tahun beli or kita masukin ke bk induk), judul buku, pengarang, penerbit, thn terbit en keterangan (kalo saya mah keterangannya harga beli/hadiah/nodong :D)
    @ Ima: Storing? masih terkendali kok, Im, baru 1000 (pengennya kan 100 ribu, hihi, kalo perlu ngalahin Library of Congress (mimpi ketingian banged!). Baru 2 rak sedeng, 2 rak kecil, en lemari emak (tg tadinya berisi tea set or pajangan tuh, jadi isi buku skrg :D)
    @ Nana: insya ALlah didoain bisa punya 500, 1000, 10.000, 1 juta :)

    ReplyDelete
  15. @ Fitr: hehehe, ntar liat dulu yak :D.
    @ Mbak Antie: Waah, Mbak Antie pasti koleksi bukunya lbh buanyak! Iya, bukuku juga suka pada ilang, melayang, melintasi ruang khayalku (lho, Kla Project :D). Mungkin ada 100-150 yang hilang, belum lagi yg blm sempat didata trus keburu dipinjem dan gak dikembaliin.
    @ Nadia: saya juga suka numpuk bukunya trus baru didata, Nad. Trus sering juga ada yg kelupaan didata.

    ReplyDelete
  16. Iya, Mbak, kadang kalo kangen aku suka bacain lagi lho koleksi Enid Blytonku (meski scan aja seh :D). Cuma kayaknya anak2 sekarang (terutama di Ina sih) gak terlalu ngeh ya ama Blyton. Selain udah diserbu ama teenlit en komik jepang, juga uangnya pada abis buat beli pulsa :).

    ReplyDelete
  17. Kagum, perjuangan Mba Dee mengumpulkan 1000 bukunya luar biasa! You inspired me alot Mba sayang, muah!

    ReplyDelete
  18. Buku gudangnya ilmu. Tapi sayang jika buku2nya nanti cm jd koleksi. Semoga bs meraih prestasi yg lebih lagi, "Membaca buku yg keseribu". Salut.
    Kapan yah saya punya perpus pribadi???

    ReplyDelete
  19. nggak mbak, koleksiku malah ga banyak. cuma satu rak doang. sejak kerja aku malah jadi ga banyak beli buku karena udah kenyang di kantor, jadi ya koleksi ga nambah-nambah. tapi gapapa kok, ga punya banyak buku, yang penting tiap nengok ketemu buku.

    ReplyDelete
  20. Bukannya tebalik?? Ima lagee yang inspired me a lot, more and more, more, more *kayak minta tambah lagu di konser aja* hehe. Muahhh juga *ampe Ima belepotan :D*

    ReplyDelete
  21. Insya Allah, doain aja koleksi buku saya lebih bermanfaat lagi. Selama ini meamng baru saya buka (boleh dipinjem) oleh teman2, sodara, tetangga dsb (bahkan ada yg skali minjem setumpuk, seplastik, sekardus :D). Insya ALlah sedang merancang kerja bareng teman, gabungin koleksi, trus dimanfaatin lebih baik lagi.
    Kalo mo punya perpu pribadi, hayoo mulai kumpulin dikit2 :)

    ReplyDelete
  22. Huahh, aku tuh ngiri deh liat kantor Mizan, perpusnya huhuhu pengeeeen. Kalo kerja di sana aku juga dah seneng tuh mbak, tiap ari nengok buku2 keren ;). kalo perlu indahin koleksi kantor ke rumah *hihi, penjahat buku*

    ReplyDelete
  23. iya salut nih sm mbak dee, telaten banget ! punyaku berantakan tuh mbak di rak ngga tau ada berapa kadang dicomot sepupu kl lagi arisan di rumah ngga tau hehe, trus yang lama2 suka kukasih ke anak2 jadi macem malory towers, lima sekawan, gadis badung gitu ga punya lagi hiks..sekarang lagi suka baca buku jacqueline wilson lucuu...ah mo ikutan mbak dee ah didataa...

