Monday, February 13, 2006

The Baby Season

Rating:★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Alice Sharpe
Judul: The Baby Season (Musim Bayi)
Penulis: Alice Sharpe
Penerbit: Gramedia (2006)

Bisa nebak kenapa saya beli buku ini? Yap, betul! Karena cover bukunya. Hehe, emang nggak bisa lihat yang ada kucingnya dah. Tapi, semua (terutama yang suka kucing) sepakat kan kalau cover nih buku luthu? Padahal, asli, saya belum pernah sekalipun baca seri Harlequin. Selain nggak begitu tertarik, rata-rata dari covernya kelihatan banget ceritanya gitu-gitu aja. Coba aja perhatiin cover novel-novel Harlequin, agak-agak eneg ngeliatnya, hehe.

So, pas ke Gunung Agung, lihat nih novel, surprise juga. Harlequin? Covernya kayak buku cerita Tini (tau kan cerita Tini, yang gambarnya keren itu). Pokoknya saya cengar-cengir sendiri pas lihat nih novel (untung pas nyengir taring saya nggak kelihatan :D). Mau banget beli, tapi bulan ini udah janji nggak akan beli buku, karena budget beli buku udah abis, tuntas, bablas-blas-blas. Akhirnya pulang toko buku dengan sedih, terbayang-terbayang ntu cover nan luthu.

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak... sedia payung sebelum hujan... ada udang di balik batu... (jaka sembung), dua hari setelah itu ada sobat bayar utang, hihi. Padahal saya udah lupa banget (meski berharap ada yang tiba-tiba bayar utang :D). Utangnya pas sejumlah harga novel. So, biar kate budget beli buku udah bablas, kegoda juga dah. Cuma demi memiliki buku dengan cover itu, bukan karena ceritanya (payah yak?).

Lho, ini kok malah cerita bukannya ngereview.

Ok, seperti udah saya tebak, ceritanya ya begitu deh, cerita romantis, biasa saja, nggak terlalu bagus meski nggak begitu jelek juga seeh. Lumayan mengalir sih ceritanya. Tentang seorang gadis, Roxanne Salyer, yang mendapat "tugas" dari neneknya tercinta yang sedang sakit, untuk mencari teman lamanya. Teman vocal grup yang pernah dibentuk 40 tahun lalu! Hanya berbekal foto dan lokasi terakhir yang diketahui sang nenek, Roxanne pun cuti dari pekerjaannya di sebuah stasiun televisi di Seattle, untuk mencari jejak teman sang nenek di daerah California.

Belum sampai tujuan, mobil Roxanne mogok di daerah yang jauh dari pemukiman, di gurun pasir California. Syukurnya ada seorang pria yang lewat dan menolong Roxanne. Roxanne pun dibawa Jack Wheeler, pria itu, ke rumahnya. Sebuah rumah besar yang memiliki peternakan, yang penuh dengan bayi. Bayi kuda, bayi anjing, dan bayi kucing. Bahkan pengurus rumah Jack juga sedang hamil tua. Beberapa wanita tetangga Jack juga baru melahirkan atau sedang hamil tua. Bener-bener "baby season" dah.

Jack sendiri adalah seorang dokter, ganteng, cool, ditinggal pergi istrinya yang kabur dengan pria lain, meninggalkannya dengan seorang putri cilik yang cantik, Ginny. Nah, bisa ditebak (lagi) kan, mereka pun jatuh cinta. Dan begitulah, cerita berputar pada usaha Roxanne mengorek keterangan dari penduduk desa itu mengenai Dolly Aimes, nama teman sang nenek. Juga pada tarik-ulur kisah cinta Jack dan Roxanne. Jack yang sempat tak percaya pada Roxanne, karena pernah trauma pada wartawan yang ingin mengorek perceraiannya dengan sang istri. Roxanne yang penasaran dengan sikap Sal, seorang nenek yang mengasuh Jack sejak kecil, juga Ginny, dan sangat dekat dengan keluarga tersebut. Kehidupan desa itu yang sangat berbeda dengan kehidupan asli Roxanne membuat gadis itu merasakan sesuatu yang lain dalam hidupnya.

Endingnya nggak tertebak, meski ada clue menjelang bab-bab akhir. Yah, lumayanlah, nggak norak-norak amat ceritanya (wah, gawat, jangan-jangan nanti saya jadi suka ama seri Harlequin, hehehe).

So, covernya itu kayaknya emang buat menarik para pecinta kucing yang nggak suka seri Harlequin, hehe (dan saya korbannya). Ceritanya sendiri cuma sedikit banget nyeritain tentang si mpus. Cuma saat Ginny, putri Jack, mengenalkan Roxanne dengan kucingnya yang baru melahirkan 6 ekor anak. Kemudian saat Roxanne marah pada Jack dan bersembunyi di gudang jerami, tertidur dekat kucing dan anak-anaknya. Udah itu aja. Dasar deh! :D.

No comments:

Post a Comment