The Da Vinci Code

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Other
Tak mudah memang bagi seorang kreator film yang membuat film dari adaptasi sebuah buku. Cukup menantang, sebab seorang sutradara dituntut kemampuannya memvisualisasikan teks-teks yang ada di dalam buku. Tantangan lain, penonton yang telah membaca bukunya, akan berusaha membandingkan visualisasi film dengan apa yang ia baca dan imajinasikan. Meski ada juga penonton yang sekadar ingin melihat--menikmati, tanpa perlu pusing membandingkan film dengan bukunya.

Belum lagi bagi penonton yang sama sekali belum membaca bukunya, maka kemampuan sutradara juga benar-benar diuji, apakah pesan-pesan dalam buku tersampaikan dengan jelas dalam filmnya.

Film The Da Vinci Code (TDVC) yang diangkat dari novel kontroversial Dan Brown benar-benar menguji Ron Howard, sang sutradara, untuk membuktikan kemampuannya. Kemampuan yang saya nilai 6,95 deh (nanggung amat yak? :D).

Howard memang cenderung "patuh" pada novelnya. Ia kurang banyak mengeksplor. Sinematografinya pun kurang kuat, meski nggak bisa juga dibilang jelek. Belum lagi pemeran Robert Langdon yang... ihik, maaf Om Hanks... dikau tak cucok abis deh jadi Langdon. Audrey Tatou lumayanlah. Sir Leigh Teabing dan Bezu Pache, yang paling cocok sama imajinasi saya.

Ditambah lagi beberapa bagian teks yang tidak diterjemahkan (contoh: saat Teabing menjelaskan bahsa Yesus hanyalah seorang "man" bukan "god", juga penjelasan mengenai Yesus yang menikah dengan Maria Magdalena). Nggak tahu kenapa tuh. Masih mending kalo bahasa Perancis, lah ini bahasa Inggris, jadi masih ngerti gitulah. Di bukunya juga ada. Tau deh BSF pake ngedit-ngedit, kuatir kali yak. Bagaimana pun kontroversinya kan masih terus berlanjut. Daripada-daripada, mendingan-mendingan gitu.

Anyway, saya menikmati banget lho film ini, meski nilainya rata-rata banget. Yang paling ganggu emang Om Hanks, hihihi, sekali lagi maaph, Om!

Comments

  1. Setuju nih ama resensinya.

    Terus, kulihat ada beberapa juga yang ditambahkan. Seperti misalnya, waktu Teabing bicara soal Constantine dan Konsili Nicea soal ke-Tuhan-an Yesus, di bukunya mah Langdon terima-terima aja, tapi di filmnya Langdon mendebat... jadi di filmnya kedua sisi argumen dimunculkan.

    Juga Priory of Sion yang di Internet sudah dibongkar sebagai organisasi palsu. Langdon juga menyebutkan pembongkaran ini, tapi Teabing berkelit, "that's what they want you to think". hehehe...

    ReplyDelete
  2. waduh beda euy kalo yg nonton mbak Dee, daku mah baru liyat iklannya aja udah mau bilang bagus..hueheheh, kudunya nonton dulu atuh yee :D

    ReplyDelete
  3. waaa.
    di UK, semua critics bilang jelek :-(
    Cuman dikasih 2 bintang dari lima :-))

    ReplyDelete
  4. No coment...belum (sempat) nonton...ihiks!
    Minggu kemarin aja baru kesampaian nonton The Cronicle of Narnia, itu pun terputus-putus...ihiks! Soalnya anak-anak takut adegan perang-perangnya. Betapa malang nasibmu...*nyanyi dangdutan*
    Saya justru baca ulasan di majalah Time tentang organisasi Opus-Dei (kelompok fundamentalis kristen, yang jadi latar belakang The Da Vinci Code). Saya malah baru ngerti ada organisasi semacam itu. Menarik juga.

    ReplyDelete
  5. setuju mbak...selain dari teks terjemah yang seperti sengaja dihilangkan...(menurut ajeng sih cari aman tuh yang buatnya), beberapa adegan yg tidak sama dengan buku (obrolan bezu fazhe sama arigarosa, kematian arigarosa dan silas, kemunculan biarawan sion di kuil roslynn, the end of the stoiry dll), gak ada yang bikin greget. gak ada tuh teriakan tertahan karena kaget.ada sih, dikit...tapi gak terlalu bikin kejutan. udah baca novelnya, trus nonton, trus baca ulang novelnya, jadi pengen nonton lagi...
    si Silas kurang serem!!!Collet digambarkan kurus kering, ini ndut...

    ReplyDelete
  6. pengen nontoooon , hiks lg ngantri neeey disini :((

    ReplyDelete
  7. aku belum nonton... juga ga pengen... entah kenapa, kok aku udah ilfil berat sama cerita ini... apa lagi waktu tahu adaptasinya setia sama novel, hiks, maless.

    ReplyDelete
  8. wuah mbak...ajeng aja di bandung harus ngatri dua hari:D
    itupun dapet yang jam 7 malem...
    yang nonton bule ma chinesee kebanyakan...
    mbak dee, bintangnya gk ad ayang dua setengah yak?:D

    ReplyDelete
  9. Iya tuh, Fem. Meski ada argumen, tetep aja berkelit :D. Tapi lumayanlah, asyik juga ngikutin pas teabing ama langdon berargumen.

    ReplyDelete
  10. hihihi... nonton aja dulu, fe. lumayanlah, gak rugi2 amat nonton tu film

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak Dian...yang ada dalam imajinasiku...si Robert Langdon ini bakal dimainin sama Harrison Ford...duuhh..ternyata..gak cucok gitu...agak kecewa juga sih...cuma untung aja Tom Hanks aktingnya bagus...tapi terlalu dandy...kalo harrison ford pasti pas banget tuh (tetep....hidup harrison ford..hehehe)

    ReplyDelete
  12. daku masih baek, mun, ditambahin atu, jadi 3 bintang, hihi.
    eh, daku lagi sambil baca ummi spesial terbaru neh, cieeeee.... sekeluarga ni yee... kangen, muahhh!

