Tuesday, October 18, 2005

Dua Puluh Ribu di Kereta




Sudah lama juga saya nggak naik kereta
jabotabek. Kayaknya sudah 4 bulanan. Dulu mah waktu
kuliah terkenal angker (anak kereta). Nah, Ahad
kemarin ada acara di Bojong Gede, 2 stasiun sebelum Bogor. Panitia
mau jemput, tapi saya bilang nggak usah (ciee...). Pengen naik kereta
soalnya. Wah, ternyata beberapa bulan nggak naik kereta, ada beberapa
perubahan juga.





Topeng
monyet sekarang 'pentas' lho di dalam kereta! Wah, saya tentu seneng
banget, soalnya emang topeng monyet termasuk tontonan favorit waktu
kecil, hehehe. Sampai sekarang saya sebenarnya punya obsesi buat
memelihara monyet. Dulu pernah mau beli, eh mama nyolot, hehe.
Katanya, kucing di rumah aja udah belasan, trus mo melihara monyet?
Mending diurus lagi. Hehe.




Jadilah
saya begitu menikmati si moni muter-muter pake sepeda kecil, nyeret
gerobak, joget, dll. Luthu. Cuma kesian juga, yang bawain topeng
monyet tersebut anak-anak kecil. Tiga anak, sepertinya bersaudara.
Taksirannya saya yang paling besar maksimal usianya 14 tahun, adiknya
sekitar 10 tahun, dan yang paling kecil (yang meminta sawer ke para
penumpang) mungkin baru 6-7 tahun.




Ketika
anak yang paling kecil sampai di tempat duduk saya untuk meminta
saweran, saya colek si moni eh monyet. Eh, monyetnya hanya memandang
sayu. Capek kali ya (ato puasa juga kali si monyet :D).




Nggak
lama, gantian pengamen yang pentas. Wah, pengamen di kereta juga
semakin heboh sekarang. Satu grup nggak cuma 3-5 orang lagi, tapi 8-9
orang! Dan semuanya pegang alat musik lho. Bukan cuma gitar atau
gendang, tapi ada biola, drum, celo (yang geudee itu, namanya celo
kan?), trus kecrekan, keyboard. Wahh, kalah Dewa ato Gigi! :D.




Selama
'pentas-pentas' itu, para pedagang berkeliaran. Yang sering naik KRL
pasti tau deh gimana suasana dalam kereta. Dari pedangan tisu, buah,
minuman, sampai pedagang pulsa hape, mainan, dan segala macam
pernak-pernik. Cukup murah lho. Kadang kesian juga melihat
kakek-kakek tua menjual tisu. Meski di rumah sudah ada, saya beli
juga. Sampai rumah baru sadar, di tas ada beberapa buah tisu, hehe.








O ya,
di kereta dengan 20 ribu kita bisa dapat: 1 buah melon (gede), 5 buah
jambu biji yang gedenya sekepalan tangan Mike Tyson, 1 kantong
plastik salak, beberapa jepit/ikat rambut, tisu, 1 kantong tahu
sumedang, plus nyawer buat topeng monyet dan pengamen, hehe.









6 comments:

  1. Namanya kontra bass, maininnya dipetik alias dibetot, cielo biasanya digesek

    ReplyDelete
  2. Oo, itu toh namanya. Wah, Roel, pernah ngamen ya?? hehehe, kidding!

    ReplyDelete
  3. Wah, makin rame yak KRL-nya he..
    Saya juga dulu anker mbak. Ke Bogor tiap hari dari Depok Baru. Jadi terkenang euy..

    ReplyDelete
  4. hahaha, naik kereta tanpa tujuan (cuma jalan2) adalah salah satu kesukaanku waktu hamil, mbak... gak tau kenapa..
    seneng aja, duduk dan ngeliatin macam2 penumpang dan pedagang. biasanya pulang2 tas penuh ama jajanan gak jelas...

    ReplyDelete
  5. Haha, luthu banget sih, CI?? Trus, sekarang Eca jadi pengen anek kereta mulud an belanja-belanji kayak emaknye gak? Hehehe.
    Jadi inget temen yang punya anak suka banget ama kereta. Tiap ahri mesti 1-2 jam nongkrong deket rel, ngeliatin kereta yang lewat. Harus 1-2 jam itu. KAlo gak anaknye ngamuk, hehe.

    ReplyDelete
  6. Iya, rame sekaleee mbak... di kereta syik banget merhatiin apra pedagang, dgn tingkah polahnya. Kadang2 lucu mrk ngasi harga, misalnya neh: jambu2, lima ribu 3, lima ribu 3. Trus gak lama: ya udah deh, 4 lima ribu. Gak mau?? 5 deh! Gak mau juga?? 6 deh!! haha. Kadang pembeli nunggu dulu ampe die nurunin semruah mungkin :D.

    ReplyDelete