    ReplyDelete
  24. rak di rumah juga suka berantakan, dew. suka ilang juga buku2nya :).
    jacqueline wilson emang lucu, favorit saya sleepover ama the mummy cat :D. saya masih suka nyari2 malory tower, st clare buat dilengkapin lho, dew. alhamdulillah st clare dah lengkap lagi skrg, si badung juga dah lengkap. malory towers nih yg blm lengkap.
    ayoo, didata dew ;)

    ReplyDelete
  25. iyaa sleepover kereen...jadi punya ide cerita bikin cerpen anak2 kayak gitu mbak, yang mummy cat bagus ya ? cari aaahhh.....

    ReplyDelete
  26. Halo, salam kenal mbak, aku Yanti 29th. Aku dr dulu fans beratnya lima sekawan, st clair, malory towers..pas udah gede sidney sheldon, trus skrg chicklit..hehehe..mbak dian (namanya dian kan? sori kalo aku sok tau..hihihi..), alamatnya dimana sih? jd pengin liat koleksinya nih...

    ReplyDelete
  27. Mpok...mpok...buku dikau yang masih didiriku udah termasuk hitungan khan?? ;-D
    Maap yak,belum sempet nganterin.Daku bayar deh dendanya,tp jangan yg mahal2. Lagipula sih dikau gak ada hp, dah gitu kantor susah bener dihubungin ;-(

    ReplyDelete
  28. eh eh buku yg mana, na? *mikir*... ooo, ntu ya novel ari? (ampe lupa judulnye). wah, ntu kan msh fresh pas dikau pinjem, belon diapa2in. jadi belon masuk buku induk. ayoo, kembaliin ;p. denda... hmm... 500 sehari, kalo gak salah udah 2 taon ntu buku dikau pinjem, ajdi kayaknya dari denda itu daku bisa perhi haji, hehehe

    ReplyDelete
  29. Halo Yanti, salam kenal juga... sama dong kalo gitu, kita sama2 fans lima sekawan dll :). Iya, panggilan saya Dian (dari lahir ini, kalo Dee mah pas jaman ABG, SMP gitu). Silakan kalo mo maen, yanti. rumah saya di daerah pisangan lama, jakarta timur. Kontak aja kalo mau main :). makasih ya dah jenguk blog saya.

    ReplyDelete
  30. Hallo semua...
    ini sebutan nomer2 & judul komik nina yang saya mencari :

    - rahasia tongkat kerajaan ( 9 )
    - marta gadis angsa ( 11 )
    - lina. teka-teki seorang cucu ( 16 )
    - marini. kutukan air biru ( 28 )
    - dalam cengkeraman sebuah bros ( 30 )
    - apung dan aku ( 31 )
    - sonya dan pelatih misterius ( 34 )
    - si kembar dari puri ( 48 )
    - peggy dan jeroen panggil aku peggy saja ( 49 )
    - itik si buruk rupa ( 78 )
    - fransin wisata rahasia ( 101 )
    - sonya dalam bayangan ketakutan ( 107 )
    - ................ ( 162 )
    - ................ ( lebih dari nomor 162 )

    kalau anda ada persediaan di atas, tolong konfirmasi ke email saya :
    informasi_cantixxx@yahoo.com

    Terima kasih
    -Riva-

    ReplyDelete
  31. Saya juga mencari komik :

    1. Yoko Tsuno - Orgel setan
    2. Yoko Tsuno - Dunia bawah tanah
    3. Yoko Tsuno - Pesan hantu
    4. Yoko Tsuno - Petualangan maut
    5. Yoko Tsuno - Terdampar di negeri asing
    6. Yoko Tsuno - Tiga matahari vinea

    kalau anda ada persediaan di atas, tolong konfirmasi ke email saya :
    informasi_cantixxx@yahoo.com

    Terima kasih
    -Riva-

    ReplyDelete
  32. Riva, coba cari ke www.bukukita.com, insya ALlah mereka jual komik NIna, tapi saya lupa apakah judul2 yg Riva cari ada ato gak. Coba aja ya cek. Moga membantu.
    Kalo komik Yoko itu saya kurang begitu tau :)

    ReplyDelete

Post a Comment