Thursday, June 30, 2005

Kupinang Engkau dengan Al-Qur'an

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Other
Artist:Gradasi
Assalamu'alaikum....

Kaset ini sudah saya beli cukup lama sebenarnya, cuma baru inget buat di-review-in di Multiply :).

Gradasi adalah salah satu tim nasyid yang saya suka. Kelebihan mereka menurut saya karena hampir semua personilnya bisa jadi lead vocal, dan semuanya oke, meski setiap personil punya ciri khas masing-masing dalam vokalnya. Kelebihan lain adalah mereka tim nasyid yang sangat down-to-earth, dan setiap orang yang saya temui biasanya berpendapat sama. Mereka ramah-ramah dan friendly (Deuu... buat Gradasi hati-hati kejedug langit-langit :D)

Kaset ini adalah album terbaru mereka. Judulnya emang 'provokatif'. Pasti mengingatkan kita pada buku best-seller-nya Pak Fauzil Adhim, Kupinang Engkau dengan Alhamdulillah. Saya belum pernah nanya sih ke teman-teman Gradasi, apakah mereka terinspirasi buku itu? Atau kebetulan aja. Okelah, nggak usah dibahas, hehe.

Yang jelas, lagu "Kupinang Engkau dengan Al-Qur'an (KPEdAQ) yang juga menjadi judul album ini, menurut Gradasi terinspirasi oleh maraknya tayangan infotainment yang mengupas perceraian para artis yan rata-rata muslim-muslimah. Nah, kata mereka sih, moga-moga dengan adanya lagu ini bisa mengembalikan hakikat dan makna pernikahan yang sesungguhnya (eh, artisnya suruh pada beli dong ya! :D).

Lagu KPEdAQ sendiri lumayan asyik dinikmati, mengalun gitu dan cukup apik penggarapannya, meski rada melow :) Tapi favorit saya 'Livin' in Harmony", "Islam", dan "Lautku Rinduku. Menurut saya Livin' in Harmony gue banget eh Gradasi banget gitu lhoh :). Perkusi mulut sebagai salah satu ciri khas Gradasi sangat kelihatan di lagu ini, nadanya yang patah-patah (hehe, emang goyang patah-patah?! ini istilah saya aja) asyik banget, meski harus diakui kayaknya ada beberapa nada yang agak slip.

Kalo lagu "Islam", nah ini nuansa tradisionalnya yang kentara. Nggak heran, soalnya lagu ini memang adaptasi dari lagu 'Gethuk'nya Pak Manthous. Digubah syairnya. Saya yang dulu nggak terlalu suka ama lagu Gethuk, pas dinyanyiin ama Gradasi, malah jadi suka, hehe.. Kalo nggak salah lagu ini di-lead vocal-in sama Aziz (kalo nggak salah juga ini personil baru Gradasi, nggak baru banget sih, tapi dibanding yang laen yang udah dari sejak awal Gradasi berdiri, Aziz ini ya terhitung baru). Tapi vokalnya Aziz oke juga.

Sedangkan 'Lautku Rinduku', ini sebenarnya lagu daur ulang dari album pertama Gradasi (cmiiw). Dari sejak awal saya udah suka lagu ini, dan 'Green Kingdom' yang juga ada di album pertama. Abis saya jadi inget waktu dulu kuliah aktif di DLH (Departemen Lingkungan Hidup) Senat. Jauh-jauh ke Gunung buat bersihin sampah, ke laut juga nyari sampah, demo penggunaan styrofoam, sampe kalo minum teh botol nggak mau pakai sedotan. Sampah plastik gituh :).

Lagu-lagu lainnya, ada yang berkarakter mars, seperti "Euphoria Keadilan". Nada rap, seperti "Sholat", dan yang bikin 'kepengen' yakni "Dinda" :D.

Nih kaset layak banget deh buat dikoleksi. Tabik buat Heru, Iman, Yudhi, Syahrul, dan Aziz. Terus berkarya dan tingkatkan kualitas! Dan jangan jadi sampah! (soal 'sampah' ini baca di Annida terbaru, promoseee hehe)

salam,
Dee

1 comment:

  1. assalamualaikum wr. wb.

    baru kunjungan pertama saya sudah mau minta...bagi dong mbak lagu Gradasi yg Livin´n harmony
    kalau boleh...:D

    wassalamualaikum wr. wb.

    -selatan-

    ReplyDelete