    ReplyDelete
  13. mbak..mbak, template baru ma hetsotnya serasi euy...sorry OOT hihi

    ReplyDelete
  14. Cukup sekali, aku merasaaaaaa, kegagalan nonton...! hihi
    Eh ya, anak2 jangan diajak nonton DVC ya, mbak, kali aja kelupaan gitu, ikutan nonton hehe.

    ReplyDelete
  15. gak apa, mbak antie, gak usah dipaksain, aku ndiri sih penasaran pengen liat visualisasinya si howard

    ReplyDelete
  16. iye tuh, kagak ada, jeng, pengennya sih ngasi 21/2 aja. gak ape deh dibuletin ke atas :D

    ReplyDelete
  17. hihihi, kebetulan dari semua template paling suka ama yg ini, kebetulan juga headshotnya senada :D. gak ada template yang gambarnya kucing sih, kalo iya, pasti deh pilih mpuuuussss :D

    ReplyDelete
  18. waduh, ada fansnya harrison ford neh ;).
    iya tuh, gak tau juga ya, mungkin banyak artis yg gak mao kali meranin langdon, soale kan kontroversial :)

    ReplyDelete
  19. Mbak,kayaknya seleraku itu sendirian yang tidak mengikuti pasar deh.Kalau Dala bilang filmnya buagus buanget.Memang Tom Hanks kurang menggambarkan Langdon.Tapi asyik aja tuh(apa Harison Ford ngga ketuaan?).
    Selain itu Dala ngga pernah lihat film yang ditutup dgn adegan/pemandangan seindah itu.Keren banget!!!
    Kalau mau lihat pembukaan film yang bagus nonton The Phantom of The Opera (versi tahun 2004).Kok aku jadi promosi gini ya...

    ReplyDelete
  20. Hehe, nggak apa tuh, dal. Selera orang kan beda2. Mbak sendiri sih, mungkin karena ekspektasinya agak berlebihan kali ya. Minimal mbak pengen sinematografinya lebih kuat gitu, ini cenderung agak "kasar". Harrison Ford? Itu mah jagoannya Wiwit hehe, mbak mah pengennya yg jadi langdon tuh denzel washington (weleh, jauhh amat hihi).
    Phantom of the Opera? Wah, ini film keren banget lho, sinematografinya juga bagus banget. Bukan cuma pembukaan, hampir seluruh film penuh dengan sinematografi yg indah.

    ReplyDelete
  21. Aku juga suka tuh Phantom of the Opera. Keluar dari bioskop, nyanyi-nyanyi sendiri deh buat suami, hihihihik... Suka sih sama lagu-lagunya.

    ReplyDelete
  22. suami protes gak, Fem? hihihi.
    abis nonton pengen review film itu, tapi kelupaan :D.
    eh, ada kaset soudtracknya gak ya? lagu2nya megah banget yak, opera seeh...

    ReplyDelete
  23. Suami ngga protes tuh. suamiku kan baek, hehehe...
    Aku punya tuh CD-nya, tapi original cast recording versi broadway. lebih bagus lah daripada yang nyanyi di film.

    ReplyDelete
  24. Satu lagi adegan yang gak ada di novel: Langdon didatengin polisi pas dia promosi bukunya. Tipikal banget gitu loh! Bukannya di novelnya dia ditelepon pas lagi di hotel?

    ReplyDelete
  25. Waktu Lagdon nyari keterangan tentang Pope itu juga beda dengan buku. Di buku nyarinya di perpustakaan. Di film malah pake internet. It's ok lah. Gue senengnya nonton film ini karena hal-hal yang menurut gue nggak terlalu terbayang pas ngebaca, jadi jelas banget.

    Termasuk endingnya. Hoo... ternyata kamsutnya holy grail itu ada di piramida yang kecil ya.

    Soal ada teks yang hilang, yaaah gue masih maklum. Itu emang bagian sensitif. Untung bahasa inggris gue gak jelek-jelek amat.

    ReplyDelete
  26. Yup, tul banget, Mbak Sofie! Ini termasuk adegan yang aku sebel liatnya, aneh dan agak2 norak menurutku.

    ReplyDelete
  27. iya, mbak diah (salam kenal!), makanya meski secara sinematografi biasa, tapi aku nikmatin banget terutama kejelasan setting plus benda2nya. meski ada buku edisi bergambarnya, tetep aja lihat di film beda...

    ReplyDelete
  28. cari cd-nya aahh....
    cari suaminya femmy juga u/ ngebuktiin baeknya, hihihi

    ReplyDelete
  29. waduh.. nonton ga ya? penasaran juga visualisainya seperti apa..
    lam kenal mba..

    ReplyDelete
  30. salam kenal juga Diah :).
    Silakan aja kalo mo nonton, daripada penasaran... :)

    ReplyDelete
  31. hi mbak dee salam kenal.. yach
    ga sempet nonton film nya.. tapi ane dah baca buku nya ampe selesai.. sampe menghayati banget waktu baca

    ReplyDelete
  32. salam kenal mbak Dee,
    menurutku filmnya maksa supaya terkesan menegangkan, tapi nggak berhasil. hehehe...

    ReplyDelete
  33. ane lom pernah nonton film nya .. tapi ane udah pernah baca buku nya..
    tapi denger2 sih katanya.. jokoh yg memerankan dlm film ga sesuai dan ga cocok.. ama yg ada di buku nya..

    ReplyDelete

Post a Comment